GERAK RAGA BUANA (GERANA) PADEPOKAN SMAN 1 RANCAEKEK

PROPOSAL KEGIATAN KEJUARAAN SILAT TERBUKA ANTAR PELAJAR SE-JAWA BARAT

SMAN 1 RANCAEKEK
JALAN WALINI, RANCAEKEK, BANDUNG TELP (022) 7797974

2011

KATA PENGANTAR Assalamu¶alaikum Wr. Amin. karena atas rahmat dan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaikan proposal ini tepat pada waktunya. Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Wb. karena kesempurnaan hanya milik Allah dan oleh karena itu segala kritik dan saran kami harapkan agar dapat menuju kesempurnaan dalam program-program yang diadakan oleh Ekstrakulikuler Gerak Raga Buana PPS-SMAN 1 RANCAEKEK dapat mencapai tujuan sesuai dengan apa yang diharapkan. Adapun maksud dan tujuan disusunnya proposal ini adalah untuk meminta dukungan dari pihak sekolah perihal akan diselenggarakanya kejuaraan silat terbuka Perisai Diri Cup V 2012 antar pelajar se-Jawa Barat dan insyaallah kami PPS GERANA SMAN 1 Rancaekek akan mengirimkan perwakilan kami untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut Tiada gading yang tak retak sebagaimana halnya proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Rancaekek. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Januari 2012 Penyusun .

DASAR PEMIKIRAN 3. ANGGOTA YANG AKAN MENGIKUTI KEGIATAN 3. RINCIAN BIAYA PENUTUP LEMBAR PENGESAHAN . RINCIAN KEGIATAN 2.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI PENDAHULUAN 1. LATAR BELAKANG 2. TUJUAN ISI 1.

tanah sunda merupakan salah satu daerah yang telah melahirkan banyak sekali atlit pencak silat tingkat nasional maupun internasional. Hal ini kita sadari bersama mengingat pencak silat didalamnya mengandung nilai-nilai universal yang perlu kita pertahankan dalam konteks kehidupan seharihari melalui berbagai kegiatan. kami selaku PPS Gerak Raga Buana SMAN 1 Rancaekek bersyukur mendapatkan undangan langsung dari panitia pelaksana kejuaraan silat terbuka Perisai Diri cup V 2012 antar pelajar se-Jawa Barat. Dan dengan terselenggaranya kejuaraan silat terbuka Perisai Diri cup V 2012 antar pelajar se-Jawa Barat. Kami berharap dari pihak sekolah dapat membantu dan mendukung kami dalam keikutsertaan kami dalam kegiatan ini.Dalam perjalanan sejarah persilatan. jaga dan tumbuh kembangkan. .PENDAHULUAN 1. LATAR BELAKANG Pencak silat merupakan budaya bangsa Indonesia yang perlu kita semua lestarikan. dan sudah sepatutnya untuk senantiasa mempertahankan dan meningkatkan nilainilai universal tersebut. dan dari keikut sertaan kami dalam kegiatan ini kami harapkan dapat memacu penigkatan prestasi atlet pencak silat kami sekarang dan di masa yang akan datang.

dalam upaya mendukung kegiatan tersebut di tengah generasi muda sudah semakin sempit. seperti laju perkembangan salah satu olah raga yang mengandung banyak nilai-nilai budaya bangsa. kejayaan Seni Budaya Pencak Silat yang dimiliki oleh Indonesia sudah semakin surut dan yang mempriatinkan yalah generasi muda sudah seakan kurang peduli terhadap asset Seni Budaya yang dimiliki oleh bangsanya sendiri. dll. Kita seharusnya patut bangga bahwasannya beladiri peninggalan nenek moyang kita pencak silat sudah mulai tumbuh dan menyebar di bagian belahan dunia di berbagai negara tetangga seperti: Singapura. Negara kita juga kaya akan keaneka ragaman baik hayati adat istiadat dan juga seni budaya. Silat Minang. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN INDONESIA NOMOR 51 TAHUN 2011 DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK 5. Namun. hampir di semua benua ada pencak silatnya dengan kata lain perkembangannya sudah sekian jauh dan berkembang sepeti yang di harapkan. Malaysia. Ditengah keaneka ragaman yang kita temui. Sitembak.2. Tap MPR No.PD-V/I/2012 tertanggal 03 Januari 2012 3. Serak. 4. Amerika. Tak ayal akibatnya bisa kita lihat. Belanda. Tujuan yang disertai harapan-harapan luhur bagi terbentuknya sebuah pelestarian nilainilai budaya nusantara sangat lah di perlukan. Sipecut. apalagi sulitnya memasukan sebuah kurikulum olahraga pencak silat di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler. DASAR PEMIKIRAN 1. Bandrong. Sebagai contoh Indonesia tercatat menjadi akar kebudayaan ini dan diakui memiliki sejarah ilmu beladiri dan seni pencak yang lahir berabad-abad tahun lalu seperti Aliran Cimande. Cikaret. Silat Tuo. . Salah satu yang ada di dalamnya adalah seni budaya pencak silat dengan berbagai keunikan di dalamnya. 2. dll. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengatur mekanisme pengalokasian dana BOS dan penggunaan dana BOS di sekolah. Dalam hal ini pencak silatlah tentunya yang menjadi sorotan utama jika kita akan membahas pentingnya sebuah pelestarian khususnya dalam konteks olah raga prestasi bagi generasi muda. Undang-Undang No.29 tahun 1954 tentang Pokok-Pokok Perlawanan Rakyat. Cikalong. lain hal fenomena yang kita hadapi di dalam negeri. Menindak lanjuti surat undangan dari pnitia pelaksana kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 nomor 004/PANPEL/Kelatka. Silat Kumanggo.VI Tahun 1973 tentang konsep Wawasan Nusantara dan Keamanan Nasional. jepang.

serta bersedia untuk turut serta memperhatikan hal ini dalam jangka panjang ke depan dan sebelum itu perlu kiranya membahas peranan perguruan sebagai media sebagai transfer pengetahuan dalam pembinaan prestasi olah raga-Pencak Silat di sekolah. Akan tetapi. Sekolah dalam hubungan dengan kehidupan harus dapat memberikan respon.Ini sebuah kenyataan yang agak sulit diungkapkan karena bagai menepuk air di dulang. . hobi siswa yang sangat bervariasi dan diberi wadah mengikuti perkembangan jaman. membuat kita terasa mengelus dada dan menarik nafas panjang. Hobi adalah kompetensi yang memerlukan pengembangan yang memiliki hubungan ke arah profesi di kemudian hari. mempertimbangkan. Maka. hal ini tidak bisa terus-menerus didiamkan tanpa ada usaha untuk memperbaikinya. Pecak Silat adalah bidang lain yang seharusnya juga mendapat kesempatan memposisikan dirinya dalam penanggulangan ini. di samping sebagai olah raga prestasi. Bahwasannya. bakat. kita harus tidak segan untuk mengajak semua pihak yang terkait untuk berdialog bersama dan merenung bersama mengenai manfaat dari pentingnya sebuah pelestarian.Gerak Raga Buana SMAN 1 Rancaekek dalam kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012. Kini sudah saatnya sekolah memiliki pandangan lebih luas terhadap kegiatan kesenian-olahraga di sekolah dalam mata pelajaran intra dan ekstra. Oleh karena itu seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Pencak Silat Gerak Raga Buana adalah salah satu Ekstrakulikuler yang tergolong berprestasi di SMAN 1 Rancaekek yang intinya adalah mengajarkan para anggotanya untuk dapat melestarikan kebudayaan negaranya terutama Pencak Silat dan untuk merealisasikan maksud tersebut kami tentu membutuhkan berbagai bantuan dari pihak sekolah dalam hal ini adalah perizinan dan dukungan baik berupa moril ataupun materil dalam keikutsertaan PPS. Sekolah juga seharusnya mempertimbangkan minat. Setiap jajaran Pencak Silat dan semua pihak yang terkait di luar itu termasuk dalam hal ini peran sekolah atau dunia pendidikan berkenan untuk turut ambil peran masingmasing untuk saling bekerjasama dan mendukung dan dilakukan secara terus menerus.

-50Kg. Kelas B 50Kg. c. Menyerahkan photo copy ijazah 1 lembar serta memperlihatkan ijazah asli. Kelas E 65Kg. e. Pendaftaran mulai tanggal 09 Januaris/d 24 Februari 2012 b.-55Kg. Peserta membayar uang pendaftaran sebesar Rp.00 Upacara pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan) : Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis a. Waktu Pendaftaran a. 4. Ciamis.-65Kg. Tempat pendaftaran: Sekertariat Perisai diri Jl. Kelas D 60Kg. Menyerahkan surat pengantardari sekolah.000. b. Kelas A 45Kg. c. e. g. d. Menyerahkan surat keterangan dokter dari instansi terkait bahwa yang bersangkutan berbadan sehat. 2. i.Menyerahkanpas photo 2 lembar ukuran 3x4 cm. KH. Peserta adalah utusanyang dikirim oleh masing-masing sekolah. 25. d. Kelas C 55Kg. Memakai seragam wajib IPSI ( hitam-hitam ) 3. Syarat-syarat keikutsertaan peserta Peserta adalah kelompok putera-puteri tingkat SD/SMP/SMA sedrajat. h. Setiap sekoah mengirimkan maksimal 2 orang peserta untuk setiap kelas. b.-70Kg. 5. Achmad Dahlan No.ISI 1. ( kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Ciamis) .-60Kg. Menyerahkan formulir pendaftaran j. Menyerahkan surat pernyataan k. RINCIAN KEGIATAN 1. f. Kriteria kelas yang dipertandingkan Tigkat SLTA (sederajat) : a. Nama kegiatan kejuaraan silat terbuka Perisai Diri Cup V 2012 antar pelajar se-Jawa Barat. Tempat dan waktu penyelenggaraan Hari Tanggal Tempat : Senin s/d Kamis : 27 Februari s/d 01 Maret 2012 (09.35.

Tono Tarsono (Ketua Penyelenggara) 3. Achmad Dahlan No.00 dan dilanjutkan teknikal meeting jam13. Ciamis.Kontak person: 1.000.00 s/d 13. ( kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Ciamis) 6. Para pemenang/ juara 1.00 s. Penjurian dilakukan dengan sistim bendera b. maka akan langsung dinyatakan menang.3. maka akan diadakan babak ke 3. 7. selesaibertempat di Sekertariat Perisai diri Jl.000 rupiah untuk semua tingkatan ( SD.dan 4 akan diberikan trophy perorangan dan piagam penghargaan 2. SMP) 0812226808 087725001396 083875409950 085353459057 . Bagi juara umum akan diberikan uang pembinaan masing-masing 1.2. Hadiah kejuaraan 1. Satu pertandingan ada 2 / 3 babak apabila babak 1 dan 2 dimenangkan satu sudut.00-14. Wati Darwati (Bendahara Perisai Diri Cababg Ciamis) c.5 menit (SLTA) d. dan apabila babak 1 dan 2 dimenangka sudut yang berbeda. Tim medis Petugas medis pertandingan adalah tim dari Dinas kesehatan Kab. Aini Maswati (Sekertaris Penyelenggara) 4. Setiap babak diberi waktu 1. Penjurian a.00 WIB dan undian peserta jam 14. Hasil pertandingan diumumkan setiap babak c. Ciamis 8. Penimbangan awaldan teknikal meeting Penimbangan awal dilaksanakan tanggal 26 Februari 2012 hari minggupukul 09. SMA.d. KH. 25. Hendrik Pangemanan (Ketua Perisai Diri cabang Ciamis) 2.

Gerak Raga Buana SMAN 1 Rancaekek yang akan mendampingi kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 berjumlah 2 orang yakni: 1. 2.Pd. Yudi Gunawan Asep Taufik Tantan Kantana Anggit Bayu Pratama XI IPS 2 XI IPS 2 X5 XI IPA 1 08276583276 08547368425 08562754264 08888258079 Peserta kelas C Peserta kelas A Peserta kelas C Peserta kelas E Daftar Pelatih dari PPS.S. 4. Kontak 08997965930 Serta peninjau yang akan meninjau keikutsertaan kami dalam kegiatan ini : 1. Yunus Pelatih dan Penanggung jawab Pelatih No. DAN PENINJAU YANG AKAN MENGIKUTI KEGIATAN Daftar anggota perwakilan dari PPS. 085721523628 ALAMAT Perum Abdi Negara Blok H5 no 12 Walini Rancabatok Jl. PELATIH . Kontak 085794937411 No. HP. Wawat 2.2. ANGGOTA. Bojong Pulus rt 02 rw 12 Bumi Abdi Negara 2 Blok A8 No 17 SELAKU Peserta kelas B 2. Nurdin Solihin. 3. Arief Januar Dwiyanto KELAS XI IPA 1 NO. NAMA 1.Gerak Raga Buana SMAN 1 Rancaekek yang akan mengikuti kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 berjumlah 5 orang yakni: NO. . 5.

875. 3. Achmad Dahlan No. Ciamis.dan perincianya adalah antara lain: Nama keperluan : Pembayaran Biaya Pendaftaran Jumlah yang diperlukan :5 Harga persatuan : Rp. Biaya Pendaftaran Biaya pendaftaran ini maksudnya adalah biaya yang memang dikenakan kepada tiap peserta yang mengikuti perlombaan ini dan merupakan salah satu syarat untuk ikut serta dalam kegiatan kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 ini.175. 2. GERANA SMAN 1 Rancaekek kepada Pemilik tempat konveksi Indo Global Group.000 Total biaya yang diperlukan : Rp. Pengadaan Alat Transportasi Alat Transportasi ini maksudnya adalah segala keperluan untuk atlet berupa kendaraan yang akan digunakan untuk mencapai tempat kejuaraan silat yang memang diperlukan tiap peserta yang mengikuti perlombaan ini dalam mengikuti kegiatan kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 ini dan perincianya adalah antara lain: .000 Waktu pengadaan : 09 Januari-24 Februari 2012 Pembayaran : Langsung dibayarkan sambil mendaftarkan diri tanggal 21 Februari oleh TehWawat selaku pelatih dan Penanggunag Jawab PPS. Harga persatuan : Rp.35. RINCIAN BIAYA Penjelasan dan perincian berbagai Keperluan yang kami butuhkan untuk mengikuti kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 ini : 1. 25. GERANA SMAN 1Rancaekek kepada Panitia kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 di Jl.000 Waktu pengadaan : 01 Februari -24 Februari 2012 Pembayaran : Langsung dibelikan insya allah tanggal 21 Februari oleh Anggota PPS.3. KH.175.000 Total biaya yang diperlukan : Rp. Pembelian Baju Tanding Baju Tanding ini maksudnya adalah baju keperluan untuk atlet yang memang dikenakan kepada tiap peserta yang mengikuti perlombaan ini dan merupakan salah satu syarat untuk ikut serta dalam kegiatan kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 ini . Banjaran.dan perincianya adalah antara lain: Nama keperluan : Pembelian Baju Tanding Jumlah yang diperlukan : 5 stel.

000 dan kami berharap dari pihak sekolah dapat membantu kami dalam mencukupi biaya tersebut.2.500.Dan pembayaran dilaksanakan sebelum menginap yakni tanggal 26 Februari 2012 sore.875.2.Nama keperluan : Pengadaan Alat Transportasi Jumlah yang diperlukan :1 Harga persatuan : Rp. 500.175.250. 500.35. KH.000 Rp.000 Baju Tanding Banjaran (Indo Global) 5 Rp. 4.000 Rp.800.250.000 Rp.1.000 Waktu pengadaan : 26 Februari -01 Maret 2012 Pembayaran : Untuk Pengadaan Tempat Penginapan kami telah melaksanakan survey kesana dan mendapatkan kesepakatan terbaik dengan sebuah tempat kos di dekat GGT Ciamis.000 Waktu pengadaan : 01 Februari -25 Februari 2012 Pembayaran : Untuk transportasi kami telah mendapatkan beberapa kandidat berupa mobil yang akan kami insya allah gunakan dan akan dibayarkan 2 kali 30% saat berangkat dan 50% saat pulang.1.000 Total biaya yang diperlukan : Rp. Pengadaan Tempat Penginapan Tempat Penginapan ini maksudnya adalah segala keperluan untuk atlet tempat menginap yang akan digunakan selama 4 hari mengikuti kejuaraan ini dalam mengikuti kegiatan kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 .000 No.800. NO 1 2 3 4 NAMA KEPERLUAN Biaya Pendaftaran TEMPAT JUMLAH HARGA HARGA PEMBELIAN SATUAN TOTAL Jl.175.000 Penginapan GGT Ciamis 1 Rp. 25 Ciamis Transportasi ( mobil) Daerah Abdi Negara 1 Rp. dan perincianya adalah antara lain: Nama keperluan : Pengadaan Tempat Penginapan Jumlah yang diperlukan :1 Harga persatuan : Rp.250. .1. 500.250.1. Achmad Dahlan 5 Rp.000 Rp.000 Total biaya yang diperlukan : Rp.000 Total Biaya yang Dibutuhkan Rp.000 Demikianlah dana yang kami butuhkan untuk keperluan kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 dan total dana yang kami butuhkan adalah sebesar Rp.

Kami berharap dengan direalisasikanya maksud dan tujuan kami yang tertera didalam proposal ini Kesenian tradisional Indonesia terutamaPencak Silat dapat terus berprestasi dan dilestarikan kita semua tentu tidak ingin Budaya Indnesia hilang dikarenakan para pemuda penerus bangsa tidak memperhatikan dan meneruskan menjaga kebudayaanya Untuk bisa menjawab sebuah cita-cita yang patut di perjuangkan ini.Gerak Raga Buana SMAN 1 Rancaekek dalam kegiatan kejuaraan silat terbuka antar pelajar se-jawa barat perisai diri cup v 2012 telah selesai kami buat dengan sebaik-baiknya semoga Bapak/Ibu dapat memahami. kita semua tetu setuju bahwa ³Negara yang besar adalah negara yang terus melestarikan kebudyaanya ditengah zaman yang semakin modern´ atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih. Wb. Januari 2012 Penyusun. Wassalamualaikum Wr. harus di lakukan berbagai perubahan dan perbaikan di semua pihak dengan tulus dan terbuka agar niat baik yang terkandung di balik upaya pengembangan dan pelestarian pencak silat dapat terwujud. memperjuangkan dan tentu merealisasikan segala maksud kami yang tercantum didalam proposal ini. .PENUTUP Demikianlah proposal pemintaan keikutsertaan PPS.

Penanggung Jawab PPS.S.040402050 Wakasek Kesiswaan Pembina OSIS Nurdin Solihin.19620407 198803 1 006 .Pd.H. NIP. 19690910 199301 1 001 Drs. Alan Suherlan. Kepala Sekolah SMAN 1 Rancaekek Drs.101110042 Mengetahui.LEMBAR PENGESAHAN Ketua OSIS Ketua Ekstrakulikuler GERANA Alvan Muhammad R. NIS.19630215 198902 1 001 Menyetujui.Pd. GERANA SMAN 1 Rancaekek Wawat NTA GERANA. Ali Sodikin NIP. NIS.M.101111048 Arief Januar D. NIP.