You are on page 1of 5

Pertanyaan #1 Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang

12 kali pada jam 12. Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6? Asumsi: Waktu setiap dentangan sangat kecil jika dibandingkan waktu jeda antardentangan, sehingga waktu setiap dentangan ini dapat diabaikan. Penjelasan: Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang 3 kali selama 3 detik. 3 kali berdentang berarti terdapat 2 buah jeda antardentangan (jeda antara dentangan pertama dan kedua, dan jeda antara dentangan kedua dan ketiga). Artinya, jeda antardentangan ini adalah 1,5 detik. Jika kurang jelas, perhatikanlah ilustrasi berikut. TENG ²² (1,5 detik) ²² TENG ²² (1,5 detik) ²² TENG Jadi, pada jam 6, terdapat 5 jeda antardentangan. Sehingga waktu yang dibutuhkan adalah 5 x 1,5 detik = 7,5 detik. Pertanyaan #2 Petani bernama Paijo mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama? Jawaban: 18 hari Penjelasan: Sangat disayangkan, Anda tidak dapat memendekkan proses penetasan telur dengan menambah jumlah ayam. Tentu saja, 30 ayam betina tersebut juga akan membutuhkan waktu 18 hari untuk menetaskan teluar mereka.

Pertanyaan:3

maka dia sudah sampai diatas dan langsung keluar tanpa harus turun 2 kaki. entah keduanya benar atau keduanya salah. Jika kedalaman sumur 30 kaki. sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata. dia memutuskan untuk memanjat tembok sumur tersebut. setiap hari rata-rata dia naik / manjat 1 kaki .´ kata yang perempuan. Karena diketahui setidaknya satu dari keduanya telah berbohong. Penjelasan: Pernyataan keduanya tidak saling kontradiksi.Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji.´ kata yang laki-laki. maka setelah 27 hari. setiap hari di mampu memanjat setinggi 3 kaki. ³Aku yang lebih muda. maka itu berarti keduanya salah. Penjelasan: Andi memberikan 1 roti pada Cici dan Budi memberikan 3 roti pada Cici. Artinya. berapa hari yang diperlukan siput untuk keluar dari sumur tersebut ? solusi : 28 hari «. Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji. Siapakah yang lebih tua? Jawaban: Yang perempuan yang lebih tua. yang lebih tua adalah yang perempuan Berapa hari sampainya ? Seekor siput ada di dasar sumur dan sangat ingin keluar dari sumur tersebut. Karena itu. Pertanyaan:4 Dua kakak beradik suatu hari ditanya siapakah dari mereka yang lebih tua. dia manjat 3 kaki. Pada hari yang ke 28. tapi pada malamnya dia harus istirahat ( setelah memanjat sepanjang hari) dan dia turun kembali 2 kaki. Akhirnya diketahui bahwa sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong. ³Akulah yang lebih tua. . Bagaimana pembagian uang yang adil? Jawaban: Andi mendapatkan Rp 300 dan Budi mendapatkan Rp 900. sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. dia sudah mencapai 27 kaki.

10=7. karena kalau bukan korek api dulu.2=3. adik perempuan iparnya suaminya adik perempuan satusatunya ibumu. di saat cuaca sangat dingin. 8=7. dan kayu bakar. 7=5. Siapakah perempuan tersebut ? Seseorang mengenalkan kepada mu . siapakah dia ? solusi : ibumu Pintar dalam Matematika ? Perhatikan rangkaian bilangan ini : 1=4 . heater. 9=8. 6=4. bagaimana menyalakan yang lain . mana yang seharusnya kamu nyalakan dahulu ? solusi : tentu saja korek api terebut. « Berapakah ? : 12 =«? dan 15=«? Solusi : Setiap persamaan tersebut sebenarnya menunjukan jumlah huruf pada angka tersebut. 5=4. mis : 1=satu = s-a-t-u = 4 2= dua= d-u-a = 3 Maka 12 = duabelas = 8 15= limabelas = 9 .Dinyalakan terlebih dahulu Jika kamu hanya punya satu korek api. 3=4. kamu masuk ke dalam suatu ruangan ( gelap dan dingin )yang hanya ada sebuah lampu.

Orang dewasa yang lain ke sebrang dan satu anak balik. Ayah. dan menemukan sebuah kapal kecil. tapi gimana caranya mereka satu keluarga bisa sampai ke seberang ? solusi : Kedua anak tersebut mendayung ke seberang. Lalu salah satu orang dewasa pergi keseberang. PERTANYAA N: ada sebuah pulau yg isinya terdiri dari dua kaum. satu kembali. ibu. dan satu anak kembali. kedua anak tersebut mendayung keseberang kembali. dan satu balik. . dan 2 orang anaknya (masih anak kecil) pergi ke suatu sungai. Kapalnya sangat kecil dan hanya bisa menampung satu orang dewasa atau dua anak kecil dalam sekali digunakan. dan terakhir kedua anak mendayung ke seberang. Kedua anak tersebut adalah pendayung yang cukup baik.Menyebrang sungai satu keluarga.dan pendatang tsb bertanya "dari kaum manakah anda?" pejalan kaki A berkata "si B adalah kaum ksatria" sedangkan si B berkata "kami berasal dari kaum yg berbeda" pertanyaannya:dari kaum manakah si A dan si B? jawaban : pejalan kaki A berkata "si B adalah kaum ksatria" sedangkan si B berkata "kami berasal dari kaum yg berbeda" jawabnya DUA DUA NYA ADALAH KAUM PEMBOHONG. kaum 1 adalah kaum ksatria yg selalu jujur kaum 2 adalah kaum pemboong yg boong terus! pada suatu hari ad orang yg dateng ke pulau tsb dan bertemu dgn 2 pejalan kaki.

berarti A dan B memiliki jarak yang sama dengan kota P. siapa yang lebih dekat dengan kota P? Jawaban: sama-sama dekat Penjelasan Jika A dan B bertemu.PERTANYAAN : A bepergian dengan mobil mulai dari kota P ke kota Q dengan kecepatan tetap 75 km/jam. saat A dan B bertemu. Jika A dan B berangkat pada waktu yang bersamaan. . B juga bepergian dengan mobil mulai dari kota Q ke kota P dengan kecepatan tetap 50 km/jam.