‡ Adalah suatu proses di masyarakat dapat mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan dan menentukan prioritas dari kebutuhankebutuhan tersebut, dan

mengembangkan keyaknan untuk berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan sesuai dengan skala prioritas berdasarkan atas sumber-sumber yang ada di masyarakat endiri maupun yang berasal dari luar,dengan usaha secara gotong royong.

Kesukarelaan terjadi karena dirongan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan kelompok atau masyarakat. tetapi mungkin pula tidak.berarti masyarakat menyadari adanya kebutuhan c. 2. 3. Dalam prosesnya ditemukan unsur-unsur kesukarelaan. Proses a. maka harus dilakukan langkah-langkah sebagai berikut : a. e. b. Batas-batas geografis b. diartikan sebagai kelompok besar yang mempunyai : a. Melakukan upaya penyebaran rencana agar masyarakat dapat menyebarkan rencana tersebut. Suatu kelompok dari mereka yang mempunyai kebutuhan bersama dari kelompok yang lebih besar c. Merupakan proses yang terjadi secara sadar. kesukarelaan timbul karena adanya kebutuhan sehingga mengambil inisiatif atau prakarsa untuk mengatasinya. Masyarakat. Selanjutnya menginstruksikan kepada masyarakat untuk bersama-sama mengatasinya. Secara bersama-sama mereka mencoba mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhannya. Memfungsikan masyarakat.3 aspek penting yang terkandung di dalamnya ‡ 1. ‡ ‡ . d. Kelompok kecil yang menyadari masalah harus dapat menyadarkan kelompok yang lebih besar. d. Jika proses disadari. Menarik orang-orang yang mempunyai inisiatif dan dapat bekerja untuk membentuk kepanitiaan yang akan menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. f. Kesadaran terhadap kebutuhan dan masalah yang dihadapi biasanya ditemukan pada segelintir orang saja yang kemudian melakukan upaya menyadarkan masyarakat untuk mengatasinya. Menyusun rencana kerja yang dapat diterima dan dilaksanakan oleh keseluruhan masyarakat c. untuk dapat memfungsikan masyarakat. b.

Evaluasi ‡ 4. Perluasan . Penyadaran masyarakat ‡ 2. Persiapan sosial a.Tahap-Tahap Pengorganisasian Masyarakat ‡ Adi Sasongko. Pengenalanmasalah c. 1978 menyebutkan langkahlangkah dalam pengeroganisasian masyarakat sebagai berikut : ‡ 1. Pengenalan masyarakat b. Pelaksanaan ‡ 3.