P. 1
Definisi membaca

Definisi membaca

|Views: 14|Likes:

More info:

Published by: Anggesta Merga Ervina Putri on Feb 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2014

pdf

text

original

Tugas Resume

:

Nama : Ni¶matul Fatonah Nim : 115110700111024 Kelas : A

FAKULTAS ILMU BUDAYA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS BRAWIJAYA
September 2011

Definisi Membaca Membaca merupakan kegiatan melafalkan atau membunyikan kata-kata yang terdapat dalam teks bacaan.  Membaca dasar: pusat perhatian pada bahasa tulis. Berdasarkan Cara Membaca  Membaca nyaring adalah kegiatan membaca dengan menyuarakan tulisan yang dibaca dengan ucapan dan intonasi yang tepat agar pendengar dan pembaca dapat menangkap informasi yang disampaikan penulis.  Membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dilakukan tanpa menyuarakan isi bacaan yang dibaca. .  Ekspresif: memberi gambaran. Membaca ekstensif antara lain: y Membaca survey y Membaca sekilas y Membaca dangkal iii.A.  Ekstensif adalah membaca secara luas. Berdasarkan Bahan Bacaan  Intensif adalah kegiatan membaca secara cermat untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat. Berdasarkan Tujuan Membaca  Instruksional (pengajaran): pemahaman dan studi. gagasan. B.  Membaca tinjauan: pusat perhatian pada gambaran umum. Membaca intensif antara lain:  Membaca telaah isi o Membaca teliti o Pemahaman o Kritis o Membaca ide o Membaca kreatif  Membaca telaah bahasa o Membaca bahasa: untuk memperbesar daya kata dan mengembangkan kosakata. maksud. Jenis-Jenis Membaca i. ii. Maksudnya membaca dengan komprehensif dengan cakupan bahan lebih luas untuk mengakses informasi dari beragam bacaan dengan cepat. dan perasaan. o Membaca sastra: dalam membaca satra perhatian pembaca harus dipusatkan pada penggunaan bahasa dalam karya sastra.

 Baca-lompat (skipping): menemukan bagian yang relevan dengan kebutuhan. mencerna informasi secara analitis. atau informasi yang ditentukan sebelumnya.iv. . dari beberapa sumber yang berbeda.  Baca-tatap: membaca cepat dan memusat pada bagian yang berisi informasi fokus yang dicari. Berdasarkan Teknik Menemukan Informasi  Baca-pilih (selecting): memilih bahan bacaan sesuai kebutuhan pembaca.  Membaca analitis: pusat perhatian pemahaman.  Baca-layap (skimming): membaca cepat untuk memperoleh gambaran umum.  Membaca membandingkan: membaca topik yang sama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->