P. 1
Catatan All Pits

Catatan All Pits

|Views: 28|Likes:
Published by Barus Ronald

More info:

Published by: Barus Ronald on Feb 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2012

pdf

text

original

Catatan Penambangan Drainase Tambang dan settling pond Air sebaiknya dicegah untuk masuk ke dalam pit, dengan

membuat perimeter dranase yang mengelilingi pit, untuk mengalirkan air menghindari pit sebanyak mungkin. Air yang terganggu kegiatan penambangan dialirakan ke settling pond. Settling pond terletak di selatan West Disposal dan di sekitar Simpang. Pengupasan Tanah Penutup a. Penumpukan topsoil Lokasi di sekitar pit cukup sempit dengan morfologi yang tidak datar, yang menyulitkan untuk melakukan penyimpanan topsoil. Lokasi yang bisa dipergunakan untuk menyimpan topsoil adalah daerah disekitar alokasi untuk ROM Stockpile. Atau, kemungkinan topsoil disimpan di dalam pit, di luar batas strip pengambilan. Hal ini dilakukan dengan dorongan atau pengangkutan dengan truk. Selanjutnya bila sudah terdapat area di west disposal untuk penumpukan topsoil, bisa dilakukan di lokasi ini. b. Pengupasan Tanah Penutup Disposal menggunakan west disposal, dan selanjutnya menggunakan lokasi mined out tambang ajibaratama. Kapasitas West disposal di zone kuning cukup terbatas bila difungsikan untuk menambang hingga Pit Development 1. Selanjutnya perlu dipersiapkan lokasi disposal di ex mined out tambang Ajibaratama. Penambangan batubara Menggunakan jalan ke barat melalui jalan existing, berjarak lk. 5 km ke pelabuhan. Perlu dialokasikan ROM s/p untuk memperlancar kegiatan penambangan di pit.

Membuat batas pit dengan batasan SR seperti yang sudah ditentukan. Pit dibuat dengan memanfaatkan garis singkapan .Sequence Penambangan dimulai dari utara (pilot pit) dan mengarah ke selatan. Bila Pit 3 dapat ditambang.  Spesifikasi lereng pit yang dipergunakan dalam desain pit menggunakan asumsi geotek seperti berikut:  Single slope high wall 35° Overall slope highwall 30° Tinggi bench 10 m dan lebar berm 4 m Batubara yang dihitung adalah yang mempunyai ketebalan di atas 0.5 m. maka disposal mengoptimalkan di daerah di sebelah barat Pit 2 atau ke Centre Disposal bila dapat menyeberang jalan propinsi.   . di luar cropline seam K1. dan pit terletak di dalam poligon sumberdaya measured. Cadangan batubara yang dihitung adalah merupakan cadangan batubara mineable dan masuk dalam kategori cadangan terbukti. Perhitungan cadangan batubara terbukti (proven) dilakukan dengan membuat batas wilayah dalam bentuk pit dengan batasan-batasan tertentu.  Kehilangan batubara (coal losses) untuk setiap lapisan adalah 10 cm pada roof dan 10 cm pada floor.116b dengan prosedur perhitungan sebagai berikut: Menentukan batas pit. Bila Pit 2 dapat ditambang maka lahan disposal kemungkinan bisa memanfaatkan daerah di sebelah barat Pit 2 (Centre Disposal).  Batas bawah pit yang terbentuk selanjutnya diproyeksikan ke atas atau ke arah topo dengan menggunakan data-data dimensi bench. Perhitungan cadangan batubara dilakukan dengan menggunakan software Mincom 4. Perhitungan cadangan yang dihitung adalah terdiri dari satu pit yaitu Pit Development 1 dengan batasan-batasan sebagai berikut:   Pit development 1 dengan target utama lapisan batubara adalah lapisan B3.

15 Pit 2 10.0 5.010.5 Pit 2 2. Batubara dan Stripping Ratio  Deskripsi Tanah penutup Batubara Stripping Ratio BCM Ton Pit 1 Development 2 5.90 60.8 Pit 3 10.2 843.110.8 10.224.862 21. Pada hasil yang terbentuk kemudian dilakukan perhitungan volume tanah penutup dan batubara yang ada di dalamnya.8 1 Tabel 2 : Data Pit Deskripsi Luas Pit Elevasi Floor Batubara Terbawah Elevasi Topografi Highwall Kedalaman Pit Ketebalan Batubara Ha RL.218. RL.614 1. Prima Mandiri seperti yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini : Tabel 1 : Jumlah Overburden.5 .0 57. Berdasarkan batasan dan prosedur perhitungan cadangan seperti di atas.0 1.80 50.0 60 .729 4.346 101. m m Pit 1 Development 2 26. diperoleh hasil perhitungan cadangan batubara di lahan IUP CV.68 Pit 3 45 6 60 1.1 16.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->