P. 1
Materi-Diskusi-SCM1

Materi-Diskusi-SCM1

|Views: 218|Likes:
Published by Aris Hnep

More info:

Published by: Aris Hnep on Jan 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2015

pdf

text

original

Materi Diskusi

1. Jelaskan secara gamblang bagaimana hakekat dan konsep-konsep dasar sistem SCM ? Bagaimana sistem memberikan manfaat bagi bisnis? 2. Bagaimana sistem seperti SCM (Supply Chain Management) dapat membuat arus kerja lebih efisien dan efektif ? Jelaskan secara gamblang jawaban Anda ! 3. Apakah yang dimaksud dengan Supply Chain dan bagaimana bedanya jika dibandingkan dengan Supply Chain Manajement ? 4. Jelaskan cakupan aktivitas pada Supply Chain Manajement ! 5. Bagaimana peranan mediasi pasar dalam supply chain manajement ! 6. Jelaskan peranan internet di dalam Supply Chain Manajement ! 7. Masalah-masalah apa yang mungkin terjadi dalam penerapan SCM (Supply Chain Management) ? Mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi ? 8. Buatlah supply chain dari produk sepatu ! Sertai dengan gambar ilustrasi urutannya ! 9. Jelaskan faktor - faktor supaya pemakaian SCM berhasil !
10. Pilihlah sebuah perusahaan manufaktur dan buatlah analisa secara

singkat bagaimana Anda management yang terdiri pendukung!

menerapkan sistem dari aktivitas utama

supply chain dan aktivitas

11. Buatlah langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika menjalankan

proses procurement dalam sebuah perusahaan. Dan mengapa procurement penting untuk dianalisa dan diterapkan dengan baik. 12. STUDI KASUS : Supply Chain Management Sistem Pendistribusian Produk Pada Unilever Unilever merupakan market leader dari consumer good di Indonesia dengan total penjualan tahun 2003 sebesar Rp. 8,124 triliun tumbuh secara signifikan menjadi Rp. 15,78 triliun pada tahun 2008. Revenue ini dihasilkan dari produk-produk yang sangat dikenal oleh masyarakat antara lain : Molto, Domestos Nomos, Taro, Blue Band, Rexona, Sunligth, Lux, Rinso, Ponds, Lifebuoy, Surf, Axe, Lipton, Vaseline, Sariwangi, Skippy, Sunsilk, Clear, Citra, Pepsodent, Close Up. Hampir semua produk tersebut menjadi Top Leader dibidangnya.

bukan pada pembuatan produknya. Selain itu Perusahaan Manufaktur juga bekerja sama dengan Pabrik Kemasan untuk memesan atau meminta dibuatkan bentuk kemasan yang diinginkan beserta label/merknya. Struktur alur supply chain pada sistem pendistribusian produk Unilever dapat dilihat pada gambar sbb. Mengenai pembuatan produknya. Grosir. Bahan baku untuk membuat kemasan ini didapat dari supplier bahan baku kemasan. Dalam pembuatan produk. Unilever mempunyai banyak Perusahaan Manufaktur untuk membuat produk-produknya. supply chain yang terlibat di dalamnya diantaranya : • Suppliers (Bahan Baku Produk dan Kemasan). • DC (Disdribution Center). tentunya bukanlah suatu pekerjaaan yang sederhana mengelola jutaan items yang harus didistribusikan ke seluruh Nusantara.Dalam pendistribusian produknya. • • . Agen. • Retailers. : • Gambar di atas hanya menekankan pada pendistribusian produk pada Unilever. • Consumers Dari gambaran data dan proses yang dilakukan tersebut. • Manufaktures. hanya dijelaskan menurut garis besarnya saja dari mana Unilever mendapatkan produknya untuk didistribusikan. Perusahaan Manufaktur itu sendiri juga mendapatkan bahan baku untuk membuat produk dari supplier bahan baku yang dibutuhkan.

PERTANYAAN : Kompleksitas utama yang bagaimana yang dihadapi manajer dalam mengelola supply chain sistem pendistribusian produk Unilever diatas ? Dan bagaimana usulan Saudara untuk mengatasi kompleksitas tersebut ?  selamat berdiskusi  . Selain itu distributor juga bisa mendistribusikannya melalui Grosir atau Agen  Toko  Konsumen. Hypermart.• Dalam pendistribuasian produknya. Distributor bisa melakukan pendistribusian produk tersebut ke Retailers besar seperti Carefour. Giant dan sebagainya. produk-produk Unilever yang telah jadi dan siap untuk dipasarkan disimpan terlebih dulu di bagian gudang untuk merencanakan penjadwalan produk yang akan didistribusikan oleh distributor agar produk dapat sampai ke konsumen akhir.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->