I$~;J?

;{~_"~;;""

/.

-. ~ '..
,.,

.
.'.,'

,-

~~
.. .
I :. ~ I,·.

... .

~

<s .~. ~:.'. .
::;~~'I ~
'.~ ... ' I •• Iy .,

N:
I ,
y

.
,_

:j_zJll..,l~.O: .. • ~...-'.

~~'"~; :~.~~. ~l.'·

~

.~-

sehingga menyadari dan keterbatasan pengetahuan masih banyak clan ketidak sempurnaan dalarn tulisan ini. Oktober 2010 Pcnyusun .Iikan FISE UNY.KA TA PENGANTAR Pt. Maieri yang disajikan dil. Oleh karena itu penyusun Ketua Jurusan penyusun. Diktat ini merupakan penyusun berikan sehingga revisi perkuliahan Kartografi Dasar rangkuman dari bahan kuliah Kartografi Geograf Dasar yang seJama ini revisi sesuai khusus Dasar.tat muta kuliah matcri diperbaiki secara Pcny-rsuaan dalam ini. Oleh harapkan.ji syukur penyusun panjatkan kehadirat diktat Allah SWT. Semoga ilmu yang sedikit ini dapat rnemberi rnanfaat bagi kita sernua. Pendidikan terima kasih kepada Dckan FISE UNY can Geografi FISE UNY yang telah memberikan penyelesaikan diktat kesempatan kepada serta berbagai pihak yang tclah membantu akan kemarnpuan kekurangan ini. Amien. yang telah melimpahkan ini dapat rahmat dan karunia-Nya. rncmpclajari pengetahuan Kartografi berbagai secara umum diktat ini diharapkan mernberikan kepada yang tertarik dengan studi Kartografi Revisi diktat mata kuliah ini dnpat te-laksanu rnenyarnpaikan karena adanya bantuan dari berbagai pihak. adanya kritik dan saran dari para pernerhati Aras perhatian pernbaca. dirnaksudkan rnahasiswa dapat Dasar. karena itu. pihak di Program Studi PenIi. yang membantu ada. penyusun ucapkan tulisan ini sangat penyusun rcrirna kasih. yang penyusun Penyusun miliki. penyusun selesaikan. Yogyakarta. dan rnerupakan dari diktat perkuliahan dengan perkembangan untuk yang telah ada sebelurnnya.

........ E.......... B. .. 2 D. System Azimuth G.).................................. Arti dan Fungsi Unsur-unsur Peta BAB III LETTERING A. BAB II UNSUR-UNSUR A.................... Mncam-macam l'royeksi C...................................... Pengertian 6 8 8 PET A Unsur Peta B......................................... Pernilihan 20 31 31 31 33 36 Proyeksi Proycksi........ Pantlel........................ Kegunaan D............. BA:3 IV GAMBAR B01.......... Pengertian Peta.......... BAB V PRO'{EKSI PETA A........ :. Pengcrtian Proycksi 19 B. Menentukan Posisi Titik.................. .. D........................... Bujur (Longitudc). 12 13 14 14 Tipe letter dalam Penggambaran Letter ya!1g Infonnatif............... Ruang Lingkup Kartografi C..................... Arah Utara dan Sistem Bearing............... 17 17 17 18 B.. iii ........A BUMI P.............. B.... Lintang (Latitude..................................................... Penempatan dan Kclemahan Masing-rnasing Tipe Pcta..................... ......... Macam Peta dan Ruang Lingkupnya....................................................... Tipe-tipe Lettering............. II Halaman III BABIPENDAHULUAN A.................... Meridian...................... Kelebihan C.................... Pengertian Kartografi ....... C... Pernilihan D............. ...............................................DAFTAR lSI Daftar lsi JUDUL KATA PENGANTAR DAFT AR lSI..... Macam-macarn F......

." ntmg Ge nerdllsasl . . . ....H. Langkah Pemetaan Oatar.. SimboI Area/Luasan dAB VII GENERALlSASI J\... Pengertian dan Macarn-macam B . Metode dan Alat dalam Pernetaan Topografi B......si ... 41 41 42 C.... 48 . '" 46 47 A.. Lay Out Peta Seri ijAB IX PEMETAAN DATAR ". Simbol Garis . Metode dan Alat dalarn Pernetaan Datar B... Mengukur Jarak dan Luas '" BAB VI SIMBOLISASI A........ B. Sirnbol Titik R.... 48 BAB X PEMETAAN TOPOGRAFI 52 53 60 A.. Pengertian.. ......... Aspek yang Menentukan Generalisasi Gcncrclisr.. Lay Out Peta Tunggal..... Langkah-langkah Pemetaan Topografi BAR XI PEMETAAN DIGITAL DAFTAR PUSTAKA.... ...... LA!vIPIRAN SILABUS.. ' 37 39 1....... 43 44 44 BAB vrn LAY 0 UT A. .. Menentukan Letak Astronornis ...... C.... Pengertian....... A rt i Penti .. 72 73 ill .....

Hal dalam Ormeling. mudah meliputi dimengerti dan dipahami. pada bidang dan kartografi. simbolisasi. interpretasi -nembua.BAD I PEND~HULUAN A. Pengertian Kartografi berasal dari yang bahasa berarti Yunani. sertr. ilmu.memungkinkan dipresentasikan untuk mengecek informasi dengan cam yang terbaik Aryono Menurut pctu. Arti :Lartografi didefinisikan (Menno-Jan kenyataan komunikasi pandangan penggunaan menelaah Maka diartikan. peta. kartografi dikatakan. Oleh itu ruang proses sebagai berikut: . adalah ilmu yang mempelajari pcngolahan Dapat dari pcngumpulun analisa seni. pcta. peta. data. kartografi knrtografi adalan sebagai ilmll membuat peta. kartografi = garnbaran rennukaan..- - dan grafi gambaranlbentuk. 6. peta. syarat-syarat bidang seni. hanya dengan yang dipetakan di dalam oleh peta peugolahan inforrnasi apakah pengguna. istilah yang tadinya didefinisikan informasi sebagai pembuatan dalam peta. Ruang Lingkup Kartografi Tujuan lapangan tcrscbut terlihat kartografi dari kartograf adalah mengumpulkan pennukaan tcrtentu bumi sehingga dan rnenganalisa data dari yang berupa secara grafis unsur-unsur dengan skala dan menyajikan unsur-unsur karena unsur-unsur tersebut dapat lingkup jelas. telah 2007: ini disebabkan ilrnu kartografi dikelornpokkan pengetahuan menghasilkan dan hadirnya bahwa teknologi kurnputer. 30% Sedangkan kartograJer adalah adalah 50% 10% orang yang mernbuat geografi. tctapi peta juga tcrrnasuk penggunaan peta. telah hanya berubah secara fundamental sejak tahun 1960. saat ini bentuk peta oleh sebagai Kraak bahwa penyampaian dan Ferjan gcospasial 37). merupakan Prihandito (1989: 1) Kartograf data di lapangan. dimulai pcnggambaran. sebagai 10% kartografer pcngctahuan pcngctuhuan pengetahuan maternatis. Dan benne. yaitu Kartografi permukaan karto= carto yang berarti . Hal tcrsebut pC III tentunya kartogra fi t idak hanya st::baga i huatuu pctn scm ata . dan teknik peta.

2 ~Datalapangan .H~~ ~t e i. ~ ~ ~~. .{. yang hcrupa ten tang realita dalam wujud berupa gambar. mcnterjcmahkannya simbol agar pembaca peta dapat mengcrti (Aryono Prihandito. informasi dapat dengan peta digunakan untuk mcngirim pesan. dengar. Menurut leA (International Cartography Association)... sepertinya kenarnpakannya ditambah huruf-huruf dan angka-angka sebag._. Proses Kartografi Kartografi juga merupakan suatu sistern kornunikasi sebagaiman yang diilustrasikan pada gambar berikut: ~ < -.. aniara pengirim pesan dernikian (pembuat peta) dengan (pembaca peta). Kartografer disini hams bisa mernahnuii pcta dan pembaca apa yang hcndak disampaikan dalam bahasa pembuat peta kepada pembaca pcta.. REPRODUKSI Gambar I.~~":I. " : '. . Agur pcsar: (g~lI11IMr)erscbut t dimengerti maka hams ada bahasa yang samn antara pcmbuat peta. artinya mcrupakan pcncrima suatu signal atau saluran pesan Peta mengandung arti kornunikasi.. Gambar 2. . Peta dalah suatu gambaran konvensional dari oleh kita tegak lurus dad atas. Pengertian Pcta Peta merupakan penyaiian gratis dari bentuk ruang dan hubungan keruangan antara berbagai perwujudan yang diwakili... 1989: I). Sistem komunikasi kartografi C. !. menggambarkan Peta adalah gambaran konvensional yang dibuat dengan elemen-elemen yang ada di permukaan bumi dan gejala yang ada hubungannya dengan elernen-elemen tersebut..-h·· s. clan perrnukaan bumi. r& .ri informnsi. Menurut Erwin Raisz (1948).

keseluru'ian dirnengerti manfaat dari peta itu sendiri. . .. 4. .1. cata-data Dalam hal dari suatu daerah dan • Mengumpulkan menyajikannya menyeleksi suatu peta. • I.3 Dalam pemakaian bahasa simbol seorang kartografer harus mernahami betul Dengan agar bentuk simbol. . dibaca.. sesuai mudah dan sehingga rnernberi mungkin maksud peta . Fungsi peta Fungsi pcta adalah: • Menunjukkan hubungannya posisi atau lokasi relatif (lctak burni). gunung. LAPANGAN Garnbar 3. penernpatan kata lain. Persepsi Pengguna Peta 1.__ ~ __J PETA MERUPAKAN GAMBARAN SEBAGlAN DARI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI . .• J-· --.. ini dipakai simbol-simbol . sernaksimal mudah Hal ini penting ditafsirkan...~ ~ {_··1. secara mudah simbol.~ ·~r· .. dan desain simbol tersebut. suatu tcmpat dalam dcngan tcrnpat lain di pe. dan jaruk-jarak • Mempcrlihatkan dan lain-lainnya). dan dipahami.. sehingga dan dalam dimensinya dapat terlihat dalam peta. negara..r r .mukaan • Mcrnpcrlihatkan di alas pennukaan ukuran (dari pcta Japal diukur luas Jaerah bumi). penyajian peta rnudah dianalisa.~. ani simool.. bettuk (misalnya bentuk dari benua-benua. tujuannya..

rnisalnya. tcnninal.spck yang tcrcakup arah aliran kcsuburan lahan tamh beberapa peta dengan tahun pembuatan Mernpcrkirakan Perkembangan yang bcrbeda) (kornparasi • Memperkirakanlmenentukan sakit.4 sebagai "wakil" dari data-data dupat dimengerti terse but. Intcrpretasi pcta peta merupakan kegiatan mencntukan/mcrnbaca dalarn fcnomenusuatu peta. Untuk komunikasi Untuk menyimpan Digunakan untuk mernbantu suatu pekerjaan misalnya untuk konstruksi jalan. navigasi. Interprctasi fenomenn Contohnya: • • • Menentukan yang ada bcrdasarkan aspck -a. dirnana pengguna kartografer menganggap . • Untuk analisa (Aryono data spasial. perhitungan volume. dan sebagainya untuk membantu dalam suatu desain. dan lain-lain) .. lokasi ternpat-tempat kawasan pelayanan umum (rumah industri. 3 Analisa peta Analisa termasuk • • • • • peta adalah kegiatan rnembaca obyek-obyck atau detail-detail. Tujuan pernbuatan Tujuan pembuatan • • • peta (Aryono Prihandito. Contohnya: sungai Menghitungjumlah Mengukur Mengukur Mengukur Menentukan panjang dan 1.' simbol tersebut 2). dan Prihandito. 2. perencanaan dan lain-lain. • Digunakan sebagainya. misalnya desain jalan. informasi yang ada dalarn suatu peta. sekolah. 1989: 2-3). 1989: peta peta adalah: informasi informasi.. ruang.:hf1f sungai jarak antar tempat luas wilayah letak astronomis snatu tifik atau wilayah (area) 4.

Karakteristik a. Menggambarkan Untuk mengetahui yang lebih besar). yang detail harus menggunakan peta o. bentuk. tertentu yang relati bantuan daerah I wilayah lokasi r scm pit. Pengetahuan si pernbuat peta terhadap kartograf ukuran. Peta Mental Peta Mental sketsa Abstrak : yaitu peta yang masih tetap dalam pikiran sese orang. sudut. b. rawa) 5. Kecerdasan peta mental tergantung dari: I IQ si pcrnbuat peta. b. Untuk berskala perencanaan-pcrencanaan besar. Daya ingat seseorang c. digur-akan inset (gambaran f. c. luas. Tingknt kctelitian a. danau. (Image/gambaran karena merupakan I yang dihasilkan disebut KARTOGRAM hasil proses Kartografi).ukuran. keseringan pcmbuat pcta dalarn mclihat obyck -obyek d. dan obyekPeta limage yang dihasilkan dari pikiran seseorang obyek lain yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain [ berasosiasi]. tematik. mental terdiri alas: a. Riil : yaitu gambaran/peta yang sudah dituangkan dalarn suatu pada media bidang datar. panjang. (arah. wilayah peta. e. skala). tcrhadap obyek yang akan dipctakan. dan kaidah-kaidah . Peta memiliki karaktcristik Skala bervariasi Mudah dircproduksi Biasanya digunakan sebagai ber. sebagni peta dasar untuk kepentingan-kepentingan tertcntu yang bcrupa pcia-pcta d. b. Peta mental Peta mental atau Mental map atau coqnitive map.kut: ~ Skala kccil. . dan skala besar.5 • Memperkirakan perairan tertentu peta sedimentasi dari beoerapa aliran sungai pada suatu tubuh (waduk. skala sedang. yaitu suatu gambaran tcrhadap suatu obyek. Frequensi/tingkat yang dipetakan.

nama.. Wilayah-wilayah Mudah direproduksi. Sulit direproduksi Keterangan I disalin . Biasanya c. sangat terbatas ( karena biasanyn bcrskala kecil ). menggambarkan pcrsebaran penduduk navigasi. d igu nakan schagni peta dasar ( ba . c map). b. glebe adalah sebagai berikut: Lokasi nyata I sebenarnya. yang keeil tak tergambar jclas. Maearn peta ditinjau dari jenis Ditinjau dari jenisnya. Dapat rnengetahui lokasi suati titik " wilayuh terhadap lokasi titiki wilayah lain di seluruh permukaa-i bu. rnacam pcta tcrditi alas: yang a.ni.uuk kcpentingan iklim global. e. Karakteristik dari atlas kurnpulan peta. Merupakan pcta urnurn skala kccil. yang berskala bcsar (regional). f. Terdiri atas: • Peta foto yang telah direktifikasi . c. dan 'egenda. Dacrah I wi layah yang kvci I t idak terga idak lazirn ditamba'ikan tertentu. b. bumi. atuu tcrgarn ba r k urang jclas. l. adalah tiruan bola bumi atau sering disebut miniature burni. IIIhar e. Peta foto. yaitu peta yang dihasilkan dari rnozaik foro udaralortofoto dilengkapi garis kontur. 1):11X\ t dan lair-Iain.6 r t Globe Globe karena bentuk Karakteristik a. dan kcterangan lain sirnbol-simbol untuk kepcntingan Atlas adalah kumpulan adalah: a. dan konversi ukurannya dibuat scperti burni yang sesungguhnya. d. d. dunia. s D.peta cli seluruh perrnukaan berskala kecil. Biasanya misalnya digunakan u. Macam Peta dan Ruang Lingkupnya Macam-rnacam peta ditinjau dari 4 segi scbagai berikut: 1.

sekali pcta macam ekonomi. macam peta terdiri atas: a. Peta skala besar c. dan lain sebagainnya. peta dari maksud tanah.Oon. 4. . peta iklim.dari Ditinjau dari skalanya. peta kependudukan. dalam bentuk titik.000 :< I : l. hubungan tuang dalam macarn bentuk dan Ada bcberapa maksud tujuan dari peta tematik.000 . umum skula batas besar wilayah. pcta nautical. disebut garis sebagainya. peta topografl. peta tala guna lahan. peta Batimctrik.000 : 1 : 500. e.000 .ooo Macam peta ditinjau dari fungsi Ditinjau dari fungsinya. a.I : 500. Peta skala medium d. dan Peta kelau'an ckuivalcn topografi disebut dari rnaksud dan tujuan dan tujuar. Peta umum (general map) Merupakan pantai.a. 3. Peta tematik skala Macam peta ditinjau.nya geologi. Kart Merupakan aeronautical.7 • b. peta dan yang macam pcta tcrdiri alas: berisi jalan. pe. pcta ada banyak kadaster. Garis. 1 : 25. Peta umum : 1 : 5000 _. dan luasanlwilayah. Peta tematik Merupakan atribut tunggal peta umum skala kecil disebut atlas.1 : 1. elevasi. peta yang merunjnkkan atau hubungan atribrt. Peta ortofoto yaitu peta yang rnenyajikan detail alarn dan buatan adalah: manusia Peta garis. • Peta topograf Contohnya • 1.000 : 1 : 25. Peta skala kecil e. Peta bangunan. Peta kadastrallhak milik : ~ 1 : 5000 b. Macam peta ditinjau Ditinjau Misalnya: peta pcta yang 0idesain yang untuk kcperluan dcngan navigasi.000. sedangkan b.

Muchrcke. Prihandito. 989. IP Publicatins. Raisz. Jan Kraak. Erwin. . Aryono. Co. Diagram don Peta Statist ik. M. .Sc . Monkhousc.Jl. Yogyekarta: UC:M Press. Jakarta: Jurusan Geografi FMIPA Made Sandy. 1979. Methuen and Philip C. Madison. (Terjernahan). Kartografi. PeW Temoli/C.Sc. 1986.Wisconsin. New York: Me. Proyeksi Peta. Ferjan. Map Usc: Rea. Ille.Graw Hill Book Co. Widya. Yogyakarta: Kanisius.London. Yogya karta: Liberty.Rll. dan Wiikinson. Departcmen Institut Teknologi Band. A nalysis. Aryono.DAFTAR PUSTAKA Azis. Yogyakarta: PT. M. Ltd. Perencanaan. ling.mg.I.Ir. Lukman. General Cartography.Ir. Univversitas Indonesia.. 1980. dan Ormcling. Prihandito. Kartografi. \948. Esensi Kartografi. Teknik 3ipil dan Ischak.ma. Menno. and Interpretation. 1987. 2007. 196'1 Visualisasi Data Maps and Diagrams. 1988. Mitra Gama . T. Geospasial.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful