Contoh Format Surat Kerjasama Peminjaman Modal (Investasi

)
Berikut ini adalah contoh format surat perjanjian kerjasama dalam bidang investasi. Bagi kalian yang ingin melakukan kerjasama dalam hal pemberian modal usaha (investasi), kalian bisa menggunakan contoh seperti di bawah ini. Pada hari ………………………….. tanggal ………. bulan ……………………….tahun 2010, bertempat di …………………, telah disepakati suatu perjanjian kerjasama investasi untuk program ................... , oleh dan diantara para pihak yang akan tersebut di bawah ini : Nama No. KTP No. Rekening : : :

Alamat Tinggal : Untuk Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK I Nama No. KTP No. Rekening : : :

Alamat Tinggal : Untuk Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK II Kedua belah pihak di atas sepakat untuk melakukan perjanjian dalam bentuk kerjasama dibidang …............................. dengan ketentuan sebagai berikut : Pasal I Ruang Lingkup PIHAK I dan PIHAK II setuju dan sepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama investasi dalam bidang …...........

dengan bukti transfer terlampir........ PIHAK I berkewajiban membayar …………….. PIHAK II dapat mengambil dana investasi HANYA saat perjanjian ini berakhir atau pada jangka waktu yang telah habis.. Atau bisa juga “Kompensasi tersebut dibayarkan pada akhir perjanjian” Pasal V Berakhirnya Perjanjian 1. Kerjasama antara PIHAK I selaku Penerima Dana Investasi dan PIHAK II selaku Investor dilakukan dalam jangka waktu…... Berakhirnya perjanjian ini adalah pada saat habisnya jangka waktu perjanjian kerjasama ini....... dan berakhir pada tanggal…………………………………… 2.. a/n …. ….... X ……………………………………… =…………………………………………………… Terbilang………………………………………………………………………………………………………… Kompensasi tersebut dibayarkan tiap bulannya selama…bulan .. yaitu setiap tanggal ……..... Setelah Perjanjian Berakhir. Untuk selanjutnya disebut dana investasi... 3. . Pasal IV Kompensasi Sebagai Kompensasi dari investasi yang diberikan PIHAK II kepada PIHAK I. Rek... Dana tersebut telah di transfer ke No.bulan....... dari dana investasi.pada tanggal …………………………….Pasal II Nilai Investasi Pihak I selaku PENERIMA DANA INVESTASI sepakat bertanggungjawab terhadap dana yang diserahkan pihak II selaku INVESTOR sebesar …………………… Terbilang…………………………………………………………………… sebagai penyertaan investasi.... . Pasal III Jangka Waktu 1. PIHAK I berkewajiban untuk mengembalikan dana investasi kepada PIHAK II..... dengan rincian sebagai berikut : ………….. tiap bulannya. yaitu sejak tanggal ………………………………………... Bank …. Cabang …. terhitung sejak ditandatanganinya surat perjanjian ini.

pemberontakan. sabotase. Pasal VI Force Majeure 1. kedua belah pihak sepakat dansetuju untuk Apabila terjadi penyimpangan dari ketentuan-ketentuan dalam perjanjian kerjasama iniyang menyelesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Kedua Belah pihak sepakat untuk saling mempercayai dan bersikap jujur selama masakerjasama2. Surat ini dibuat rangkap 2 (dua) yang isinya sama dan bermaterai 6000 danmasing-masing pihak memegang satu dengan kekuatan hukum yang sama. kebakaran. Demikian surat perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak dengan penuh kesadaran dan tanpaunsur paksaan. Apabila terjadi keadaan memaksa (Force Majeure). 2. Setelah PIHAK I mengembalikan dana investasi dan kompensasi kepada PIHAK II sesuai dengan kesepakatan. maka pihak lain berhak mengambil keputusan secara sepihak.2. 4. dilakukan oleh salah satu pihak yang disengaja. maka pihak yang terkena musibah harus segera memberitahukan kepada pihak lainnya secara lisan yang kemudian dilanjutkan dengan pemberitahuan secara tertulis selambat-lambatnya dalam waktu 3x24 jam. Para pihak tidak berhak mengakhiri perjanjian ini tanpa adanya pemberitahuan dan kesepakatan antar kedua belah pihak. Pasal VII Penutup 1. Yang dimaksud keadaan memaksa (Force Majeure) adalah peristiwa diluar kehendak kedua belah pihak. Apabila dalam penyelesaian masalah belum terjadi kata sepakat maka kedua belahpihak sepakat akan membawa permasalahan tersebut ke Pengadilan Negri Kota Bogor. Seperti bencana alam. dan lainnya. Apabila terjadi perselisihan mengenai kerjasama ini. 3. 3. sejak terjadinya keadaan memaksa (Force Majeure) 3. Dalam hal terjadi gangguan teknis atau bertepatan dengan hal diluar kemampuan PIHAK I. maka perjanjian kerjasama ini dinyatakan selesai. . perang. dan masing-masing pihak tidak punya kewajiban dan tanggung jawab apapun. banjir. maka PIHAK I dapat mengganti waktu pembayaran kompensasi 2.

Pihak II..... Pihak I.. (……………………………………………......... ) ............) ( ….