You are on page 1of 16

Prinsip dan Konsep Dasar Ekonomi Islam

Prinsip Ekonomi Islam ‡ Islam menekankan agar tiap orang mencari nafkah dengan cara yang halal ‡ Islam tidak menyetujui monopoli oleh segelintir manusia ‡ Islam menekankan pada pemanfaatan sosial yang berguna ‡ Islam mengecam keserakahan dalam hidup mewah ‡ Sumber daya dipandang sebagai amanah Allah kepada manusia .

baik dari cara memperoleh input ataupun proses outputnya . ‡ Produk barang ataupun jasa harus halal. ‡ Tidak dipernankannya menyimpan harta atas dasar spekulasi (cost of money).Ciri Ekonomi Islam ‡ Kepemilikan diakui dalam batasan tertentu. dan juga pertanggung-jawabannya.

Unsur kebijakan ekonomi Islam ‡ Islam mengakui posisi pemerintah dalam pengelolaan ekonomi ‡ Dalam islam Sektor swasta dipandang sebagai sektor penting dalam kegiatan ekonomi (kreatifitas dan inisiatif) ‡ Islam mengakui pentingnya perdagangan internasional .

Siddiqi membagi fungsi umum negara Islam dalam 3 kategori 1. Fungsi yang dipetih dari syariah atas dasar ijtihad untuk situasi yang sedang berlaku 3.Operasionalisasi kebijakan ekonomi islam Pendekatan pemerintah terhadap bidang-bidang yang memerlukan perumusan kebijakan. M. Fungsi yang telah ditetapkan secara tegas oleh syariah 2.N. Fungsi yang ditugaskan kepada negara pada waktu dan tempat tertentu oleh rakyat melalui proses musyawarah .

yaitu material dan spiritual  Kesejahteraan holistik dan seimbang.Falah sebagai tujuan hidup Falah yang berarti kesuksesan. yaitu kecukupan materi yang didukung oleh terpenuhinya kebutuhan spiritual serta mencakup invidu dan sosial  Kesejahteraan spiritual. Kecukupan materi didunia ditujukan untuk kecukupan di akhirat . dimaknai sebagai sesuatu yang berdampak jangka panjang. sehingga perlu dipandang dari 2 sisi. kemulyaan atau kemenangan.

5. 4. mashlahah (segala bentuk keadaan yang mampu meningkatkan kedudukan manusia sebagai makhluk yang paling mulia) dasar bagi kehidupan manusia terdiri dari 5 hal. 2.Mashlahah sebagai tujuan antara untuk mencapai Falah Menurut as-Shatibi. 3. Agama (dien) Jiwa (nafs) Intelektual ( aql) Keturunan (nash) Material (wealth) . yaitu 1.

Konflik antar tujuan hidup .Permasalahan dalam mencapai Falah Permasalahan yang sering dijumpai dalam ekonomi adalah tentang kelangkaan. kelangkaan ini terjadi disebabkan oleh 3 pokok. Keteratasan manusia 3. Ketidak-merataan distribusi sumberdaya 2. yaitu: 1. dimana hal tersebut dapat menghambat manusia untuk mencapai falah.

Ekonomi Islam dan Rasionalitas Ekonomi sebagai bagian integral dari agama Islam  Islam merupakan serangkaian keyakinan ketentuan dan peraturan serta tuntutan moral bagi setiap aspek kehidupan manusia  Ekonomi (umum) merupakan hal yang mempelajari parilaku manusia dalam menggunakan SD untuk memproduksi barang dan jasa  Islam memposisikan ekonomi sebabgi salah satu aspek penting untuk mendapatkan falah.Islam. dan karenannya ekonomi perlu dituntun dan dikontrol agar berjalan seirama dengan agama islam  Falah hanya dapat diperoleh jka aaran islam dilaksanakan secara kaffah .

Pengertian dan Ruang Lingkup Ekonomi Islam ‡ Definisi : ilmu yang empelajari usaha manusia untuk mengalkasikan dan mengelola SD untuk mencapai falah berdasarkan prinsip dan nilai Islam ‡ Grafik ruang lingkup ekonomi islam .

Seperti halnya ekonomi islam yg mengedepankan pendekatan integratif antara normatif dan positif.Ekonomi Islam sebagian suatu ilmu dan norma Ekonomi positif dan normatif seharusnya menjadi dasar atas nilai atau norma tertentu. dimana etika menjadi kerangka awal dalam ilmu ekonomi. .

Metodologi Ekonomi Islam Metodologi ekonomi Islam diperlukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana atau apakah syarat suatu perilaku atau perekonomian dikatakan benar menurut Islam .

1. Konsep Rasionalitas Islam ‡ Setiap pelaku ekonomi bertujuan untuk mendapatkan maslahah ‡ Setiap pelaku ekonomi selalu berusaha untuk tidak melakukan kemubaziran ‡ Setiap pelaku ekonomi selalu berusaha untuk meminimumkan resiko ‡ Setiap pelaku ekonomi dihadapkan pada situasi ketidakpastian ‡ Setiap pelaku berusaha melengkapai informasi dalam upaya meminimumkan resiko .

standart moral suatu perilaku ekonomi didasarkan pada ajaran islam. Oleh karena itu. bukan semata-mata atas nilai yang dibangun oleh kesepakatan sosial .Etika dan Rasionalitas Ekonomi Islam Ekonomi Islam mempelajari perilaku ekonomi pelaku ekonomi yang rasional Islami.

Fiqh. melalui al-quran dan sunnah b. dan Ekonomi Islam Dalam konsep rasionalitas Islam setiap pelaku berusaha melengkapi informasi dalam upaya meminimumkan resiko untuk meraih falah Informasi pada dasarnya dasarnya bisa didapat dengan 2 hal. Fiqh: sumber hukum islam yang diakui ahli hukum yang terdiri dari sumber yang mutlak kebenarannya dan memungkinkan dilakukan rekodifikasi yang mengikuti perkembangan zaman . salah satunya adalah langsung dari pencipta alam semesta a. Syariah Islami: sumber informasi yang langsung diberikan oleh Tuhan.Syariah.

Kerangka metodologi ekonomi islam ‡ Terusno yo qil ..! .