45

3.5

Waktu dan Tempat Penelitian Lokasi penelitian adalah Panti werdha Mojopahit Mojokerto, pada

bulan Februari - Maret. 3.6 3.6.1 Populasi, Sampel, dan Sampling Populasi Populasi adalah keseluruhan dari variabel yang menyangkut masalah yang diteliti (Nursalam dan Pariani, 2003). Populasi dalam penelitian ini adalah lanjut usia penghuni panti werdha Mojopahit Mojokerto, sebanyak 48 lansia. 3.6.2 Sampel Sampel adalah bagian dari populasi yang dipilih dengan sampling tertentu untuk bisa memenuhi/mewakili populasi (Nursalam dan Pariani, 2003). Sampel dalam penelitian ini adalah anggota populasi yang memenuhi kriteria inklusi & eksklusi. kriteria inklusi &eksklusi adalah karakteristik umum subyek penelitian dari suatu populasi target yang akan diteliti. kriteria inklusi & eksklusi dari sampel penelitian ini adalah: Kriteria inklusi dalam penelitian ini antara lain: 1. Lansia yang bersedia diteliti 2. Lansia yang dapat berkomunikasi. 3. Lansia yang berada di tempat saat penelitian. Sedangkan kriteria eksklusi dalam penelitian ini yaitu: 1. Lansia yang menderita sakit.

adalah teknik penetapan sampel dengan cara memilih sampel diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti. sehingga dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya.7.1 Teknik Pengumpulan Data dan Alat Ukur Penelitian Teknik pengumpulan data Metode yang digunakan dala pengambilan atau pengumpulan data adalah dengan cara menyebarkan kuesioner. komunikasi dan hubungan antar lansia di panti yang mana pengamatan ini berlangsung selama penelitian dilaksanakan di panti werdha. Mengajukan surat permohonan untuk melaksanakan penelitian di panti werdha kepada STIKES Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. 2. Meminta persetujuan para lansia untuk diteliti dengan memberikan lembar informed consent untuk ditandatangan dengan dibimbing peneliti. Lansia yang mengalami gangguan jiwa.6. Langkah-langkah pengumpulan data antara lain: 1. Melakukan pengamatan sekaligus menjalin hubungan saling percaya pada lansia yang tinggal di panti werdha. 3. Pengamatan dilakukan untuk melihat perilaku. Lansia yang mengalami dimensia.7 3. Kemudian membagikan lembar kuesioner untuk . Dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling.3 Sampling Sampling adalah suatu proses dalam menyeleksi porsi dari populasi untuk mewakili populasi. 3.46 2. 3.

Kegiatan serupa di atas (no. Kuesioner adalah suatu daftar yang berisikan rangkaian pertanyaan mengenai suatu masalah atau bidang yang akan diteliti (Achmadi. 1997).1 Instrumen Adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik. lengkap dan sistematis sehingga lebih mudah diolah (Arikunto. sementara peneliti memperhatikan dan mencatat para lansia dan mengamati perilaku lansia saat diskusi berjalan. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner. Mengundang satu kelompok lansia yang sudah ditentukan untuk berkumpul dan menjelaskan maksud dan tujuan peneliti dalam kegiatan diskusi ini.4) akan dilakukan pada kelompok lansia yang lain sesuai kelompok lansia yang telah ditentukan oleh peneliti sampai diperoleh data-data yag diinginkan. . Kemudian mengajak lansia untuk berdiskusi dengan memberikan suatu topik dan pertanyaan yang akan dibahas dalam diskusi ini.47 diisi dengan didampingi oleh peneliti. Bagi lansia yang tidak mampu untuk membaca dan menulis maka peneliti akan membacakan kuesioner dan menulis jawaban lansia pada lembar kuesioner. 3.7. 3. 4. dalam arti lebih cermat. 2002).

8 Analisa Data 3.8. Data yang diperoleh dari masing-masing responden tersebut disusun.4 Tabulating Penyusunan data merupakan pengumpulan data sedemikian rupa agar mudah dijumlahkan. disusun.48 3.3 Scoring Pengolahan data yang digunakan dengan cara pemberian skor. 3.8.2 Coding atau klasifikasi Coding merupakan kegiatan pemberian kode menarik (angka) terhadap data yang terdiri atau beberapa kategori.5 Analisa data Setelah data dari kedua variabel ditabulasi maka akan diuji adanya hubungan antara keduanya dengan menggunakan uji U-Mann Whitney.8. y y y Puas Cukup puas Tidak puas : Skor antara 76-100% : Skor antara 56-75% : Skor antara ” 55% 3. sesuai kriteria yang telah dijelaskan. dan ditata untuk disajikan dan dianalisis. 3.8. diselaksi kelengkapannya dan dikelompokan (tabulasi data).8. Pemberian kode ini sangat penting bila pengolahan dan analisa data menggunakan computer. .1 Editing Editing adalah upaya untuk memeriksa kembali kebenaran data yang diperoleh atau dikumpulkan. Editing dapat dilakukan pada tahap pengumpulan data atau setelah data terkumpul. 3.

a ” 0.9 Uji Validitas dan Reabilitas Validitas adalah pengukuran dan pengamatan yang berarti prinsip keandalan instrument dalam mengumpulkan data. Setelah mendapat ijin peneliti melakukan masalah memberikan masalah etika penelitian yang meliputi: 3.05. tidak boleh bertentangan dengan etika. . Tujuan penelitian harus etis dalam arti hak responden harus dilindungi (Nursalam. 2000). 3.10.49 Menggunakan program SPSS dengan tingkat signitif.1 Lembar Persetujuan Menjadi Responden (Informed Consent) Lembar persetujuan diedarkan sebelum penelitian dilaksanakan agar responden mengerti maksud dan tujuan penelian. Reabilitas kesamaan hasil pengukuran atau pengamatan bila fakta atau kenyataan hidup tadi diukur atau diamati berkali-kali dalam waktu yang berlainan. 3.10 Etik penelitian Penelitian yang menggunakan manusia sebagai subjek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful