1.

Bahan Kimia di Bidang Industri

y

Bahan Kimia Cat

Cat adalah suspensi dari padatan yang terbagi halus (terdispersi) di dalam suatu cairan. Padatan tersuspensi itu disebut pigmen, yang berfungsi untuk melindungi permukaan. Untuk daya kerja yang bagus, cat harus mengandung bahan-bahan berikut : Pigmen.Pigmen adalah material berwarna tak tembus cahaya yang ada di dalam cat. Medium Pendispersi. Zat ini berfungsi mendispersikan pigmen dari cat. Zat ini bersifat volatil (mudanh menguap) dan non korosif. Pengering (Dries). Zat ini adalah senyawa-senyawa logam (0.5% ± 2%) yang merupakan pembawa oksigen dan membantu didalam pengeringan medium dengan mentransfer oksigen (oksidasi oksigen) Tiner. Zat ini membantu terjadinya permukaan licin pada proses pengecatan sehingga terbentuk lapisan cat yang sama dan merata. Zat ini antara lain : benzana dan naftalena. Zat ini mudah menguap dan terbakar. Zat pengisi. Lempung China, Talk, BaSo, dll ditambahkan untuk meningkatkan daya tahan pigmen. Bahan Kimia Belerang Salah satu produk industry kimia yang mengandung unsure belerang adalah asam sulfat. Dalam kehidupan sehari-hari asam sulfat dipakai sebagai cairan pengisi aki. Selain digunakan sebagai pengisi aki, asam sulfat juga digunakan pada industry tekstil, pupuk, minyak bumi bahan peledak, dll. Ada 2 macam proses untuk membuat asam sulfat secara besar-besaran yaitu :

y

Proses Kamar Timbal

2SO _2+ O_(2 ) ( NO+ NO _2 ) 2SO _3 5. Pada awal abad 19. 7. tapi katalis yang dipergunakan adalah platina (Pt). berturut-turut menara Glover. 3. kamar timbale. Larutan uap nitrosa dalam asam sulfat ini disebut nitrosil sulfat. y Proses Kontak Reaksi pembuatan asam sulfat melalui proses kontak tak jauh berbeda dengan proses kamar timbal. Gas SO _2 yang terbentuk dialirkan ke dalam ruangan. Reaksi ini terjadi di kamar timbale dan menara Glover. Dengan melewatkan suatu campuran gas SO _2 dan O_2 di atas katalis Pt panas pada kirakira 400°C dihasilkan gas SO _3. proses kontak ditemukan. Uap nitrosa (NO dan NO _2) yang keluar dari kamar timbale dapat dimanfaatkan kembali. Uap nitrosa yang keluar dari kamar timbal. tahapan dalam proses kamar timbal sebagai berikut : 1. dialirkan ke menara Gay Lussac unutk dilarutkan dalam asam sulfat encer yang terbentuk dalam menara ini.Disebut kamar timbal karena dalam proses ini digunakan ruangan-ruangan besar yang dindingnya dilapisi dengan timbak (Pb). Reaksi oksidasi SO _2 dengan O_2 dari udara dengan katalisator NO dan NO _2 dihasilkan Gas SO _3 4. Belerang (S) dibakar dan dihasilkan gas SO _2 2. sebagai katalis dalam proses ini adalah gas NO yang tiap kali dapat diperoleh kembali. 6. Gas SO _3 yang dihasilkan kemudian bereaksi dengan air membentuk asam sulfat. Secara singkat. Kepekatan asam sulfat yang dihasilkan di kamar kurang lebih 62. Gas SO _3 bereaksi denagn H_2 O membentuk H_2 SO _4. Lapisan timbal tipis ( PbSO _4 yang tahan terhadap asam sulfat.6%. dan menara Gay-Lussac.5 % dan di menara kurang lebih 77. Namun proses ini dipandang kurang menguntungkan karena beberapa alasan yaitu : y Keperluan akan asam sulfat pekat belum banyak y Mahalnya harga Platina (Pt) .

mempercepat proses pembungaan dan pembuahan. kecil. antar lain : C. B. Zn. Hidrogen (H). 3 diantaranya bukan berasal dari tanah yaitu : Karbon (C). K. unsure hara yang diperlukan dalam jumlah sedikit yaitu : Cl. cabang dan batang berwarna merah ungu lalu berubah menjadi kuning. sementra 13 lainnya berasal dari tanah. N. H. tepi daun. Buah kecil dan kekuningan serta cepat matang. Fe. serta pemasakan biji dan buah. dan Ca pada tanaman : 1. jelek. terutama fase vegetative. Nitrogen (N) Memacu pertumbuhan tanaman. Apabila suatu tanaman tak mendapat unsure hara N.y Pengetahuan tentang katalis masih kurang y Perkembangan teknologi kimia masih lamban 2. Daun berubah warna menjadi tua atau tampak mengkilap kemerahan. sbg bahan dasar protein (ATP & ADP). S. 2. dll. Bahan Kimia di Bidang Pertanian y Unsure Hara dan Pupuk Dari sekian banyak jumlah dan jenis pupuk unsure hara hanya 16 unsur (unsure esensial) yang dibutuhkan oleh tumbuhan. dan Mg. . dan Oksigen (O). protein dan persenyawaan lain Daun menguning lalu mengering. dan Mo. O. berperan dalam pembentukkan klorofil. membantu asimilasi dan respirasi. Jaringan tanaman mengering dan mati. Mn. K. P. K. Berikut ini meruapakan peran dan gejala kekurangan N. Ca. P. dan Ca maka tumbuhan itu akan mati. Unsure hara yang diperlukan tanaman dalam jumlah banyak disebut unsure makro. lemak. cepat matang. Dari 16 unsur tersebut. Fosfor (P) Merangsang pertumbuhan dan perkembangan akar. P.

Contoh pupuk anorganik adalah fosfat. ZA. buah tumbuh tidak sempurna. Pemberian pupuk mempunyai fungsi : y Menambah kesuburan tanah y Mengganti unsure-unsur yang hilang karenanya hanyut dalam air y Mengganti unsure-unsur yang terbawa dalam panen Ada 2 jenis kelompok pupuk. secara kualitatif. Namun. .3. yaitu pupuk anorganik dan pupuk organic. Pemberian pupuk anorganik dipadukan dengan pupuk organic dapat meningkatkan produktivitas tanaman . memperkuat jaringan tanaman. maka harus ditambah pupuk. Penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan sifat tanah sehingga menurunkan produktivitas lahan dan mempengaruhi produksi. kandungan unsure hara dalam pupuk organic tak lebih unggul daripada pupuk anorganik. menguatkan batang. menetralisir senyawa-senyawa dan kondisi tanah yang merugikan. pembentuk antibody tanaman. urea. Daun mengkerut atau keriting dan timbul bercakbercak merah cokelat lalu kering dan mati. tak tahan simpan. penggunaan pupuk organic secara terus menerus dapat menjadikan kualitas tanah lebih baik disbanding anorganik. Kalsium (Ca) Mengaktifkan pembentukan bulu-bulu akar dan biji. Tepi daun muda mengalami klorosis lalu menjalar ke tulang daun. dan NPK. Kalium (K) Membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Jika ketersediaan unsure hara di dalam tanah tak mencukupi kebutuhan tanaman. kuncup tanaman muda mati atau jika ada warnya berubah. kecil. 4.

Pupuk ini merangsang pertumbuhan dan kesuburan tanaman. Kasumin Rodentisida : Mengendalikan tikus. Pestisida dan Efek Negatif dan juga Manfaatnya Pestisida diklarifikasikan dalam beberapa jenis. Sherpa Fungtisida : Mengendalikan jamur. ini dibuat dari kompos sampah kota. Pupuk organic cair. contoh : Agrept. Table dibawah ini akan menjelaskan beberapa jenis pestisida berdasarkan jenis hama sasaran : Insektisida : Mengendalikan serangga. Starner. y Green Asri. Petrokum . Pupuk ini berbentuk padat dan terbuat dari limbah hewan yang dilapukkan. limbah pertanian.Ada banyak jenis pupus organic yang beredar di pasar. DMA 6 Bakteritisida : Mengendalikan bakteri. contoh : Dithane M45. dan pupuk kandang.contoh : Klerat. Berikut ini beberapa jenis pupuk organic yang ada di pasar : y Pokon Organic Mineral. contoh : Round up. y Bio Fertilizer. Dursban. Daconil Herbitisida : Mengendalikan gulma. contoh : Ragent.

yaitu di satu sisi dapat bersifat sebagai obat (sifat farmakologi) dan sisi lain daoat bersifat racun (sifat toksikologi). khususnya kesehatan manusia dan kerusakan lingkungan. elang. Table dibawah ini akan menjelaskan tentang beberapa tipe obat yang penting. Burung-burung yang makannya tergantung pada serangga. Kafein ditemukan di dalam kopi. burung hantu. alap-alap. Rugby 10 G Moluksida : Mengendalikan siput. 1 Penghilang/Pengurang rasa sakit Aspirin (Asam asetil salisilat) Beraksi sebagai analgesic dan sebagai antipiratik. EC Penggunaan pestisida yang kurang bijaksana akan menimbulkan berbagai efek negative. cokelat. contoh : Siputox 5G. Boss 250. Ketipisan kulit telur sangat pengaruhi pada daya tetas anak burung. banyak yang mati karena akumulasi residu insektisida di dalam tubuh serangga. dan burung pemakan udang. 3. . Bahan Kimia di Bidang Kesehatan Obat memiliki sifat ganda. Obat akan bersifat sebagai obat apabila digunakan secara tepat dalam pengobatan suatu penyakit dengan dosis dan waktu yang tepat. Kematian akibat residu insektisida juga dialami oleh kelelawar. bangau. teh.Nematisida : Mengendalikan nematode. contoh : Furadan 3 G. 2 Stimulant Kafein Stimulant ringan. Efek negative peptisida tak mungkin dihilangkan sama seklai. Burung-burung yang terkontaminasi pestisida Polychlorimated Biphenly akan memproduksi teller dengan kulit yang tipis. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mengurangi hingga seminimal mungkin efek negatif ini melalui penggunaan pestisida secata proporsional. Jika obat tidak digunakan secara tepat maka obat akan bersifat racun.

Di kulit sebagai penyembuh luka. 4 Narkotik Morfin Obat penenang dan peringan rasa sakit. 10 Anestetik Chlorbutanolum (local) Chloroform (umum) Penghilang rasa anesthesia. menimbulkan perasaan nyaman (euphoria). Termasuk obat adiktif. 11 Antasid Alumunii Hydroxydum Colloidale Magnesia Carbonas Menetralkan asam lambung 12 Antifungi Acidum Salicilicum Membunuh atau menghilangkan jamur 13 Antitusif Ammoni Chloridum . 6 Antibiotic Pinisilin-G Dihasilkan oleh microorganisme dan digunakan untuk menghambat pertumbuhan / membunuh microorganism lain. Zat ini kemudian dibuat sintetiknya dalam bentuk pil untuk control kelahiran. 8 Analgetik Antipiretik Acetaminophehum Acidum Analgetik : mengurangi atau melenyapkan rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran.3 Hormone Progesterone Zat ini adalah hormone kewanitaan yang dihasilkan secara alami. menimbulkan kantuk (mengurangi kesadaran). Antipiretik : menurunkan suhu tubuh yang tinggi. 7 Adstrigen Plumbi Acetas Menciutkan selaput lendir : Di usus sebagai obat anti diarrhea. sehingga penggunaannya sangat diawasi. 5 Antihistamin Prometasin Menyembuhkan alergi. dan berefek adikasi (ketagihan). 9 Analgetik-Narkotik Hydromorphini Hydrochloridum Metadon Memiliki daya penghalang rasa nyeri yang besar.

Co-60 dapat memancarkan sinar gama. Unsure dengan inti atom tak stabil seperti itu disebut unsure radioaktif (radiosotop). Sinar alfa. Sinar-sinar radioaktif mempunyai daya mengionkan atom atau molekul yang dilaluinya.Codeinum dan garamnya Mengobati penyakit batuk 4. atau gama. Sinar gama memiliki kecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya dan memiliki daya tembus yang sangat besar sehingga hanya dapat ditahan oleh timbale yang tebal atau selapis beton. beta dan gama memiliki sifat yaitu : Sinar alfa memiliki kecepatan kira-kira 1/10 sampai 1/1000 kali kecepatan cahaya dengan daya tembus yang kecil sehingga dapat ditahan oleh selembar kertas. Untuk keprluan ini digunakan Radium (Ra) atau Kobalt (Co-60). maka dapat terjadi malfungsi sistem tubuh (sakit). Inilah salah satu efek negative dari penggunaan unsure radioaktif. beta. Manfaat dan Efek radioaktif Salah satu kegunaan radiosotop di bidang keseharan/kedokteran adalah untuk membunuh selsel kanker atau mencegah pertumbuhan sel kanker. disertai pembentukan unsure baru yang lebih stabil dan pelepasan satu atau lebih partikel sub atom dalam bentuk sinar alfa. Dampak biologis yang dapat ditimbulkan oleh radiasi. Sinar gma di kosmos sebagain terjadi akibat pertemuan partikel electron dan positron. diantaranya : kehilangan . Bahan Kimia Radioaktif Peristiwa Peradioaktifan Peristiwa peradioaktifan adalah peristiwa yang terjadi pada inti atom tak stabil yang mengalami perubahan secara spontan. Sinar beta memiliki kecepatan hampir sama dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya fan memiliki daya tembus yang lebih besar sehinga hanya dapat ditahan selapis logam. Jika molekul di dalam tubuh kita berubah structure oleh radiasi partikel sub atomic.

Pigmen adalah material berwarna yang tidak tembus cahaya. cat air. leukemia. cat minyak. kemandulan tetap pada wanita. Zat Pengisi Zat ini ditambahkan pada pigmen untuk meningkatkan daya tahan pigmen. . Cat ada berbagai macam jenis.selera makan. untuk keperluan dekoratif. dan kematian. Bahan-Bahan Kimia Dalam Cat Cat yang bagus dan tidak mudah mengelupas pasti tahan terhadap cahaya. kanker. Ada cat yang pelarutnya berupa air dan ada pula yang pelarutnya berupa minyak atau tiner. diare. Zat ini bersifat mudah menguap dan non korosif. Tiner Zat ini membantu terjadinya permukaan licin pada proses pengecatan sehingga terbentuk lapisan cat yang sama dan merata. Yang paling umum digunakan untuk keperluan ini adalah minyak terpenten dan minyak kayu Cina. Cat mengandung pigmen. muntah.5 hingga 2 persen yang membantu proses pengeringan medium dengan mentransfer oksigen (oksidasi medium). Zat ini dapat terbentuk secara alami dan dapat dibuat secara sintetik. dan jamur. Pengering (Driers) Zat ini adalah senyawa logam sekitar 0. dan sebagainya. Zat ini bersifat mudah menguap dan terbakar. Padatan bersuspensi ini berfungsi untuk melindungi permukaan. cat besi. kemandulan 3-4 tahun pada laki-laki. permukaan benda yang dicat terlindung dari proses perkaratan. Oleh karena itu cat harus mengandung bahan-bahan berikut : Pigmen. Zat-zat ini antara lain yaitu benzena dan naftalena. Oleh karena itu. dan perubahan musim. panas. Bahan Kimia di Bidang Industri Cat dan asam sulfat adalah bahan kimia yang termasuk dalam bidang industry. Cat yang dipakai untuk mengecat kayu dan besi adalah contoh cat yang pelarutnya tergolong jenis minyak. Medium Pendispersi Zat ini berfungsi untuk mendispersikan pigmen dari cat. dan sebagai pelapis tipis baik yang tidak tembus cahaya maupun transparan. sedangkan asam sulfat mengandung unsur belerang. yang sudah umum diketahui adalah cat tembok. serangan serangga. rambut rontok. pendarahan. Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak memanfaatkan cat dan asam sulfat. cat kayu. Cat dan Pigmen Cat adalah suspensi dari padatan yang terbagi halus (terdispersi) di dalam suatu cairan.

1. 2. bahan peledak. Proses Kamar Timbal Secara singkat. Asam sulfat sering disebut dengan air zuur. tahapan proses kamar timbale adalah sebagai berikut. dan menara Gay-Lussac. Proses kontak secara singkat adalah sebagai berikut. Gas SO3 bereaksi dengan H2O membentuk H2SO4. Uap nitrosa dilarutkan dalam asam sulfat encer di menara Gay-Lussac. yaitu proses kamar timbal dan proses kontak. Gas SO2 dan O2 dilewatkan di atas katalis Pt panas yang bersuhu sekitar 400O C sehingga menghasilkan gas SO3. Belerang (S) dibakar dan menghasilkan gas SO2.Bahan Kimia Belerang Salah satu produk industri kimia yang mengandung belerang adalah asam sulfat. Air zuur bersifat korosif karena mengandung asam sulfat. biasanya orang-orang menambahkan dengan air aki (aquadest). 3. Sedangkan air aki bersifat netral karena sebenarnya air aki adalah air biasa yang telah disuling dan melalui proses demineralisasi. Uap nitrosa (NO dan NO2) yang keluar dari kamar timbal dapat dimanfaatkan kembali. kamar timbal. Asam sulfat (H2SO4) sering digunakan sebagai cairan pengisi aki motor atau mobil. Reaksi oksidasi SO2 dengan O2 dari udara dengan katalisator NO dan NO2 menghasikan gas SO3. . 4. Proses kontak pada abad pertama ditemukannya dianggap kurang menguntungkan karena mahalnya harga Pt. Selain digunakan untuk cairan pengisi aki. Larutan uap nitrosa dan asam sulfat ini disebut nitrosil sulfat. Jika cairan ini berkurang. Ada dua macam proses untuk membuat asam sulfat. jika terkena kulit dapat menyebabkan gatal-gatal bahkan dapat menyebabkan kulit terkelupas. Gas SO2 dialirkan ke dalam ruangan. Katalis (uatu zat yang mempercepat laju reaksi reaksi kimia pada suhu tertentu) dalam proses ini adalah gas NO. dll. pupuk. tetapi katalis yang digunakan adalah platina (Pt). 2. Gas SO3 bereaksi dengan air ( H2O) dan menghasilkan asam sulfat. 1. Air zuur berbeda dengan air aki. reaksi ini terjadi di kamar timbal dan menara Glover. Proses Kontak Reaksi pembuatan asam sulfat melalui proses kontak tidak berbeda jauh dengan proses kamar timbal. asam sulfat juga digunakan pada industry tekstil. berturut-turut menara Glover. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful