DISKUSI (Y.

Anggadinata)
ini sedikit hasil diskusi sama Pak Angga, bebas diedit yah temans, jangan sama2 plek

1. Apa peran Kemendag dalam Konektivitas Sislognas? Jawab : Peran Kemendag adalah Membuat masterplan bagaimana suatu wilayah dapat didorong perekonomiannya baik barang maupun jasa sehingga tercapai trade balance. Bentuk geografis Indonesia yang berupa negara kepulauan, menjadi sangat rawan terjadi disparitas harga antar satu pulau dengan pulau yang lainnya. Distribusi barang untuk sampai ke pulau yang paling terpencil akan melewati banyak perantara, sehingga harga jualnya akan menjadi tinggi. Saat ini barang impor dari luar negeri masih dapat masuk ke dalam wilayah Indonesia melalui setiap pelabuhan yang ada di Indonesia. Hal ini menyebabkan barang import dapat langsung diterima oleh distributor lokal untuk didistribusikan kepada konsumen dengan harga murah sehingga mengancam produsen barang produksi dalam negeri. Kementerian Perdagangan yang memiliki wewenang dalam pengaturan peredaran barang dan jasa di dalam negeri dapat melakukan tindakan untuk melindungi produsen barang dalam negeri agar dapat bersaing dengan barang import. Salah satu caranya adalah dengan adanya kebijakan arus masuk barang import, dimana kapal asing hanya bisa masuk wilayah Indonesia melalui pelabuhan-pelabuhan tertentu saja. Kapal asing hanya dapat masuk melalui pelabuhan tertentu saja, dan barang yang diangkut oleh kapal tersebut didistribusikan keluar pelabuhan hanya menggunakan kendaraan angkutan milik Indonesia. Dengan kebijakan tersebut, akan mengakibatkan

tambahan biaya transportasi untuk barang-barang import sehingga harga akan naik ketika sampai ke tangan konsumen. Hal tersebut akan menjadikan harga barang import akan setara dengan produksi lokal, sehingga produsen lokal akan terlindungi.

1

Dengan pengaturan perdagangan antar propinsi juga bertujuan untuk keseimbangan perdagangan di seluruh wilayah Indonesia. pengaturan pedagangan antar propinsi adalah upaya untuk mencegah adanya asimetri informasi. perhitungan nilai tukar. dan ternyata beras yang dia kulak asalnya dari lampung sendiri) Asimetri informasi juga akan berujung adanya disparitas harga antar daerah di Indonesia. tetapi juga akan dikirim ke Negara asalnya. PDB yang dihasilkan oleh suatu Negara seharusnya merupakan perhitungan seluruh produksi riil. (waktu (kalo gak salah) itu beliau mencontohkan ada pedagang beras dari Lampung yang kulakan di pasar induk Jakarta. dan sumber-sumber ekonomonis pada negara tersebut. Adanya pusat informasi pada tiap daerah di seluruh Indonesia. Suatu daerah yang mengalami surplus bahan kebutuhan pokok akan akan dapat disalurkan pada daerah lain yang mengalami kekurangan.2. Hasil produksi dari perusahaan asing tidak seluruhnya akan didistribusikan pada pasar Indonesia. Apakah nilai PDB masih relevan sebagai indicator pencapaian visi dan misi Kemendag? Jawab: Produk Domestik Bruto didapatkan dengan menghitung total kegiatan ekonomi dibagi dengan jumlah penduduk di suatu Negara     Total kegiatan ekonomi yang dihitung adalah seluruh produk yang dihasilkan di suatu Negara. dan bukan hanya produk yang dihasilkan saja. baik dari perusahaan local maupun asing. Hal ini yang menyebabkan PDB kurang relevan untuk mengukur kesejahtaraan suatu Negara. Kementerian 2 . Hal inilah yang menyebabkan PDB hanya relevan untuk mengukur tingkat ekonomi suatu negara dan bukan untuk mengukur tingkat kesejahteraan suatu negara. Apakah perdagangan antar propinsi juga perlu diatur? Jawab : Perlu. perhitungan pendapatan dan belanja. 3. termasuk menghitung produksi dari UKM. akan meperlancar transparansi informasi antar daerah satu dengan daerah lainnya.

Perdagangan yang berwenang mengatur pusat-pusat distribusi di tiap-tiap Indonesia yang nantinya juga akan berfungsi agar informasi perdagangan menjadi lebih lancar dan transparan. 3 . sehingga distribusi barang kebutuhan pokok akan merata untuk setiap wilayah Indonesia hingga ke daerah yang terpencil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful