Sk: memahami ketentuan penggunaan teknologi dan komunikasi Kd : -menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap

perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi. -menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja(k3)dalam menggunakn perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi. -menghargai pentingnya hak atas kekayaan intelektual(HAKI)dalam teknologi informasi dan komunikasi.

Bab 4 ketentuan dan aturan dalam menngunakan teknologi informasi dan komunikasi

Topik yang akan dibahas :
4.1 etika dan moral dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. 4.2 kesehatan dan keselamatan kerja(K3). 4.3 hak atas kekayaan intelektual(HAKI).

4.1 etika dan moral dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
A.Etika dan moral dalam teknologi informasi dan komunikasi kata etika berasal dari bahasa yunani, ethos atau ethayang berarti tempat tinggal, padang rumput,kebiasaan, atau adat istiadat.menurut aristoteles, etika digunakan untuk menunjukkan filsafat moral yang menjelaskan fakta moral, tentang nilai dan norma moral, perintah, tindakan kebijakan dan suara hati .(E.Y.kanter 2011:2)kata moral berasal dari bahasa latin, yaitu mos atau mores yang berarti adat istiadat, kebiasaan ,kelakuan,tabiat, watak akhlak dan cara hidup.Denagn demikian, etika adalah ilmu tentang ajaran-ajaran moral, denagn pemikiran rasional, kritis dan sistematis. Teknologi informasi dan komunikasi(information and communication technology) berorientasi pada perangkatnya, yaitu komputer sebagai hardware-nya dan serta perkembangan software-nya sebagai perangkat lunak.

Zaman yang serba canggih sekarang ini di tandai oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut perlu di imbangi oleh sumber daya manusia yang mampu untuk beradaptasi secara cepat.teknologi informasi dan komunikasi yang juga erat hubungannya dengan komputer sudah menjadi kebutuhan mutlak sekarang ini. Komputer berfungsi sebagai pusat media informasi, untuk mencari informasi secara cepat jika sudah terhubung dengan jaringan internet. Penggunaan komputer sebagai teknologi informasi perlu mendapat perhatian utama agar berjalan sesuai dengan fungsi dan manfaatnya.

Kekayaan intelektual (intelectual property) merupakan hasil pemikiran dan budidaya manusia perlu mendapat perlindungan hukum dari pembajakn maupu n tindakan ilegal lainnya. Yang termasuk dalam Hak Atas Kekayaan intelektual(HAKI) adalah: 1.Hak cipta(copyright) 2.Merek dagang (trademarks) 3. Peten (patent) 4. Desain produk industri (industrial desaign) 5. Indikasi geografi(geographical indicatoin) 6. Desain tata letak sirkuit terpadu/layout desain(topography of integrated circuits ) 7. Perlindungan informasi yang dirahasiakan (protection of undisclosed information).

dan ciptaan lain yang sejenis dengan itu. perwajahan(layout) dan semua hasil karya tulis lain.sedangkan bentuk –bentuk ciptaan yang di lindungi oleh UU hak cipta adalah ilmu pengetahuan. pamflet. • seni upa dalam segala bentuk. • . • ceramah. • lagu atau musik atau tanpa teks. • arsitektur. • drama atau drama musikal. tafsir. database. kuliah. sastra yang terdiri atas : • buku. • peta • seni batik • fotograpi • sinematograpi • terjemahan. • alat peraga yang di buat untuk kepentigan pendidikan dan ilmu pengetahuan. pidato. bunga rampai. saduran. program komputer. seni. dan karya lain dari hasil pengalihwujudan.

pengarng sandiwara.Buku. dan skema ataupun bentuk lain yang apabila di gabungkan dengan media yang dapat dibaca komputer. hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberikan izin untuk itu denagn tidak mengurangi pembatasan – pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlak. kode. dan pemain musik. serta pembuat film. dan peangkat lunak (software).menurut uu yang mengaturnya. Hak cipta perangkat lunak mempunyai dua unsur . seniman. yaitu hak cipta dan perangkat lunak. pengarang. akan mampu membuat komputer bekerja dalam melakukan fungsi-funsi khusus atau untuk mencapai hasil khusus.program komputer merupakan sekumpulan instruksi yang di wujudkan dalam bentuk bahasa. cd-rom . yermasuk persiapan dalam merancang ainstruksi –instruksi tersebut. . dan tape /caset adalh bentuk fisik yang mempunyai paten dan hak cipta. Pada pokoknya tujuan hak cipta adalah melindungi kreasi penulis.

tidak meggunakan untuk tindakan kriminal (kejahatan ) 4. mengurangi .B. membajak. atau menmbah hasil karya tanpa siizin perusahan / pemilik. Menggunakan software yang asli atau tidak membeli nomor lisensi 2. Penghargaan atas kreasi atau karya orang lain tersebut dapat dilakukan denagn cara: 1. terutama dalm menghargai karya dalam perangkat lunak teknologi informasi. Menghargai karya orang lain menunjukan bahwa etika dan moral seseorang itu baik . tidak melakukan duplikasi. 3. Tidak memodifikasi(mengubah). . ataupun menyalin tanpa seijin perusahaan atau pemilik. Penghargaan terhadap kreativitas orang lain Kita perlu menghargai hasil karya kreatif orang lain.

•Software dan properti digital merupakan salah satu sasaran dari tindakan illegal. •Kehadiran perangkat tegnologi. seperti CD Re-Writeble (CD-RW) dan Duplicator.C. justru disalahgunakan sebagai media yang telah memberi kesempatan dan kemudahan untuk melakukan tindakan mengopi secara ilegal ataupun membajak software-software. • • . Usaha Menghindari Illegal Copy (Pembajakan) •Tindakan illegal adalah tindakan yang dilakukan dengan mengabaikan atau melanggar ketentuan atau peraturan format dalam suatu negara. yang bertuju untuk memberi kemudahan dalam pengamanan data yang akan di simpan dalam CD.

Tindakan mengopi harus di hindari karena pelanggaran yang terdapat dalam UU Hak Cipta. Selain itu. disebut dengan freeware •Gambar : Freeware • • . •Beberapa software yang memiliki hak cipta tetapi boleh dikopi seperti GNU/LINUX dan software open source lainnya. terdapat juga software yang dapat didownload melalui internet secara gratis.

yang dapat digunakan secara terus-menerus. Gambar: shareware . di bawah adalah contoh gambar shareware. shareware yang dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu.

• • Gambar: firmware Software ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman.kemudian ada pula software-software yang dibuat untuk tujuan komersial yang disebut firmware. Delphi. contohnya software system penggajian. dan penilaia Tedapat dari software firmware dalam bentuk bahasa pemograman. akuntansi. Turbo Pascal. . yang masih dapat diubah atau diedit disebut dengan source code. seperti: Visual Basic.

• Perbanyakan suatu ciptaan bidang ilmu pengetahuan. guna keperluan pembelaan di luar maupun di dalam pangadilan. penelitian. • Pengambilan ciptaan pihak lain. • Pengambilan ciptaan pihak lain. yaitu : • Pengguanaannya untuk kepentingan pendidikan. baik seluruh maupun sebagian. ada beberapa tata cara yang diperbolehkan dan tidak melanggar hak cipta dengan syarat tidak menghilangkan identitas sumbernya. • Perubahan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan teknis atau karya arsitektur. • Memperbanyak suatu ciptaanselainprogram computer secara terbatas dengan cara serupa oleh perpustakaan umum. guna keperluan ceramah unruk tujuan pendidikan. semata-mata hanya untuk kepentingan aktivitas nya. baik seluruhnya maupun sebagian. Tuntutan pelanggaran atas hak cipta diatur dalam pasal 56 UU Hak Cipta. penulisan karya ilmiah.Untuk mengutip atau mengopi karya orang lain ini. eperti huruf barille guna untuk keperluan para tunanetra. • Pembuatan salinan cadangan (back up) suatu program komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri. .

Upaya yang dapat kita lakukan untuk menghindari pengubahan suatu program antara lain. • Kegiatan menambah pengetahuan atau belajar pemrograman yang bukan untuk komersial. Upaya Menghindari Pengubahan atau Pemodifikasi suatu Program • • Mengubah atau memodifikasi adalah melakukan penambahan ataupun pengurangan serta penyempurnaan suatuprogram. •  • • . pengopiannya dapat dilakukan dengan izin dari pembuat / pemilik program tersebut. kita juga harus menghindari tindakan memodifikasi program orang lain.D. berhatihati dalam mebuat suatu program. pastikan program aman atau terlindungi dari tindakan untuk diubah.

Perbandingan dengan teknologi lainnya dapat dilihat pada 2 masa sebelumnya. sehingga bagian tubuh manusia ada yg tidak sempat menyesuaikan dengan percepatan tersebut. sistem mengenai hubungan manusia dan mesin. Penyakit akibat bekerja dengan komputer Bekerja dengan komputer dapat pula menimbulkan penyakit. adapun peralatan komputer yg dapat menimbulkan penyakit karena . yaitu : a. teknologi industrialisasi percepatannya berlangsung selama ratusan tahun sejak manusia mulai memakai mesin-mesin sehingga manusia mempunyai waktu yg cukup untuk memikirkan dan membuat peraturan untuk melindungi tubuh manusia dari kemungkinan mengalami cedera atau penyakit. Menggunakan komputer dengan posisi yang benar agar keselamatan dan kesehatan kerja pengguna komputer dapat diantisipasi. hal ini disebabkan komputer sebagai bagian dari teknologi informasi mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. b. yang berarti percepatannya hanya puluhan tahun. 1. Sejak pertama kali ditemukan. teknologi pertanian percepatannya berlangsung selama ribuan tahun sejak manusia mengenal bercocok tanam sehingga bagian tubuh manusia sempat beradaptasi dengan pemakaian alat-alat ertanian. peralatan yang dipakai manusia agar dapat dijalankan dengan cara yang paling efektif.A. perlu diperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari perancangan pekerjaan-pekerjaan yang dilaksanakan oleh manusia. termasuk alat-alat peraga untuk memberi informasi kepada ma nusia.

Meja dan kursi komputer d. .printer e.Layar monitor c.a.Keyboard b.

Berikut ini uraian yang dapat anda jadikan acuhan sehubungan dengan keselamatan kerja dari posisi duduk. • Posisi duduk posis duduk berhubungan dengan meja dan kursi komputer yang digunakan. . karena sebagai alat penunjang kerja yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja operator komputer. Meja dan kursi adalah salah satu sumber penyakit dalam bekerja dengan komputer.• 2.

Sebagian besar pengguna komputer mengalami keluhan pada mata. mata merah. bahkan kemungkinan katarak mata. Mengatur meja dan kursi 3. Pencahayaan ruangan kerja yang kurang baik. Mengatur dan memilih kursi c. Monitor dan jarak pandang dengan mata pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata.a. Penyakit pada mata akibat bekerja dengan komputer dapat disebabkan oleh hal-hal berikut: a. mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata. Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas b. Mengatur dan memilih meja komputer b. mata berair. . Pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain c. sampai pada iritasi mata.

Layar monitor.4. meja dan kursi komputer maupunprinter pada umumnya menyebabkan nyeri otot. . Keyboard Keyboard sebagai penghubung antara manusia dengan komputer merupakan salah satu penyebab penyakit akibat kerja. Ada beberapa bentuk keyboard yang pernah diciptakan saat ini.

dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini). W. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin tik buatan E. T. Keyboard QWERTY • • • • • • • • • • • • • QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Remington pada tahun 1873. . R. Keyboard Qwerty ternyata belum memberikan beban yang sama untuk jari. E.jari tangan kiri dan tangan kanan.• a. Dinamakan demikian karena tomboltombol huruf Q.

Hurufhuruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 % sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang. Susunan letak tombol huruf lain dengan jenis Qwerty yaitu dibuat sedemikian rupa.• b. jari tengah dan jari manis. . Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jarijari yang bekerja lebih banyak adalah jari telunjuk. Keyboard DVORAK • • • • • • • • • • • • • Keyboard jenis DVORAK dibuat pada tahun 1936.

Hal ini dapat mengurangi nyeri otot pada bahu dan pergelangan tangan. . Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Keyboard KLOCKENBERG juga sudah lebih baik dalam hal pengurangan beban pada jari dan lengan. Keyboard KLOCKENBERG • • Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada. Selain itu. keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan).• c.

Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Sebaliknya. Jenis-Jenis Printer Printer dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu : . Printer Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan.4. jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus. gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch).

karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. bon. Resolusi cetaknya masih sangat rendah. dan dokumen keuangan lainnya. Printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan. . yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas.• • a) Printer Dot-Matrix • Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus.

Kelebihan : • Dapat mencetak rangkap sekaligus. • Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar. • Biaya printer dan tinta murah • Kelemahan : • Dpi dan ppm rendah • Geraknya sangat lamban • Suaranya berisik ketika bekerja .

cara ini juga memiliki kelemahan. Biaya tinta mempunyai efek paling besar pada biaya keseluruhan printer inkjet. Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760×1440 dpi. dan dengan kualitas yang sangat baik. yaitu waktu pencetakan menjadi lebih panjang. Namun. . Cara inilah yang membuat hasil yang diperoleh dari printer Inkjet sangat baik. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar.b) InkJet Printer • • Inkjet printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet mencetak dengan cara memasukkan satu demi satu titik warna ke area gambar.

Kelebihan: • Dpi & ppm lebih tinggi dari pada dot matrik • Lebih mudah mencetak gambar dan warna • Kemampuan mencetak sampai kertas yang lebar dengan kualitas yang baik Kelemahan : • Tidak dapat mencetak rangkap • Biaya operasional lebih mahal • Waktu mencetak menjadi lebih panjang .

c) LASER JET • • • LaserJet merupakan jenis printer yang paling bagus kualitasnya di banding dua jenis printer sebelumnya. Minimal dua kali lebih cepat dari printer inkjet. Printer ini juga menawarkan kecepatan pencetakan yang tinggi. Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari golongan laser inipun masih memiliki kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan printer Ink Jet atau Dot Matrix. . Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan menggunakan infra merah.

Kelebihan : • • • • Dpi. . ppm sangat tinggi Efisien untuk mencetak hitam putih Kapasitas warna lebih banyak dibanding printer indoor lainnya. Kemampuan mencetak yang sangat cepat Kelemahan : • Biaya operasional tinggi • Tidak dapat digunakan secara terus menerus.

terutama terhadap perangkat lunak(software) dan harddisk. Saat padam listrik UPS akan bekerja secara otonatis menggantikan listrik. Penggunaan Komputer Sesuai dengan Prosedur yang Benar Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan komputer adalah menghidupkan dan mematikan komputer. Penggunaa perangkat pendukung. Bila hal tersebut kurang mendapat perhatian dapat berakibat fatal. . UPS berfungsi sebagai baterai atau tenaga cadangan bila terjadi padam listrik. Stabilizer sebagai penyearah tegangan listrik menjadi lebih stabil sehingga komponen-komponen elektronika komputer menjadi lebih aman. seperti Uninteruptible Power Supply(UPS) dan stabilizer pada komputer akan menambah keamanan komputer.B.

. XP. Periksa juga apakah kabelkabelnya sudah terhubung dengan baik. komputer membaca disk drive sehingga komputer tidak dapat berfungsi dengan baik. • Kosongkan disk drive. 2003). anda dapat menggunakan komputer berdasarkan sistem opersi yang Anda gunakan (Windows 95. • Selanjutnya. 2000. keyboard dan mouse. karena kemungkinan pada saat pertama kali booting. yaitu: monitor. • Tekan tombol power dan tunggu proses booting sampai selesai. 98.1. Menghidupkan Komputer • • Persiapkan seluruh peralatan komputer yang akan digunakan. CPU.

Klik Turn Off pada tampilan menu Start.2. Klik Start pada taskbar. . Tunggu sampai muncul pesan “It’s now safe to turn off your computer”. Mematikan Komputer  Pastikan semua program aplikasi sudah ditutup (Close). Klik Turn Off pada kotak dialog pilihan. Kemudian matikan komputer dengan menekan tombol power.

Hindari penggunaan ukuran huruf yang terlalu kecil. teta aman terhadap kemungkinan terkena bahaya radiasi yang mungkin timbul dari tabung layar monitor. Buatlah cahaya latar layar komputer dengan warna yang dingin 4. Ukuran huruf yang normal adalah 12. .bekerja dengan komputer menggunakan softlens. Jarak layar monitor dengan mata kurang lebih 40 cm 3. Hal ini menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata. resolusi layar monitor sangat berpengaruh terhadap ketajaman huruf maupun gambar 5. oleh karena itu. karena mata saat dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering. screen filter untuk layar monitor yang diketahui sebagai filter radiasi yang keluar dari komputer. akan mempercepat kelelahan mata. sebenarnya hanya untuk mengurangi kesilauan pada layar monitor. Untuk mengatur jarak pandang monitor dengan mata dapat dilakukan dengan cara: 1. yaitu jenis LCD. Letakkan layar komputer lebih rendah dari garishorizontal mata dengan membentuk sudut kurang lebih 30 derajat. Letakkan layar monitor dengan baik agar tidak ada pantulan cahaya dari sumber cahaya lain 2. operator komputer yang bekerja 8 jam per hari. Menggunakan jenis monitor yang baik.

Kata "intelektual" tercermin bahwa obyek kekayaan intelektual tersebut adalah kecerdasan. Hak Paten Dan Hak Merk. seni.PENGERTIAN HAKI : Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atau Hak Milik Intelektual (HMI) atau harta intelek (di Malaysia) ini merupakan padanan dari bahasa Inggris Intellectual Property Right. yaitu benda tidak berwujud (benda imateriil). daya pikir.ugm. . keterampilan Dan sebaginya Yang tidak mempunyai bentuk tertentu. 1988:3). Ø Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ahttp://zakimath.pptYang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya.ugm.id/matematika/etika_profesi/HAKI_09. Dan hak cipta). ilmu pengetahuan. Secara sederhana HAKI mencakup Hak Cipta.ac.id/matematika/etika_profesi/HAKI_09. berupa informasi. sastra. Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud.web.ac. teknologi.web. merek. Ø Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti Paten. atau produk pemikiran manusia (the Creations of the Human Mind) (WIPO. Namun jika dilihat lebih rinci HAKI merupakan bagian dari benda (Saidin : 1995).pptdala h hak eksklusif http://zakimath.

18/1997 tentang Pengesahan Berne Convention for the Protection of Literary and Artistic Works •Keputusan Presiden RI No. 15/1997 tentang Pengesahan Paris Convention for the Protection of Industrial Property dan Convention Establishing the World Intellectual Property Organization •Keputusan Presiden RI No. 19/1997 tentang Pengesahan WIPO Copyrights Treaty   .DASAR HUKUM •Undang-undang Nomor 7/1994 tentang Pengesahan Agreement Establishing the World Trade Organization (WTO) •Undang-undang Nomor 10/1995 tentang Kepabeanan •Undang-undang Nomor 12/1997 tentang Hak Cipta •Undang-undang Nomor 14/1997 tentang Merek •Keputusan Presiden RI No. 17/1997 tentang Pengesahan Trademark Law Treaty •Keputusan Presiden RI No.

Hak Kekayaan Industri.1.Hak Cipta. meliputi: v v v v v v Secara umum Hak Kekayaan Intelektual dapat terbagi dalam dua kategori yaitu: Paten Merek Desain Industri Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu Rahasia Dagang. 2. dan Indikasi .

dan kesusasteraan. kesenian. sastra dan seni. • Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta : Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasanpembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.HAK CIPTA PENGERTIAN   • Hak Cipta adalah hak khusus bagi pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya. kecekatan. Hak cipta hanya diberikan secara eksklusif kepada pencipta. keterampilan atau keahlian yang dituangkan dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi".(Pasal 1 ayat 1) • Hak cipta diberikan terhadap ciptaan dalam ruang lingkup bidang ilmu pengetahuan. Termasuk ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan. yaitu "seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya lahir suatu ciptaan berdasarkan pikiran. imajinasi. .

. kecekatan. • • • Pemegang Hak Cipta Pencipta sebagai Pemilik Hak Cipta atau orang lain yang menerima lebih lanjut hak dari orang tersebut diatas.SUBYEK HAK CIPTA • • Pencipta seseorang atau beberapa orang secara bersamasama yang atas inspirasinya lahir suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran. keterampilan atau keahlian yang dituangkan dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi. imajinasi.

seni dan sastra.OBYEK HAK CIPTA • • Ciptaan yaitu hasil setiap karya Pencipta dalam bentuk yang khas dan menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan. seni dan sastra. . Ciptaan yang dilindungi adalah Ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan.

ugm.id/matematika/etika_profesi/HAKI_09.Undang-undang yang mengatur Hak Cipta: Ø UU Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta Ø UU Nomor 6 Tahunhttp://zakimath.ac. ppt 1982 tentang Hak Cipta (Lembaran Negara RI Tahun 1982 Nomor 15) Ø UU Nomor 7 Tahun 1987 tentang Perubahan atas UU Nomor 6 Tahun 1982 tentang Hak Cipta (Lembaran Negara RI Tahun 1987 Nomor 42) Ø UU Nomor 12 Tahun 1997 tentang Perubahan atas UU Nomor 6 Tahun 1982 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 7 Tahun 1987 (Lembaran Negara RI Tahun 1997 Nomor 29) Ø • .web.

. Ø Paten diberikan dalam ruang lingkup bidang teknologi. dikenal pula paten sederhana (utility models) yang hampir sama dengan paten. b. Yang dimaksud dengan penemuan adalah kegiatan pemecahan masalah tertentu di bidang teknologi yang berupa : • a. Paten dan paten sederhana di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Paten (UUP). tetapi memiliki syarat-syarat perlindungan yang lebih sederhana. penyempurnaan dan pengembangan proses. untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri penemuannya tersebut atau memberikan persetujuan kepada orang lain untuk melaksanakannya (Pasal 1 Undang-undang Paten). Ø Hak khusus yang diberikan negara kepada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi. yaitu ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam proses industri. proses. Ø Paten hanya diberikan negara kepada penemu yang telah menemukan suatu penemuan (baru) di bidang teknologi. Di samping paten.PATEN PENGERTIAN •  Ø Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001: • Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi. hasil produksi. yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya (Pasal 1 Ayat 1). c.

undang yang mengatur tentang paten: • UU Nomor 6 Tahun 1989 tentang Paten (Lembaran Negara RI Tahun 1989 Nomor 39) •• UU Nomor 13 Tahun 1997 tentang Perubahan UU Nomor 6 Tahun 1989 tentang Paten (Lembaran Negara RI Tahun 1997 Nomor 30) •• UU Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 109) • • .Undang .

angka-angka. atau kombinasi dari unsur. susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa (Pasal 1 Undang-undang Merek).huruf. (Pasal 1 Ayat 1) Merek merupakan tanda yang digunakan untuk membedakan produk (barang dan atau jasa) tertentu dengan yang lainnya dalam rangka memperlancar perdagangan. kata. huruf-huruf. menjaga kualitas.   •• • • • • • • • • . nama.MEREK • • PENGERTIAN Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 : Merek adalah tanda yang berupa gambar. huruf.angka.unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. nama. susunan warna. Merek adalah tanda yang berupa gambar. kata. angka. dan melindungi produsen dan konsumen.

menggunakan sendiri merek tersebut atau memberi izin kepada seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk menggunakannya. • • • • • • . Merek jasa yaitu merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya. Hak atas merek adalah hak khusus yang diberikan negara kepada pemilik merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu. Merek kolektif adalah merek yang digunakan pada barang atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang atau jasa sejenis lainnya.Istilah-istilah merek: • Merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.

undang yang mengatur tentang merek: • UU Nomor 19 Tahun 1992 tentang Merek (Lembaran Negara RI Tahun 1992 Nomor 81) UU Nomor 14 Tahun 1997 tentang Perubahan UU Nomor 19 Tahun 1992 tentang Merek (Lembaran Negara RI Tahun 1997 Nomor 31) UU Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 110) • • • • .Undang .

atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk. (Pasal 1 Ayat 1) • • . atau garis dan warna. atau kerajinan tangan. konfigurasi.Desain Industri • • PENGERTIAN (Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri) : •  Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk. atau komposisi garis atau warna. komoditas industri. barang.

(Pasal 1 Ayat 2) • • • . yang di dalamnya terdapat berbagai elemen dan sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif. yang sebagian atau seluruhnya saling berkaitan serta dibentuk secara terpadu di dalam sebuah bahan semikonduktor yang dimaksudkan untuk menghasilkan fungsi elektronik. serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu Sirkuit Terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan Sirkuit Terpadu. sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif.(Pasal 1 Ayat 1) Desain Tata Letak adalah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari berbagai elemen.Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu PENGERTIAN •  • (Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu) : • • •   Sirkuit Terpadu adalah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi.

• . mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha. dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik Rahasia Dagang.Rahasia Dagang PENGERTIAN •  • (Menurut Undang-Undang Nomor Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang) : • • • 30   Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis.

Indikasi Geografis PENGERTIAN •  • (Berdasarkan Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek) : • • • Indikasi-geografis dilindungi sebagai suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam. memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan. faktor manusia. atau kombinasi dari kedua faktor tersebut.(Pasal 56 Ayat 1)   • • .

pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Undang-undang Hak cipta. UU No 7 tahun 1987 tentang Perubahan atas UU No 6 Tahun 1982 tentang hak cipta ( Lembaran Negara RI tahun 1987 No mor 42 )  uu No 12 tahun 1997 tentang perubahan atas UU Nomor 6 tahun 1982 sebagai mana telah diubah dengan UU Nomor 7 tahun 1987 ( Lembaran RI 1997 Tahun 1997 Nomor 29 )  • .c. Undang-Undang Hak Cipta Untuk melindungi HAKI. Undang-undang hak cipta yang berlaku adalah undang-undang hakl cipta No. 19 tahun 2002 berlaku adalah sebagai berikut : UU No 6 tahun 1982 tentang hak cipta (Lembaran Negara RI Tahun 1982 Nomor 15). 19 tahun 2002 yang disahkan tanggal 29 juli 2002. Peraturan hak cipta di Indonesia sebelum UU Hak Cipta No.

• • • Dengan berlakunya UU Hak cipta No. pembajakan. ataupun pemodifikasian hasil karyanya oleh pihak lain. 19 Tahun 2002 diharapkan seluruh masyarakat indonesia dapat berkreasi atau berkarya dengan nyaman tanpa takut pengopian . . • D. hak cipta(copyright) yang menunjukkan sofware tersebut apabila dibajak atau dicopy apa lagi untuk tindakan komersial maka pihak produsen akan menuntut dengan saksi berdasarkan72 UU Hak cipta Nomor 19 tahun 2002 .terdapat logo TM (Trade Marks).Masa Berlaku hak cipta • Di Indonesia untuk memberikan legalitas sebaiknya hak cipta perangkat lunak atau software didaftarkan di Departemen Hukum. Contoh hak cipta dari dari perangkat lunak adalah microsoft dengan nama Windows. Perhatikan software-software yang anda miliki. Terdapat pula software yang memiliki hak cipta.

hak cipta tersebut dapat diwariskan kepada ahli .• • • • Software ini disebut dengan istilah open source yang dalam HAKI bukan merupakan trade secret (informasi dagangan yang dirahasiakan). Pasal 31 ayat (2) juga mnyatakan bahwa hak cipta atas ciptaan yang duilaksanakan oleh penerbit berdasarkan pasal 11 ayat (2) berlaku selama 50 tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali diterbitkan. berbeda dengan windows yang merupakan hak cipta trade secret. masa berlakunya hak cipta ats ciptaan program komputer dan database adalah 50(lima puluh) tahun sejak pertama kali dicanntumkan. tetapi pemilik hak cipta tersebut telah meninggal dunia. UU hak cipta menyatakan bahwa untuk hak cipta yang masa berlakunya belum habis. Menurut pasal 30 UU hak cipta No 19 tahun 2002.

Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dengan pasal 2 ayat 1 atau pasal 49 ayat 1 dan ayat 2 dipidana penjara masing-masing paling singkat 1bulan dan / atau denda paling banyak Rp 5.E.000.00 (lima meliyar rupiah) • .000. Ketentuan Pidana Pelanggaran Hak Cipta UNDANG-UNDANG TENTANG HAK CIPTA • BAB XIII • KETENTUAN PIDANA •Pasal 72 1.000.

•3.000.000. memamerkan.000.00 (lima ratus juta) •4. Barang siapa yang sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan / atau denda paling banyak Rp 500.Barang siapa dengan sengaja menyiarkan. atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil langgaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan / atau denda paling banyak Rp 500. Barang siapa melanggar pasal 17 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan / • 2. . mengedarkan.00 (lima ratus juta).000.

000.00 •8.000.00. • .5. pasal 20.000. •6. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar pasal 28 dipidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak 1. atau pasal 49 ayat 3 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun dan / atau denda paling banyak 150.00 •9.000.000.000. Barang siapa dengan sengaja melanggar pasal 19. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar pasal 25 dipidana penjara 2 tahun dan / atau denda paling banyak 150.000.00. •7.500. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar pasal 24 atau pasal 55 dipidana dengan pidana penjara 2 tahun dan / atau denda paling banyak 150.000.000.000.00. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa melanggar pasal 27 dipidana penjara paling lama 2 tahun dan / atau denda paling banyak 150.

Pencipta atau pemegang hak cipta atas karya sinematrogafi dan program komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain tanpa persetujuannya menyewakan ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.F. Fungsi hak cipta Hak cipta mempunyai fungsi tertentu bagi pemiliknya. 2. Menurut pasal 2 UU hak cipta.Hak cipta merupakan hak eksklusif bagi pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaannya dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. fungsi hak cipta dapat dinyatakan sebagai berikut : 1. • .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful