LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL BINA UMMAT SEJAHTERA

JAKARTA

Eka Nurdianti 8125082653

BAB I PENDAHULUAN

.A. Universitas Negeri Jakarta khususnya Program S1 pada Program Studi Pendidikan Ekonomi berharap dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan profesional dan integritas yang tinggi dan lulusan yang dapat bersaing dengan lulusan dari universitas-universitas lain. LATAR BELAKANG Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu jalan Universitas Negeri Jakarta untuk menghasilkan mahasiswa yang berkualitas. Dengan diadakannya program PKL ini.

Mempelajari suatu bidang tertentu yang berhubungan dengan Program Studi Ekonomi Koperasi.B. . MAKSUD DAN TUJUAN PKL Maksud dilakukannya kegiatan PKL adalah untuk : Melakukan praktek kerja pada koperasi yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

yaitu: Memperoleh pengalaman pekerjaan secara nyata yang sesuai dengan teori yang dipelajari selama di bangku kuliah. .LANJUTAN Sedangkan tujuan dilakukannya kegiatan PKL. Mengarahkan mahasiswa untuk menemukan permasalahan dan cara mengatasinya. Memperoleh data yang berguna pada penulisan laporan PKL. Membina dan meningkatkan kerjasama antara Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) dengan instansi pemerintah atau swasta tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan PKL.

KEGUNAAN PKL Penulis y Universitas Negeri Jakarta y KJKS .BMT BINA UMMAT SEJAHTERA y .C.

Raya Pondok Gede No. 1.bmt-bus. TEMPAT PKL : NAMA Alamat Tlp/Fax :Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Bina Ummat Sejahtera (KJKS BMT BUS) Jakarta : Jl.31/XII/2008 Website Badan Hukum .2/-1. Lubang Buaya Jakarta Timur.com : 701/BH/XII. 13810 : (021) 87781710 : www.D.829.

terhitung dari tanggal 27 Juni 2011 sampai dengan 27 Juli 2011 dengan ketentuan: Hari masuk : Senin Sabtu Jam masuk : 07.JADWAL WAKTU PKL Praktikan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan selama 1 bulan.00 WIB Jam pulang kerja : 13.00 WIB .

BAB II TINJAUAN UMUM KJKS BMT BUS .

. SEJARAH UMUM KJKS BMT BUS Tahun 1996 lembaga ini bernama Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) yang digerakkan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia ( ICMI ) Orsat Rembang Tahun 1998 berubah menjadi Koperasi Serba Usaha ( KSU ) Tahun 2002 berubah menjadi Koperasi Simpan Pinjam Syariah ( KSPS ) BMT Bina Ummat Sejahtera Sampai pada akhirnya pada tahun 2006 berubah menjadi Koperasi Jasa Keuangan Syariah ( KJKS ).A.

. KJKS BMT BUS mempunyai misi. Misi KJKS BMT BUS Untuk mewujudkan Visi tersebut. yakni: Membangun lembaga jasa keuangan mikro syariah yang mampu memberdayakan jaringan ekonomi mikro syariah. Menjadikan lembaga jasa keuangan mikro syariah yang tumbuh dan berkembang melalui kemitraan yang sinergi dengan lembaga syariah lain. sehingga mampu membangun tatanan ekonomi yang penuh kesetaraan dan keadilan.VISI DAN MISI KJKS BMT BUS Visi KJKS BMT BUS Menjadi lembaga keuangan mikro syariah terdepan dalam pendampingan usaha kecil yang mandiri. Mewujudkan lembaga yang mampu memberdayakan. sehingga menjadikan ummat yang mandiri. sehingga menghantarkan ummat Islam sebagai Khoera Ummat. membebaskan dan membangun keadilan ekonomi ummat.

STRUKTUR ORGANISASI KJKS BMT BUS JAKARTA RAT Manager Fuad Ali Budiman Simpanan Pembiayaan Pendampingan Administrasi HRD Keuangan IT Litbang Maal Teller Ari Zuqnil Fauza Nunung Umayah Staff Hayyu Anafie Staff Hari Rahayu Staff M.B. Isnaini .

Pd : HM. S.SUSUNAN BADAN PENGURUS DAN PENGAWAS SYARIAH KJKS BMT BUS Ketua Badan Pengurus : H. Pd : Hj. Jumanto PS. Ag . Abdullah Yazid : H. BA H. S. S. Taufiqurrahman. Maryam Cholil : Imam Prayogo Sekretaris Wakil Sekretaaris Bendahara Wakil Bendahara Pengawas Syariah H. Mahmudi. Anshori.

Kegiatan Umum Koperasi Koperasi ini memfokuskan usahanya pada pemberdayaan pengusaha kecil. . mengangkat harkat dan martabat fakir miskin ke tingkat yang lebih baik. Adapun strategi yang ditempuh koperasi ini dalam menjalankan usahanya adalah melalui strategi jemput bola. menghimpun dan menyalurkan dana anggota dan calon anggota permanen untuk mengembangkan ekonomi produktif bagi kemaslahatan masyarakat.C.

LANJUTAN Berikut ini merupakan produk-produk simpanan KJKS BMT BUS sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat: Si Suka (Simpanan Anggota Sukarela Berjangka) Si Rela (Simpanan Anggota Sukarela Lancar) Si Sidik (Simpanan Siswa Pendidikan) Si Haji (Simpanan Haji) Dalam hal pembiayaan. KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera memberikan pelayanan pinjaman modal/pembiayaan sesuai kebutuhan anggota. Adapun akad yang dipakai antara lain: y Mudlorobah y Bai Bitsamanil Ajil (BBA) y Murabahah y Qordul Hasan .

BAB III PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN .

Menghitung uang hasil jemput bola yang dilakukan oleh staff . Mengklasifikasikan slip simpanan. slip penarikan dan slip setoran anggota koperasi. penarikan dan setoran angsuran anggota koperasi ke dalam komputer. penarikan dan setoran angsuran anggota koperasi secara manual ke dalam kartu kontrol anggota.PELAKSANAAN KERJA Menginput data penyimpanan. Menginput data penyimpanan.

mengakibatkan pekerjaan yang dilakukan praktikan menjadi kurang baik. Istilah tersebut diantaranya adalah Wadi·ah Dlomanah. Ba·i Bitsamanil Ajil.KENDALA YANG DIHADAPI Masalah Internal a) Sulitnya praktikan memahami istilah yang digunakan dalam koperasi simpan pinjam syariah Sulitnya praktikan memahami istilah dalam koperasi syariah dengan cepat. Mudlorobah. . Murabahah. dan Qordul Hasan.

dan Litbang Maal yang hanya dipegang oleh dua orang pegawai. Keuangan. HRD. Pembiayaan. . Pendampingan. Administrasi. Hal ini mengakibatkan pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang efektif. IT.LANJUTAN b) Masalah Eksternal Rendahnya Manajemen Sumber Daya Manusia Hal ini terlihat dari beberapa bagian dari koperasi ini seperti bagian Simpanan.

1 Demi mencapai hasil kerja yang lebih baik. .org/wiki/komunikasi. http://id.wikipedia. Hal ini dapat dilakukan dengan cara bertanya kepada pegawai koperasi disela waktu senggang agar tidak mengganggu pekerjaan mereka. a) 1.CARA MENGATASI KENDALA Masalah Internal Menurut Colin Cherry mengemukakan bahwa komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya. praktikan meningkatkan komunikasi dengan pegawai koperasi secara efektif. guna memahami istilah-istilah dalam aktivitas di KJKS BMT BUS. Colin Cherry dalam Wikipedia.

menulis bahwa: Manajeman sumber daya manusia mengurusi rekrutmen. John Bernardin dan Joyce E. 14 . Ruky. 2. pemberian imbalan. Achmad S. 2006). A Russel. Hal ini mengakibatkan penyelesaian pekerjaan menjadi lamban. pengembangan. 2 Rendahnya manajemen sumber daya manusia pada KJKS BMT BUS ini disebabkan karena kurangnya sumber daya manusia yang cocok untuk mengepalai bagian-bagian tersebut. dalam buku mereka Human Resource Management An Experiential Aproach. penilaian. usaha mempertahankan. hal.LANJUTAN b) Masalah Eksternal H. SDM Berkualitas (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. dan promosi personel dalam sebuah organisasi. seleksi.

Menurut Ivancevich dan glueck (dalam Sukamti. 3. para calon pegawai haruslah melalui beberapa tes guna mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka mengenai koperasi simpan pinjam syariah.1989:133) rekruiting adalah serentetan kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk menarik calon pegawai yang memiliki kemampuan dan sikap yang dibutuhkan untuk membantu mencapai tujuannya. Ivancevich dan Glueck dalam kompasiana.com .LANJUTAN Langkah yang dapat ditempuh oleh KJKS BMT BUS dalam masalah ini dengan cara perekrutan pegawai. http://kompasiana.3 Pada proses rekrutmen ini. karena KJKS BMT BUS ini merupakan jenis koperasi yang berpedoman pada syariah islam.

BAB IV KESIMPULAN .

dilihat dari banyaknya cabang tiap daerah di Indonesia. KJKS BMT BUS termasuk koperasi syariah yang cukup besar. Pada koperasi ini. manajemen sumber daya manusianya masih rendah.KESIMPULAN KJKS BMT BUS ini merupakan jenis koperasi simpan pinjam yang berbasis syariah. . Tempat praktikan melakukakan PKL berada di cabang Jakarta. hal ini dapat memancing masyarakat untuk bergabung menjadi anggota di KJKS BMT BUS. Dimana dalam pelaksanaan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip islam. Produk-produk yang dihasilkan oleh KJKS BMT BUS banyak dan beragam dan ditunjang dengan tingkat promosi yang cukup baik. hal ini mengakibatkan penyelesaian pekerjaan menjadi lebih lamban. Pondok Gede.

y Diusahakan dapat sesegera mungkin menambah jumlah pegawai sesuai dengan bidang atau bagian yang ada di koperasi tersebut dengan cara perekrutan pegawai.SARAN Hubungan kerjasama yang terjalin antar sesama pegawai dan pimpinan KJKS BMT BUS diharapkan dapat dipertahankan agar dapat terwujud suasana kekompakan kerja. y . y Diusahakan pembentukan tim untuk peningkatkan pelatihan pendidikan koperasi agar koperasi dapat terus dipegang oleh orang-orang yang profesional.

~ SEKIAN DAN TERIMA KASIH ~ .