PENGANTAR HUKUM PAJAK

SUMBER-SUMBER PENERIMAAN NEGARA

DAN KEKAYAAN ALAM PAJAK-PAJAK. BEA DAN CUKAI PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (NON-TAX) HASIL PERUSAHAAN NEGARA SUMBER-SUMBER LAIN .AIR .SUMBER PENERIMAAN NEGARA BUMI.

DAN KEKAYAAN ALAM DIKUASAI OLEH NEGARA DAN DIGUNAKAN SEBESAR-BESARNYA UNTUK KEMAKMURAN SELURUH RAKYAT. ‡ PASAL 1 AYAT 2 UU POKOK AGRARIA BUMI. AIR.AIR. DAN MENENTUKAN SERTA MENGATUR YANG DAPAT DIMILIKI ATAS BUMI. AIR DAN KEKAYAAN ALAM ‡ PASAL 33 UUD 1945 MENGATUR BAHWA BUMI. SERTA HUBUNGAN ANTARA SUBJEK HUKUM PEMBUATAN HUKUM MENGENAI BUMI.BUMI. AIR. PENGGUNAAN. DAN LUAR ANGKASA . AIR DAN LUAR ANGKASA. DAN RUANG ANGKASA YANG BERADA DI WILAYAH NEGARA INDONESIA TERMAKSUD KEKAYAAN ALAM PEMBERIAN TUHAN YME. PERSEDIAAN. ‡ PENGERTIAN MENGUASAI ADALAH MENGATUR DAN MENYELENGGARAKAN PERUNTUKANNYA.

. DENGAN TIDAK MENDAPAT JASA TIMBAL ( TEGENPRESTATIE ) YANG LANGSUNG DAPAT DITUNJUK. YANG DIHARUSKAN OLEH UU DAN DAPAT DIPAKSAKAN.PAJAK-PAJAK. BEA DAN CUKAI MERUPAKAN PERALIHAN KEKAYAAN DARI SEKTOR SWASTA KE SEKTOR PEMERINTAH. UNTUK MEMBIAYAI PENGELUARAN-PENGELUARAN NEGARA. BEA DAN CUKAI ‡ PAJAK-PAJAK.

BEA KELUAR ADALAH BEA YANG DIPUNGUT DARI JUMLAH HARGA BARANG TERTENTU YANG DIKIRIM KELUAR DAERAH INDONESIA DIHITUNG BERDASARKAN TARIF TERTENTU BERDASARKAN UU.BEA BEA MASUK ADALAH BEA YANG DIPUNGUT DARI JUMLAH HARGA BARANG YANG DIMASUKKAN KE DAERAH PABEAN DENGAN MAKSUD UNTUK DIPAKAI DAN DIKENAKAN BEA MENURUT TARIF TERTENTU YANG DITETAPKAN DENGAN UU DAN KEPUTUSAN MENTRI KEUANGAN. .

KEPABEANAN DAN CUKAI PABEAN ADALAH DAERAH YANG DITENTUKAN BATAS-BATASNYA OLEH PEMERINTAH UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI GARIS UNTUK MEMUNGUT BEA-BEA.GULA. DAN BENSIN. CUKAI ADALAH PUNGUTAN YANG DIKENAKAN ATAS BARANGBARANG TERTENTU BERDASARKAN TARIF YANG SUDAH DITENTUKAN MISALNYA TEMBAKAU. .

PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (NON-TAX) PENERIMAAN YANG BERSUMBER DARI PENGELOLAAN DANA PEMERINTAH PENERIMAAN DARI KEGIATAN PELAYANAN YANG DILAKUKAN PEMERINTAH PENERIMAAN DARI PEMANFAATAN SDA PENERIMAAN DARI HASIL PENGELOLAAN KEKAYAAN NEGRA PENERIMAAN BERDASARKAN PUTUSAN PENGADILAN PENERIMAAN BERUPA HIBAH PENERIMAAN LAIN YANG DIATUR DENGAN UU .

.HASIL PERUSAHAAN NEGARA PERUSAHAAN NEGARA ADALAH SEMUA PERUSAHAAN NEGARA YANG MODALNYA MERUPAKAN KEKAYAAN NEGARA TIDAK MELIHAT BENTUKNYA. SELAIN ITU PERUSAHAAN NEGARA YANG BERADA DALAM LAPANGAN HUKUM PERDATA BERBENTUK PT YANG SAHAM SELURUHNYA BERADA DITANGAN PEMERINTAH ATAU KEMENTERIAN YANG BERSANGKUTAN.

. PINJAMAN DARI LUAR NEGRI. PINJAMAN NEGARA PINJAMAN DARI DALAM NEGERI.SUMBER-SUMBER LAIN PERCETAKAN UANG (DEFICIT SPENDING) PEMERINTAH INDONESIA MELAKSANAKANNYA DALAM RANGKA MEMENUHI KEBUTUHAN AKAN INVESTASI NEGARA UNTUK MEMBIAYAI PEMBANGUNAN YANG TERCEMIN DALAM APBN.

PINJAMAN JANGKA PANJANG DILAKSANANKAN DENGAN CARA MENERBITKAN UANG KERTAS BERHARGA (OBLIGASI) BERJANGKA WAKTU.PINJAMAN NEGARA PINJAMAN JANGKA PENDEK DENGAN CARA PEMBERIAN PEMBUKAAN UANG MUKA OLEH BANK INDONESIA KEPADA PEMERINTAH SEBELUM PENERIMAAN NEGARA MASUK KAS NEGARA. .

PINJAMAN NEGARA PINJAMAN LUAR NEGERI BANTUAN PROGRAM YAITU BANTUAN KEUANGAN YANG DITERIMA DARI LUAR NEGERI BERUPA DEVISA KREDIT. . BANTUAN PROYEK YAITU BANTUAN KREDIT YANG DITERIMA PEMERINTAH DARI NEGARA DONOR BERUPA PERALATAN DAN KONSULTAN UNTUK MEMBANGUN PROYEK.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful