FIKSASI EKSTERNA

OLEH :

AZMIRA ROSIHAN
PEMBIMBING :

dr. NOTINAS HORAS
SUPERVISOR :

dr. JUFRI LATIEF, Sp B, SpOT

DEFINISI 
Fiksasi eksterna adalah alat yang diletakkan diluar kulit untuk menstabilisasikan fragmen tulang dengan memasukkan dua atau tiga pin metal perkutaneus menembus tulang pada bagian proksimal dan distal dari tempat fraktur dan pin tersebut dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan eksternal bars.

.

kemudian pin-pin tersebut dihubungkan satu sama lain dengan rangka luar atau eksternal frame atau rigid bars yang berfungsi untuk menstabilisasikan fraktur.DEFINISI Prinsip dasar dari teknik ini adalah dengan menggunakan pin yang diletakkan pada bagian proksimal dan distal terhadap daerah atau zona trauma. .

V-shaped dan triangular. Ring (Wire fixator) Pinless external fixators Hybrid fixators (wire and pin) Mefisto .TIPE FIKSASI EKSTERNA Pin fixators : unilateral. bilateral frame.

.

.

articular fractures/ joint bridging .INDIKASI Fraktur Terbuka Fraktur Tertutup Polytrauma Fraktur pada Anak-anak Indikasi Khusus.

 Sangat berguna untuk menstabilkan fraktur terbuka.KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN A. KEUNTUNGAN FIKSASI EKSTERNA  Mengurangi kerusakan vaskuler pada tulang  Mengurangi gangguan pada lapisan jaringan lunak.  Kekakuan pada fiksasi dapat diatur tanpa prosedur operasi .

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN Mengurangi resiko terjadinya infeksi. dan bagian tubuh dapat digerakkan dan berpindah posisi tanpa adanya perasaan takut akan terjadi pergeseran pada tulang. Cukup aman untuk digunakan pada kasus dengan infeksi pada tulang. . Kompresi. netralisasi dan distraksi dapat dilakukan dengan fiksasi eksterna sesuai dengan bentuk fraktur. Mobilisasi dapat cepat dilakukan oleh pasien.

Terdapat komplikasi pin-track pada penggunaan fiksasi eksterna yang lama.KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN B. . KERUGIAN FIKSASI EKSTERNA Pin dan wires dapat menembus jaringan lunak Membatasi pergerakan sendi.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN Secara mekanis pemasangan pin dan rangka fiksasi sulit dilakukan dan mudah terjadi infeksi jika teknik pemasangannya tidak benar. . Alat-alat pada fiksasi eksterna sangat mahal. Rangka fiksasi dapat terdiri dari beberapa rangkaian sehingga pasien merasa tidak nyaman dan dengan alasan estetika.

.METODE DAN TEKNIK PEMASANGAN METODE FIKSASI EKSTERNA  Through-and-through  One-side (Cantilever system).

pembuluh darah dan tendo. . berikan tanda silang pada tempat atau daerah ³safe Zone´ sebagai tempat untuk memasukkan pin dan meminimalkan resiko trauma pada sistem saraf.METODE DAN TEKNIK PEMASANGAN TEKNIK PEMASANGAN Teknik pin insertion Sebelum dilakukan fiksasi.

.

. maka pin tersebut harus mencapai korteks pada bagian ujungnya tetapi tidak sampai menembus terlalu jauh.METODE DAN TEKNIK PEMASANGAN 1. DIAFISIS Untuk memasukkan pin atau schanz screws secara tepat.

.

 Tidak meletakkan pin pada sendi. Metafisis  Tidak membuat trauma pada pembuluh darah dan nadi.  Menggunakan self-drilling screws pada tulang metafisis.  Menghindari fracture lines.METODE DAN TEKNIK PEMASANGAN 2. .

‡ Frame construction .

.

Timing of procedure .PERAWATAN POST OPERATIVE Perawatan Pin-track.

KOMPLIKASI Pin Tract Infection Gangguan Neurovaskular Refraktur .

LOGO www.com .themegallery.