“E-Journal sebagai Alternatif Penanggulangan Wabah Penurunan Minat Baca di Kalangan Mahasiswa”

PENDAHULUAN
Perpustakaan saat ini merupakan suatu kebutuhan dan penunjang yang sangat essensial bagi setiap orang yang sedang menempuh masa studi. Dalam hal ini, seorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentu tidak luput dari kebutuhan terhadap keberadaan sebuah perpustakaan. Perpustakaan merupakan penunjang yang dapat mendukung perguruan tinggi atau sekolah lainnya dalam mewujudkan visi misi serta tujuan yang akan dicapai. Perpustakaan memiliki peran penting dalam mengumpulkan serta memelihara informasi yang ada demi terwujudnya kecerdasan bangsa serta tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian terhadap masyarakat). Pentingnya keberadaan sebuah perpustakaan sudah lama diapresiasikan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perpustakaanperpustakaan yang dibangun, baik dalam lingkup sekolah/perguruan tinggi, maupun dalam lingkup masyarakat umum. Sebagai contoh, di Universitas Hasanuddin Makassar terdapat beberapa unit perpustakaan yang terdiri dari satu unit perpustakaan pusat, dan beberapa unit perpustakaan setiap fakultas. Unit-unit perpustakaan yang dibangun ini bertujuan untuk menunjang kegiatan akademis dan penelitian mahasiswa. Bentuk apresiasi pemerintah terhadap perpustakaan juga dapat dilihat dari adanya perpustakaan wilayah yang terbuka untuk masyarakat umum. Keberadaan banyak perpustakaan sudah menunjukkan adanya “suntikan motivasi awal” bagi segenap mahasiswa maupun masyarakat Indonesia agar senantiasa memiliki semangat-semangat ber-ilmu dan ber-pendidikan. Namun, kemajuan teknologi mau tidak mau menyebabkan begitu banyaknya kemudahan yang ditimbulkan bagi kehidupan manusia. Dahulu kala, manusia merasa baikbaik saja jika hidup tanpa listrik. Tapi bagaimana dengan keadaan zaman ini?

lambat laun. Tapi saat ini? Kehadiran alat pengolah kata yang dikemas dalam bentuk kotak multifungsi atau sering kita sebut sebagai laptop tentu membuat semangat menulis kita menjadi semakin surut. atau bisa juga disebabkan kejenuhan orang-orang melihat format buku yang begitu-begitu saja. kehadiran buku sebagai sarana penambah ilmu semakin menurun peminatnya. lemari pendingin. Bisa kita bayangkan. televisi. khususnya di kalangan mahasiswa. Seiring dengan perkembangan zaman. Jika bentuk dasar dari tujuan pendidikan kita sudah tidak jelas. Begitu pula yang terjadi pada buku. maka tidak bisa dibayangkan lagi bagaimana nasib negara kita kedepannya? Dinamika serta perkembangan menuju arah yang lebih baik tentu senantiasa muncul di dunia ini.Setiap orang pasti akan mengeluhkan ketidaknyamanan tanpa lampu otomatis sekali tekan. Membaca merupakan bentuk paling dasar dari pembelajaran di dunia pendidikan. Kemudahan dan kenyamanan yang ditimbulkan oleh teknologi tentu terlihat seperti bentuk dunia penuh warna dan sangat menyenangkan untuk ditelusuri. Walaupun terlihat sepele. Dahulu kala. Kehadiran buku tentu saja semakin membuat khasanah pengetahuan kita semakin luas. buku kita maknai sebagai bentuk akhir dari pengapresiasian dan manifestasi terhadap ilmu maupun wacana yang ada. kita masih memiliki semangat untuk terus menulis. bagaimana jadinya dunia pendidikan jika peserta didiknya sudah jauh dari esensi pendidikan yang ada? Membaca merupakan salah satu cara mewujudkan tujuan negara yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa”. tetapi hal kecil ini jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan dampak polemik . PERMASALAHAN Begitu banyaknya kemudahan yang ditawarkan sekarang ini semakin menurunkan minat baca masyarakat. Hal ini mungkin disebabkan harga buku yang tidak sesuai dengan isi dompet. Penurunan minat baca ini tentu merupakan hal yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selama ini. bentuk dan kemasan buku perlahan-lahan menarik kembali minat baca manusia. komputer ataupun produk teknologi lainnya. Namun. Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja.

berkepanjangan di negara kita. apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. solusi untuk memecahkan masalah ini harus segera diterapkan agar tidak terjadi dampak yang tidak kita inginkan . pengawetan. dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia. rekreasi. hiburan. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak. Untuk mengetahui permasalahan penurunan minat baca mahasiswa. 2. TUJUAN PENULISAN 1. ruang khusus. Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun. pelestarian. dan koleksi bahan pustaka sekurang-kurangnya seribu judul dari berbagai disiplin ilmu yang sesuai dengan jenis dan misi perpustakaan yang bersangkutan serta dikelola menurut sistem tertentu untuk kepentingan masyarakat pengguna. TINJAUAN PUSTAKA Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI (2005:4) menyatakan perpustakaan adalah unit kerja yang memiliki SDM sekurang-kurangnya seorang pustakawan. Oleh karena itu. Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan. Lasa Hs dalam bukunya Manjemen Perpustakaan (2005:48) menyatakan bahwa perpustakaan merupakan sistem informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan. pengolahan. . Untuk mengetahui sejauh mana solusi e-journal dapat menanggulangi wabah penurunan minat baca mahasiswa. penyajian dan penyebaran informasi. sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

pada pita magnetik. Isi keilmuannya : • kegunaan / tujuan pembuatannya • isi / subjek • keaslian 3. yaitu dari : • bahan yang digunakan • ukurannya • beratnya • jumlah halaman 2. pita video. tetapi dapat juga bebentuk bahan terekam pada piringan hitam. Bentuk fisiknya. Golongan • Subjek • otoritas pengarang • sumber • metoda penyebaran Dilihat dari cara terbit dan bentuk penampilannya bahan pustaka dapat dibedakan sebagai berikut: • • • • • • • • Monograf (buku) Monograf Seri Monograf Analitik Monograf Analitik Berseri Terbitan berseri (serial) Terbitan yang bersifat sementara (ephemeral materials) Bahan Pustaka Bukan Buku Bahan Pustaka Referens Jurnal Jurnal merupakan terbitan dalam bidang subjek tertentu dan diterbitkan oleh suatu organisasi atau instansi tertentu. dan disket. Biasanya jurnal dibuat untuk memuat hasil. CD-ROM. compact disk (CD). Bahan pustaka dapat dibedakan menurut : 1. majalah. seperti kaset. atau bahan tercetak lainnya.Bahan Pustaka Bahan pustaka saat ini tidak hanya berbentuk buku.hasil penelitian (penelitian kecil atau ringkasan penelitian) dari bidang/ .

Dewasa ini. Siapapun yang ingin mempublikasikan hasil karya ilmiahnya harus mengirim ke intitusi tersebut untuk dipublikasikan. yang dilakukan oleh organisasi tersebut. e-Journal menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai suatu jurnal konvensional (terbitan dan kajian secara mendalam) sehingga dapat menjawab tantangan globalisasi. penulis dan pembaca memerlukannya. karya tulis dan tanggapan atas karya tersebut. bahkan sampai pada tingkat mendiskusikan secara tak terbatas. Kedua. PEMBAHASAN DAN APLIKASI PEMANFAATAN E-JOURNAL Kehadiran jurnal elektronik (e-journal) merupakan langkah nyata yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan minat baca masyarakat Indonesia yang semakin menurun. Realita yang terlihat dewasa ini. memanfaatkan teknologi elektronik dimana antara penerbit. hal-hal visual yang terlihat indah . e-journal tidak berarti menggantikan model jurnal konvensional. tetapi memperkuat jurnal tersebut melalui pengelolaan penulis. memanfaatkan keunggulan TIK (komputer dan jaringan komputer). orang-orang cenderung lebih memilih akses kemudahan daripada harus melalui akses yang berbelit-belit. E-Journal secara sederhana dapat diartikan sebagai penyampaian informasi dan komunikasi atau jurnal secara online.subjek tertentu. Hal ini tidak dapat lagi dihindari. sebab di zaman serba mudah ini. bahwa ternyata ketertarikan masyarakat untuk menonton televisi atau meng-akses internet jauh lebih besar dibanding ketertarikan untuk membaca buku ataupun jurnal ilmiah sejenisnya. Ketiga. penulis dan pembaca dapat saling berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang bersifat protokoler. Jurnal sebagai salah satu hasil pengetahuan yang terwujud dan terangkum dalam tulisan-tulisan ilmiah memungkinkan siapa saja yang mempunyai karya tulis dapat memasukkan karyanya. Karakteristik e-Journal adalah pertama. data karya tulis disimpan secara mandiri sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja bila penerbit. Jurnal yang kita kenal biasanya berupa buletin atau majalah ilmiah yang diterbitkan oleh institusi tertentu.

kita hanya perlu mengaksesnya langsung melalui komputer . Dengan adanya e-journal. baik itu perangkat komputer yang disediakan untuk umum ataupun melalui komputer jinjing milik pribadi. Hal semacam denda sebenarnya punya tujuan positif. Kita tidak perlu lagi membawa buku tebal ke kampus yang sebenarnya sangat tidak efektif penggunaannya. masih ada beberapa orang yang lebih memilih perpustakaan dan tidak terpengaruh oleh adanya kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi yang semakin berkembang. Buku tebal yang dibawa tentu akan sangat mengganggu ruang gerak pemegangnya. Manfaat yang diperoleh antara lain yakni kemudahan dalam mengakses bacaan tersebut. Penggunaan e-journal sebagai inovasi bahan bacaan baru juga dapat lebih mengefisiensikan waktu kita sebagai civitas akademika. Belum lagi. dan dianggap tidak efektif karena tidak semua dari isi buku tersebut kita pergunakan dalam kegiatan belajar.tentu akan jauh lebih menarik daripada rangkaian kata-kata yang dirangkum dalam buku. Tidak dapat dipungkiri . Inovasi kemudahan mengakses bacaan yang dikemas dalam bentuk ejournal tentu merupakan terobosan baru yang dapat membantu permasalahan di dunia pendidikan kita. Inovasi dalam memberi kemudahan dalam akses menuju bacaan merupakan hal yang dibutuhkan saat ini. Dengan mengetik keyword yang akan diakses. maka segala macam jurnal bacaan yang kita butuhkan akan tersaji otomatis dihadapan kita dalam bentuk 2 dimensi. Oleh karena itu. Orang-orang tentu akan merasa malas jika harus menuju ke perpustakaan dan meminjam buku dengan tenggang waktu tertentu. lalu kemudian mengklik kata search. justru hal itu bisa menjadi tembok penghalang yang membuat pelajar ataupun masyarakat menjadi pesimis meminjam buku di perpustakaan. Walaupun tidak dapat dipungkiri. Berbagai macam desain menarik dari e-journal tersebut juga akan membantu kita untuk senantiasa tertarik membaca bacaan ataupun jurnal ilmiah yang ada dalam bentuk e-journal. kita harus segera menerapkan inovasi-inovasi baru dalam dunia baca. yakni memberikan efek disiplin bagi siapapun yang meminjam buku tersebut. adanya pemberlakuan denda bagi peminjam yang tidak tepat waktu mengembalikan buku. Tetapi.

kegiatan kelembagaan mahasiswa maupun kegiatan perkuliahan tidak akan pernah luput dari kebutuhan pemikiran kritis dari setiap mahasiswa. kita memiliki banyak kegiatan yang senantiasa menuntut pemikiran kritis kita. Ini membuat jurnal konvensional tidak dapat terbit secara berkala dalam waktu yang singkat sehingga jelas membatasi tersampaikannya karya ilmiah tersebut termasuk yang tidak lolos seleksi atau tidak dimuat agar dapat dibaca oleh orang lain sebagai wujud pemberdayaan sumber daya manusia. Sebagai contoh. Untuk mengakses e-journal yang merupakan senjata khusus bagi seorang mahasiswa. . Oleh karena itu. Kemudahan dan efisiensi dari segi waktu juga merupakan manfaat positif yang diberikan e-journal bagi setiap mahasiswa. Pemikiran kritis tidak mungkin tercapai tanpa adanya pengetahuan yang luas mengenai wacana ataupun informasi yang sedang berkembang. Di sisi lain. tidaklah memerlukan waktu lama dan berbelit-belit. terdapat kelemahan dalam jurnal konvesional yang terkemas dalam bentuk cetak yaitu terbatasnya karya ilmiah yang akan dimuat sehingga membuat karya ilmiah yang diterima harus diseleksi terlebih dahulu dan terbatasnya pendanaan dalam penerbitan jurnal tersebut karena publikasi tersebut harus dicetak dalam bentuk buletin atau majalah yang sangat jelas apabila semakin banyak oplah cetakan biayapun bertambah.bahwa sebagai mahasiswa. e-journal hadir untuk membantu mahasiswa agar bisa menggunakan waktu sebaik mungkin.

id/?opt=1001&menu=news&option=detail&nid=50 http://perpustakaan.or.ipi.ac.uns.teratama.html www.doc http://pustaka.http://perpustakaanilmu.blogspot.com/2009/10/mengenal-jenis-jenis-bahanpustaka.com/2010/04/27/page/3 .id/materi/IPI-kiat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful