1. Dalam perkembangannya, tumbuhan dari waktu ke waktu bertambah besar karena…. a. pertambahan jumlah sel di dalam jaringan b.

pertambahan panjang sel di dalam jaringan d. pembesaran dan pemanjangan dari sel-sel e. penebalan dari dinding sel-sel 2. Auksanometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur.... a. kecepatan pertumbuhan akar b. kecepatan penyerapan garam mineral melalui akar c. kecepatan pertumbuhan kecambah d. penguapan air melalui permukaan daun

c. pertambahan besar dan jumlah sel di dalam jaringan

e. kecepatan pertumbuhan tumbuhan-tumbuhan
3. Pertumbuhan tanaman di tempat gelap disebut.... a. gutasi b. etiolasi c. plasmolisis d. tigmotropisme e. fototropisme 4. Faktor yang menghambat pertumbuhan tanaman adalah.... a. angin b. suhu c. cahaya d. kelembapan e. fitohormon 5. Antokalin adalah hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan.... a. daun b. bunga c. batang d. akar e. tangkai 6. Hormon yang mempengaruhi batang adalah.... a. kaulokalin b. rizokalin c. filokalin d. antokalin e. asam traumalin 7. Filokalin adalah salah satu hormon pertumbuhan pada tanaman. Hormon tersebut termasuk.... a. hormon pembentuk akar b. hormon pembentuk batang c. hormon pembentuk bunga d. hormon pembentuk daun e. hormon pembentuk buah 8. Auksin yang dibentuk pada ujung kecambah dipengaruhi oleh cahaya. Apabila disinari pada satu sisi saja kecambah tersebut akan.... a. tidak tumbuh b. tumbuh lurus c. tumbuh membengkok d. tumbuh ke arah datangnya cahaya e. tumbuh menjauhi datangnya cahaya

9. Asam traumalin merupakan hormon yang berfungsi untuk.... a. menumbuhkan bunga

kalsium c. 00 C b. Suhu minimum untuk pertumbuhan tanaman di daerah tropis adalah. berkecambahnya biji 14. auksin d. a. suhu e. antokalin . 200 C 12. a... Variabel bebas pada percobaan tersebut adalah. filokalin d.. membesarnya batang b... menyembuhkan luka e.. 2 dan 6 d. boron d. 150 C e. a. Pada penyelidikan dengan Avena sativa ternyata ditemukan hormon yang dapat mempercepat pertumbuhan. mikronutrien. batang 4. contohnya adalah. mikronutrien.. akar Pasangan yang sesuai antara hormon dan bagian tumbuhan yang dipengaruhi adalah. rhizokalin 5. 2 dan 8 13... kelembapan d.. 50 C c. berbunga dan berbuah c... 1 dan 7 e. 1 dan 6 c.. filokalin 7. Hormon tumbuh itu dikenal dengan nama. Unsur-unsur yang diperlukan dalam jumlah besar oleh tumbuhan untuk melakukan pertumbuhannya disebut. Dina melakukan percobaan bagaimana pengaruh suhu terhadap pertumbuhan jagung. mempercepat pertumbuhan akar d. sitokinin 11. avena c. munculnya bunga di ketiak daun d. dapat dilihat pada saat. makronutrien. bunga 2. pertumbuhan jagung b. Tumbuhan dikotil yang terluka dapat memperbaiki bagian tubuh yang terluka dengan menghasilkan.. makronutrien. air c. besi b. giberelin b. mempercepat tumbuh 10. mempercepat pembuahan c. mengelupasnya kulit batang e.. 100 C d. a.. kalsium 1. kaukokalin 6. makronutrien. 4 dan 5 b. koleoptil e. a. a.... Perkembangan diartikan sebagai suatu proses menuju kedewasaan. a.b... Berikut ini nama-nama hormon dan bagian tumbuhan : 1. daun 3. cahaya 15. nitrogen e. Ciri atau tanda tumbuhan telah dewasa.... antokalin 8.

Kerjanya selalu searah b. 2. Air ludah di dalam mulut kita mengandung enzim amilase. menyemprot ujung batang dengan auksin d. determinate d. Metabolisme dapat terjadi di luar tubuh organisme b. Maltosa c. Anabolisme merupakan reaksi penyimpanan energi c. Zat yang menghambat reaksi enzim dengan substrat disebut . Amilum 2. Katabolisme merupakan reaksi endergonik 2. a. Apoenzim d.b. metamorfosis c. Merupakan senyawa lemak e.. a. Mengubah energi kinetik e. kaulokalin 1. 3. yang merupakan sifat enzim adalah . memotong ujung batang tanaman Bagian biji yang akan tumbuh menjadi sistem perakaran adalah .. rizokalin d. 1.. Asetil koenzim A b. 1 c. radikula 1. 3. Mendapatkan energi panas senyawa sumber c. 2. Pernyataan yang tepat di bawah ini mengenai metabolisme adalah . 1 e.. Di antara pernyataan berikut.. a. Piruvat e. mikrofil c.. Active site b. 3 2 1 1 1 1 a.. a. Membebaskan energi dalam b. asam traumalin c.. e. a. 2 d.1. Kofaktor 1. menyiram dengan jumlah air yang berlebih b.3 4.. Cara yang harus dilakukan untuk merangsang tumbuhan seperti yang diharapkan adalah .. Kerjanya bersifat khas d. menggores-goreskan batang c. 3. 1. Inhibitor c.. diferensiasi b. organogenesis Seorang siswa menginginkan pohon jambu di depan rumahnya rimbun sehingga membuat teduh.. Anabolisme merupakan reaksi pemanfaatan energi e. plumula e. 2... Enzim. Substrat amilase adalah . Katabolisme merupakan reaksi penyimpanan energi d. a. a. substrat dan produk ditunjukkan oleh nomor. irreversibel e. kotiledon b.. a. Memecah senyawa kompleks d. Mengoksidasi senyawa organik 3. 2. mencangkul tanah di sekitar batangnya e. 1. Di bawah ini gambar dari kerja enzim menurut Teori Lock and Key Hipotesis... asam absisat Perubahan pada jaringan untuk membentuk organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda disebut . Holoenzim e. 1. Tujuan utama proses katabolisme di dalam sel tubuh makhluk hidup adalah untuk . Glukosa d. 3 b. Tahan panas ..

Mitokondria bagian luar e. Enzim katalase yang dihasilkan oleh badan mikro dalam hati. H2O2 b. Glikolisis berkelanjutan hingga dihasilkan CO2 dan H2O d. Mitokondria c. Berfungsi sebagai reduktor 3.. Membran mitokondria bagian dalam 1. a. Reaksi transpor elektron terjadi di dalam .. Plastida b. Glukosa d. Reaksi C6H12O6 + 6O2 6CO2 + 6H2O b. enzim katalase sangat dipengaruhi temperatur c.. Sentrosom . Di bawah ini adalah tabel data hasil suatu praktikum mengenai enzim katalase : LARUTAN Netral Asam Basa 40oC 37oC Hati + H2O2 Gelembung Nyala api ++ ++ + + + +++ +++ Jantung + H 2O2 Gelembung Nyala api + + - Keterangan : (-) tidak ada. Terjadi dalam mitokondria dan energinya disimpan dalam bentuk ATP c. (+) sedikit. Energi kimia dalam zat makanan c. Protein 1. Setelah beberapa lama. Membran plasma c. Energi cahaya matagari e. Energi mekanik dalam sel b. Hanya terjadi pada sel-sel yang tidak berklorofil d. Pada jantung.. Peroksisom e. Suatu tanaman pot diletakkan pada suatu ruangan tertutup dan diberi udara yang cukup... Pembongkaran zat makanan d. Hasilnya adalah: a. a. Terbentuk warna biru karena adanya amilum b. Enzim katalase banyak dijumpai pada hati daripada pada jantung e. daur Krebs berlangsung di dalam . Ribosom d. Nukleus e.. Asam oksaloasetat yang teroksidasi sempurna e. Sitoplasma 1. a. Peroksisom c. Berlangsung pada malam hari e. Pada respirasi sel.c. daunnya diambil dan dilakukan tes amilum dengan larutan lugol. Kloroplas b. Organel pada sel yang memproduksi enzim katalase adalah . Asam laktat dapat terjadi kalau . Pada hati. Matriks mitokondria b.. (++) sedang. Enzim katalase bekerja secara optimal pada suhu 40OC b. Tidak terbentuk warna biru karena hanya terbentuk glukosa . Glioksisom d.. Seluruh reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel. Asam piruvat terbentuk berada dalam lingkungan anaerob c. sumber energinya berasal dari . Asam piruvat yang terbentuk berada dalam lingkungan aerob b. Mitokondria c. Pernyataan berikut yang dapat menerangkan respirasi pada tumbuhan adalah .. Sitoplasma d. bekerja untuk substrat . a.. kerja enzim katalase tidak dipengaruhi pH dan temperatur 1. a. Senyawa ATP 1.. a. (+++) banyak Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan data pecobaan di atas adalah…… a. CO2 e. Peristiwa glikolisis terhambat karena kekurangan oksigen 1.. Selalu memerlukan O2 sebagai bahan bakar 1. a. Kerja enzim katalase tidak dipengaruhi oleh pH larutan d.

Sachs Amilum produk dari reaksi fotosintesis 2. Tidak berwarna biru karena tidak terbentuk amilum d. c. c.. Lokus Kinetokor Sentrom er d.. stroma Plastida... Francis Crick dan August Weismann b.. Reaksi gelap pada malam hari c. Daunnya rusak karena disimpan di tempat tertutup e... Watson dan Francis Crick c. Label X menunjukkan .. a. James D.... Fotosintesis menghasilkan glukosa 1.. Karbondiksida Oksigen Cahaya matahari 3.. e. Herman Muller dan Francis Crick d... Reaksi terang hanya pada siang hari d. b.. Berdasarkan reaksi percobaan Ingenhouz dan Engelman. Kloroplas.. a.. Sinar tidak berperan dalam proses fotosintesis 1... Cahaya matahari Oksigen Karbondioksida d Foton Cahaya matahari Oksigen e... Karbondioksida Cahaya Oksigen matahari c.. X b. James D... Herman Muller dan August Weismann e.. Ingenhouz Amilum produk dari reaksi fotosintesis b.. Sachs Dihasilkannya O2 dari reaksi fotosintesis d. Ingenhouz Terjadinya siklus krebs pada proses respirasi sel e. Manakah pasangan yang tepat di bawah ini mengenai nama ilmuwan dan hasil penemuannya? Nama Ilmuwan Penemuan a.. grana Klorofil. Lengkapi reaksi kimia di bawah ini : B A + H2O Glukosa + C Klorofil A B C a. stroma 1. dapat disimpulkan bahwa .. Organel di bawah ini bernama .. a. membran tilakoid Klorofil. d. Fotosintesis menghasilkan amilum e... Orang yang pertama kali menemukan model struktur ADN adalah .. Satelit e. Perhatikan gambar kromosom di bawah ini... dan proses fotolisis terjadi pada bagian . Hans Krebs Dihasilkannya O2 dari reaksi fotosintesis c. Oksigen Karbondioksida Cahaya matahari b.. a.c... Konstriks 1. Watson dan August Weismann . Fotosintesis menghasilkan oksigen b. membran tilakoid Kloroplas.

Alel terdapat pada gen pada kromosom yang lokusnya homolog e.2. yaitu . c.. 14 14 Pernyataan berikut ini menyatakan hubungan antara gen. Jika jumlah kromosom yang normal dari serangga tersebut adalah 14. Q c. substansi genetika terletak di . 14 13 d. 3. a. Gen terdapat pada kromosom berupa lokus pada alel yang homolog b... sedangkan jantan hanya memiliki satu kromosom X tanpa kromosom Y. sitosin-guanin Adenin-guanin.. Adenin-guanin. Submetasentrik Telosentrik Metasentrik Akrosentrik Telomer 1. Alel terdapat pada kromosom yang lokusnya gen homolog Molekul-molekul basa nitrogen yang menyusun molekul ADN selalu berpasangan. 7 7 c. d. Z a. Berikut ini tahapan sintesis protein : 1) ARNt membawa asam amino yang sesuai dengan kodon 2) Asam amino tersusun berurutan sesuai dengan kodon 3) ARNd meninggalkan inti menuju ribosom melalui sitoplasma 4) Transkripsi ADN membentuk ARNd 5) ARNt bergabung dengan ARNd di ribosom Urutan tahapan sintesis protein yang benar adalah . sitosin-timin Adenin-urasil. S e.. Pt b. c. Tipe Z adalah tipe kromosom dengan lengan kromatid tidak sama panjang disebut . Gen terdapat pada lokus berupa kromosom pada alel yang homolog c. sitosin-urasil Adenin-timin. Pada beberapa serangga. a. a. Pasanganpasangan basa tersebut selalu tetap. b. betinanya memliki sepasang kromosom X.. e. jumlah kromosom pada sel mata serangga tersebut adalah: JANTAN BETINA a.. R d. T 2. sitosin-guanin Berdasarkan gambar sel tumbuhan di bawah ini. 4.. 13 14 e. Gen terdapat pada pasangan alel yang tersimpan dalam lokus kromosom homolog d. . e. Pernyataan yang benar adalah . b.. 6 7 b. 1. d. sitosin-timin Adenin-urasil.. lokus dan alel.

1. a.5’ SAGTA 3’ c. d. met-asp-his-pro-met GTSAT 1. c... Ada tiga cara x pembelahan sel.. a. Gambar di bawah ini yang merupakan tahap metafase adalah . Mamalia dari keturunan yang sama e. met-asp-pro-asp-his c.5 5–4–3–2–1 4–3-1–5–1 3–1–2–5–4 2–3–4–5–1 Jika urutan basa pita ADN yang ditranskripsi adalah 5’ ARN duta hasil transkripsi adalah . Tumbuhan hasil stek dari tumbuhan induk yang sama b.. Pernyataan berikut ini yang menunjukkan hubungan yang benar antara cara pembelahan sel dengan tujuannya adalah . 3’ GTSAT 5’ d. Meiosis untuk memperbanyak sel c. Adik kakak bersaudara kandung 1. e. Amitosis dan meiosis untuk memperbanyak sel 3.. Individu di bawah ini secara genetika identik adalah . a. Mitosis untuk membentuk gamet b. a. met-pro-asp-his-pro e. 3’ maka urutan basa alam 1.b.. 3’ SAGUA 5’ Perhatikan tabel berikut. Mitosis dan amitosis untuk memperbanyak sel e. Amitosis untuk membentuk gamet d.. Spora hasil peleburan spermatozoid dan sel ovum d. . Biji yang dihasilkan oleh pohon yang sama c. 1 – 2 – 3 – 4 . maka asam amino yang terbentuk adalah : a. a. met-pro-his-asp-stop b. 5’ SAGUA 3’ b. KODON AUG SSS ASA GAU UAA ASAM AMINO Met Pro His Asp Stop Jika ARNd membawa kode genetika AUGGAU-SSS-GAU-ASA-UAA. d.3’ SAGTA 5’ e.. met-asp-pro-asp-his d.

Satu kali pembelahan meiosis pada sapi betina akan menghasilkan . Pada persilangan antara bunga Linaria maroccana merah dan putih. Empat sel telur b. jumlah macam gamet yang dapat dibentuk adalah . a. Dua sel telur e. Setelah pembelahan pertama sel zigot e. Keuntungan penggunaan kacang ercis (Pisum sativum) sebagai tanaman uji oleh Mendel adalah . a. 16 3. Peristiwa ini disebut . 4 c. e.. 2.. Apabila gen A tertaut dengan gen B dan gen a tertaut dengan gen b. a. Antara ovulasi dan fertilisasi d. Tiga sel telur d. Jumlah sel telur tidak pasti c. Terjadinya fertilisasi c.. Terjadinya implantasi (penanaman embrio pada dinding rahim) 1... c. 1. Mempunyai daur hidup panjang e. dihasilkan bunga Linaria maroccana berbunga merah muda. Satu sel telur Jenis kelamin janin ditentukan pada saat . . 8 d... Sebelum ovulasi terjadi b.. Memiliki sedikit variasi sifat d. Bunga ercis mempunyai struktur yang rumit 2. Mempunyai daur hidup pendek b. Suatu individu memiliki genotip AaBbDdEE.b. Melakukan penyerbukan dengan bantuan manusia c. a. 10 e. 2 b..

a. Dalam suatu keluarga. 100% berkulit kuning c. 12 : 3 : 1 b... 6. Jika gen O dalam keadaan homozigot dominan bersifat letal maka keturunan yang hidup dari perkawinan sesama individu yang bergenotip MmNnOo adalah sebesar . Resesif c.. 12 : 3 : 1 d.. anak yang akan dilahirkan adalah . 3 : 1 d. Anak laki-laki lebih banyak dari anak perempuan b. 50% e.25 % c. Mempunyai kemungkinan yang sama antara laki-laki dan perempuan e. Ibu jari tangan kanannya dua buah (c. Gagal berpisah b.5% b. a. Gen M dan gen N mengalami tautan. Sama sekali tidak dapat diramalkan 5. Gen r bertemu gen P b. Gen R bertemu gen p e. apabila R untuk pial rose. 9 : 3 : 3 : 1 c. Polimeri b. 100% berkulit putih 1. Kulit hitam : kulit kuning = 50% : 50% d.. 25% 1. Pada peristiwa kriptomeri. Pada peristiwa epistasis dan hipostasis. a. Dominan epistasis c. r dan p untuk pial bilah. a. a.. a. Intermediate 4. 75% d. b sifat resesif) disilangkan maka rasio fenotipe keturunannya adalah . Alel ganda d. Pada peristiwa atavisme.Dentin opalesen) .. Kulit hitam : kulit kuning = 52% : 75% e. Apabila individu AaBb dan AaBb (a. Anak perempuan lebih banyak dari anak laki-laki c. Dominan e. 9 : 3 : 4 e. 9 : 3 : 3 : 1 e. Gen R bertemu gen P d.. 100% berkulit hitam b. Gen letal e. Gen r bertemu den p 1.Polidaktili) 2. 15 : 1 1. Gigi abnormal. putih seperti susu (f. 12. a.. Gen yang dalam keadaan homozigot dapat menyebabkan kematian disebut ... 15 : 1 c. a. P untuk pial biji.. Kriptomeri d. Tautan seks 1. maka sifat pial walnut akan muncul apabila . Jenis kelamin ditentukan oleh sepasang kromosom seks. Gen R tanpa gen P c... 9 : 6 : 1 1. jika gandum berkulit itam (Hhkk) diserbukkan dengan gandum berkulit kuning (hhKK) akan dihasilkan . perbandingan fenotipe F2 adalah . 9 : 3 : 4 b. Sama banyaknya antara laki-laki dan perempuan d.

Kandungan tirosin darah berlebih (d.Rh) 8.3.Deutan) 6. Tidak terbentuk pigmen melanin (a.Tirosinosis) 9. Rusak/lemah bagian mata yg sensitif warna hijau (h.Albino) 4. Darah sukar membeku (i.Erythroblastosis fetalis) 10. Macacus rhesus(b. Penyakit kuning pada bayi (e. Pertumbuhan kerdil (k.kretinisme) 5.Hemofilia) 7.Retinal aplasia) . buta sejak lahir (j.