You are on page 1of 14

Kasus- Kasus Diskusi

KELOMPOK 6 ^^ KRISTIN LAIA TRULY PAKEKONG CORNELES GONIA VINY BOLANG REGINA KUMAAT .

Pertanyaan dan Hasil Diskusi 1 Revolusi Napster Apakah permasalahan legal yang ada dalam kasus ini. ‡ . dan apakah persoalan moralnya ? Permasalahan legal yang dihadapi adalah bahwa perusahaan napster yang melakukan copyfile musik melalui internet yang kemudian dianggap merugikan dari pihak musisi dan perusahaan musik rekaman.Moral dari persoalan tersebut adalah dari pendukung napster memandang hal itu baik dan benar karena napster hanya melakukan berbagi file melalui website dan masih dalam wilayah publik yang legal sedangkan dari pendukung si musisi hal ini dianggap buruk karena dapat menurunkan penjualan kopi musik mereka dan dapat menurunkan nilai seni yang dihasilkan karena tidak dihargai.

Dan bisa juga dikatakan sebagai pencuri karena mengambil keuntungan bagi diri sendiri dengan menyebarkan karya orang lain. dikatakan salah karena membagikan file secara Cuma-Cuma kepada semua pengguna tanpa memikirkan/memperhatikan pihak yang lain. tetapi secara moral Napster bisa dikatakan benar juga karena ada keinginan membagi sesuatu yang ada.‡ Bagaimanakah perbedaan kedua masalah itu dan bagaimanakah hubungannya ? Dalam permasalahan legal Napster sudah jelas salah karena melanggar hak cipta dari para pimilik karya musik tersebut. .

dan individual yang ada dalam kasus ini ! Persoalan Sistemik : Mengenai sistem hukum yang ada di California. korporat. Apakah dibenarkan untuk membagi dan bertukar file melalui website. dan apakah ada aturan yang memuat hukum-hukum tentang teknologi Internet.‡ Identifikasikan dan bedakanlah persoalan sistemik. Persoalan Individual : Apakah keputusan Shawn untuk mengembangkan ide briliantnya tentang penggunaan teknologi dengan mengembangkan website Napster yang dapat mengkopi file-file secara gratis tanpa ada persetujuan dari para pemilik hak cipta yang sah. adalah perbuatan yang dapat dibenarkan ? . Persoalan Korporat : Moralitas dari Napster yang memiliki usaha yang merugikan pihak lain (perusahaan musik & para musisi) serta mengambil keuntungan sendiri tanpa mengindahkan pihak-pihak yang memiliki hak cipta secara legal.

‡ Apakah secara moral shawn Fanning bersalah mengembangkan dan meluncurkan teknologi jika mengetahui konsekuensi yang mungkin timbul ? Secara moral memang salah.karena jika shawn sudah tahu akibat dari konsekuensi yang ditimbulkan dari perbuatannya tetapi masih dilakukan maka shawn telah bertidak secara imoral yang dapat merusak hajat dari orang yang bersangkutan.2. .

.selain itu dia telah melanggar hak cipta dari adanya musik tersebut.Apakah secara moral salah jika individu menggunakan website dan perangkat lunak napster untuk menyalin dengan gratis musik yang berhak cipta yang ada pada harddrive orang lain ? Secara moral salah.sedangkan si pembeli cd musik asli harus mengeluarkan uang untuk membelinya.karena individu tersebut tidak mengeluarkan sejumlah pengorbanan utk mendapatkan barang yang diinginkan tetapi hanya mengambil dengan Cuma-Cuma.

karena secara tidak langsung Napster tidak menghargai usaha yang dilakukan perusahaan musik untuk memproduksi lagu-lagu tersebut.‡ Anggaplah bagi individu untuk menyalin musik dengan Napster adalah legal. Apakah ada sesuatu yang imoral jika melakukannya ? Ada. .

Anggap adalah salah secara moral jika seseorang menggunakan website dan perangkat lunak Napster untuk menyalin musik yang berhakcipta.3. ‡ Siapakah kemudian yang akan bertanggung jawab secara moral untuk tindakan orang yang salah ini ? Secara moral yang harus bertanggung jawab penuh adalah Napster karena dia membuat sebuah web yang bertujuan untuk membagikan file secara gratis pada orang lain tanpa ada persetujuan dari pihak yang memiliki hak cipta atas lagutersebut. .

karena perusahaan tersebtlah yang mendapatkan keuntungan paling besar tanpa memikirkan pihak lain yang secara legal memiliki file-file tersebut.‡ Apakah hanya orang itu yang bertanggung jawab ? Tidak. Napsterlah yang memiliki tanggung jawab paling besar. ‡ Apakah Napster. tetapi para pelanggan yang menggunakan website Napsterpun ikut bertanggung jawab karena mereka mengambil file tersebut secara gratis tanpa mengindahkan hakcipta yang dimiliki Perusahaan Musik. perusahaan itu secara moral bertanggung jawab ? Jelas. .

. $15 juta dolar yang ia terima merupakan balas jasa dari ide briliannya itu. Shawn tidak bertanggung jawab secara penuh karena dia hanya membantu Napster untuk mengembangkan websitenya dengan teknologi baru agar dapat digunakan sebagai alat untuk saling bertukar file.‡ Apakah Shawn Fanning secara moral bertanggung jawab ? Secara moral.

. karena mereka hanya menjalankan tugas atau pekerjaan mereka. dan dalam dunia Internet bukan cuma website Napster yang terdapat didalamnya.‡ Apakah operator server atau karyawan Internet yang digunakan turut bertanggung jawab ? Tidak.

.‡ Bagaimanakah jika seseorang tidak mengetahui bahwa musik itu berhak cipta atau tidak terpikir bahwa adalah ilegal menyalin musik yang berhak cipta ? Kalau memang individu tersebut tidak mengetahui. ia tidak bersalah karena sebagai manusia kita berpikir untuk mendapatkan sesuatu secara efektif dan seefisien mungkin.

dengan cara membuat suatu perjanjian bisnis. Teknologi seperti Napster sesungguhnya berguna supaya kita dapat bertukar file dengan mudah dan cepat. yang mungkin mengubah industri musik ? Dalam penilaian anda. apakah perubahan tersebut secara etis baik atau buruk ? Tidak.4. sehingga semua dapat merasakan keuntungannya. Perubahan tersebut secara etis baik apabila pemilik website dapat membagi keuntungan dengan perusahaan musik dan para musisi. Apakah Perusahaan musik berbagi tanggung jawab moral atas apa yang terjadi ? Bagaimanakah pendapat anda tentang teknologi seperti Napster. . karena perusahaan musik merupakan pihak yang dirugikan.