PEMISAHAN CAMPURAN

Pemisahan campuran dilakukan untuk membersihkan zat berguna dari pengotornya . misalnya, perusahaan air minum memisahkan zat-zat pengotor untuk mendapatkan air yang layak dikonsumsi. Pemisahan campuran juga dilakukan berdasarkan manfaat zat penyusunnya. Misalnya, proses pengolahan minyak bumi memisahkan bensin, solar, minyak tanah ,dan penyusun minyak lainnya. Pada dasarnya pemisahan campuran dapat dilakukan berdasarkan sifat fisika, misalnya ukuran partikel,titik didih, dan kelarutan. Pemisahan campuran dapat dilakukan dengan cara penyaringan,penyulingan pengkristalan, penyubliman,dan kromatografi. Selain berdasrkan sifat fisika, pemisahan campuran juga dapat dilakukan berdasarkan syifat kimia. 1.pemisahan campuran berdasarkan sifat a.Pengayakan Pernahkah kamu melihat tukang bangunan menyaring pasir? Peristiwa itu merupakan contoh pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel. Pemisahan tersebut disebut pengayakan karena menggunakan ayakan. Pasir yang kecil dapat lolos dari ayakan, sedangkan kerikil yang lebih besar akan tertinggal pada ayakan. b.Penyaringan Penyaringan dapat digunakan untuk memisahkan padatan dengan cairan. Kegunaan penyaringan tergantung pada ukuran penyaring,disesuaikan dengan zat-zat yang akan dipisahkan.saringan yang digunakan untuk memisahkan pasir dan kerikil berbeda dengan saringan yang digunakan untuk menyaring santan dari ampasnya. Penyaringan di laboratorium menggunakan kertas saring. Penyaringan juga dapat digunakan untuk memisahkan campuran dari beberapa zat yang mempunyai perbedaan kelarutan dalam air. Misalnya kita akan memisahkan campuran pasir dan garam. Pasir tidak larut dalam air dan garam larut dalam air. Jika campurannya dilarutkan dalam air,garam larut dan pasir tidak larut. Setelah disaring dengan kertas saring,pasir akan tertinggal dan garam akan lolos dari kertas saring. Zat yang tertinggal di kertas saring disebut residu dan yang lolos dari kertas saring disebut filtrat. c.Sentrifugasi Pemisahan suspensi dalam jumlah sedikit, dapat dilakukan dengan sentrifugasi. Sentrifugasi digunakan untuk memisahkan padatan yang ukuranya cukup kecil dan tersebar merata dalam ciran. Volum campuran yang akan dipisahkan bviasanya sedikit sehingga tidak mungkin untuk disaring. Campuran yang akan dipisahkan dimasukkan dalam tabung , kemudian tabung dimasukkan kedalam alat sentrifugasi. Selain itu, digunakan tabung lain yang berisi cairan sebagai penyeimbang. Di dalam alat sentrifugasi, tabung diputar dengan cepat. Karena adanya daya sentrifugal, maka padatan akan terkumpul di bagian bawah tabung sehingga memudahkan untuk dipisahkan dari cairan. d.Kristalisasi Pemisahan campuran denga kristalisasi dilakukan untuk memisahkan zat padat dari pengotornya. Mula-mula zat padat dilarutkan, setelah larut kemudian disaring. Hasil penyaringan itu digunakan untuk membentuk kristal dengan cara menguapkan pelarutnya sehingga menjadi lebih

ekstraksi adalah memisahkan campuran dengan menggunakan dua pelarut yang tidak saling bercampur. Dalam kehidupan sehari-hari pemisahan kromatografi dapat kamu lihat pada rembesan tinta hitam pada kertas basah sehingga dihasilkan garis-garis dengan jark tertentu. Lalu uap air yang keluar dari mulut ceret embunkan dengan piring kaca. Hal tersebut dapat terjadi karena pada suhu yang rendah kelarutan menjadi berkurang.Ekstraksi Misalnya kamu diminta untuk mengambil minyak dari biji kacang . f. Panaskan ait teh dalam ceret di atas kompor. sementara airnya menguap.Kromatografi Kromatografi adalah proses untuk memisahkan campuran bahan berwarna.air hasil pengembunan itu dinamakan air distilasi. Dengan corong pisah kamu dapat zat yang larut dalam minyak dengan zat yang larut dalam air. yang tertinggal adalah garamnya. tidak tercampur lagi dengan larutan teh.Penyulingan (distilasi) Ketika memisahkan air dan garam pada air laut dengan cara penguapan. lalu kondensasi (pengembunan) agar uap air kembali mengembun. e. apka yang kamu lakukan? Cara yang dapat kita lakukan adalah ekstraksi.Sublimasi Sublimasi adalah proses perubahan benda padat menjadi gas atau sebaliknya. . Distilasi sederhana dapat kita lakukan di rumah. Dengan membuka keran pada corong pisah. Kumpulkan hasil pengembunan dari uap airnya. Selanjutnya pemurnian zat dilakukan dengan distilasi. maka bahan yang berbeda ini akan bergerak pada medium penyerap dalam laju yang berbeda pula. Biasanya zat yang larut dalam air berada di bawah dan zat yang larut dalam minyak berada di atas.pekat. iodin. Misalnya kita ingin memisahkan air dari larutan teh. h. Pemissahan dengan kromatografi dilakukan pada campuran yang memiliki perbedaan kecepatan merambat antara zat terlarut dengan mediumnya. dan kafein g.biarkan hingga terus mendidih. Pemisahan campuran dengan sublimasi dilakukan jika ada zat padat yang menyyublim bercampur dengan zat yang tidak dapat menublim. Kristalisasi mirip dengan penguapan. karena komponen lain yag kadarnya lebih kecil tidak ikut mengkristal. Bagaimana cara mendapatkan airnya? Caranya melalui proses distilasi. Jika iarnya diuapkan larutan garam akan membentuk larutan lewat jenuh. Air distilasi ini murni. Secara sederhana ekstraksi dapat dilakukan dengan corong pisah. Hal ini dapat terjadi karena bahan yang berbeda akan larut pada zat pelarut pada tingkat yang berbeda. Metode sublimasi dilakukan terhadap campuran dua benda padat yang salah satunya mempunyai saifat dapat mengalami sublimasi jika dipanaskan. Misalnya kita memisahkan campuran air dan garam. Pada dasarnya . Larutan pekat tersebut selanjutnya didiginkan sehingga zat terlarutnya mengkristal. air dan zat yang terlarut di dalamnya akan keluar sehingga yang tertiggal hanya minyak dan zat yang terlarut du dalamnya. Proses distilasi terdiri dari dua tahap yaitu pendidihan sehingga airnya menguap. Contoh zat yang mudah menublim adalah kapur barus. Pemisahan campuran dengan kristalisasi diperoleh padatan yang lebih murni.

pemisahan campuran berdasarkan sifat kimia dilakukan dengan cara mengubah zat yang akan dipisahka. . kalsium sulfat. Jadi. Untuk menghilangkan kesadahan air berarti memisahkan garam kalsium dan magnesium yang terlarut dalam air.agnesium. kalsium klorida dan magnesium klorida disebut air sadah. Air yang mengandung garam-garam kalsium ada magnesium misalnya kalsium bikarbonat. Contoh pemisahan campuran dengan cara kima adalah membersihkan air dari garam ±garam kalsiumdan m.2. Air sadah kurang baik untuk mencuci dan memasak.Pemisahan campuran berdasarkan sifat kimia Sifat kimia adalah sifat yang berhubungan dengan pembentukan zat lain.