INDIKATOR 2 ISTILAH ISTILAH PERJANJIAN INTERNASIONAL

Ketentuan Penutup (Final Act) Traktat ( treaty) Protokol Ketentuan Umum (General Act) Charter Pakta (Pact) Konvensi(Convention) Persetujuan (Agreement) Istilah Dalam Perjanjian Internasional Perikatan (Arrangement) Proses Verbal Piagam (statute) Deklarasi Declaration) Modus Vivendi Pertukaran Nota Covenant Memorandum of Understanding .

Persetujuan formal yang bersifat multilateral dan tidak berurusan dengan kebijakan tingkat tinggi Persetujuan yang tidak resmi dan pada umumnya tidak dibuat oleh kepala negara Perjanjian yang bersifat teknis atau administratif Istilah yang dugunakan untuk transaksi-transaksi yang bersifat sementara Catatan-catatan atau ringkasan-ringkasan atau kesimpulan-kesimpulan konferensi diplomatik atau catatan ²catatan suatu permufakatan . 2. 3 4 5 6 NAMA TRAKTAT KONVENSI PROTOKOL PERSETUJU AN PERIKATAN PROSES VERBAL PENGERTIAN Perjanjian paling formal yang merupakan persetujuan dari dua negara atau lebih.MACAM-MACAM ISTILAH PERJANJIAN INTERNASIONAL NO 1.

MACAM-MACAM ISTILAH PERJANJIAN INTERNASIONAL NO 1. 3 4 5 6 NAMA TRAKTAT KONVENSI PROTOKOL PERSETUJU AN PERIKATAN PROSES VERBAL PENGERTIAN Perjanjian paling formal yang merupakan persetujuan dari dua negara atau lebih. 2. Persetujuan formal yang bersifat multilateral dan tidak berurusan dengan kebijakan tingkat tinggi Persetujuan yang tidak resmi dan pada umumnya tidak dibuat oleh kepala negara Perjanjian yang bersifat teknis atau administratif Istilah yang dugunakan untuk transaksi-transaksi yang bersifat sementara Catatan-catatan atau ringkasan-ringkasan atau kesimpulan-kesimpulan konferensi diplomatik atau catatan ²catatan suatu permufakatan .

terinci. Ringkasan hasil konvensi yang menyebutkan negara peserta. tetapi akhir-akhir ini banyak digunakan. Dokumen untuk mencatat persetujuan internasional yang bersifat sementara . serta masalah yang disetujui konferensi dan tidak memerlukan ratifikasi. dan sistematis. sampai berhasil diwujudkan perjumpaan yang lebih permanen .NO 7 NAMA PIAGAM PENGERTIAN Himpunan peraturan yang ditetapkan pleh persetujuan internasional baik mengenai pekerjaan maupun kesatuan ²kesatuan tertentu Perjanjian internasional yang berbentuk traktat dan dokumen tidak resmi. Metode yang tidak esmi. serta tidak memerlukan sertifikasi. nama utusan yang turut diundang. Traktat yang dapat bersifat resmi dan tidak resmi 8 9 DEKLARASI MODUS VIVENDI 10 11 PERTUKARA N NOTA KETENTUAN PENUTUP 12 KETENTUAN UMUM .

. atau kesepakatan tentang suatu masalah antara dua negara atau lebih. pemikiran.NO 13 NAMA CHARTER PENGERTIAN Istilah yang dipakai dalam perjanjian internasional untuk pendirian badan yang melakukan fungsi administratif Istilah yang menunjukkan suatu persetujuan yang lebih khusus (Pakta Warsawa) Anggaran dasar LBB (Liga Bangsa-Bangsa) 14 15 PAKTA COVENANT 16 MEMORAND UM OF UNDERSTAN DING Kumpulan-kumpulan pandangan.