Lakon

ADUH UJANG
Karya Jhoni Habibie

1 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie

TOKOH-TOKOH: Ujang : Laki-laki umur 21 tahun, ganteng, sederhana, ramah, lugu, pendidikan SMA, nurut, lahir dan besra di desa, teguh pendirian. Euis : Perempuan umur 18 tahun, lumayan cantik, ramah, sederhana, sebatang kara, hidup bersama nenek, pemalu, perhatian, baik (pacar Ujang) kegiatan les menjahit, bantu nenek di sawah. Samsul: (teman kecil Ujang), umur 21 tahun, gaul perlente, sok modern, egois, sombong, suka menghalalkan segala cara. Emi : perempuan berumur 18 tahun, gadis desa gaul, cerewet, manja, GR, caper, kaya, apa maunya harus dicapai Abah : laki-laki umur 55 tahun, bapaknya Ujang, buruh tani, sederhana, keras, idealis, pendidikan SD. Broto : laki-laki umur 50 tahun, bapaknya Emi, juragannya abah, kaya, lahir dan besra di Solo, sombong, sayang anak Ibu/emak: ibunya Ujang, umur 45 tahun, sakit-sakitan, sabar.

TERLIHAT UJANG SEDANG MENIKMATI SUASANA DESA DI SEKITARNYA. TERDENGAR ALUN MUSIK SUNDA. abah teh kunaon kayak nggak pernah liat Ujang aja. BUNGA YANG BERMEKARAN. MUSIK NGASET.LATAR SETTING: DI TENGAH SAWAH. tau-tau sekarang udah besar. PADI YANG MENGUNING. ANGIN SEMILIR. RERUMPUTAN HIJAU. ujang!! UJANG : Aya naon teh abah! ABAH : perasaan baru kemaren ya kamu masih netek sama emak. UJANG : ya. I SUASANA PAGI. tiap hari kan ketemu. BURUNG BERKICAU.. bisanya Cuma nyangkul. Kan masih banyak orang lain yang hidupnya lebih susah dari kita. hidup pas-pasan Cuma buat makan. punya masa depan. UDARA SEGAR.. E. udah perjaka. UJANG MASIH MENIUP SERULINGNYA. EDI AN KADANG PENGUSIR BURUNG YANG BERTEMPAT DI SEBUAH DESA DI DAERAH BANDUNG BERADAT SUNDA.. jadi orang. ABAH : ujang! Abah teh kepengen lihat kamu sukses.. KEMUDIAN BAPAKNYA BERHENTI UNTUK BERISTIRAHAT SAMBIL MENYANYIKAN TEMBANG SUNDA YANG SERING DINYANYIKAN WAKTU MASIH KECIL. masak iya ujang netek lagi sama emak. ABAH : 3 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . jangan sampai kayak abahmu ini. SD saja nggak lulus. BAPAKNYA SEDANG SIBUK DENGAN SAWAHNYA. UJANG : abah! Kita teh mesti bersyukur. UJANG : Abah teh masih ingat tembang itu? Ujang jadi ingat masa kecil dulu! ABAH : Ujang. ORANG-ORANGAN SAWAH. ZAMAN SEKARANG ADA GUBUK BAMBU. TUMPUKAN JERAMI. RUMPUT BERGOYANG.

Ujang juga masih punya tabungan sedikit. berapa kali panen kita gagal. ujang kan anak abah! ABAH : abah berencana menjodohkan kamu dengan Emi. UJANG : tapi ujang kan masih muda.. UJANG : siapa abah??? ABAH : emi.. emi! UJANG : maksud abah. ABAH : uang hasil ngeles kamu itu berapa? Apa yang bisa kamu harapkan dari lulusan SMA? Sekarang saja jadi sarjana banyak yang nganggur (jeda) ABAH : sebenarnya abah teh pengen ngomong sama kamu! UJANG : ngomong aja atuh bah. dan mereka sudah setuju! . katemi anaknya juragan broto? ABAH : iya. belum punya pikiran untuk menikah ABAH : emang kamu nunggu sampai ubanan?! Abah dulu nikahin amakmu masih lima belas tahun. katemi.iya ujang! Tapi kamu kan tau sendiri kehidupan kita sekarang. sekarang zaman sudah berubah. nggak bisa disamakan atuh abah! ABAH : tapi abah sudah membicarakannya dengan juragan Broto. lagi pula abah punya banyak hutang dengan juragan broto. ditambah lagi ibumu sakit-sakitan UJANG : ujang kan bisa bantu dari hasil ngeles. mana abah punya banyak utang lagi sama juragan Broto. kamu kan tau katemi suka sama kamu. sampai sekarang baik-baik aja UJANG : itu kan dulu abah.

ngrawat emak!! ABAH : kamu tuh ya.ehm!!! (batuk dibuat-buat) Jang. jangan lama-lama disini. susah kalau dibilangin. damang? EUIS : alhamdulilah. akang bisa aja! ABAH : ehm. pisang rebus. damang? Euis habis dari warung.. EUIS : aaah. jangan lupa nanti kalau pulang beli obat buat emakmu ( abah meninggalkan sawah. pulang). EUIS : assalamualaikum! UJANG&ABAH : walaikumsalam! UJANG : eh.. 5 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . ini euis bawain makanan kesukaan akang. nggak pernah dengar apa kata orang tua. damang akang. nyi Euis. akang mah juga damang atuh.. Abah pulang dulu. UJANG : pokoknya kalau nyi euis damang.. Akang kumaha. dari mana? Kumaha atuh. cepat pulang! Di rumah masih banyak kerjaan. TIBA-TIBA EUIS DATANG DENGAN MEMBAWA RANTANG BERISI MAKANAN UNTUK UJANG.. cepat pulang! UJANG : iya. Kasihan emakmu sendirian di rumah. hati-hati di jalan abah! EUIS : oh iya akang.UJANG : pokoknya ujang masih ingin ngrawat abah.

tersenyum simpul. ngomong aja terus terang! EUIS : itu (menunjuk ada makanan nyepret) UJANG : oh iya. nuhun atuh! Akang makan yah EUIS : mangga atuh UJANG : nyi euis nggak makan? EUIS : euis mah sudah kenyang. biar akang saja EUIS : gimana akang? Enak? UJANG : pokoknya mah kalau yang bikin euis. euis malu. saking enaknya jadi nggak ngrasa (Euis&ujang tertawa bersama. saling mencuru pandang.) UJANG : . UJANG : nggak papa. ngomong aja! EUIS : nggak enak ah. nggak enak ngomongnya. pasti enak EUIS : akang bisa aja (jeda) kang!! UJANG : aya naon euis. tau aja kalau akang suka pisang rebus. pakai ngrepotin segala.UJANG : eleh-eleh euis.

.. Akang juga ganteng kok. terdengar adzan asar) 7 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . mana baik lagi. bener akang nggak bohong.euis. gombal! UJANG : ye. euis.. Kalau kamu jadi bunga. kulitmu putih halus. (tanpa terasa hari sudah sore. sebening embun.. selembut salju. parasmu seindah semesta. Euis kan jadi malu. matamu indah. kamu cantik sekali EUIS : aaah. seandainya kita bisa seperti ini terus.. harusnya kan jadi lois EUIS : habis akang godain euis terus sih! ( dalam hati senang) UJANG : neng geulis... UJANG (menyanyikan lagu bersama euis) UJANG : euis.. biarlah akang jadi tangkainya EUIS (mencubit malu) UJANG : kalau euis jadi bulan. nyi euis jadi apa? EUIS : jadi lex lutor! (mengejek manja) UJANG : lho kok jadi lex lutor sih. siapa sih yang punya? EUIS : yang punya ya abah sama emak atuh! Udah ah. jangan ngrayu terus. hatimu baik. biarkan akang jadi bintangnya EUIS (semakin tersipu) UJANG : kalau akang jadi superman.

kumaha atuh .Samsul . damang ? wah sekarang kau lain .EUIS : euis harus pulang akang. panggil gua Sam . kaya gua dong sekaramgguasukses di Jakarta. UJANG PUN BERGEGAS BERSIAP-SIAP UNTUK PULANG. Eis pulamg dulu. TEMAN KECIL UJANG YANG BARU PULANG DARI JAKARTA. SAMSUL : Hey Jang ! (mengagetkan) UJANG : MasyaAlloh. Eis datang ya . lagian akang harus pulang kan? UJANG : oiya nanti malam ada rapat pemuda di rumah pak RT. kelihatan gaul . sudah sore.ya duduk dulu Sul! SAMSUL : Enak aja loe manggil gue Sal sul sal sul .TIBA-TIBA SAMSUL DATANG.biar kita bisa ketemu lagi EIS : Insyalloh akang. lo kayaknya gak berubah ya ? begini-begini aja. gimana kabarnya Jakarta? O…. nyari belut bareng . gua juga sering nemenin lo ngangon kambing. (terkejut) SAMSU : Lho lupa ya ma gua? UJANG : siapa atuh? SAMSUL : Temen lo! Dulu kita kan sering mandi bareng di kali . UJANG : O …. euis harus pulang bantu nenek jaga warung UJANG : abang anter ya! EUIS : nggak usah akang! Nggak enak dilihat orang. punten atuh! UJANG : mangga Neng. gak ada maju-majunya. UJANG : .

jang ngomong2 gimana kabarnya Aisyah ? masih cantik gak ? aku kan dulu naksir dia .eleh-eleh…. ditanggung hidup bakal makmur UJANG : Ujang teh lebih seneng hidup di desa . SMP aja gak lulus . SAMSUL : Sebentar ada telepon (suara tlp berbunyi). dulu guasering ngintip dia mandi dikali .. buktinya hudup lo begini-begini aja. SAMSUL : Biar gua bodo gua cerdik . biarpun pas-pasan tapi jadi damai . di kota jadi sumpek . mendingan lo ikut gue ke kota. harganya juga laen dong! Oke deh sampai ketemu besok Ujang : dari siapa Sam ? SAMSUL : Biasa urusan bisnis . UJANG : Wah hebat ei kau sekarang . kita kerja bareng. SAMSUL Gua jadi inget . 9 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . Aku gak nyangkakamu bisa sukses juga ei . iya tapi ini barang bagus. UJANG : Ye…… siapa bilang gua bloon .. SAMSUL : Ya iya lah . Hey fren ada apa ? ah tenang aja ditanggung beres barangnya dah gua siapin . gak ada peningkatan . UJANG : Maksudnya teh Nyi Eis . SAMSUL : makanya lo ikut gue . Halo…. besuk gue anter di tempat biasa …….. UJANG : ya nanti Ujang pikir-pikir dulu deh SAMSUL : eh... padahaldulu kahkan bodo . gak kaya lo pinter bloon . ya dia masih sama seperti dulu .

. tapi langsung masuk langsung praktek . UJANG : ye.. SAMSUL : kalo gitu bareng. SAMSUL : Lagak lo kaya ustad aja...ni guakasih lo (mengeluarkan kartu nama ) bila lo berhubah pikiran hubungin gua .. dah lama gua gak kerumah lo .UJANG : Emang kamu sekarang masih sering ngintip orang mandi ? SAMSUL : Sekarang gua gak ngintip lagi . kabad abah baik kalo ibu agak sedikit sakit sekarang . II KEESOKAN HARINYA SEPERTI BIASA ABAH UJANG MENGGARAP SAWAHNYA.... EMI : punten abah! . kualat lo entar. UJANG : Wah sudah hampir malam aku harus pulang . goblok amat lo. bilang dong. masak bapak ibu lo samain ma kambing . UJANG : Oh. nama kamu gaul amat> SAMSUL : ya kita kan hadus mengikuti perkembangan Zaman .. gimana kabar nyokap bokap lo baik-baik saja kan ? UJANG : siapa nyokap bokap ? kambing gua ? (mereka pulang bareng) SAMSUL : Muke gile... KEMUDIAN DATANG JURAGAN BROTO DAN EMI MEMBAWA BUNGKUSAN... dilarang agama . UJANG : Samuel Rizal Antonio.itu mah gak boleh.

Iya nggak bah? ABAH : iya. tumben-tumbenan datang kemari ada apa atuh? BROTO : ni mau lihat sawah. ini ada oleh-oleh. Gimana kabarnya keluargamu? ABAH : ya. Biansanya juga emi makan sendiri. Ujang ke mana ya? kok gak kelihatan. BROTO : oh ya.ABAH : mangga atuh. Emi mggak sabar pengen ketemu akang. emi kan juga habis dari salon.. Emi kan kangen! Gimana ya kabarnya? Pasti deh tambah cakep. bentar lagi juga kemari. disini kok panas banget ya? Nggak ada AC apa? Nanti kalau emi jadi hitam gimana? Nanti kang ujang nggak suka sama emi lagi gimana coba? Emi kan jadi sedih! ABAH : ya namamya juga di sawah neng. tidak usah terlalu dipikirkan. kemarin saya baru pulang dari solo ABAH : apa nih? Nuhun atuh. Iya tho? ABAH : perasaan teh darti dulu sampe sekarang saya di bawah terus. mana ada AC nya. namanya orang hidup itu kadang di atas kadang di bawah. emaknya ujang masih sering sakit-sakitan. ehm. lagian neng emi tetep cantik kok! 11 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . bagaimana ada kemajuan tidak? ABAH : ya beginilah. mangga atuh duduk dulu (mempersilahkan duduk). eh juragan. jarang-jarang lho emi bawain makanan buat orang laen. Oh iya. EMI : abah. pasti deh akang seneng liat emi. kebetulan kemarin mampir di pasar klewer. ngrepotin segala BROTO : ah Cuma batik. EMI : abah ni emi bawakan makanan buat abah dan ujang. lagi paceklik. Spesial deh pokoknya. panen juga sering gagal juragan! BROTO: ya sudahlah. emi kan dah lama nggak ketemu akang.. ujang di rumah lagi bantuin ibu.

ABAH : kalau begitu baiklah. udah pantas berkeluarga. nggak usah dipikir lagi. nanti saya akan bicarakan dengan ujang. pareng . Mau hidup senang kok dipikir susah! ABAH : kalau saya teh setuju-setuju saja! Tinggal gimananya ujang. bukan begitu emi? EMI : sip lah! BROTO : udah. saya mau pamit dulu. Iya tho? Nah. saya lihat abah ini hidupnya susah. untuk apa lama-lama? Lebih cepat kan lebih baik. ujang kan emi kan udah gede. Ya. BROTO : nah begitu tho dari tadi. Emang neng emi setuju? EMI : neng sih nurut kata bapak saja gimana baiknya. Sebagai orang yang baik. maka dari itu saya bermaksud mau menjodohkan mereka secepatnya. saya ingin membantu abah. ABAH : secepat itu juragan? BROTO : ya. biar taraf hidupnya membaik. Saya tunggu perkembangannya.EMI : makasih. Itu namanya cerdas! kalau gitu tolong abah atur aja.jujur banget sih! ABAH : ngomong-ngomong ada angin apa nih? Tumben-tumbenan datang kemari? Ada masalah apa? BROTO : begini abah. Abah nggak mau kan hidupnya susah terus? ABAH : maksudnya apa teh? saya nggak ngerti BROTO : ya seperti yang pernah kita bicarakan dulu. Urusan biaya nggak usah kawatir (melihat jam) Berhubung saya ada keperluan.

ntar giginya rontok gimana coba? Mangga dimakan atuh bah. kok diem aja sih? ABAH : neng emi emang baik pisan. emang di rumah lagi ngapain sih? Nggak tau apa kalau aku di sini. biasanya jam segini udah datang EMI : bah.. suruh cepat kemari.kamu teh ada-ada aja! EMI : abah. ABAH : yee. Emi mah sukanya Cuma sama kang ujang. jawab dong! ABAH : kalau abah perhatikan mah ujang juga ada hati hati sama emi 13 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . pakai kentongan? tau tuh. ditungguin neng geulis gitu! ABAH : mau sms pakai apa neng. kan udah lama banget nggak ketemu. bapak tinggal dulu ya! EMI : oke deh! PAK BROTO MENINGGALKAN ABAH DAN EMI III EMI : mangga atuh abah dimakan kuenya! Sengaja emi bawain buat abah dan ujang. ujang kok belum dateng-dateng ya? Emi kan lama-lama jadi bete ningguinnya. Di sms atuh abah. makanya gaul dikit dong abah! Jangan Cuma makan jagung melulu. buta kali ya? Pasti kang ujang udah nggak sabar pengen ketemu sama emi. Pasti abah belum pernah kan makan kue kayak gini.abah! ABAH : mangga atuh! Hati-hati di jalan BROTO : emi.. kalau ketemu biar tak cubit. pasti beruntung sekali lelaki yang bisa mendapatkan emi EMI : sebenernya sih banyak cowok yang suka sama emi. sebenarnya perasaan ujang gimana sih sama emi? Masa iya ada cowok yang nggak suka sama emi.. Tapi semuanya emi cuekin. gemes aku! Gimana abah.

kerjaan di rumah biar abah yang urus. Silakan kalian ngobrol-ngobrol. ya beginilah! EMI : itu. kamu temenin emi . (mengharap agar abah jangan pergi) ABAH : udah. ujang datang bah! UJANG : pagi abah! Pagi emi! ABAH : pagi ujang. sawah yang ada di sini bakal emi asih sama abah! ABAH : yang bener atuh neng? EMI : ye. kayak maen drama aja! ABAH : abah dulu teh sebenarnya punya cita-cita jadi bintang film.EMI : yang bener atuh bah (terlihat senang) ABAH : ye.... abah ada kerjaan di runah... tapi karena bisanya Cuma nyangkul. wah panjang umur kamu jang. lagian emakmu sendirian di rumah UJANG : abah.masak emi bohong! ABAH : neng mah suka niru dialog abah! EMI : abah juga.masak abah bohong EMI : bah.. baru aja kita ngomongin kamu. kalu nanti emi jadi kawin sama ujang.

ujang baru aja makan EMI : dimakan atuh akang! Sedikit aja. nggak sayang. Ayo bilang! UJANG : bukan gitu nyi. jalan dari rumah ke sini kan jauh. pasti gerah kan? UJANG : nggak usah nyi! Udah biasa (emi duduk mendekati ujang. mana panas lagi. O kasian pasti capek deh. nggak enka dilihat orang. nggak cinta sama emi? Bilang aja terus terang nggak papa. pasti capek ya? Sini biar aku kipasin. EMI : 15 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie .(abah pergi meninggalkan ujang dan emi) (suasana hening sesaat) EMI : eh akang tau nggak sih. Enak lho! Kalau akang suka. cerita-cerita! UJANG : emang mau cerita apa? EMI : ya cerita apa aja. ni emi bawain kue buat akang. oh iya kang. nanti kalau kulit akang kebakar gimana coba? Harusnya pakai payung gitu! Sini biar emi kipasin. ujang menjauh) EMI : kang ujang teh kenapa? Nggak suka. emi suka terus emi beli deh! Gimana bagus nggak akang? Hanrganya mahal lho! Akang mau dibeliin apa? Bilang aja nggak papa kok! Nanti kalau emi pergi ke mal emi beliin deh! kang ujang kok diem aja sih? Ngomong apa gitu. nanti emi beliin lagi deh! UJANG : makasih nyi. kemarin teh emi habis jalan-jalan ke mal terus emi lihat ada kalung bagus banget. dicoba dulu kalau udah nyoba pasti deh ketagihan pengen lagi! UJANG : makasih nyi (tidak berminat) EMI : kang ujang keringatan.

kang ujang sukanya gitu.di sini kan nggak ada orang UJANG : kalau gitu nyi siapa? EMI : ye. ujang memegang tangannya lagi) UJANG : denger dulu euis. ternyata akang teh buaya! (kembali berlari. akang bisa jelasin! EUIS : nggak ada yang perlu dijelasin.. (diam memikirkan sesuatu) kang ada ular (berbohong sambil mendekati ujang) UJANG : mana atuh nyi (mencari) EMI : tadi lari kesitu. ularnya item.. euis pergi dengan rasa kecewa) UJANG : euis tunggu!! (berlari mengejar euis. panjang.. dan melihat ujang dan emi sedang berduaan. ujang jadi rikuh) (tiba-tiba euis muncul dengan membawa rantang. Semuanya sudah jelas! . sambil memegang tangannya) EUIS : (euis berontak) euis nggak nyangka. mana gede lagi! UJANG : nggak ada atuh nyi EMI : emi takut (semakin mendekati ujang.

. ternyata loe bajingan juga. ujang menarik tangannya) (tiba-tiba muncul samsul) SAMSUL : (menarik tangan emiyang dipegang ujang) ooo. akhirnya pertikaian pun berhenti) (ujang dan samsul saling melotot. mau nantangin gue! (sambil mendorong ujang) Coba kalu berani. tolong jangan ikut campur.. udah ku hajar kau! SAMSUL : hajar aja! (samsul mendorong-dorong samsul) ayo hajar. sok alim. UJANG : sul.ternyata gaya loe kayak ustadz. kalau loe laki-laki. pengecut loe! UJANG : kalau bukan teman aku kecil. Euis dan emi mencoba melerai. ini sudah jadi urusan gue! Sudah euism laki-laki kayak begitu mah jangan diharepin.UJANG : ini teh nggak seperti yang euis kira! EUIS : sudahlah kang! Nggak usah peduliin euis! Euis emang nggak pantas sama akang. masih ada laki-laki yang lebih canggih UJANG : sul. ayo! (perkelahian pun terjadi. emi membawa samsul pergi) SAMSUL : bajingan loe. (euis berlari lagi. gue tunggu loe di lapangan entar malam! 17 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . Dasar. ini urusan kami berdua SAMSUL : nggal bisa. kamu jangan cari gara-gara! SAMSUL : emangnya loe mau apa.

KEMUDIAN IBUNYA MEMBAWAKAN MAKANAN. Ujang nggak usah terlalu mengkhawatirkan keadaan emak.. Ujang kan nggak cinta sama katemi...nyi euis.nyi euis!!! BLACK OUT IV KEESOKAN HARINYA.. nanti sakitnya tambah parah lagi.. UJANG : aduh emak. harusnya ujang yang ngerawat emak. Tapi abah mak. ujang kan khawatir! EMAK : ini kan sudah kewajiban emak untuk ngerawat anak UJANG : ujang kan udah besar mak. keadaan ujang sendiri gimana. Ini emak bawakan kamu makanan buat ujang UJANG : emak seharusnya istirahat di ruanh. kok sepertinya lagi banyak pikiran? UJANG : ujang lagi sedih mak. Kumaha. kenapa kemari..... selalu saja maksa ujang biar mau kawin sama katemi.( tinggal ujang dan euis. UJANG DUDUK SENDIRI DI GUBUK SAMBIL MENIUP SERULINGNYA DENGAN RASA SEDIH. apalagi emak kan sedang sakit EMAK : emak mah udah biasa sakit. Emak kan tau ujang dan euis saling mencintai sejak kecil. Ujang .nyi. emak kan sedang sakit EMAK : emak bosen di ruanh terus. mereka saling diam dengan rasa sedih dan kecewa) EUIS : akang teh nggak apa-apa? UJANG : nggak apa-apa nyi (euis pergi meninggalkan ujang dengan rasa kecewa dan kasihan) UJANG : nyi. Jadinya nggak ngerasa lagi....

masak cawetnya ada di luar? Tapi akhirnya jadi juga.ujang. Sampai sekarang bajunya masih ujang simpen di lemari. SMP aja masih minta disuapin. Mau emak cuci aja sampai nggak boleh. emak juga bahagia UJANG : dari dulu mah Cuma emak yang bisa ngertiin ujang EMAK : (batuk-batuk terlihat masih sakit) UJANG : tuh kan. Wah ujang teh seneng banget. saat ulang tahun kamu yang ke-10. urusan umur mah ditentuin sama yang di atas. emak sebaiknya istirahat. Kita harus berusaha..ujang!! UJANG : 19 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . Kamu itu kan kalau apa maunya nggak bisa nggak. tidur dikelonin. Tapi ujang juga nggak ingin ngecewain abah. jangan capek-capek! EMAK : jang. kamu sekarang teh udah gede. emak terus jadi bingung mau belinya di mana. saat itu emak lagi nggak punya uang.hanya cinta euis. UJANG : ah emak. Ujang harus gimana mak? EMAK : kalau emak mah apa yang anggap ujang baik aja. Emak udah capek. sakitnya lambuh lagi.. Kalau ujang bahagia. Bila nanti emak udah nggak ada.. kalau inget waktu itu mak jadi suka senyum-senyum sendiri UJANG : ujang juga masih inget mak. Akhirnya emak bikin sendiri dari baju abahmu kemudian emak kecilin. sampai-sampai kemana-mana pakai baju itu terus. EMAK : jang. UJANG : (langsung dipotong ujang) mak. ujang kan jadi malu EMAK : emak masih ingat. emak jahit sendiri. Tapi kamu tetep ngotot terus pengen dibeliin. pipis aja minta dianterin. sampai nangis-nangis terus. sayapnya emak ambilin dari taplak meja yang bikin emak bingung. (dari kejauhan terdengar suara abah. kamu pengen banget dibeliin baju superman.. dah dewasa yah? Waktu kecil teh kamu sukanya manja.. rasanya umur emak udah nggak panjang lagi.. tidur aja masih kamu pakai. jangan katak gitu. Lagian mau beli pakai apa. dengan geram memanggil nama ujang) ABAH : ujang.

dia juga yang biayain sekolah kamu. bener atau tidak? UJANG : kalau bener emang kenapa abah? ABAH : dasar anak tidak tau diuntung. katanya kemarem kamu habis bertengkar sana emi gara-gara euis. Dia yang ngasih abah kerja. Ujang tetap cinta sama Euis. emang kamu bisa hidup dengan cinta? Cinta bisa bikin kamu kenyang? Kamu teh harus mikir masa depan UJANG : sudahlah abah. dia yang bantu pengobatan emakmu.. urusan rejeki. Allah sudah mengaturnya! Ujang. emak pengen lihat kamu sukses dengan hasil keringat kamu sendiri. Ujang hanya cinta Euis ABAH : mikir atuh Ujang mikir! Apa yang bisa kamu harapkan dari Euis. emak sudah cukup menderita. mungkin kita sudah terlantar di jalan. iya kan? ABAH : kurang ajar kamu! sudah berani sama orang tua ya? (hendak memukul) EMAK : sudah. Kamu kan tau juragan broto itu berjasa besar pada keluarga kita. Emak ingin hidup tenang.. abah nggak bisa maksa perasaan Ujang. barusan abah denger. Ujang juga cinta sama Euis ABAH : makan tuh cinta. Emak percaya kelak kamu bisa jadi orang berguna bagi . abah menjodohkan Ujang dengan Emi untuk melunasi hutang-hutang abah.sudah! Emak nggak ingin lihat Abah dan Ujang bertengkar. Ujang ngerti! Tapi Ujang nggak cinta sama Emi. harusnya kamu tahu itu! UJANG : iya. Euis cinta sama Ujang.aya naon teh abah. apa? UJANG : Euis baik abah! Euis tidak sombong. apa itu bener? UJANG : siapa yang bilang abah? ABAH : udah jawab aja. Kalau bukan karena juragan broto. Ujang tau itu. jangan kalian tambah lagi abah! Biarkan ujang tentukan sendiri pilihannya. lagian Ujang tau. kok teriak-teriak? ABAH : heh ujang.

udah miskin sombong lagi. Saya kasih waktu satu bulan. BROTO : Pokoknya saya tidak mau tahu. Abah kan udah janji sanggup untuk menyakinkan Ujang supaya menikah dengan Emi. Pak Broto pikir dengan harta bisa melakukan apa saja? Pak Broto salah.bangsa dan agama! DARI JAUH PAK BROTO DAN EMI DATANG DENGAN WAJAH BERANG BROTO : Selamat pagi. saya minta maaf. EMI : Hei Kang Ujang! Kang Ujang teh nggak tahu diri. Abah! ABAH : Eee juragan. BROTO : Apa maksud kamu Ujang berkata seperti itu? Kamu mau bilang kalau saya ini binatang? UJANG : 21 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . Kang ujang harus sadar siapa Akang? Akang pikir hanya Akang laki-laki di dunia ini. bila Abah tidak melunasi hutang Abah. Saya minta pengertian dari juragan. Bagi Ujang mah lebih baik miskin daripada kaya tapi nggak punya hati. Emi! Mangga atuh! BROTO : Sudahlah Abah. nggak usah basa-basi. Saya nggak bisa maksa poerasaan Ujang. sok kecakepan! ABAH : pak Broto. mana buktinya? Pokoknya kalau Abah tidak menepati janji. bagaimana Abah? UJANG : Hei Pak Broto! Pak Broto nggak bisa seenkanya maksa orang. maka Abah harus membayar utang Abah kepada saya. saya nggak mau tahu! UJANG : Ternyata masih ada sekarang ini manusia berhati binatang. ABAH : tapi saya harus membayar dengan apa juragan? BROTO : Itu urusan Abah. tapi saya juga belum mampu untuk membayar hutang-hutang saya. anak saya. kalau tidak rumah dan seluruh kekayaan Abah akan saya sita. maka maafkanlah saya.

kalau itu mau kalian. sawah ini kan miliknya Pak Broto. Abah teh masih bingung. Mak. ABAH : Syukur deh kalau gitu. jangan terlalu dopikirkan! Kita serahkan saja sama yang Maha Kuasa! ABAH : Nggak dipikirin bagaimana? Ini menyangkut hidup kita. ABAH DAN EMAK DI SAWAH.Lha Juragan ini binatang atau tidak ? BROTO : Lha tentu saja tidak! UJANG : Ya sudah kalau gitu! BORTO : Baik. Allah pasti ngasih jalan kalau kita berusaha. terserah. Abah mau bayar hutang dengan apa? Kita mau makan apa nanti. kita pergi dari sini! Selamat siang! BROTO DAN EMI MENINGGALKAN SAWAH ABAH : Bagaimana ini teh. udah mendingan. Apa Allah tidak mendengar doa kita ya Mak? EMAK : Huss sembarangan! Abah nggak boleh ngomong kayak gitu! Kita teh mesti sabar. Allah pasti menolong orang yang sabar. EMAK : Bah. kalian tanggung sendiri akibatnya. dikasih hati malah ngrogoh tai! Ayo Emi. ABAH : Sabar! Sabar! Sampai kapan? Sampai kita mti kelaparan? . Dasar keluarga tidak tahu diuntung. ABAH : Gimana keadaan Emak sekarang? Udah membaik? EMAK : Alhamdulillah. Abah mau kerja apa lagi. KEESOKAN HARINYA. Abah harus bayar dengan apa? UJANG : Kita berdoa saja! Kita serahkan sama Allah.

Bah. Ya Allah. Ujang dapet hadiah 1 milyar Mak. Ujang teh ada kabar gembira. Bah. jadikan kami ini orang-orang yang sabar dan berilah kami ini kekuatan untuk menghadapi cobaan darimu Ya Allah! DARI JAUH TERDENGAR SUARA UJANG UJANG : Abah! Emak! ABAH : Ada apa Ujang? Kaya diuber-uber setan gitu? EMAK : Minum dulu teh. Ujang kan punya tabungan di bank. Abah kan nggak bisa baca atuh! UJANG : Oo iya Ujang lupa! Begini Mak. Bah. Nah. Ujang menang undian. ampuni dosa hamba ini ya Allah! Berilah kami petunjuk. Abah khilaf.EMAK : Istighfar Abah. Jangan sampai kefakiran ini bikin kita jadi kafir! Ini cobaan berat buat kita Abah! Kita harus tabah dan tawakal atuh! ABAH : Astaghdirullahaladzim! Emak bener. tarik nafas dulu! Bilang ada apa? UJANG : Begini Mak. nyebut! Nyebut! Abah teh udah dirasuki setan. Pikiran Abah sedang kalut. ABAH & EMAK : yang bener atuh jang! UJANG : 23 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . ABAH : Kabar gembira apa? Kambing kita beranak lagi? UJANG : Yee bukan Abah! ABAH : Ya lalu apa? UJANG : Nich coba Abah lihat! (menyodorkan surat) ABAH : Ujang ini gimana sich.

... EUIS : ya akang........tunggu akang euis.......yang jelas banyak.... akang datang euis!!! BLACK OUT UJANG DAN EUIS DUDUK BERDUA DISAWAH. UJANG : akang juga sayang sekali sama euis.akang akan segera melamarmu.. bagi akang mah hanya euis seorang yang ada di hati. akang ngga nyangka sekarang.... euis sayang sekali sama akang.... EUIS : ah. ini semuakan karna kehendak Allah.... hutang-hutang abah akan lunas semuanya... abah dan emak juga bisa naik haji... EUIS : kita teh musti bersukur... uang 1 milyar itu berapa ya... liatnya abah belum pernah apalagi megang.... EUIS : akang... coba dibaca! Pokoknya. Ngomong-ngomong teh gimana kabarnya si samsul temen akang kecil dulu yang sekarang di jakarta? .......... EUIS : ah.akang... Ujang : euis...????? ABAH : ye.....lagian biar akang miskin ato kaya euis tetep cinta sama akang. ngga ngerasa ya sudah satu tahun kita menikah.. UJANG : akang sekarang teh rasanya bahagia sekali..akang masih saja suka merayu.... abah bisa beli sawah. kalau diingat-ingat mah dulu teh susah sekali... UJANG : euis. rasanya waktu cepat berlalu ya...... mana abah tau........... kang.. UJANG : euis.ya bener atuh....masih saja cantik seperti dulu.. UJANG SAMBIL MENIUP SERULINGNYA.........ujang bisa nerusin kuliah.. EMAK : bah.

jadi sebentar lagi akang mau jadi bapak? EUIS (mengangguk. hidup berdampingan dengan damai. semoga saja ia bertobat kembali kejalan yang benar. sambil tersenyum) UJANG : Euis. Euis teh Euis teh pengen makan buah mangga muda.. UJANG : kok tumben-tumbenan Euis pengen makan mangga muda? EUIS : yang pengen mah bukan Euis Akang! UJANG : lalu siapa atuh. Betul tidak? EUIS : Akang mah ngomongnya kayak pejabat aja! Kang. kalau bukan Euis? EUIS : yang pengen mah ini.. perbedaan mah jangan kita jadikan alasan untuk berpecah belah. sudahlah euis. Akang teh bahagia sekali MELONCAT-LONCAT GEMBIRA EUIA : Euis juga Akang! 25 | Lakon Aduh Ujang karya Jhoni Habibie . Sebenarnya akang kasihan sama dia kok bisa-bisanya dia melakukan hal sekeji itu. dengan perbedaan harusnya kita kan salong menguatkan.UJANG : denger-denger sih dia sekarang di penjara ternyata dia di jakarta pengedar narkoba.... EUIS : kalo kabarnya emi dan pak broto gimana? UJANG : mereka teh sekarang pindah ke solo.. MENUNJUK PERUT UJANG : maksudnya Euis teh hamil.tidak usah ngurusin orang lain yang penting mah kita bisa hidup rukun saling menghormati.

mereka saling memandang denagn tersenyum. sekalian kita beritahu Abah dan Emak tentang kabar gembira ini. di rumah aja UJANG : kalau gitu ayo kita pulang.(suasana hening.. mereka pasti gembira karena akan menjadi kakek dan nenek UJANG DAN EUIS BERES-BERES LALU BERSAMA MELANGKAH PULANG.. wajah mereka semakin mendekat) Ah.Akang nggak enak dilihat orang. ENDING .. BLACK OUT PERLAHAN-LAHAN.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful