Pemicu 2

A, seorang anak lelaki berusia 4 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan bengkak di seluruh tubuh sejak 2 minggu yang lalu. Dari aloanamnesis pada ibu pasien diperoleh keterangan bahwa sejak 1 minggu yang lalu. Ibu

memperhatikan kedua kelopak mata anaknya sembab/bengkak ketika bangun tidur, dan bengkak tersebut menghilang pada siang hari. Sejak 5 hari yang lalu bengkak kedua kelopak mata menetap di tambah lagi bengkak tungkai bawah dan perut tampak membesar. Keluhan demam, kuning, dan sesak disangkal. Pasien tetap beraktivitas seperti biasa. Buang air kecil berkurang dan tampak keruh.

A.

Klarifikasi dan definisi Edema : meningkatnya volume cairan ekstraseluler dan ekstravaskuler

(cairan interstitium) yang disertai dengan penimbunan cairan abnormal dalam sela-sela jaringan dan rongga serosa (jaringan ikat longgar dan rongga-rongga badan).

Keyword 1. 2. 3. Anak lelaki berusia 4 tahun Keluhan bengkak di seluruh tubuh sejak 2 minggu yang lalu 1 minggu yang lalu kedua kelopak mata sembab/bengkak ketik bangun tidur dan menghilang pada siang hari 4. 5 hari yang lalu bengkak kedua kelopak mata menetap di tambah dengan bengkak tungkai bawah dan perut tampak membesar 5. Buang air kecil berkurang dan tampak keruh

B.

Rumusan masalah A 4 tahun, bengkak di seluruh tubuh sejak 2 minggu lalu, bengkak/sembab di kelopak mata sejak 1 minggu yang lalu, bengkak menetap di kelopak mata dan bengkak di tungkai bawah serta perut membesar sejak 5 hari yang lalu.

Analisis masalah A.C. Hipotesis Anak tersebut mengalami kelainan Sindrom Nefrotik Idiopatik . Anak laki-laki 4 tahun Urin keruh proteinuria hipoalbumin Edema Gangguan fungsi ginjal Tekanan onkotik plasma menurun Pemeriksaan fisik dan penunjang Volume plasma menurun penatalaksanaan Retensi natrium dan air akibat kompensasi tubuh Volume urin berkurang D.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful