PERSEROAN TERBATAS ( PT

)
Naamloze Vennootschaap (NV) NV)

SIGIT HARIYANTO 10. 322.054 YENDRA DIAN P 10.322.056

( UU No.1. Pendahuluan Perseroan Terbatas y persekutuan modal. 40/2007 ttg Perseroan Terbatas) . y modal terbagi dalam saham y dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang. y didirikan berdasarkan perjanjian.

Organ Perseroan Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) y Direksi y Dewan Komisaris. y .

y PT tertutup modal berasal dari kalangan tertentu dan tidak dijual kepada umum.Jenis Perseroan PT terbuka menjual saham kepada masyarakat melalui pasar modal (go public). y .

II. y (pasal 7 (1) UU PT) . y Akta dalam bahasa Indonesia. PENDIRIAN Perseroan didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih. y Dengan akta notaris.

pekerjaan. atau nama. Kewarganegaraan pendiri perseorangan. y . tempat tinggal. tempat kedudukan dan alamat lengkap serta nomor dan tanggal Keputusan Menteri mengenai pengesahan badan hukum dari pendiri Perseroan. kewarganegaraan anggota Direksi dan Dewan Komisaris yang pertama kali diangkat. tempat tinggal.y anggaran dasar nama lengkap. Akta Pendirian y y y y y y ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ nama lengkap. y dan nilai nominal saham yang telah ditempatkan dan disetor. tempat dan tanggal lahir. y rincian jumlah saham. tempat dan tanggal lahir. pekerjaan. nama pemegang saham yang telah mengambil bagian saham.

hak-hak yang melekat pada setiap saham. nama jabatan dan jumlah anggota Direksi dan Dewan Komisaris. maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan. jangka waktu berdirinya Perseroan. f. modal ditempatkan. i. g. besarnya jumlah modal dasar. h. jumlah saham. nama dan tempat kedudukan Perseroan. tata cara pengangkatan.III. klasifikasi saham apabila ada berikut jumlah saham untuk tiap klasifikasi. b. e. penggantian. d. tata cara penggunaan laba dan pembagian dividen ( pasal 15 ( 1 ) UU PT ) . dan modal disetor. penetapan tempat dan tata cara penyelenggaraan RUPS. dan nilai nominal setiap saham. Anggaran Dasar a. c. pemberhentian anggota Direksi dan Dewan Komisaris.

Perubahan Anggaran Dasar y Perubahan anggaran dasar ditetapkan oleh RUPS .

y Penambahan Modal dilakukan berdasarkan persetujuan RUPS .IV. y Modal dasar Perseroan paling sedikit Rp 50. MODAL terdiri atas seluruh nilai nominal saham.00 y Paling sedikit 25% dari modal dasar harus ditempatkan dan disetor penuh.000.000.

y nama lain dari perseroan terbatas modal. y bidang usaha. dan lain-lain.Mekanisme Pendirian PT akta resmi notaris. y alamat perusahaan. y Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. y .

Syarat Pengesahan Perseroan terbatas tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan kesusilaan y Akta pendirian memenuhi syarat yang ditetapkan Undang-Undang y Paling sedikit modal yang ditempatkan dan disetor adalah 25% dari modal dasar y .

Isi RUPS : y y y y y y y Lain .Lain Menentukan direksi dan pengangkatan komisaris Memberhentikan direksi atau komisaris Menetapkan besar gaji direksi dan komisaris Mengevaluasi kinerja perusahaan Memutuskan rencana penambahan/pengurangan saham perusahaan Menentukan kebijakan perusahaan Mengumumkan pembagian laba ( dividen ) .

2. Kewajiban terbatas. 3. Efisiensi manajemen. Masa hidup abadi.Keuntungan Membentuk Perusahaan Perseroan Terbatas 1. .

.Kelemahan Perusahaan Perseroan Terbatas y Kerumitan perizinan dan organisasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful