You are on page 1of 14

SATUAN ACARA PENYULUH KHASIAT TOGA (JAHE) UNTUK MENGATASI ARTRITIS REUMATOID DI PSLU BAHAGIA MAGETAN

Disusun oleh :

POKJA KESEHATAN

PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA PARE-KEDIRI 2011

Lembar Pengesahan SATUAN ACARA PENYULUH KHASIAT TOGA (JAHE) UNTUK MENGATASI ARTRITIS REUMATOID DI PSLU BAHAGIA MAGETAN Disusun Oleh: POKJA KESEHATAN Dan dilaksanakan pada Hari : Minggu Tanggal : 29 januari 2012 Mengetahui. Pembimbing Klinik .

Pasien mengetahui tanda dan gejala dari reumatoid atritis. Tanda dan gejala rheumatoid atritis 4. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah dilakukan penyuluhan tentang Rheumatoid Artritis diharapkan Klien dan Keluarga mampu mengerti. Cara mengurangi nyeri dengan menggunakan obat tradisional . Penyebab dari rheumatoid atrotis 3. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS 1. Pasien mengetahui penyebab dari penyakit reumatoid atritis. 4. Pasien mengetahui tentang pengertian dari penyakit reumatoid atritis. Pengertian reumatoid artritis 2. 3. Pasien mampu menyebutkan dan melakukan perawatan sendiri dengan obat tradisional untuk mengurangi rasa nyeri akibat dari reumatoid atritis III. 2. II. SASARAN Lansia yang berada di PSTW Magetan IV.SATUAN ACARA PENYULUHAN Bidang Studi Topik Sub Topik Sasaran Tempat Hari/Tanggal Waktu : : : : : : : Ilmu Keperawatan Gerontik Gangguan System Muskuloskeletal Perawatan Pasien Rheumathouid Athrhitis Lansia di PSLU Magetan Setiap Wisma di PSLU Magetan Minggu/29 Januari 2012 1 x 30 menit I. MATERI 1. memahami tanda dan gejala rheumatoid artritis serta melakukan perawatan dengan menggunakan obat tradisional untuk mengurangi nyeri akibat reumatoid atritis.

Mengucapkan salam dan Memperkenalkan diri 2. MEDIA . Menjelaskan tentang pengertian reumatoid atritis 2. 5 menit Menjawab pertanyaan 4. Bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Memperhatikan. 3 menit Kegiatan Penyuluh 1.Leaflet VII. METODE 1. Menjelaskan tujuan dari penyuluhan 3. 20 menit Mendengarkan dan memperhatikan.Mengucapkan terima kasih kepada klien. Memperhatikan. 2. Ceramah Tanya jawab 2. Kegiatan Peserta Menjawab salam dan mendengarkan. Menjelaskan tanda dan gejala reumatoid atritis 4. Menyebutkan materi yang akan diberikan Pelaksanaan: 1. Menjelaskan tentang penyebab reumatoid atritis 3. 3. VI. Menjelaskan tentang Cara mengurangi nyeri dengan menggunakan obat tradisional Evaluasi: 1. KEGIATAN PENYULUHAN No Waktu 1. 2 menit Mendengarkan dan menjawab salam . Menanyakan kepada klien tentang materi yang telah diberikan dan reinforcement kepada klien bila dapat menjawab/menjelaskan kembali. Melakukan kontrak waktu 4. Mendengarkan.V. Terminasi: .

Mengobservasi jalannya penyuluhan 2. Menyampaikan materi penyuluhan 3. Pengorganisasian 1. Observer 5. Pembimbing IX. Mengevaluasi tugas dari masing-masing peran : : Anggota pokja di masing –masing wisma : Wahyu ika Pratiwi : Efanda Bagus : Devy Rahayu ari Santi . Memperkenalkan anggota kelompok 3. Mengevaluasi pemahaman peserta dengan bertanya kembali 8. Menyampaikan mekanisme penyuluhan 6. Mendemonstrasikan materi Fasilitator : 1. Penyaji 2. Job Discription Moderator : 1. Memotivasi peserta untuk fokus pada penyampaian penyuluhan 3. Membuka sesi Tanya jawab 7. Mengundang atau mengajak peserta untuk mengikuti penyuluhan 2. Menyampaikan salam pembuka 2.VIII. Menggali pengetahuan dan pengalaman dari peserta tentang materi penyuluhan 2. Fasilitator 4. Menyampaikan tujuan dari penyuluhan 5. Memotivasi peserta untuk mengajukan pertanyaan 4. Membantu penyaji dalam menjawab pertanyaan Observer : 1. Menyampaikan kontrak waktu 4. Menyimpulkan materi penyuluhan Penyaji : 1. Moderator 3.

c. Kriteria evaluasi 1. 2. Peserta bertanya tentang materi penyuluhan. c. secara benar. Setting Tempat Evaluasi Hasil Peserta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Jumlah peserta yang hadir dalam penyuluhan minimal 5 penyaji tentang penyakit reumatoid atritis Evaluasi Proses Peserta memperhatikan terhadap materi penyuluhan. b. b. Peserta yang meninggalkan penyuluhan kurang dari 25 % Peserta mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan Evaluasi Struktur Peserta hadir di tempat penyuluhan pukul 07. 3.I. a. sebelumnya. pasien IX. a. d. b.00 WIB Penyelenggaraan penyuluhan dilaksanakan di setiap ruangan wisma PSTW Magetan Pengorganisasian penyelenggaran penyuluhan dilakukan presentator Barat moderator pembimbing Fasilitator/audien/observer . a.

suatu sinovitis proliferatifa kronik non spesifik. Dalam perjalanan penyakitnya. rahang . pergelangan kaki. Salah satu teori nya adalah akibat dari sel darah putih yang berpindah dari aliran darah ke membran yang berada disekitar sendi. tangan. kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh. pergelangan tangan. Gejala dan Tanda Gejala dan tanda dari AR dapat dilihat sebagai berikut : • • • • • • • • Nyeri sendi Pembengkakan sendi Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan Tangan kemerahan Lemas Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit Demam Berat badan turun Artritis reumatoid biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama.MATERI PENYULUHAN Definisi Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. panggul. dapat terjadi erosi tulang. (Mansyoer. 2000: 17) Penyebab Penyakit ini ditandai oleh peradangan sinovium yang menetap. Dengan berjalannya waktu. siku. selanjutnya akan mengenai sendi bahu. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti. destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Penyakit ini timbul akibat dari banyak faktor mulai dari genetik (keturunan) sampai pada gaya hidup kita (merokok). dan kaki. lutut. Akhirnya.

Pemeriksaan darah lain yang biasa nya dilakukan adalah pemeriksaan antibodi seperti faktor rheumatoid dan anti-CCP. Faktor risiko  Jenis Kelamin. . Perempuan lebih mudah terkena AR daripada laki-laki.  Merokok.dan leher.  Umur. Orang dengan RA pemeriksaan rasio sedimen eritrosit (ESR) cenderung meningkat. Dokter anda akan mengambil cairan sendi dengan menggunakan jarum steril. Pemeriksaan foto rontgen dilakukan untuk melihat progesifitas penyakit RA. Pemeriksaan Tambahan Pemeriksaan tambahan yang dapat dilakukan adalah pemeriksaaan darah rutin. Apabila anggota keluarga anda ada yang menderita penyakit artritis rematoid maka anda kemungkinan besar akan terkena juga. pemeriksaan ini dapat memperlihatkan adanya proses peradangan dalam tubuh. Namun penyakit ini juga dapat terjadi pada dewasa tua dan anak-anak (artritis reumatoid juvenil)  Riwayat Keluarga. Artritis reumatoid biasanya timbul antara umur 40 sampai 60 tahun. Pemeriksaaan ini dapat memonitor progresifitas dan kerusakan sendi jangka panjang. Merokok dapat meningkatkan risiko terkena artritis reumatoid. lalu cairan sendi akan dianalisa apakah terdapat peningkatan kadar leukosit atau tidak dan juga dapat menyingkirkan kemungkinan penyakit rematik lainnya. Perbandingannya adalah 2-3:1. Dari hasil foto dapat dilihat adanya kerusakan jaringan lunak maupun tulang. Selain itu juga dapat dilakukan analisa cairan sendi.

Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Namun ada cara tradisional untuk mengurangi nyeri akibat rheumatoid arthritis. . Tujuan dari pengobatan adalah mengurangi peradangan sendi untuk mengurangi nyeri dan mencegah atau memperlambat kerusakan sendi.Tata Laksana Penyakit rheumatoid arthritis tidak dapat disembuhkan. Secara umum pengobatan yang dapat dilakukan adalah pemberian obat-obatan dan operasi.Ulangi beberapa kali. Metode ini dapat melemaskan otot dan membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi rasa sakit. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.diantaranya menggunakan jahe siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Kemudian dilengkapi dengan minum wedang jahe.

15 menit) 1) Menggali pengetahuan dan pengalaman dari peserta penyuluhan 2) Penyampaian Materi a. c. f. Setting tempat dan alat/media penyuluhan Faasilitator memanggil dan mempersilakan sudah siap 15 menit sebelum acara dimulai keluarga pasien untuk menempati ruang yang telah disediakan d. Menjelaskan atritis b. 2 Peserta hadir di ruang santai setiap wisma Jumlah peserta yang hadir minimal 70% Fasilitator memberikan daftar hadir peserta tepat waktu dari target (target jumlah peserta = 10) penyuluhan untuk diisi oleh keluarga pasien Pembukaan (5 menit) a. mekanisme kegiatan Menjelaskan tujuan penyuluhan Pelaksanaan (10 . 3 Menyampaikan salam pembuka Perkenalan Kontrak waktu. Kegiatan Pengorganisasian dilakukan penyuluhan penyuluhan b. a. d.LEMBAR OBSERVASI ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN CVA Beri tanda check (V) penyelengaraan sebelum dan saat No 1. c. b. e. Menjelaskan penyebab rheumatoid atritis pengertian tentang rheumatoid .

penanganan. Terminasi (5 menit) a. Menjelaskan cara penanganan menurangi dengan jahe dan kunyit 3) Diskusi (15 menit) 4. Menyampaikan mekanisme penyuluhan 6. Memperkenalkan anggota kelompok 3. Evaluasi dengan bertanya kepada pasien tentang pengertian. perawatan di rumah dan . Mengevaluasi pemahaman peserta dengan bertanya kembali 8. Menyampaikan kontrak waktu 4. Mendemonstrasikan materi Fasilitator : penyebab. Menjelaskan tanda terjadinya rheumatoid atritis d. Membuka sesi Tanya jawab 7.c. komplikasi Menyimpulkan materi penyuluhan 4) Menyampaikan salam penutup Moderator : 1. Menyampaikan salam pembuka 2. Menyampaikan materi penyuluhan 3. Menyampaikan tujuan dari penyuluhan 5. Menyimpulkan materi penyuluhan Penyaji : 1. pencegahan. Menggali pengetahuan dan pengalaman dari peserta tentang materi penyuluhan 2. Memberikan reward pada peserta yang bisa menjawab pertanyaan penyaji 9. tanda dan gejala.

2. meninggalkan penyuluhan kurang dari 25 Pengorganisasian penyuluhan dilakukan Evaluasi Struktur Peserta hadir di tempat Penyelenggaraan penyuluhan pukul 07. b. % Evaluasi Proses Peserta memperhatikan Peserta bertanya tentang Peserta yang terhadap materi penyuluhan. 4. Mengevaluasi tugas dari masing-masing peran II. Kriteria evaluasi 1. Mengundang atau mengajak peserta untuk mengikuti penyuluhan 2. c. setiap wisma. materi penyuluhan. Memotivasi Memotivasi pertanyaan Membantu pertanyaan Observer : penyaji dalam menjawab peserta peserta untuk untuk fokus pada penyampaian penyuluhan mengajukan 1. a. penyelenggaran sebelumnya. a. b. 3.00 WIB penyuluhan dilaksanakan di ruang santai . c. Mengobservasi jalannya penyuluhan 2.1.

pertanyaan secara benar. 3. Evaluasi Hasil dan Peserta menjawab mengajukan pertanyaan Peserta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penyaji tentang penyakit reumathoid artritis b.d. hadir dalam keluarga pasien Jumlah penyuluhan peserta yang 5 minimal . a.

Alih Bahasa dr. Andry Hartono dkk. 1990. Jakarta : Balai penerbit FKUI Mansjoer. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8. Jakarta:Media Aeskulapius . Jakarta : Media Aesculapius Mansjoer Arif. Cleo. 300 Tip Hidup Mandiri Pasca Stroke. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Soeparman. 2000. 1999. 2008. Ilmu Penyakit Dalam Jilid II. 2002.REFERENSI Brunner dan Suddarth. Arief. Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2 edisi 3. Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta:EGC Hutton.