P. 1
Benjolan Di Siku Lengan Atas (Buat Bikin Ppt) Final Copy

Benjolan Di Siku Lengan Atas (Buat Bikin Ppt) Final Copy

|Views: 744|Likes:
Published by farafariha

More info:

Published by: farafariha on Feb 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

SKENARIO 1

Benjolan di Siku Lengan Atas

Seorang laki-laki 45 tahun, datang ke yarsi dengan keluhan terdapat benjolan disiku kanan sejak 2 bulan ini. Benjolan dirasakan nyeri dan berdenyut serta mengganggu range of movement (ROM). Riwayat pernah bengkak kemerahan pada metatarsophalangeal I dialami 5 bulan yang lalu dan berkurang setelah meminum obat analgesik. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tofus pada sekitar olecranon bentuk bulat dengan diameter 8 cm. Hasil pemeriksaan laboratorium didapati hiperurisemia. Dokter memberikan nonsteroid antiinflamasi drug (NSAID) dan urikosurik pada pasien tersebut dan menyarankan pemeriksaan radiologi.

4.4. Epidemiologi Artritis Gout LI.2.5.1. Pemeriksaan fisik LI.4.3.1.2. LO. Klasifikasi Artritis Gout LI.2.3.4.3. Farmakodinamik LI.4 Memahami dan menjelaskan penatalaksanaan Artritis Gout (NSAID dan urikosurik) LI. Pemeriksaan radiologi LO. dan pada bagian metatarsalphalangeal I di ekstremitas bawah.2.2. Pemeriksaan fisik LI.3.2.2 Memahami dan menjelaskan patologi anatomi dari Artritis Gout LI. Patofisiologi dan patogenesis Artritis Gout LI.1 Memahami dan menjelaskan anatomi makro dan mikro pada bagian siku di ekstremitas atas.4. Efek samping .3 Memahami dan menjelaskan pemeriksaan Artritis Gout LI.Sasaran Belajar : LO.2.3. Farmakokinetik LI.3.2.1 Definisi LI. Diagnosis Artritis Gout LO.4. Indikasi dan kontraindikasi LI.

Brachialis dan ynag paling kecil adalah M. dan brevis. ‡ Gerak sendi : . Palmaris longus. kemudian diikuti M. M. Brachioradialis. Articulatio cubiti Merupakan Articulatio composita yang terdiri dari atas 3 sendi. M.Fleksi : Semua otot yang menghilang didepan sumbu gerak. Fleksor carpi ulnaris. ligamentum colaterale. Pronator peres. yaitu sumbu vertical yang berjalan dari caput radii sampai processus styloideus ulnae. M. ‡ Ekstensi : Semua otot yang menyilang dibelakang sumbu gerak. M. Ekstensor carpi radialais longus. Brachioradialis. dan fovea articlaris caput radii dan capitulium humeri ‡ Jenis sendi : ginglymus dengan bersumbu satu ‡ Penguat sendi : capsula articularis. ulnare ligamentum colateralle radiale. M. m. Diantara otot-otot tersebut yang paling kuat bekerja sebagai fleksor adalah M. ‡ Articulatio humero-ulnaris ‡ Tulang : Antara incisura trochlearis ulna dan trochlearis humeri. Anconeus. Pronator teres. M. M. m. Didgitorum sperfisialis. Triceps bracii. Otot-otot fleksor bekerja maksimal pada articulatio cubitti. dan m.1 Memahami dan menjelaskan anatomi makro dan mikro pada bagian siku ekstremitas atas. dan pada bagian metatarsalphalangeal I ekstremitas bawah. dan Articulatio radioulnaris. Brachialis (sebagai otot fleksor0. M.LO. Ekstensor digiti minimi. Articlatio humero-radialis . m. . Biseps brachii. Biseps brachii caput longum. yaitu Articulatio humero-ulnaris. M. Fleksor capiradialais.biseps brachii) --> rotator ‡ ‡ Articulatio radio-ulnaris proximalis Tulang : incisura radialis ulna dan caput radii ‡ Jenis sendi : pivot/ trachloidea bersumbu satu. M. Pada lengan terdapat satu jenis otot yang juga terdapat pada bagian-bagian lain yaitu istilah : ‡ Otot-otot shunt : otot yang memiliki origo dekat dengan sendi dan insertio yang jauh dari sendi (brachioradialais) --> stabilitator ‡ Otot-otot spurt : yang punya regio jauh dari sendi dan insertio dekat dengan sendi (M. Ekstensor carpi ulnaris. M. Supinator.

‡ Geraksendi : pronasi dan supinasi. ligamentm radioulnare dorsale dan ligamentum radioulnare palmare. ‡ Gerak sendi : . otot-otot ekstensor ibu jari Pronator : M. pars tibiocalcanea. ‡ Jenis sendi : antara trochlea tali dan lengkung yang dibentuk : Gynglimus (deltoideum) pars ‡ Penguat sendi : Ligamentum mediale tibionavicularis.pronator quadratus Articulatio radio-ulnaris media Tulang : corpus radius dan corpus ulnae : syndesmosis (membrana interossea antebrachii dan ‡ Jenis sendi chorda obliqua) ‡ ‡ ‡ ‡ Gerak sendi : sedikit Articulatio radioulnaris distalis Tulang Jenis sendi : incisura ulnaris radii dan capitulum ulnae : Trochoidia ‡ Penguat sendi : Capsula articularis.‡ Peguat sendi : Ligamentum anulare radii yang melekat pada ujung incisura radialais dan ligamentm quadratum diantara collum radii dan incisura radialais ulna. Articulatio talocruralis ‡ Tulang oleh malleoli ossa cruris.biceps brachii. ‡ Gerak sendi : ‡ ‡ ‡ ‡ Supinasi : M. discus articularis. bila dilihat dari atas anteromedial ke posterolateral dan membentk sudut 13 derajat dari bidang frontal. M. pars tibiotalaris anterior. Pronator teres. Sumbu ini membentuk sudut terhadap bidang transversal sebesar 7 derajat . ‡ Sumbu gerak : Merupakan sumbu frontal yang berjalan dari kraniomedialis ujung bawah mallaleolus sampai kaudalateralis ujung bawah mallaleolus lateralis.

M. Syndesnosis fibrosa : jaringan ikat terutama terdiri dari serabutserabut kolagen. Tibialis anterio. dan M. ‡ Gomphosis : tulang yang satu berbentuk kerucut masuk kedalam lekuk yang sesuai dengan bentuk itu pada tulang yang lain.‡ Fleksi dorsalis : M. M. ‡ Synchondrosis : jaringan penghubung ialah jaringan rawan. misalnya diantara epiphysis dan diaphysis sebelum penulangan selesai atau pada orang dewasa diantara kedua ossa pubica. M. Sendi Dalam arthrologi sendi itu adalah tiap persambungan tulang umumnya. M. dan dapat dibedakan dalam: ‡ Synarhtrosis. Peroneus nlongus dan brevis M.Oleh karena itu diantara kedua ujung tulang yang bersendi terdapat suatu jaringan. sendi yang tersifat oleh adanya suatu kesinambungan. Extensor dgitorum longus.Berdasarkan macam jaringan itu. Perones tertius. M. synarthrosis lagi dalam: ‡ Sindesmosis: jaringan penghubung ialah jaringan ikat ‡ Sutura : pinggir-pinggir tulang yang bertemu di perhubungkan oleh suatu lapisan jaringan ikat yang tipis. misalnya: diantara ulna dan radius oleh membrana interossea antebrachii. Flexor hallucis longus. Tibialis posterior. misalnya: diantara gigi dengan rahang. gerakan pronasi dan supinasi terbatas. misalnya: diantara tulangtulang tengkorak. ‡ Schindylesis : suatu lempengan pada tulang yang satu terjepit didalam celah/takik pada tulang yang lain. ‡ Syndemosis elastica : jaringan ikat penghubung terdiri terutama dari serabut-serabut kenjal (elastis). Plantaris. Sulesus. M. Pada articulatio talcrularis gerakan terbatas karena dalam sikap dorso fleksi. karena bagian depan trochlea tali lebih besar dari pada bagian belakang sehingga lebih memungkinkan terjepinya trochlea talii oleh malleleolus lateralis dan medialis. misalnya: diantara rostum sphenoidale dan vomer. misalnya: diantara discus vertebrae oleh ligamentum flavum. Extensor hallucis longus ‡ Fleksi planter : M. ‡ . Gastrocemius.

Articulationes ini menurut banyak sumbu-geraknya dapat dibedakan dalam: ‡ Sendi sumbu-satu: ‡ Sendi engsel (ginglymus): sumbu-gerak tegak-lurus pada arah panjang tulang.misalnya diantara epiphysis dan diaphysis sesudah penulangan atau diantara os. talo-cruralis. ‡ Sendi kisar (articulatio trochoidea): sumbu-gerak kira-kira sesuai dengan arah panjang tulang misalnya: artt. Berdasarkan kemungkinan gerak diarthrosis dapat dibagi dalam: ‡ Sendi kejur (amphiarthrosis) yang mempunyai kemungkinan gerak sedikit sekali. ‡ ‡ Alat-alat khusus yang meliputi: Bibir-sendi (labium articulare). ‡ Rongga-sendi (cavum articulare) ialah rongga potensiil yang terdapat antara ujung-ujung tulang dan yang berisi synovia.Stratum synoviale membentuk synovia (urap-sendi). ‡ Disci dan menisci articulares sebagai alat untuk menerima tumbukan sebagai penyangga dan sebagai alat untuk mengurangi discongruentio diantara ujungujung yang bersendi.‡ Synostosis : jariongan penghubung ialah jaringan tulang. . -atlanto-dentalis. misalnya: artt. ‡ Ligamenta ialah alat-alat yang sebenarnya sebagian daripada simpaisendi tetapi kemudian terpisah dari simpai itu. ‡ Kandung sega (bursae mucosae) disekitar sendi atau kadang-kadang berhubungan dengan rongga-sendi untuk memudahkan gerak sendi itu. os. Radioulnaris. Pubis dan os. ‡ Diartrosis : Tersifat oleh adanya suatu ketidak sinambungan oleh karena diantara tulangtulang yang bersendi terdapat suatu rongga (cavum articulare).Umumnya pada suatu diartrosis dapat dibedakan bagian-bagian yang berikut: ‡ Ujung-ujung tulang yang bersendi: ini dapat dibedakan dalam kepalasendi (caput articulare) dan lekuk-sendi (cavitas glenoidalis). Ilium. Ischium pada orang dewasa. ‡ Sendi (articulationes) ialah sendi dengan kemungkinan geraknya luas. ‡ Simpai-sendi (capsula articulare) terdiri dari dua lapis: stratum fibrosum disebelah luar dan stratum synoviale disebelah dalam. Interphalangeae. humero-ulnaris.

radio-carpea. art. carpo-metacarpea I. ‡ Sendi sumbu-tiga (arthrodia) sendi yang mempunyai kemungkinan gerak terluas. Sendi tersusun atas : ‡ Tulang rawan sendi Tersusun atas tulang rawan hialin yang berfungsi untuk melindungi lubang dari benturan dan meredam tekanan ‡ ‡ Tulang rawan hialin Berwarna putih kebiruan ‡ Sel tulang rawannya berbentuk lonjong. ‡ Sendi telur (articulatio ellipsoidea): kepala-sendi cekung berbentuk ellipsoid dengan sumbu panjang dan sumbu pendek misalnya: art. art.‡ Sendi sumbu-dua: kedua sumbu-gerak itu berpotongan tegak-lurus. misalnya: art. globoidea karena lekuk-sendi mencakup lebih dari setengah kepala-sendi. ‡ Sendi pelana (articulatio sellaris): permukaan sendi berbentuk pelana artinya dalam arah sumbu yang satu permukaan itu cembung. dalam arah sumbu yang lain cembung. humeri. ‡ Sendi buah pala (enarthrosis spheroidea): kemungkinan geraknya lebih sedikit daripada art. ‡ Sendi peluru (articulatio globoidea): lekuk-sendi mencakup kurang dari setengah kepala-sendi. coxae. anak inti terdi dari satu atau lebih ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Terdapat lacuna (rongga kecil tempat sel tulang rawan) Sel-sel dalam lacuna yaitu sel isogen dan sel nest Matriks Lapisan perikondrium Tidak punya pembuluh darah Saraf dan limfa Serat kolagen Rongga sendi Tempat cairan sinovial .Kepala-sendi berbentuk bola. inti bulat di tengah.

LI. Prevalensi gout bertambah dengan meningkatnya taraf hidup. Selain itu tidak semua pasien urisemia menderita gout.2 Memahami dan menjelaskan patologi anatomi dari Artritis Gout LI.2. Sebagaimana yang disampaikan oleh Hippocrates bahwa gout jarang pada pria sebelum masa remaja (adolescens) sedangkan pada perempuan jarang sebelum menopause. karena garus terdapat faktor-faktor lain. Dimana terjadi akibat pengendapan risal mono natrium urat dari cairan tubuh super jenuh dalam jaringan. ‡ Reinforcing ligament Beberapa persendian synovial menguat dan mengeras oleh ligament yang menutupnya. ‡ Syaraf Syaraf akan mendeteksi rasa nyeri pada persendian dan memonitor peregangan pada sendi ‡ ‡ Pembuluh darah Suply pembuluh darah untuk membentuk cairan synovial LO. suatu akhir metabolisme purin. Klasifikasi Artritis Gout .2. dalam jumlah di jaringan. reinforcing ligament dibagi menjadi dua yaitu extracapsular ligament dan intracapsular ligament. dan deformotias sendi kronis. cairan ini berfungsi sebagai pelumas untuk mempermudah gerakan. Berfungsi untuk mepertebal kapasul sendi.‡ ‡ Kapsul sendi Cairan synovial Cairan synovial berasal dari filtrasi darah yang disekresikan fibroblast dalam membrane synovial. Di Indonesia belum banyak publikasi epidemiologi tentang gout. Epidemiologi Artritis Gout Gout merupakan penyakit dominan pada pria dewasa.3.2. LI. Suatu studymendapatkan lebih dari 1% dari populasi dengan kadar asam urat kurang dari 7 mg/100 ml pernah mendapat serangan arthritis gout akut. kadang-kadang disertai pembentukan agregat agregat kristal besar yang disebut tofi.1 Definisi Artritis Gout Gout adalah gangguan yang disebakan oleh penimbunan asam urat. Biasanya ditandai dengan serangan rekuens artritis akut. Pada tahun 1935 seorangdokter kebangsaan Belanda bernama Van der Horst telah melaporkan 15 pasien arthritis goutdengan kecacatan (lumpuh pada anggota gerak) dari suatu daerah di Jawa Tengah.2.

disintesis terutama di hati.4. biasanya pada sendi ibu jari kaki dan sendi metatarsofalangeal. Sebagian besar kasus gout (90%) berasal dari saraf sekresi asam menurun.0 mg/dl. Artritis gout primer : Merupakan hiperurisemia karena gangguan metabolisme purin atau gangguan ekresi asam urat urin karena sebab genetik. adanya kekurangan enzim HGPRT (hypoxantin guanine phosphoribosyle tranferase) atau kenaikan aktifitas enzim PRPP (phosphoribosyle pyrophosphate ). Salah satu sebabnya karena kelainan genetik yang dapat diidentifikasi. sehingga asam urat menumpuk dalam darah. ‡ Artritis gout akut Pada tahap ini terjad awitan mendadakan pembengkakan dan nyeri yang luar biasa. Artritis gout sekunder jelas diketahui akan menyebabkan hiperurisemia karena produksi yang berlebihan atau penurunan ekskresi asam urat di urin.0 mg/dl. Etiologi Artritis Gout Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat regenerasisel. Genetik.1 1. urin produk degradasi.Beberapa orang yang menderita gout membentuk lebih banyak asam urat dalam tubuhnyadan tubuh tidak efektif dalam membuang asam urat melalui air seni.2. . Nilai-nilai ini meningkat sampai 9-10 mg/dl pada seseorangdengan gout.1. Hanya 20% dar pasien hiperurisemia asimtomatik yang berlanjut menjadi serangan gout akut . Menyebabkan hiperurisemia dapat dibagi menjadi sebagai akibat dari gangguan atas produksi dan gangguan akibat penurunan klirens saraf di ginjal. LI. ‡ Hiperurisemia asimtomatik Nilai normal asam urat serum pada laki-laki adalah 5. Dalam tahap ini pasien tidak menunjukan gejala-gejala selain dari peningkatan asam urat serum. Pasien-pasien inidapat diidentifikasi karena mereka mengekskresi > 800 mg asam pada saraf air seni merekaselama periode 24 jam.0 1.Oleh karena itu penyebab gout adalah hiperurisemia umum. 2 / 3 dari total asam saraf diekskresi oleh ginjal. jenis kelamin dan nutrisi (peminum alkohol. obesitas)memegang peranan penting dalam pembentukan penyakit gout. dan pada perempuan adalah 4. Asam urat. Terdapat empat tahap perjalanan klinis dari penyakit gout yang tidak diobati. kasus ini yang dapat diidentifikasi hanya 1 % saja : Merupakan hasil berbagai penyakit yang penyebabnya 2. 5% dari pasienmengalami over produksi asam sebagai akibat dari defek enzim otot yang diturunkan(fosforibosiltransferase adenin defisiensi hipoksantin-guanin (juga dikenal sebagai sindromLesch-Nyhan) atau lebih kegiatan sintetase 1-pirofosfat 5phosphoribosyl). dansisanya disekresi ke dalam usus.

2.Artritis bersifat monoartikular dan menunjukkan tanda-tanda peradangan lokal.serangan gout akut biasanya pulih tanpa pengobatan. metabolisme purin menjadi asam urat dapat diterangkan sebagai berikut Sintesis purin melibatkan dua jalur. yang diubah melalui serangkaian zatantara menjadi nukleotida purin (asam inosinat. permukaan ekstensor lengan bawah. juga pembesaran dan penonjolan sendi yang bengkak. dan terdapat beberapa enzimyang mempercepat reaksi yaitu: 5-fosforibosilpirofosfat (PRPP) sintetase dan amidofosforibosiltransferase . tetapi dapat memakan waktu 10 sampai 14 hari. ‡ Jalur de novo Melibatkan sintesis purin dan kemudian asam urat melalui prekursor nonpurin. bursa infrapatelar. Secara normal. Substrat awalnya adalah ribosa-5-fosfat. LI. Patofisiologi dan patogenesis Artritis Gout Peningkatan kadar asam urat serum dapat disebabkan oleh pembentukan berlebihan atau penurunan eksresi asam urat. asam guanilat. sakit. ‡ Gout kronik Dengan timbunan asam urat yang terus bertambah dalam beberapa tahun jika pengobatan tidak dimulai. asam adenilat). dan kaku. dan heliks telinga adalah tempat-tempat yang sering dihinggapi tofi. Asam urat adalah produk akhir metabolisme purin. Jalur inidikendalikan oleh serangkaian mekanisme yang kompleks. yang dapat berlangsung dari beberapa bulan sampai tahun. Awitan dan ukuran tofi secara proporsional mungkin berkaitan dengan kadar asam urat serum. Tofi terbentuk pada masa gout kronik akibat insolubilitas relatif asam urat. Mungkn terdapat demam dan peningkatan jumlah leukosit. ataupun keduanya. tendon Achilles.4. ‡ Intekritis Tidak terdapat gejala-gejala pada masa ini. yaitu jalur de novo dan jalur penghematan ( salvage pathway). Bursa olekranon. Kebanyakan orang mengalami serangan gout berulang dalam waktu kurang dari 1 tahun jika tdak diobati. Peradangan kronik akibat kristal-kristal asam urat mengakibatkan nyeri.

4. misalnya karena gagal ginjal. IL-8.3. disamping itu mengaktifkan sel sinovium dan sel tulang rawan untuk menghasilkan protease. Terdapat suatu mekanisme inhibisi umpan balik oleh nukleotida purin yang terbentuk. Peningkatan asupan makanan yang mengandung purinPeningkatan produksi atau hambatan ekskresi akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. pemecahan asam nukleat.IL-6. ‡ Makrofag yang juga terekrut pada pengendapan kristal urat dalam sendi akan melakukanaktivitas fagositosis. terutama leukotrien B.(amido-PRT). Fagositosis terhadap kristal memicu pengeluaran radikal bebas toksik danleukotrien. Reaksi ini dikatalisis oleh dua enzim: hipoxantin guanin fosforibosiltransferase(HGPRT) dan adenin fosforibosiltransferase (APRT). 2.2. misalnya disebabkan oleh tumor (yang meningkatkan cellular turnover ) atau peningkatan sintesis purin (karena defek enzimenzim ataumekanisme umpan balik inhibisi yang berperan) 2. hipoxantin) berkondensasi dengan PRPP untuk membentuk prekursor nukleotida purin dari asamurat. terdapat gangguan kesetimbangan metabolisme (pembentukan danekskresi) dari asam urat tersebut. Penimbunan asam urat paling banyak terdapat di sendi dalam bentuk kristalmononatrium urat.1. Protease ini akan menyebabkan cedera jaringan . Mediator-mediator ini akan memperkuat respons peradangan. Jalur ini tidak melalui zat-zat perantara seperti pada jalur de novo. meliputi: 2. Peningkatan produksi asam urat. Komplemen ini bersifat kemotaktik dan akan merekrut neutrofil ke jaringan (sendi dan membransinovium). ‡ Jalur penghematan Jalur pembentukan nukleotida purin melalui basa purin bebasnya. Penurunan eksreksi asam urat sekunder.Pada penyakit gout-arthritis. Kematian neutrofil menyebabkan keluarnya enzimlisosom yang destruktif. Penurunan ekskresi asam urat secara idiopatik 2. Sebagian kecil asam urat yang diresorpsikemudian diekskresikan di nefron distal dan dikeluarkan melalui urin.Asam urat ini merupakan suatu zat yang kelarutannya sangat rendah sehingga cenderungmembentuk kristal. dan juga mengeluarkan berbagai mediator proinflamasi seperti IL-1. guanin. atau asupan makanan. Basa purin bebas (adenin. yang fungsinya untuk mencegah pembentukan yang berlebihan. dan TNF. Mekanismenya hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas Adanya kristal mononatrium urat ini akan menyebabkan inflamasi melalui beberapa cara: ‡ Kristal bersifat mengaktifkan sistem komplemen terutama C3a dan C5a.Asam urat yang terbentuk dari hasil metabolisme purin akan difiltrasi secara bebas olehglomerulus dan diresorpsi di tubulus proksimal ginjal.

Peradangan kronis yang persisten dapat menyebabkan fibrosis sinovium. posisi pada saat gerak dan diam) ‡ Palpasi : Meraba daerah nyeri pada kulit apakah terdapat benjolan atau tidak. jaringan lunak). Pemeriksaan fisik Terdiri dari : ‡ Inspeksi : melihat dan mengamati daerah keluan pasien (melihat bagian kulit. erosi tulang rawan.3 Memahami dan menjelaskan pemeriksaan Artritis Gout LI. Pengendapan kristal asam urat dalam tubulus ginjal dapat mengakibatkan penyumbatan dan nefropati gout. yang ditandai dengan massaurat amorf (kristal) dikelilingi oleh makrofag. Pemeriksaan Laboratorium ‡ Serum asam urat . LI.1.6. Di tempattersebut endapan akan memicu reaksi peradangan granulomatosa.2. serta apakah terdapat perubahan suhu pada daerah sendinya ‡ Move : Pasien melakukan gerakan untuk dapat membandingkan kanan dan kiri apakah gerakan tersebut aktif. limfosit. bursa.Penimbunan kristal urat dan serangan yang berulang akan menyebabkan terbentuknya endapanseperti kapur putih yang disebut tofi/tofus (tophus) di tulang rawan dan kapsul sendi.3. dan sel raksasa benda asing. dandapat diikuti oleh fusi sendi (ankilosis). Tofus dapat terbentuk di tempat lain (misalnya tendon. LI. abnormal. bentuk sendi. dengan kombinasi : ‡ Riwayat inflamasi klasik artritis monoartikuler khusus pada sendi MTP-1 ‡ ‡ ‡ Diiuti oleh stadium interkritik dimana bebas gejala Resolusi sinovitis yang cepat dengan pengobatan kolkisin Hiperurisemia LO. sendi pada metatarsalphalangeal mengalami serangan yang membuat sendi semakin membesar. daerah sendi.3. fibroblas. Diagnosis Artritis Gout Ditemukannya kristal urat dalam tofi. Gambaran klinis tofus pada tangan dan kaki akibat penimbunan asam urat pada penderita gout. pasif.2.

000/mm) . asam urat diatas 7. akibat peningkatan produksi asam urat atau gangguan ekskresi. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3.5-7 mg/dl) ‡ ‡ Plasma lipid Kenaikan leukosit mencapai 20.10. pria : . Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Biasanya diet purin normal direkomendasikan selama pengumpulan urin meskipundiet bebas purin pada waktu itu diindikasikan ‡ Analisis cairan aspirasi dari sendi yang mengalami inflamasi akut atau materialaspirasi dari sebuah tofi menggunakan jarum kristal urat yang tajam Selain itu diperlukan juga . Kadar asam uratdiatas normal disebut hiperurisemia.5 mg/24 jam (normal wanita : 2. ‡ ‡ ‡ Pemerikaan darah rutin Pemeriksaan urin rutin Terdapat urate dalam urine 24 jam ‡ Pemeriksaan asam urat darah secara enzimatik.6-6 mg/dl. Peningkatan kecepatan sedimen ratemengindikasikan proses inflamasi akut. ‡ Eusinofil Sedimen rate (ESR) Meningkat selama serangan akut. Jumlah normal seorang mengekskresikan 250 .750 mg/24 jam asam uratdi dalam urin.6 ± 6 mg/dl.Umumnya meningkat. Ketika produksi asam urat meningkat maka level asam urat urinmeningkat.5 ± 7 mg/dl dan pada perempuan 2. ‡ Angka leukosit Menunjukkan peningkatan yang signifikan mencapai 20. diatas 7. sebagai akibat deposit asam urat di persendian.000-10.000/mm (normal 5. Kadar kurang dari 800 mg/24 jam mengindikasikan gangguan ekskresi pada pasien dengan peningkatan serum asam urat. ‡ Urin spesimen 24 jam Urin dikumpulkan dan diperiksa untuk menentukan produksi dan ekskresi danasam urat.5 mg/dl. Pemeriksaan ini mengindikasikan hiperuricemia. Selama periode asimtomatik angka leukosit masih dalam batasnormal yaitu 5000 .000/mm3.000/mm3 selamaserangan akut. Instruksikan pasien untuk menampung semua urin dengan peses atau tisu toilet selama waktu pengumpulan.

daun pepaya. bayam. ‡ Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 grammakanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A.sardin. dan timbulnya mikrotofi pada parenkim ginjal. asparagus. Tujuan pengobatan adalah untuk secepatnya menghilangkan rasa nyeri karena artritis akut.‡ Pemeriksaan eusinofil sedimen rate (ESR) ‡ Gold standart dengan melakukanaspirasi cairan sendi. membatasi makanan tinggi purin danmemilih yang rendah purin. ekstrak daging (abon. tetapi setelah penyakit berkembang progresif maka akan terlihat jelas/area terpukul pada tulang yang berada di bawah sinavial sendi ‡ X-RAY Terlihat sendi akan mengalami penyempitan dan destruksi pada permukaan sendi. terjadi erosi pada tepi tulang. ‡ Non Medikamentosa Bagi yang telah menderita gangguan asam urat. hasil pemeriksaan akan menunjukkan tidak terdapat perubahan pada awal penyakit. paru. mencegah destruksi sendi. alkohol serta makanan dalamkaleng. dimana ditemukan tofi berupa cairan putih seperti susu dan kental LI. jantung. remis. kerang. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin : ‡ Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 grammakanan) adalah hati. daging sapi. herring. kangkung. tofi terlihat seperti pembengkakan jaringan lunak. dendeng).3. kembang kol. . daun singkong. Misalnya. kerang-kerangan. lain-lain jeroan. jamur. Mencegah pembentukan batu ginjal. otak. sebaiknya membatasi diri terhadap hal-hal yang bisa memperburuk keadaan.kacang-kacangan kering. ‡ MRI Tulang mengalami edema dengan pembengkakan LO.4 Memahami dan menjelaskan penatalaksanaan Artritis Gout (NSAID dan urikosurik) Setiap stadium gout yaitu stadium akut dan interkritikal memerlukan pengobatan agar tidak menimbulkan komplikasi. ginjal. pembentukan tofi. udang. mencegah serangan ulang. ragi (tape). buncis. Pemeriksaan radiologi Dilakukan pada sendi yang terserang.3.

dan asam tolfenamat). . Enzim cyclooxygenase ini berperan dalam memacu pembentukan prostaglandin dan tromboksan dari arachidonic acid. dan antiinflamasi (anti radang). fenbufen. Gejala-gejala dalam24 jam biasanya akan hilang setelah mulai pengobatan. NSAID dibagi lagi menjadi beberapa golongan. Yang termasuk di dalamnya adalah : ‡ NSAID: Obat antiinflamasi (anti radang) non steroid. Juga membatasi diri mengonsumsi lemak serta disarankan untuk banyak minum air putih. dan oksametasin). indoprofen. dan fenazon).‡ Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 grammakanan) adalah keju. NSAID bukan tergolong obat-obatan jenis narkotika. antipiretik (penurun panas). Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dldengan tidak mengonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengonsumsi bahan makanan golongan B. dan ketorolac). buah-buahan. asam flufenamat. ‡ golongan oksikam (diantaranya piroksikam. Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam uratdarah. salisil salisilat. ‡ Medikamentosa Gout tidak dapat disembuhkan. susu. dan meloksikam). namun dapat diobati dan dikontrol. metil salisilat. ‡ golongan asam fenamat/asam N-arilantranilat (diantaranya asam mefenamat. Gout secara umum diobatidengan obat anti inflamasi. ampiron. atau yang lebih dikenal dengan sebutan NSAID (Non Steroidal Anti-inflammatory Drugs) adalah suatu golongan obat yang memiliki khasiat analgesik (pereda nyeri). Istilah "non steroid" digunakan untuk membedakan jenis obat-obatan ini dengan steroid. ‡ golongan profen/asam 2-arilpropionat (diantaranya ibuprofen. metamizol. sayuran lain. dan salisilamid). sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut. proglumetasin. ‡ golongan turunan pirazolidin (diantaranya fenilbutazon. yaitu: ‡ golongan salisilat (diantaranya aspirin/asam asetilsalisilat. telur. Farmakokinetik : Mekanisme kerja NSAID didasarkan atas penghambatan isoenzim COX-1 (cyclooxygenase1) dan COX-2 (cyclooxygenase-2). Prostaglandin merupakan molekul pembawa pesan pada proses inflamasi (radang). alminoprofen. magnesium salisilat. naproxen. indometasin. ‡ golongan asam arilalkanoat (diantaranya diklofenak. yang juga memiliki khasiat serupa.

Obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh wanita hamil. dan sebagian kecil diurin. ‡ farmakodinamik : Lebih berperan untuk penyakit pirai dan artritis. Dosisnya 0. dan hipertensi). migrain dan sakit kepala. dengan pKa 3-5. namun ada 2 macam efek samping utama yang ditimbulkannya.‡ golongan penghambat COX-2 (celecoxib. nyeri haid. dan renal colic Sebagian besar NSAID adalah asam lemah. Hal ini menyebabkan volume distribusinya bergantung pada volume plasma. NSAID termetabolisme di hati oleh proses oksidasi dan konjugasi sehingga menjadi zat metabolit yang tidak aktif. ‡ golongan sulfonanilida (nimesulide). Berikatan dengan protein mikrotubular yang menyebabkan depolimerisasi dan menghilangnya mikrotubul fibidar granulosit. . serta ‡ golongan lain (licofelone dan asam lemak omega 3). pada umumnya dengan albumin. nyeri setelah operasi. dan dikeluarkan melalui urin atau cairan empedu. Dapat berguna sebagai profilaktik serangan penyakit pirai. Efek samping ini tergantung pada dosis yang digunakan. Dieksresi melalui tinja sebagian besar. demam.5-0. terutama pada trimester ketiga. NSAID diindikasikan untuk merawat gejala penyakit berikut: rheumatoid arthritis. osteoarthritis. ileus. dan dispepsia) serta efek samping pada ginjal (penahanan garam dan cairan. Indikasi : Secara umum. limpa dan saluran cerna. hati. yaitu efek samping pada saluran pencernaan (mual. kadar tinggi terdapat di ginjal. encok akut. distribusi luas.6 mg/jam. diserap baik pada lambung dan usus halus. muntah. NSAID juga terikat dengan baik pada protein plasma (lebih dari 95%). Selain itu kolkisin mencegah pelepasan glikoprotein dari leukosit yang pada pasien gout menyebabkan nyeri dan radang sendi. pendarahan lambung. kolisin Farmakokinetik : Absorbsi baik. Namun parasetamol dianggap aman digunakan oleh wanita hamil (2). Indikasi : Pemberian obat harus diberikan pada awal serangan sampai geala hilang. lumiracoxib). Sehingga menyebabkan penghambatan migrasi granulosit ketempat radang sehingga pelepasan mediator inflamasi juga dihambat dengan respon inflamasi ditekan. namun harus diminum sesuai aturan karena dosis tinggi dapat menyebabkan keracunan hati (3). diare. nyeri ringan hingga sedang pada luka jaringan. Efek samping : NSAID merupakan golongan obat yang relatif aman. untuk antiradang umum kurang efektif.

Supaya agen-agen urikosurik bekerja dengan efektif. Probenesid dan Sulfinpirazan adalah dua jenis agen urikosurik yang sering digunakan. mengurasi frekuensi seramgam. Efek samping : . Obat ini dapat meningkatkan eksresi asam urat dengan menghambat reabsorpsi asam urat oleh tubulus ginjal. maka ia memerlukan masukan cairan sekurang-kurangnya 1500 ml/hari agar dapat meningkatkan ekskresi asam urat. maka dibutuhkan fungsi ginjal yang memadai. Pada ginjal normal nilai clearence crealinin test adalah 115-120 ml/mt. purpra Alopurinol Menurunkan kadar asam urat. Bekerja menghambat xantin oxidase. menghambat pembentukan tofi. maka dibutuhkan fungsi ginjal yang memadai.alergi . mengobati penyakit pirai kronik dan sekunder. Efek samping Probenesid : Efek samping probenesid yang paling sering ialah gangguan saluran cerna. karena menghambat kerja urikosurik dari obat-obatan itu.Gagguan saluran cerna 4. Pada keadaan ini perlu dilakukan test fungsi ginjal (Clearence creatinin test).reaksi kulit (merah) . diare nekrosis kulit depresi sumsum tulang. Agranulositosis. Jika seorang pasien menggunakan agen urikosurik. Obat yang mempengaruhi kadar asam urat tidak berguna mengatasi serangan klinis malah kadang-kadang meningkatkan frekuensi serangan pada awal terapi. Obat urikosurik adalah obat yang dapat mempengaruhi kadar asam urat misalnya probenesid. Sulfunipirazon tidak boleh diberikan pada pasien dengan riwayat ulkus peptic. Supaya agen-agen urikosurik bekerja dengan efektif.Efek samping : ‡ ‡ ‡ ‡ muntah. mual. nyeri kepala dan reaksi alergi Sulfinipirazon : gangguan cerna. . Semua produk aspirin harus di hindari.. Pada keadaan ini perlu dilakukan test fungsi ginjal (creatinin test).2 Urikosurik Obat-obat urikosurik dapat meningkatkan ekskresi asam urat dengan menghambat reabsorpsi asam urat oleh tubulus ginjal. alupurinol dan sulfinipirazon. Memiliki masa paruh yang pendek. Pada ginjal normal nilai clearance crealinin test adalah 115-120 ml/mt.

dkk.com/doc/53952933/Arthritis-Gout . Penerbit buku kedokteran (EGC). Jakarta. Jakarta Robbins.scribd. Farmakologi dan terapi.Daftar Pustaka Aru W.. 2007. Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Tanu. Ian. Buku Ajar Patologi. 2009. dkk. 2007. Balai Penerbit FKUI. 2009. Kinesiologi Gerak Tubuh Manusia. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta http://www. Sudoyo. Syamsir.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->