SISTEM OPERASI

Step by Step Instalasi Fedora Core 4

Disusun Oleh : Devis Mathinu (6306201) Firmansach (6306037) Kelas : 2 Ti-08

POLITEKNIK KOMPUTER NIAGA LPKIA
Jl. Soekarno Hatta No. 456 Bandung 2006-2007

• To install or upgrade in graphical mode. Dan akan muncul tampilan pertama yang berupa dialog screen. Setelah pilih instalasi dengan menggunakan modus grafis dengan menekan tombol Enter. • Use the function keys listed below for more information. stelah itu tunggu sebentar. Karena instalasi dengan menggunakan modus grafis jauh lebih mudah dari pada instalasi dengan menggunakan modus teks. Step 2 Loading SCSI Driver Selanjutnya linux akan mendeteksi hardware apa saja yang terdapat pada sistem komputer kita. • To install or upgrade in text mode. press the <ENTER> key.Langkah-langkah penginstalan sebagai berikut : Step 1 Pertama-tama masukkan CD-1. Type : linux text <ENTER>. .

pada gambar 2-3 terlihat bahwa DVD yang kami gunakan menunjukkan ”PASSED“ yang artinya DVD ini siap untuk digunakan untuk instalasi.Step 3 CD Found Inilah salah satu kelebihan Fedora Core dibandingkan dengan distro Linux lainnya. Kami sarankan agar proses ini dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi. . tetapi apabila sudah dipastikan CD Fedora Core benar-benar layak untuk digunakan proses ini dapat dilewati dengan memilih Skip. Gambar Proses pengecekan kualitas CD Selanjutnya akan ditampilkan hasil dari pengecekan kualitas CD. karena Fedora Core memungkinkan untuk melakukan pengecekan kualitas CD instalasi yang akan digunakan selama proses instalasi.

mouse. seperti VGA. Pemilihan bahasa disini maksudnya adalah menentukan bahasa yang akan digunakan selama proses instalasi dilakukan. dan sebagainya. Lalu kita tekan <Next> untuk melanjutkan step berikutnya. Step 4 Loading SCSI Driver Pada step ini. kemudian akan muncul tampilan menu selamat datang dalam bentuk grafis. . Monitor. diantaranya seperti kartu grafis (VGA). dimana program anaconda akan memeriksa seluruh perangkat hardware yang terdapat pada komputer.Gambar Melanjutkan proses instalasi Selanjutnya pilih OK kemudian Continue untuk melanjutkan instalasi (gambar 2-3). keyboard. Linux akan melakukan konfigurasi terhadap hardware yang ada di komputer kita. Step 5 Welcome To Fedora Core Setelah konfigurasi. akan diminta untuk menentukan bahasa yang akan digunakan saat instalasi dilakukan. Step 6 Language Selection Selanjutnya. dan monitor. bukan bahasa sistem operasi yang akan di instalasi.

oleh karena itu dilakukan pemilihan tipe keyboard. Walaupun bisa saja menggunakan bahasa lain seperti bahasa Malay (Melayu) yang mendekati bahasa Indonesia kami jauh lebih menyarankan untuk menggunakan bahasa Inggris. Klik Next untuk menuju tahap selanjutnya. Rusia dan sebagainya yang tentu saja berbeda.Karena Jenis keyboard ini bermacam-macam seperti keyboard untuk bangsa Jepang. Step 7 Keyboard Configuration Step ini adalah pemilihan keyboard. . Biasakanlah menggunakan bahasa Inggris karena sebagian besar teknologi memang berasal dari situ.Gambar Pemilihan Bahasa Bahasa yang sering digunakan disini tentu saja pilihan bahasa English (English).

Untuk instalasi Linux kali ini. Pilihannya adalah : 1. 3. Step 8 Installation Type Step berikutnya adalah pilihan cukup krusial.S. Personal Desktop Merupakan instalasi yang cocok untuk pengguna biasa. 4. 2. yang hanya membutuhkan paket-paket software umum untuk keperluan administrasi. Cocok untuk pengguna pengembangan software administrasi sistem. Workastatoin Merupakan pilihan instalasi yang cocok bagi komputer yang terhubung ke kartu jaringan. Custom Pada tipe instalasi ini kita dapat memilih paket-paket aplikasi atau program sesuai kebutuhan kita. yaitu U. permainan. kita memilih jenis instalasi server. Ada beberapa pilihan yang diberikan oleh program instalasi sesuai kebutuhan kita. Kemudian klik tombol <Next> unutk masuk ke menu berikutnya. dan multimedia.Gambar Pemilihan Keyboard tipe keyboard yang biasa digunakan di Indonesia. Lalu klik <Next> untuk melanjutkan tahapan berikutnya. Step 9 Disk Partitioning Setup Gambar Pemilihan Partisi . Server Merupakan tipe yang khusus digunakan untuk keperluan pembuatan server pada jaringan. English.

lalu klik <OK>. . Klik <New> kemudian akan muncul form add partition. Type file system pilih “swap”. Pemilihan dalam melakukan partisi terdiri dari 2 jenis. Setelah itu kita tekan tombol <Next> untuk melanjutkan ke menu selanjutnya. yaitu Automatically Partition dan Manually Partition With Disk Druid. Partisi pertama untuk swap (syarat 2x system RAM komputer) atau dapat disebut virtual memori. Step 10 Disk Setup Langkah selanjutnya adalah pembuatan partisi.Gambar Partisi manual Step ini merupaka tahapan untuk melakukan partisi. dan pada intalasi kali ini kita memilih partisi pada poin ke-2 yaitu Manually Partition With Disk Druid. Pada tahapan ini kita melakukan 3 partisi yang masing-masing : 1. dengan size 128 x 2 = 300 (Dibulatkan). Partisi ini dilakukan apabila pada hardisk yang digunakan sudah ada system operasi yang lain dan pada saat sebelum melakukan instalasi Linux kita harus melakukan partisii magic untuk membagi ruang dalam hardisk.

Klik <New> kemudian akan muncul form add partition. Type file system pilih “ext3”. dengan size 100. Partisi kedua untuk boot digunkan untuk mengantisipasi bila sistem rusak atau boot loader rusak. dengan size sisa dari space. pada mount point pilih “/”. lalu klik <OK>. Gambar Membuat partisi /boot 3. Type file system pilih “ext3”. . Lalu klik <OK>.Gambar Membuat partisi swap 2. Klik <New> kemudian akan muncul form add partition. pada mount point pilih “boot”. Partisi ketiga untuk root (/) atau dapat disebut mount point.

Gambar Membuat partisi / (root) Setelah itu klik <Next> untuk ke tahapan selanjutnya. tidak akan pernah bisa melakukan booting ke sistem operasi kecuali dengan menggunakan perantara seperti disket. Gambar Konfigurasi Bootloader Tidak ada alasan untuk tidak menginstall bootloader karena tanpa bootloader ini. . Step 11 Boot Loader Configuration Selanjutnya menu untuk mengkonfigurasi Boot Loader. Setelah itu klik <Next> untuk melanjutkan proses selanjutnya. Fungsi dari boot loader adalah untuk menentukan sistem operasi mana yang akan dimuat pada saat komputer dinyalakan dan juga berfungsi untuk mengorganisir master boot record (BMR) masing-masing sistem operasi. sehingga akan ditampilkan menu pilihan sistem operasi yang akan diinstal.

Step 12 Network Configuration Langkah selanjutnya adalah pengaturan kartu grafis (NIC). isi dengan server dan kemudian isi : Gateway : 127.1 Gambar Konfigurasi IP Address Setelah selanjutnya. Lalu kita pilih lokasi Asia/Jakarta karena kita tinggal di wilayah waktu WIB.0. Pertama pilih <Edit>.1 Netmask : 255. Kita bias mengatur sesuai dengan konfigurasi jaringan yang kita miliki. kemudian isi : IP Address : 127. . kemudian pilih Activate on boot.0.0 Lalu pilih manually. itu tekan <Next> untuk melanjutkan langkah Step 13 Time Zone Selection Selanjutnya adalah menu konfigurasi untuk memilih zona waktu wilayah kita.0.0.0.0. Untuk memilih zona waktu kita dapat menggunakan Scroll-down atau dengan mengklik titik kota yang sesuai dengan peta yang ada di menu konfigurasi.2 Primary DNS : 127.0.0.

Komputer akan mengalami masalah ketika memerlukan konversi semacam ini tanpa adanya sebuah patokan. User account digunakan untuk melakukan administrasi sistem. Gambar Password root . Klik Next untuk menuju langkah selanjutnya. Case sensitive (Linux membedakan antara huruf besar dan huruf kecil). 3. Step 14 Set Root Password Langkah selanjutnya adalah mengeset password untuk User Account Root. Masukkan password root pada kotak teks “Root Password” dan pada kotak teks “Confirm” dengan password yang sama. Minimal 6 karakter. Kriteria untuk password root yang diberikan diantaranya : 1. Untuk itu pilih Asia/Jakarta pada drop down button (1) sehingga tepat di sebelah kanan bawah peta Dunia menunjukkan lokasi Java & Sumatra (2). 2.Gambar Konfigurasi Time Zone. Dapat merupakan kombinasi huruf dan angka. Untuk itulah terdapat sistem zona waktu dengan GMT. atau dapat juga klik lokasi yang ditunjukkan pada peta.

Gambar Pemilihan paket instalasi Setelah selesai melakukan pemilihan paket aplikasi lalu tekan <Next>. Step 16 Proses Installing Packages Gambar Proses Instalasi Fedora Core . Pilih “Customize Software Package to be Installed”. klik <Next> untuk menuju langkah selanjutnya.Bila sudah memberikan password untuk user account root. Step 15 Package Installation Defaults Selanjutnya adalah tahapan untuk melakukan pemilihan paketpaket aplikasi.

Step 18 Welcome Gambar Firstboot. Dan CD akan diminta untuk dikeluarkan. Welcome Setelah computer restart. the installation is Complete”. Kita akan diminta untuk menunggu proses instalasi dan juga untuk mengganti CD (dari 1 – 5) secara bergantian. Step 17 Installation Complete Gambar Instalasi selesai Setelah CD diganti dan proses instalasi selesai maka akan tampil “Congrulation. dan kita dapat langsung klik <Forward> untuk melanjutkan proses selanjutnya. Step 19 . maka akan muncul gambar “Welcome”.Langkah ini adalah proses instalasi. dan komputer akan merestart.

License Agreement Gambar License Agreement Selanjutnya adalah penetapan lisensi yang berisis tentang lisensi tentang distro Linux. Jadi bisa memilih Enabled pada kolom “Firewall” kemudian klik Forward. dlsb maka tidak ada port yang perlu di buka. Step 21 . Step 20 Configuration Firewall Gambar Konfigurasi Firewall Jika tidak menjadikan komputer yang sedang di install ini menjadi web server. I agree to the Agreement” untuk melanjutkan ke menu berikutnya klik <Forward>. Pilih “Yes. ftp server.

Klik Forward untuk melanjutkan konfigurasi selanjutnya. Gambar Konfigurasi Tanggal dan Waktu Isikan dan cocokan dengan waktu dan tanggal yang sesuai dengan wilayah kita.dan Enforcing. Tetapi apabila Linux yang diinstal ditujukan untuk sebuah server.SELinux Setting” diantaranya adalah Disable. Enable. Gambar Konfigurasi SELinux Step 22 Date and Time Langkah selanjutnya adalah pengesetan waktu local untuk komputer kita. Step 23 . Klik Forward untuk melanjutkan konfigurasi selanjutnya. di sini kami menggunakan pilihan defaultnya yaitu Enforcing. kami menyarankan untuk menggunakan pilihan Enable. Klik <Forward> untuk melanjutkan ke menu berikutnya. Karena kami kurang begitu mengerti dengan konfigurasi SELinux.

Step 24 System User Pada konfigurasi ini akan diminta untuk menambahkan user biasa agar bisa melakukan login selain menggunakan user account root. Gambar Konfigurasi System User Aturan yang berlaku untuk nama user adalah semua huruf harus menggunakan huruf kecil dan tidak boleh terdapat spasi. Tentukan resolusi monitor pada kolom “Resolution” sesuai dengan yang disukai. sedangkan .Display Gambar Konfigurasi Display Untuk konfigurasi resolusi warna di sini sangat tergantung pada monitor dan kartu VGA yang digunakan. selanjutnya klik <Forward>. Klik Forward untuk melanjutkan konfigurasi selanjutnya. Pada contoh ini. dan password 123456. Sangat disarankan untuk melakukan login dengan user account biasa dan hanya menggunakan user account root sewaktu diperlukan saja. dan pada kolom “Color Depth” bila kartu VGA yang digunakan menunjang gunakan pilihan Million of Colors. kami menambahkan user dengan nama “kelompok so”. dengan nama lengkapnya “2 MI 5”.

Step 25 Sound Card Gambar Konfigurasi Sound Card Konfigurasi akhir pada proses Firstboot adalah konfigurasi Sound Card. Step 26 Menu Login Gambar Menu Login Setelah itu kita akan masuk ke layer login.untuk nama lengkap tidak ada aturan yang ditentukan. kriterianya sama dengan ketika memberikan password untuk user account root. Jika mendengar contoh souara yang di keluarkan oleh speaker yang digunakan klik tombol Yes kemudian pada konfigurasi Sound Card klik tombol Finish maka selesailah konfigurasi pada proses Firtboot. . Apabila komputer yang digunakan untuk instalasi terdapat sound card. untuk membuktikan bahwa sound card terdeteksi dengan baik. Untuk pembuatan password. klik tombol play yang akan menampilkan suatu pesan “Did you hear the sample sound?”. isikan dengan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Sampai sini kita telah berhasil menginstal Linux Fedora Core.Step 27 Tampilan Desktop Fedora Core Gambar Tampilan default desktop Linux Fedora Core Dari sinilah perjalanan kita untuk mulai mempelajari teknologi dan ilmu pengetahuan baru yang bisa kita dapat dari sistem operasi Linux. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful