Cara Membuat Database PSB_online : Disini saya akan memberitahukan cara cara / langkah langkah membuat Database menggunakan

Xampp. Pertama tama buka aplikasi xampp lalu masuk ke phpMyadmin

Setelah itu klik databases

Disitu akan mucul jendela membuat baru sebuah database, misalkan saya mengisinya dengan psb_online. Maka akan terbuat sebuah database baru yang bernama psb_online spt tampak pada gambar.

Lalu bagaimana cara masuk ke dalam database tsb ? kita klik saja nama database tsb yg telah kita buat tsb. Lalu kita juga harus membuat table didalam Database tersebut, nah disini saya akan memasukan 2 tabel , diamana table pertama bernama nama_jurusan dan nama_siswa. Nah didalam table nama_jurusan itu saya akan isikan id_jurusan dan nama jurusan, dimana id_jurusan itu adalah id sebuah jurusan (Misal TKJ idnya 12345 dan transmisi 54321) dikarenakan kolom yg harus

disediakan 2, maka kita tulis jumlah kolom 2

Maka akan mncul kotak po up seperti ini :

Lalu kita masukan structure kolomnya, dimana id_jurusan itu typenya INT karena hanya akan berupa nilai saja, dan nama_jurusan itu VARCHAR karena bisa berupa tulisan dan angka.

Lalu klik save

Membuat table yang kedua tidaklah sulit, klik saja tanda create table disamping kiri layar, lalu akan mucul kotak seperti ini :

Nah kolom yang akan kita buat berjumlah 4 buah yaitu id_siswa, nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir. Nah LOH !? YANG KELIATAN KAN CUMA 2 ? untuk itu lah gunanya scroll. Scroll dlu kebawah, pasti akan melihat yang seperti digambar :

Kan ada pilihan save or add coloums. Nah disitu kita akan mengadd 2 kolom lagi karena 2+2 = 4 coloums. Jadinya akan seperti ini :

Nah kita masukan masing masing datanya yaitu id_siswa, nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir. Dimana type dari id_siswa itu INT karena yang akan diisi hanya angka doang, terus nama siswa yaitu VARCHAR, karena yang akan diisi yaitu text saja, lalu tempat lahir juga VARCHAR , tanggal lahir DATE saja, karena yang akan diisikan adalah tanggal. Kalo sudah jadi, akan jadi sperti gambar dibwah :

Lalu klik save dibagian bawah.. jadinya seperti ini :

Nah disini kita akan mencoba memasukan data pada masing masing table : Pertama table nama jurusan : Klik insert

Kita mengisi id_jurusan dengan angka 201106 dan nama_jurusan Teknik Komputer Jaringan

lalu klik GO !

Jadi Deh , Data Sudah Masuk kedalam database tsb, mari kita lihat.

Mudah kan ? sekarang mari kita meluncur ke table nama_siswa.

Kita akan memasukan data diri kita didalamnya . dengan cara mengklik insert lagi.

Lalu sesudah itu kita masukan data diri kita didalamnya .

Sebagai Contoh Kita memasukan id siswa 7 lalu nama siswa felix Stanley lalu tempat lahir Surabaya dan tanggal lahir 1996-11-20 (Format kalendernya YYYY-MM-DD) Lalu Klik GO !!!

Berhasil !! data berhasil dimasukan !

Nah mari kita lihat dari databasenya :

..

Data sendiri sudah masuk pada dalam database Xampp..

Nah sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat and keep blogging.