Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima

Refrigerant Hemat Energy Dan Ramah Likungan
www.globalindoprima.com © 2008, Property Of Globalindo Niaga Prima Kemang Pratama, Jl. Niaga IV E/63, Bekasi, Jawa Barat Phone: (021) 95493863 (021) 8201134 Fax: (021) 8201134 95493863,
Property Of Globalindo Niaga Prima 1

Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima

DAFTAR ISI
PENDAHULUAN - ( 4) LATAR BELAKANG - ( 5)
Mengapa Harus Hydrocarbon refrigerant - ( 5) Bahan Pendingin Yang Mengandung Fluor - ( 6) Kelemahan Refrigerant Sintetis Freon (Aspek Lingkungan) - ( 6) Kelemahan Refrigerant Sintetis Freon (Aspek Teknis) - ( 8) Kelemahan Refrigerant Sintetis Freon (Aspek Ekonomis) - ( 8) Regulasi Dan Peraturan Pemerintah – ( 9)

MUSICOOL HYDROCARBON REFRIGERANT - (11)
Keunggulan Produk - (11) Musicool Sebagai refrigerant Alternatif - (12) Spesifikasi Dan Datasheet - (13) Aspek Teknis Musicool - (15) Aspek Ekonomis Musicool - (16) Contoh Perhitungan Penghematan - (17)

JASA GNP - RECOVERY & KONVERSI REFRIGERANT SINTETIS KE REFRIGERANT MUSICOOL HC - (18)
Alasan perlunya Penggantian - (18) Keuntungan Ekonomis Setelah Dilakukan Penggantian - (19) Audit Energi - (20) Proses Recovery Dengan Musicool - (20) Pelaksanaan Recovery Dan Konversi - (21) Jaminan Konversi - (21) Servis Dan Pemeliharaan - (22) Indikator Dan Syarat Sukses Pekerjaan Konversi - (23)

Property Of Globalindo Niaga Prima

2

Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima

Faktor Penyebab Kegagalan Konversi Ke Musicool - (23) Kualifikasi Teknisi Globalindo Niaga Prima - (24)

PERBANDINGAN KARATERISTIK REFRIGERANT SINTETIS FREON & REFRIGERAN HIDROKARBON MUSICOOL - (25)
Perbandingan Kinerja Freon R-22 Dan Musicool MC-22 - (25) Material Kompatibilitas Freon R-22 Dan Musicool MC-22 - (26) Parameter Lingkungan Freon R-22 Dan Musicool MC-22 - (26)

ASPEK SAFETY DAN PENANGANAN REFRIGERAN HIDROKARBON - (27)
Aman Bagi Manusia - (27) Sifat Flamable Refrigeran Hidrokarbon - (27) Syarat Terjadinya Flame - (28) Apakah Syarat Terjadinya Flame Dapat Terpenuhi - (29) Contoh Syarat Terjadinya Flame Dalam Kenyataan - (30) Flame Pada Kompressor AC Jika Terjadi Short - (31) Kapan Bisa Terjadi Flame - (31) Bagaimana Caranya Supaya Tidak Terjadi Flame - (31)

KESIMPULAN - (32)

Property Of Globalindo Niaga Prima

3

H-Hydro) atau disini biasa dikenal dengan istilah FREON (Syntetic Refrigerant). Merek dan jenis HC yang beredar di Indonesia cukup banyak. seperti Musicool. Hychill. ROB di sepanjang Pantai Utara Jawa. karena Musicool adalah produk dalam negeri. F-Fluor. Musicool adalah refrigerant dengan bahan dasar hydrocarbon alam dan termasuk dalam kelompok refrigerant ramah lingkungan. Global warming potential (GWP) gas Fluor dari freon adalah 510. khususnya untuk Gedung-gedung bertingkat. mal dan industri. Sudah saatnya kita sekarang mengurangi penggunaan CFC.HFC dan HCFC dalam mesin-mesin pendingin kita. pemanasan global dan penghematan listrik/energy. dirancang sebagai alternatif pengganti freon yang merupakan refrigerant sintetic kelompok halokarbon. Saya ingin membahas hal tersebut dari salah satu penyebabnya . HCFC R-22 dan HFC R-134a yang masih memliki potensi merusak alam. dll.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima PENDAHULUAN Seperti yg kita ketahui sekarang ini banyak sekali isu-isu krisis yang melanda negeri kita ini. Safe. Sumsel di tepi sungai Musi. artinya freon dapat mengakibatkan pemanasan global 510 kali lebih berbahaya dibanding CO2. yaitu CFC. yaitu: kerusakan lapisan ozon. krisis listrik. mulai dari perubahan iklim yang tidak menentu. sedangkan Atsmosfir Life Time (ALT) dari freon adalah 15. berarti ada beberapa isu yang terselesaikan. Property Of Globalindo Niaga Prima 4 . Sekarang ini sudah ada bahan pendingin alternatif pengganti freon yaitu Hydrocarbon Refrigerant (Natural Refrigerant). Air dan BBM. Duracool. salah satu produk Pertamina yang dibuat di Unit Pengolahan III. perkantoran. artinya freon akan bertahan di atsmosfir selama 15 tahun sebelum akhirnya terurai. Dengan mengganti bahan pendingin mesin AC kita dengan Hydrocarbon. HFC dan HCFC (C-Chloro. CFC R-12. Chlor adalah gas yang merusak lapisan ozon sedangkan Fluor adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca. HC yang saya bahas disini adalah Musicool. C-Carbon. Hycool. banjir. Palju.

Akibat adanya peraturan baru ini. yaitu Hydrocarbon Refrigerant. HC-12® diproduksi sebagai pengganti refrigerant CFC R12 merusak lapisan ozon dan menimbulkan pemanasan global HC-134a® diproduksi sebagai pengganti refrigerant HFC R134a mengakibatkan pemanasan global. seperti : Chloro Fluoro Carbon. dikenal dengan CFC Hydro Chloro Fluoro Carbon. baik secara teknik. HC-600a® diproduksi sebagai pengganti refrigerant CFC R600 merusak lapisan ozon. Hydrocarbon Refrigerant dibuat untuk menggantikan refrigeran-refrigeran lain yang sangat merusak lingkungan. Pemerintah Indonesia telah melarang dan membatasi penggunaan ketiga jenis refrigeran ini. yang. dan yang paling penting dari semua itu. yang yang yang yang Mengapa Harus Hydrocarbon Refrigerant Harga energi yang berasal dari BBM dan Listrik. maka dibuatlah refrigeran alami yang ramah lingkungan. HC-22® diproduksi sebagai pengganti refrigerant HCFC R22 merusak lapisan ozon dan menimbulkan pemananasan global. dikenal dengan HFC yang di Indonesia lebih familiar dengan nama Freon. Yang ternyata kemudian ditemukan bahwa dari ketiga jenis gas ini mempunyai kelemahan. Property Of Globalindo Niaga Prima 5 . refrigeran sintetic sangat membahayakan mahluk hidup baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima LATAR BELAKANG Synthetic Refrigerant. lingkungan dan ekonomi. akan terus meningkat sejalan dengan semakin langkanya sumber energi yang berasal dari minyak bumi (tak terbarukan). yang secara praktek dimulai dari tahun 2007. Freon sudah diaplikasikan di Indonesia selama lebih dari 70 tahun. dikenal dengan HCFC Hydro Fluoro Carbon. maka harus ada alternatif pengganti refrigeran yang ramah lingkungan.

Dan salah satu bahan-bahan yang meyebababkan hal tersebut adalah terlalu banyaknya peningkatan penggunaan syntetic refrigerant atau bahan pendingin buatan. HCFC (Hidro Chloro Fluoro Carbon) AC Ruangan/Gedung (AC Split. yaitu bahan pendingin/refrigerant yang mengandung H (Hidro). Bahan Pendingin yang mengandung FLUOR (Freon) 1.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Selain mengupayakan mencari sumber energi baru (diversifikasi) maka sumber energi yang ada perlu dihemat melalui program penghematan energi (konservasi energi). Menimbulkan kerusakan / penipisan lapisan ozon Property Of Globalindo Niaga Prima 6 . R134a). HFC (Hidro Fluoro Carbon) Refrigerator (Kulkas) Water Dispenser AC Mobil (< 1993) AC Central/Chiller Kelemahan Refrigerant Sintetis Freon ( Aspek Lingkungan ) 1. R-22. R-134a. CFC (Chloro Fluoro Carbon) Refrigerator (Kulkas) Water Dispenser AC Mobil (< 1993) 2. termasuk di Indonesia. R-12. R22. AC Window) AC Sentral/Chiller 3. Kepedulian Lingkungan & Energi telah menjadi perhatian global dalam perumusan berbagai kebijakan pembangunan di setiap Negara. Perubahan iklim global yang berdampak pada tatanan kehidupan dipermukaan bumi yang dipengaruhi oleh perubahan struktur lapisan ozon & efek rumah kaca di atmosfir yang disebabkan oleh bahan-bahan yang dilepas dari bumi. C (Chloro). F (Fluoro) dan C (Carbon) atau lebih dikenal dengan HCFC dan CFC dan di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Freon (R-12.

Beracun Bagi Makhluk Hidup Apabila terhirup oleh manusia.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Akibat langsung pada manusia Penyakit katarak mata Penyakit kanker kulit Daya tahan tubuh menurun Akibat tidak langsung pada manusia Berkurangnya plankton produksi ikan menurun Perubahan genetika tumbuhan Hasil pertanian menurun Mempercepat korosive logam Peralatan cepat rusak 2. bisa menimbulkan kematian KATARAK MATA Sinar Ultra ungu intensitas tinggi yang sampai ke permukaan bumi akibat rusaknya lapisan ozon dapat menyebabkan katarak mata Daratan Daratan Dampak kerusakan lapisan ozon KANKER KULIT Rusaknya lapisan ozon sangat mungkin menyebabkan kanker kulit MEMPENGARUHI IKAN DAN BIOTA LAUT Adanya sinar ultra ungu intensitas tinggi akan membunuh fitoplankton yang merupakan makanan ikan kecil dan biota laut lainnya. Hal ini akan menyebabkan matinya ikan lain yang lebih besar karena kehilangan makanannya PENURUNAN IMMUNITAS TUBUH Adanya sinar ultra ungu intensitas tinggi akan menyebabkan penurunan immunitas (daya tahan) tubuh manusia sehingga mudah terserang penyakit Property Of Globalindo Niaga Prima 7 . Meningkatkan Pemanasan Global ( Effek Rumah Kaca ) Perubahan iklim tidak menentu Suhu bumi meningkat Muka air laut meningkat tenggelam atau banjir Es di kutub mencair Muka air laut meningkat tenggelam atau banjir 3.

Lingkup Mikro Pemakaian refrigerant lebih banyak Cost/biaya tinggi Kerja kompresor lebih berat Cepat rusak Cost tinggi Kerja kompresor lebih berat Life time lebih pendek Cost tinggi Property Of Globalindo Niaga Prima 8 .Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima DAMPAK DARI PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING) PERUBAHAN IKLIM BENCANA ALAM KENAIKAN SUHU KULIT BUMI MUTASI GEN VIRUS & BAKTERI Kelemahan Refrigerant Sintetis Freon ( Aspek Teknis ) Pemakaian refrigerant lebih banyak Bobot refrigerant lebih besar Kerja kompresor lebih berat Efek pendinginan lebih kecil Proses pendinginan lebih lambat Temperatur udara keluaran lebih tinggi Kelemahan Refrigerant Sintetis Freon ( Aspek Ekonomis ) 1.

581/MBU/2005 Property Of Globalindo Niaga Prima 9 . dll) di rumah tangga. 2. Penghapusan BPO & GRK Keppres RI No. Biaya listrik tinggi Cost Regulasi Dan Peraturan Pemerintah Perkembangan Kebijakan Pemerintah 1. 23 / 1992 (mengenai perlindungan lapisan ozon) UU No. 02 / 2008 tentang penghematan energi Peraturan Menteri ESDM No. Pengutamaan penggunaan produk dalam negeri Nota Nesepakatan antara Menteri Perindustrian & Menteri Negara BUMN No. produk dalam negeri (Pertamina) ‘Musicool’. Tidak menggunakan bahan pendingin sintetis pada peralatan pendingin (AC. 2. Menggunakan bahan pendingin alternative pengganti yang ramah lingkungan. 17 / 2004 (mengenai Pemanasan Global) 3.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Pemakaian tenaga listrik tinggi tinggi 2. Di Bidang Energi Inpres No. dan di pasaran sudah tersedia bahan pendingin hydrocarbon. Kulkas. 031 / 2005 tentang tata cara pelaksanaan penghematan energi. Lingkup Makro Kerja pembangkit tenaga listrik berat Biaya Pemeliharaan tinggi Konsumsi listrik meningkat Pembangkit tenaga listrik tetap Krisis energi Tingkat kesehatan masyarakat menurun Biaya hidup tinggi Kemiskinan meningkat Import BBM meningkat Pemakaian devisa besar Neraca perdagangan/pembayaranmemburuk Apa yang Harus Kita Lakukan Untuk Mengurangi Pemanasan Global dan Efek Rumah Kaca 1.

17 / 2004. tentang pengaturan pelaksanaan UU No. 23 tahun 1992. tentang perubahan iklim termasuk pembatasan Emisi gas rumah kaca.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Surat edaran Meneg BUMN kepada Direksi BUMN hal penggunaan produk lokal Dibidang Energi Inpres No. SE-02/BBU/2006 tgl 23 Januari 2006 (Perusahaan BUMN & Anak perusahaan dilingkungan BUMN mengutamakan produk dalam negeri) Nota kesepakatan antara Menteri Perindustrian dan Menteri Negara BUMN No. 522/M-IND/12/2005 dan No. tentang Penghematan Energi Penghematan pendingin ruangan (AC) di gedung perkantoran. Dibidang Lingkungan Hidup Keputusan Presiden RI No. tentang Tata Cara Penghematan Energi yang terkait dengan AC a. BUMN dan BUMD Peraturan Menteri ESDM No. tgl 10 September 2005. pusat perbelanjaan dan/atau bangunan yang dikelola pemerintah. 33 tahun 2005. Beijing Amendment. tentang “Bangunan Gedung”. 02 / 2008. 0031/ 22 Juli 2005. pemerintah daerah. 28 tahun 2002. ditindaklanjuti dengan SK Memperindag RI No. 581/MBU/2005 tanggal 28 Desember 2005 (Pengutamaan penggunaan produk dalam negeri) Property Of Globalindo Niaga Prima 10 . 110/MPP/Kep/1/1998 SK Memperindag RI No. pengendalian produksi dan perdagangan HCFC Dibidang Pengutamaan Produk Dalam Negeri Surat Edaran Menteri Negara BUMN kepada Direksi BUMN No. 36 tahun 2005. 111/MPP/Kep/1/1998 Batas penggunaan CFC/Freon : 2007 UU RI No. Peraturan Presiden RI No.l : Pengaturan setting temperatur AC dan waktu pengoperasian Penggunaan produk dan teknologi hemat energi Peraturan pemerintah No.

Lebih Irit. HCFC R-22 dan HFC R-134a yang masih memliki potensi merusak alam. MUSICOOL dapat menggantikan refrigerant yang digunakan selama ini tanpa mengubah atau mengganti komponen maupun pelumas. MUSICOOL tidak beracun. MUSICOOL memiliki sifat kerapatan yang rendah sehingga hanya memerlukan sekitar 30% dari penggunaan refrigerant fluorocarbon pada kapasitas mesin pendingin yang sama. Hasil pengujian menunjukan bahwa dengan beban pendingin yang sama.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima MUSICOOL HYDROCARBON REFRIGERANT HYDROCARBON Musicool adalah refrigerant dengan bahan dasar hydrocarbon alam dan termasuk dalam kelompok refrigerant ramah lingkungan. Property Of Globalindo Niaga Prima 11 . Hemat Energi. tidak membentuk gum. nyaman dan pelepasannya ke alam bebas tidak akan merusak lapisan ozon dan tidak menimbulkan efek pemanasan global. Memenuhi Persyaratan International. MUSICOOL mempunyai sifat termodinamika yang lebih baik sehingga dapat menghemat pemakaian energy hingga 25% dibanding dengan refrigerant fluorocarbon pada kapasitas mesin pendingin yang sama. diagram tekanan versus suhu serta uji kinerja pada siklus refrigerasi. seperti kerapatan bahan (density). dirancang sebagai alternatif pengganti refrigerant sintetic kelompok halokarbon. Pengganti Untuk Semua. kalor laten dan konduktivitas bahan. COP. seperti efek refrigeras. Keunggulan Produk Ramah Lingkungan dan Nyaman. diantaranya beberapa parameter memberikan indikasi data lebih kecil. rasio tekanan kondensasiterhadap evaporasi dan nilai viskositasnya. Musicool telah memenuhi persyaratan teknis sebagai refrigerant yaitu meliputi aspek sifat fisika dan termodinamika. sedangkan beberapa parameter lain memberikan indikasi data lebih besar. MUSICOOL memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan refrigerant sintetic. CFC R-12. Musicool memenuhi baku mutu internasional dalam pemakaian maupun implikasi yang menyertainya.

Supply terjamin. tidak merusak lapisan Ozon dan tidak menimbulkan Efek Rumah Kaca Familiar dengan kehidupan manusia Kompatible terhadap semua mesin pendingin yang biasa menggunakan Refrigeran Sintetis Tidak merusak komponen Mesin AC Tidak perlu penggantian komponen peralatan AC Produk dalam negeri (Pertamina). bahan baku banyak. serta Backup teknis tersedia Alkylasi unit. Plaju Property Of Globalindo Niaga Prima 12 . produksi Musicool di Kilang UP-III.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Musicool Sebagai Refrigerant Alternatif Memiliki Sifat Fisika dan Thermodinamika yang lebih baik Sangat ramah lingkungan.

3 < 100 ppm < 50 ppm < 0.3 > 99.03% wt < 10 ppm < 2 ppm MC-134 traces ** ** ** < 50 ppm < 10 ppm < 2 ppm MC-600 traces < 0.Butane. Colorles Gas.03% wt < 0. Sweet Petroleum odor stench to allow leak detection 5.5 < 50 ppm < 10 ppm < 2 ppm < 0. ap. % wt Propane.5 < 0.3 < 0.03% wt < 10 ppm < 100 ppm < 0. av. % wt n-Butane.529 Fast>1 (1=n-butylacetate) -188o C Property Of Globalindo Niaga Prima 13 .56 kg / m3 271119 MC-22 Physical State Specific Gravity Evaporation Rate Freezing Point Gas 0.5 > 99. n.3% wt < 0.5 < 0.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Spesifikasi Dan Datasheet Musicool Composisition/Information on Ingredients MC-22 Ethane. % wt i.03% wt Sulphur Content < 2 ppm Propierty Information MC-12 ** Propierty Information MC-134 Physical & Chemical Properties MC-12 / MC-134 Physical State Specific Gravity Evaporation Rate Freezing Point pH Odour & Appearance Vapour Pressure Vapour Density HS Code Gas 0.5 12. % wt Pentane n-Hexane Olefins Water Content * MC-12 traces * * * < 100 ppm < 50 ppm < 0.552 Fast>1 (1=n-butylacetate) n.

325 0. 5 s/d 9 : MC-22 < R-22 Efek Refrigerasi lebih baik Pemakaian Energi lebih kecil. Colorles Gas.8o C.8 C. (kg/m ) Kerapatan Uap Jenuh pd 37.46 4.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima pH Odour & Appearance Vapour Pressure Vapour Density HS Code n.0128 1138 62.909 2.705 143.39 NOTE : Akibat No. (kg/m ) Viskositas Cairan Jenuh pd 37.8o C. (uPa-s) Viskositas Uap Jenuh pd 37.412 84. w/mk Konduktivitas Termal Uap Jenuh pd 37.8o C. w/mk Kerapatan Cairan Jenuh pd 37. Sweet Petroleum odor stench to allow leak detection 3. Kerja Kompresor lebih ringan Property Of Globalindo Niaga Prima 14 . Kj/Kgk Panas Jenis Uap Jenuh pd 37. Kj/Kgk Konduktivitas Termal Cairan Jenuh pd 37. Sweet Petroleum odor stench to allow leak detection 9.1065 kg / m3 271113 Sifat Fisika Dan Thermodinamika Musicool MC-22 VS Freon R-22 NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 PARAMETER Panas Jenis Cairan Jenuh pd 37.3 28.263 R-22 1.0778 0.53 2.4860 20564 kg / m3 271112 MC-600 Physical State Evaporation Rate pH Odour & Appearance Vapour Pressure Vapour Density HS Code Gas Fast>1 (1=n-butylacetate) n.0211 471.0868 0.8 C.8o C.58 9. ap.238 0.8 C. 1 s/d 4 : MC-22 > R-22 Akibat No.8o C.4983 9. (uPa-s) o o 3 o 3 o MC-22 2.8 C. ap.1 13. (kg/m3) Kerapatan Uap Jenuh pd 37. Colorles Gas.9736 0.

antara lain : Kerapatan (density) dan kekentalan (viscosity) yang cukup tinggi menyebabkan Berat Jenis menjadi tinggi. Dari Sifat Fisika dan Thermodinamika yang dimilikinya. maka refrigerant alamiah Musicool mempunyai kelebihan dibandingkan dengan refrigerant sintetis Freon. Kerja kompresor lebih ringan 3. yaitu : Merupakan refrigerant alternatif pengganti refrigerant sintetis Mudah ditangani karena mempunyai tekanan kerja yang sama dengan refrigerant sintetis Dengan kerapatan (density) dan kekentalan (viscosity) yang lebih kecil. Berat (bobot) refrigerant lebih kecil 2.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Aspek Teknis Musicool Hydrocarbon Refrigerant Refrigerant Sintetis (Freon) Dilihat dari Sifat Fisika dan Thermodinamika. refrigerant jenis sintetis memiliki beberapa kelemahan teknis yang berpengaruh pada kerugian secara ekonomis. Berat (bobot) refrigerant menjadi tinggi Pemakaian refrigerant lebih banyak Kerja kompresor menjadi lebih berat Pemakaian energi (listrik/bahan bakar) lebih banyak berpengaruh terhadap effek pendinginan Calor Laten yang rendah 1. Temperature pada evaporator (udara keluar) relatif kurang dingin MUSICOOL Refrigerant Keunggulan Musicool secara teknis adalah merupakan kebalikan dari kelemahan teknis yang dimiliki oleh refrigerant sintetis Freon. maka umur pemakaian menjadi lebih lama Property Of Globalindo Niaga Prima 15 . Proses pendinginan lebih lambat 2. Berat Jenis yang tinggi berpengaruh terhadap : 1. 2. Berat Jenis lebih kecil. maka : 1. Karena kerja kompresor lebih ringan. Pemakaian energi (listrik) untuk menggerakan kompresor lebih kecil 4. 4. 3.

Konsumsi tenaga listrik lebih rendah (turun hingga 30%) Biaya pemakaian listrik secara otomatis turun dengan angka yang sama 2.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Dengan sifat thermodinamika yang lebih baik. maka Effek refrigerasi menjadi lebih baik : 1. Kerja kompresor lebih ringan Cost) lebih kecil Biaya pemeliharaan (Maintenance 3. pemakaian refrigerant sintetis Freon menagkibatkan kerugian. tersebut diatas berakibat positif pada aspek Aspek Ekonomis Musicool Hydrocarbon Refrigerant Refrigerant Sintetis (Freon) Sebagai akibat dari kelemahan teknis sebagaimana disebutkan diatas. Kerja kompresor lebih berat kompresor cepat rusak pemeliharaan (maintenance cost) menjadi tinggi 3. Umur pemakaian (life time) lebih lama Biaya pemeliharaan lebih kecil Biaya Penyusutan Aktiva lebih kecil Replacement lebih lama Cash flow menjadi longgar Property Of Globalindo Niaga Prima 16 . Temperatur udara keluaran pada evaporator lebih rendah/dingin Keunggulan teknis ekonomi/financial. Pemakaian energi (listrik/bahan bakar) lebih banyak Listrik/bahan bakar tinggi Biaya operasional tinggi MUSICOOL Refrigerant Dengan keunggulan teknis yang dimiliki oleh refrigerant Musicool. Pemakaian refrigerant lebih banyak (maintenance cost) menjadi tinggi biaya pemeliharaan biaya 2. maka di lihat dari sisi ekonomis. Proses pendinginan lebih cepat 2. antara lain : 1. maka effeknya terhadap aspek ekonomis cukup besar : 1. Kerja komproser berat Penyusutan lebih besar terganggu umur peralatan lebih pendek Biaya replacement lebih cepat cashflow Biaya 4.

8 259.1 Amp (21.400.322.600.155.BEKASI Total Kapasitas : 200 PK PENGHEMATAN LISTRIK ARUS (AMP) SBLM KONVERSI SSDH KONVERSI (Amp) (Amp) Rata .7 x Rp 650./ KWH 720 x 21... maka biaya pemakaian bahan pendingin menjadi lebih rendah CONTOH 1 – PERHITUNGAN PENGHEMATAN INDUSTRI MANUFAKTUR CIBITUNG .9 75.rata Penghematan Penghematan Biaya Listrik : - 316../ KWH 420 x 48.8 x Rp 650.4 285.. 650. 7 KW) Lama Pemakaian Rata-rata/hari Lama Pemakaian / bulan Tarif Daya Listrik Rata-rata Penghematan Biaya Listrik/bulan : : : : 24 jam 720 jam Rp.JAKARTA Total Kapasitas : 216 PK PENGHEMATAN LISTRIK ARUS (AMP) SBLM KONVERSI SSDH KONVERSI (Amp) (Amp) Rata .= Rp 13. Bobot refrigerant yang terpakai lebih ringan (hanya 30%-40% dari bobot refrigerant sintetis). 650.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima 4.7 57.- CONTOH 2 – PERHITUNGAN PENGHEMATAN GEDUNG PERTOKOAN .= Rp 10. 8 KW) Lama Pemakaian Rata-rata/hari Lama Pemakaian / bulan Tarif Daya Listrik Rata-rata Penghematan Biaya Listrik/bulan : : : : 14 jam 420 jam Rp.- Property Of Globalindo Niaga Prima 17 .rata Penghematan Penghematan Biaya Listrik : - 361.5 Amp (48.

maka GLOBALINDO NIAGA PRIMA mencoba menawarkan Program Penghematan Listrik yang sekaligus juga mendukung Program Pelestarian Lingkungan Iklim Cuaca. Chiller. yang ramah lingkungan dan hemat listrik. Property Of Globalindo Niaga Prima 18 . karena Tarip Dasar Listrik (TDL) relatip tinggi dan cenderung terus meningkat. AC Mobil. diantaranya melalui Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 02 Tahun 2008. yaitu sangat tidak ramah lingkungan dan memerlukan tenaga listrik yang cukup besar. biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga listrik relatip besar. yang akan memaksa Pemerintah untuk melakukan langkah tindakan yang akan berpengaruh negatip terhadap dunia usaha maupun kehidupan individu masyarakat. dll. Peralatan Pendingin yang digunakan tersebut seperti: AC Ruangan. apabila tidak dilakukan penghematan maka diperkirakan akan menimbulkan krisis energi listrik. ternyata bahwa refrigerant jenis sintetis Freon mempunyai banyak kelemahan. Dengan makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup lebih effisien dan ekonomis. dengan menggunakan Refrigeran Alamiah Musicool produk Pertamina. Dispenser. seperti pembatasan pemakaian listrik dan/atau menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL). yang semakin menuntut kualitas hidup yang lebih baik dan lebih nyaman. disamping kecintaan kepada lingkungan demi kehidupan anak cucu dimasa datang.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima JASA GNP – RECOVERY & KONVERSI SINTETIS REFRIGERANT SINTETIS KE REFRIGERANT MUSICOOL HYDROCARBON Alasan Perlunya Penggantian Penggunaan Peralatan Pendingin untuk berbagai keperluan dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang sangat menakjubkan sejalan dengan perkembangan teknologi dan peningkatan kesejahteraan. Secara mikro. dalam kaitan dengan konsumsi tenaga listrik. Berdasarkan penelitian sejak tahun 1980-an. Sebagian terbesar masih menggunakan bahan pendingin (refrigerant) jenis sintetis (FCF/HCFC/HFC) yang dikalangan pemakai dikenal dengan nama Freon. Secara makro. Itulah sebabnya dalam beberapa tahun terakhir ini. Pemerintah secara intensif melakukan kampanye konservasi energi. bagi perusahaan/industri. Cold Storage.

antara lain : Menghemat pemakaian listrik/bahan bakar hingga 30%. karena tidak merusak lapisan Ozon dan tidak menimbulkan Effek Rumah Kaca/Pemanasan Global.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Program Penghematan Listrik yang ditawarkan oleh GLOBALINDO NIAGA PRIMA berupa Recovery Refrigeran AC Sintetis Freon dan Konversi dengan Refrigeran AC Alami Musicool. maka penghematan tenaga listrik yang diperoleh setelah dilakukan recovery Freon dengan Musicool berkisar antara 10% s/d 30% tergantung pada Jenis Mesin AC. Merk Mesin AC. Keuntungan Ekonomis Setelah Dilakukan Penggantian Berdasarkan pengalaman praktis. sedangkan di Indonesia mulai dikenalkan sejak tahun 1998 dan direkomendasikansebagai Bahan Pendingin/Refrigerant yang paling tepat untuk menggantikan Freon. Refrigerant jenis ini telah banyak digunakan di negara-negara Eropa. Kondisi Mesin AC serta Kapasitas Mesin AC. Memberikan effek pendinginan lebih baik. Ramah lingkungan. Kelebihan-kelebihan dari Refrigerant Musicool tersebut disebabkan oleh sifat Fisika dan Thermodinamikanya yang lebih baik jika dibandingkan dengan Freon. Kelebihan Musicool jika dibandingkan dengan bahan pendingin Freon. Refrigerant Musicool adalah bahan pendingin alamiah jenis hidrokarbon yang ramah lingkungan yang merupakan alternatip pengganti Freon dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan pendingin Freon yang digantikannya. umur pemakaian Tidak memerlukan penggantian/penambahan komponen. dengan rincian : Mesin AC dengan listrik 1 Phase Mesin AC dengan listrik 3 Phase : 10% s/d 30% : 10% s/d 20% Property Of Globalindo Niaga Prima 19 . Tidak merusak Mesin AC. Meringankan kerja kompresor. Umur pemakaian Mesin AC. sehingga kompresor AC menjadi lebih panjang.

berupa penurunan biaya listrik. Keuntungan lainnya yang diperoleh adalah dapat mengurangi Biaya Operasional lainnya. Property Of Globalindo Niaga Prima 20 . sehingga investasi/biaya yang dikeluarkan untuk penggantian Freon tersebut dapat kembali dalam waktu yang relatip singkat (Pay Back Period. terlebih dahulu dilakukan pengamatan serta pengecekan yang cermat terhadap berbagai aspek dari Mesin AC tersebut. sesuai Berita Acara yang dibuat untuk masing-masing Mesin AC dengan memperhitungkan durasi pemakaian masing-masing Mesin AC tersebut dan dengan asumsi: bahwa tidak terdapat penambahan peralatan yang menggunakan listrik serta durasi pemakaian sama dengan sebelum konversi.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Namun secara umum dapat dikemukakan. sehingga dapat memberikan keuntungan finansial yang tidak sedikit bagi pemilik Mesin AC. seperti : Maintenance Cost. Replacement Cost. apakah Mesin AC tersebut dalam kondisi baik dan secara teknis dapat dilakukan recovery dan konversi refrigerant atau tidak. antara lain : Jenis. Proses Recovery Dan Konversi Freon Dengan Musicool Sebelum dilakukan recovery/konversi refrigerant pada suatu Mesin AC. setelah atau sebelum dilakukan recovery & konversi Freon dengan Musicool secara menyeluruh. berupa perhitungan perkiraan penghematan tenaga dan biaya listrik yang akan diperoleh perusahaan setiap bulan melalui Mesin AC berdasarkan pada hasil penghematan listrik yang diperoleh setelah dilakukan recovery & konversi. dll. merk dan type Mesin AC Refrigerant yang digunakan Kondisi physik daripada mesin Lokasi dan kondisi tempat penyimpanan mesin Skedul pemeliharaan/maintenance yang dilakukan Performance mesin dengan menggunakan refrigerant Freon R-22 Hasil dari pengamatan/pengecekan tersebut akan menghasilkan kesimpulan. Audit Energi Apabila diperlukan oleh perusahaan. maka dapat dilakukan audit energi. bahwa recovery Freon dengan Musicool dapat menurunkan pemakaian tenaga listrik yang cukup signifikan. kurang dari 1 tahun).

Untuk setiap Mesin AC yang telah dilaksanakan recovery/konversi bahan pendinginnya. GLOBALINDO NIAGA PRIMA melaksanakan pekerjaan recovery/konversi Freon dengan Musicool pada Mesin AC yang telah ditetapkan. meliputi: Arus/daya listrik. Berdasarkan SPK/PO. Pengecekan performance Mesin AC setelah diisi Musicool untuk dibandingkan dengan performance sewaktu masih menggunakan Freon. Pelaksanaan pekerjaan dilakukan oleh Teknisi GLOBALINDO NIAGA PRIMA didampingi oleh seorang petugas perusahaan. Prosedur Pelaksanaan : Perusahaan membuat Surat Perintah Kerja (SPK) atau Purchase Order (PO) ditujukan kepada GLOBALINDO NIAGA PRIMA atau secara lisan yang akan ditegaskan dengan surat oleh GLOBALINDO NIAGA PRIMA dan dicounter sign oleh Perusahaan.tekanan dan temperatur pada evaporator (effek pendinginan). Jaminan Konversi GLOBALINDO NIAGA PRIMA bukan hanya sekedar menawarkan recovery dan konversi Freon ke Musicool. keamanan dan keuntungan dari perusahaan setelah recovery/konversi merupakan prioritas dan pertimbangan utama dari keputusan recovery/konversi refrigerant. Pengeluaran refrigerant Freon dari Mesin AC Pem-vacuuman Mesin AC. sekaligus pengecekan kebocoran Pengisian dengan bahan pendingin Musicool.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Keselamatan. untuk menyaksikan performance dari Mesin AC sebelum dan sesudah recovery/konversi bahan pendingin. dibuat lembar Berita Acara yang ditandatangani bersama oleh Teknisi GLOBALINDO NIAGA PRIMA dan Petugas perusahaan. Pelaksanaan Recovery Dan Konversi Refrigerant Jenis Pekerjaan : Pengecekan performance Mesin AC sebelum recovery (ketika masih menggunakan Freon). akan tetapi yang ditawarkan adalah : Property Of Globalindo Niaga Prima 21 .

tergantung pada jenis kompresor.25%. GLOBALINDO NIAGA PRIMA memberikan training/pelatihan kepada para teknisi Perusahaan/Pemilik AC dan/atau teknisi kontraktor servis/ pemeliharaan out-sourcing secara Cuma-Cuma. s/d 2. > 3 PK) : 10% . Mesin AC dengan listrik 3 Phasa (Kap. Servis Dan Pemeliharaan Servis dan Pemeliharaan yang menyangkut penambahan refrigeran (bahan pendingin) Musicool setelah recovery/konversi harus dilakukan oleh Teknisi yang telah mendapat pelatihan dan familiar dalam menggunakan Refrigerant jenis alamiah tersebut. merk dan umur Mesin AC. kecuali untuk pekerjaan servis cuci dapat dilakukan oleh Teknisi lain. maka GLOBALINDO NIAGA PRIMA siap untuk melakukan pekerjaan Servis dan Pemeliharaan secara periodik dan rutin berdasarkan Kontrak.20%.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Penurunan/penghematan konsumsi listrik dan Effek Pendinginan. Jaminan sesudah konversi.5 PK) : 10% . untuk effek pendinginan atau penambahan refrigerant. minimal selama 6 (enam) bulan atau sesuai dengan kesepakatan. yang merupakan satu paket dalam Program Penghematan Listrik. Tidak dianjurkan dan bahkan harus dihindarkan pekerjaan Servis dan Pemeliharaan dilakukan oleh Teknisi lain yang belum mengenal dan belum terbiasa dengan refrigerant hidrokarbon. Property Of Globalindo Niaga Prima 22 . Kami menjamin penurunan/penghematan konsumsi listrik adalah : Mesin AC dengan listrik 1 Phasa (Kap. sehingga perusahaan diharapkan akan dapat melakukan pekerjaan servis/pemeliharaan sendiri. terhitung setelah pekerjaan recovery & konversi selesai dilaksanakan sesuai Berita Acara Recovery & Konversi yang ditanda tangani bersama. Apabila Perusahaan/Pemilik AC tidak mempunyai SDM Teknisi sendiri atau kontraktor servis/pemeliharaan out-sourcing.

baik terhadap Hardwares maupun Pelaksana Konversi Syarat Sukses : Kualitas Refrigeran baik Teknisi Pelaksana memenuhi syarat trampil : Memahami karakteristik Misiccol Memahami perbedaan Refrigeran Sintetis Freon dengan Musicool Mengetahui perbedaan Konstruksi kemasan (tabung) dan akibatnya pada Sistim Prosedur Charging Cukup teratih melakukan Konversi atau Charging Musicool Memiliki pengalaman (jam terbang) bekerja dengan Musicool yang cukup Proses pekerjaan Konversi & Charging Musicool mengikuti Standard Operating Procedures (SOP) dan Standard Nasional Indonesia (SNI) Bekerja cermat. teliti. Perlakuan terhadap Musicool disamakan dengan Refrigeran Sintetis Freon 3. Temperatur Udara Keluaran pada Indoor/Evap.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Indikator Dan Syarat Sukses Pekerjaan Konversi Indikator Sukses : Konversi (Pemakaian) Listrik Turun antara 10 % s/d 30 % Efek Refrigeran lebih baik. Teknisi kurang memahami Karakteristik Musicool 2. & hati-hati Faktor Penyebab Kegagalan Konversi Ke Musicool 1. antara minimal 1 °C Hardwares Unit AC tidak mengalami masalah (kerusakan) baik pada saat pekerjaan Konversi atau sesudahnya Proses pekerjaan Konversi aman (tidak mengalami masalah. Cara pengisian mesin kapasitas besar disamakan dengan cara pengisian mesin kapasitas kecil 4. Teknisi kurang pengalaman dalam proses pengisian Refrigeran Musicool pada mesin kapasitas besar Property Of Globalindo Niaga Prima 23 .

Memahami karakteristik Musicool 4. Kurang hati-hati dalam menentukan Mesin AC mana yang dapat diretrofit dengan Musicool. Sudah mendapatkan pelatihan. baik teori maupun pratek 2. mulai dari Mesin AC Split sampai Mesin AC Chiller/Sentral. Berkerja selalu mengikuti SOP Musicool Property Of Globalindo Niaga Prima 24 . Memiliki Sertifikat Pelatihan Musicool dari Pertamina 3. akan tetapi sematamata karena human error Kualifikasi Teknisi Globalindo Niaga Prima 1. 5. Telah memiliki pengalaman dalam melakukan konversi dari Freon ke Musicool pada berbagai Mesin AC dan peralatan pendingin lainnya. Jenis Kegagalan Kurang atau tidak dingin Kompresor rusak/bermasalah Faktor Penyebab Teknisi kurang memahami Karakteristik Musicool Teknisi kurang terampil melakukan Aplikasi Teknisi tidak mengikuti SOP Kegagalan bukan disebabkan Musicool.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima 5.

Hidrogen Alamiah 2. merusak Lapisan Ozon Fluor. Chlor Kimia / Sintetis 3. menimbulkan Efek Rumah Kaca Refrigerant Alami MUSICOOL 1.8 299 3.44 3.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima PERBANDINGAN KARATERISTIK REFRIGERANT SINTETIS FREON DAN REFRIGERANT ALAMI MUSICOOL HYDROCARBON Refrigerant Sintetis Freon 1.12 3. Carbon Perbandingan Kinerja freon R-22 & Musicool MC-22 ( Beban ITR. Suhu Kondensasi 100o F.0 168 6. Fluor 4. Hidrogen 2. Carbon Catatan: Chlor. Suhu Evap 40o F ) NO PARAMETER 1 2 3 4 Ratio Tekanan Kompresi Efek Refrigerasi (Kj/Kg) Aliran Gas (Cfm/Ton) Koefisien Performance (COP) R-22 3.26 Property Of Globalindo Niaga Prima 25 .20 MC-22 2.

Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Material Kompatibilitas Freon R-22 & Musicool MC-22 NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 MATERIAL Steel Brass Copper Piping Piping Piping Piping Desicant Desicant Elastomer Elastomer Elastomer Elastomer Elastomer R-22 VG VG VG VG VG VG P P G G G MC-22 VG VG VG VG VG VG G G G G VG Aluminium Molecular Sieve Silicagel CR FPM PTFE Polyamide NBR # # - NOTE : VG = Very Good. G = Good. P = Poor MC 22 Tidak merusak Komponen AC Parameter Lingkungan Freon R-22 Dan Musicool MC-22 NO MATERIAL 1 2 3 ODP (Ozon Depleting Potential) GWP (Global Warming Potential) ALT (Atmosferic Life Time) R-22 0.006 510 15 MC-22 0 3 (Diabaikan) < 1 (Diabaikan) Property Of Globalindo Niaga Prima 26 .

Minyak Tanah. biasanya orang mengartikan flameable dengan mudah terbakar. Premium. Oli. Yang menjadi pertanyaan kita adalah kapan refrigerant ini bisa terbakarnya? Aman Bagi Manusia Musicool Refrigerant sangat aman bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. dll.) Kemungkinan Terjadinya Flame Sangat Kecil.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima PENAN ASPEK SAFETY DAN PENANGANAN HYDROCARBON REFRIGERANT Substansi dari Musicool Refrigerant adalah Hidrokarbon. dan Refrigeran Hidrokarbon ini merupakan substansi hirokarbon yang paling sulit terbakar dibandingkan dengan substansi hidrokarbon lainnya. dan sebagaimana substansi hidrokarbon lainnya. Solar. Elpiji Property Of Globalindo Niaga Prima 27 . Karena Syarat Terjadinya Flame Sulit Terpenuhi Sifat Flamable Refrigeran Hidrokarbon Flammable Merupakan Sifat Yang Melekat Pada Semua Substansi Yang Berbasis Hidrokarbon Seperti Bensin. jadi memang Musicool Refrigerant ini bisa terbakar. Minyak Tanah. Elpiji. Musicool mempunyai sifat melekat yang tidak bisa dihilangkan yaitu flamable. Solar. Sering terjadi salah pengertian dari sifat flamable Refrigerant Hydrocarbon ini. Thinner. baik secara langsung maupun tidak langsung. Oli. Pengertian dari flamable disini adalah bisa terbakar. Thinner. Secara Langsung Tidak Berwarna Tidak Berbau Tidak Beracun Secara Tidak Langsung Substansi Hidrokarbon Sangat Familiar Dengan Kehidupan Manusia (Bensin. Premium.

erbakar Segala Kondisi Jika Keluar Dari Sistim Refrigerasi ondisi Ada Persyaratan Ketat Untuk Dapat Terjadinya Flame lame SYARAT TERJADINYA FLAME Segitiga Api Sebagai Syarat Terjadinya Flame Adanya Segitiga Api Oxygen Yang Cukup Bahan Refrigeran Hidrokarbon Yang Cukup dan Unsur Api Sebagai Pemicu Ketiga unsur segitiga api muncul pada saat bersamaan Jumlah refrigeran hc yang keluar harus memenuhi syarat jumlah umlah Ambang Batas Minimum (Lower Limit) 2% Atau 40 Gr per M3 Ruangan.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Sifat Flammable Pada Refrigeran Hidrokarbon Sering Disalah ering Artikan Masyarakat Bahwa HC Bisa Langsung Terbakar Dalam asyarakat. dan Ambang Batas Maksimum (Upper Limit) 10% atau an 200 Gr per M3 ruangan Ruangan kedap udara (tidak ada infiltrasi udara keluar masuk) uangan Property Of Globalindo Niaga Prima 28 .

APAKAH SYARAT TERJADINYA FLAME BISA TERPENUHI Unsur segitiga api sulit/jarang muncul bersamaan nsur Keluarnya refrigeran h eluarnya hidrokarbon dari sistim refrigerasi sedikit demi sedikit konsentrasi tidak terjadi karena hembusan arena fan/blower lower limit tidak terpenuhi Property Of Globalindo Niaga Prima 29 . Including Hydrocarbons efrigerant. 1995 ) : Safety And Environmental Aspect In The Design. Construction And Installation of Refrigerating System And Appliances nstallation ppliances AS/NZS-1677 : Refrigeration And Air Conditioning Safety For The 1677 ir Use of All Refrigerant.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Tidak ada aliran udara atau angin atau exhaust fan hembusan blower / fan Batas Terjadinya Flame BATASAN KONSENTRASI PEMAKAIAN : LFL 2% Vol – UFL 10% Vol Atau 40Gr/M3 – 200Gr/M3 Di Udara 1 Atsm LFL dan UFL diatas adalah berdasarkan Standard Safety International: STANDARD SAFETY (British Standard/BS 4434.

Flame Pada Kompressor AC Jika Terjadi Short APAKAH BISA TERJADI? Tidak Property Of Globalindo Niaga Prima 30 . karena jumlah refrigeran hidrokarbon yang dimasukkan ke sistim jauh dibawahlower limit Ruangan tidak mungkin kedap udara ventilasi ada pintu.600 Gr.600 Gr Fakta : Jumlah Refrigeran HC Pada Mesin 2 PK = kl 600 Gr KESIMPULAN Jumlah Refrigeran HC tidak cukup untuk terjadinya flame. jendela atau Pada unit indoor/evaporator di ruangan terdapat blower/fan yang menghembuskan udara/angin tidak terjadi konsentrasi refrigeran hidokarbon Contoh Syarat Terjadinya Flame Dalam Kenyataan FAKTA Ukuran ruangan kamar : panjang 6 m. lebar 5 m. Untuk terjadinya kebakaran pada ruangan 90 M3 adalah: pada AC 2 PK harus terisi dengan Refrigeran Hidrokarbon sebanyak 3. sedangkan pada kenyataannya jumlah Refrigeran Hidrokarbon yang diisikan kedalam AC 2 PK hanya sebanyak 600 Gr saja. tinggi 3 m Terpasang mesin AC kapasitas 2 pk Terjadi kebocoran pada indoor sekaligus (suatu hal yang kecil kemungkinan terjadi) PERTANYAAN Apakah bisa terjadi flame/terbakar? JAWABAN TIDAK PENJELASAN Volume Ruangan 6 M x 5 M x 3 M = 90 M3 Ambang Batas Minimum (LFL) : 90 M3 x 40 Gr = 3.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima Apabila terjadi kebocoran hebat/sekaligus dan pada saat bersamaan muncul api tidak mungkin terjadi flame.

Suhu Panas akan Meningkat s/d 6000o C. Karena Oli Yang Digunakan Sama Bagaimana Caranya Supaya Tidak Terjadi Flame Teknisi memenuhi Kualifikasi Sudah Mengenal Karakteristik Refrigeran HC Sudah Terlatih Menggunakan Refrigeran HC Dalam Praktek Tidak merokok atau menyalakan api pada saat melakukan pengisian Tidak mengutak-atik sistem kelistrikan pada saat melakukan pengisian Mengikuti SOP dan SNI Bekerja cermat. Refrigeran Sintetis Freon Akan Terbakar Juga Sifat Flammable Freon Dan Musicool Menjadi Sama. teliti dan hati-hati Property Of Globalindo Niaga Prima 31 .Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima ALASAN TIDAk TERJADINYA FLAME Dalam kompresor sama sekali tidak ada oxygen (O2) sebagai salah satu segitiga api karena sebelum diisi refrigeran hidrokarbon telah di vacuum terlebih dahulu (hingga tekanan mencapai -30 psi) dengan jangka waktu tertentu Kapan Bisa Terjadi Flame KEMUNGKINAN TERBESAR PADA SAAT CHARGING (PENGISIAN) REFRIGERAN HC KE DALAM SISTIM Jika proses charging tidak mengikuti SOP dan dilakukan oleh teknisi yang tidak memenuhi kualifikasi Ignition Temperature (Temperatur Nyala Sendiri) REFRIGERAN Uap Oli Musicool MC-22 Freon R-12/R-22 Freon R-134a TEMPERATUR 200o 460o 1100o 800o C C C C Jika Oli Terbakar.

Memberikan Keuntungan (Profit) lebih besar EKONOMI. maka bisa dismpulkan : Walaupun memiliki sifat flammable. sangat sulit sekali terjadi flame. karena memberikan keuntungan Teknis dan Ekonomis serta menjawab issue : LINGKUNGAN. tidak membahayakan kehidupan manusia. mencegah Krisis Energi menghemat biaya listrik. Menurunkan cost/ biaya secara umum. maka retrofit dengan refrigeran hidrokarbon dapat berhasil dengan baik dan aman Dalam mengaplikasikan Refrigeran selalu memperhatikan SOP yang ada Hidrokarbon harus Property Of Globalindo Niaga Prima 32 . karena persyaratan terjadinya flame sangat ketat Dengan memperhatikan aspek safety yang benar. langsung maupun tidak langsung ENERGI.Informasi Jasa & Produk Globalindo Niaga Prima KESIMPULAN Recovery Refrigeran Sintetis Freon dengan Refrigeran Alami Musicool harus segera dilakukan. Membantu/Mendukung Program Pemerintah dalam Penghematan Listrik dan Lingkungan Hidup Konversi Harus Dilakukan Oleh Teknisi Terlatih Dan Berpengalaman di Musicool Hydrocarbon Refrigerant untuk menghindari kegagalan dalam melakukan konversi dan mendapatkan hasil yang maksimal Secara keamanan dalam penanganan Refrigeran Hidrokarbon. penghematan listrik.