RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah Kompetensi Keahlian Mata Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu

: : Akuntansi : Mengelola Kartu Piutang : XI/ 1 (satu) : 16 : 1 X 20 Menit

I. Standar Kompetensi Mengelola kartu piutang II. Kompetensi Dasar

:

:

Mempersiapkan pengelolaan kartu piutang III. Indikator :

Menafsirkan definisi piutang dagang Menjelaskan pencatatan nilai piutang dagang Menjelaskan bentuk-bentuk kartu piutang IV. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menafsirkan definisi piutang dagang Siswa dapat menjelaskan pencatatan nilai piutang dagang Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk kartu piutang V. Materi Ajar :

A. Definisi piutang dagang Piutang dagang adalah tagihan perusahaan kepada pelanggan sebagai akibat adanya penjualan barang atau jasa secara kredit, dalam hal ini tagihan tersebut tidak disertai dengan surat perjanjian yang formal, melainkan karena unsur kepercayaan dan kebijakan perusahaan di mana dalam penjualannya telah ditetapkan syarat penjualan. misalnya

2/10. Nilai realisasi netto ini tidak lain adalah jumlah bruto piutang dagang dikurangi dengan jumlah yang (diperkirakan) tidak tertagih. Apersepsi : Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang piutang dagang. Rekening Nama Alamat Syarat Batas Kredit Lembar Ke : Tgl No. Piutang dagang umumnya berjangka waktu kurang dari satu tahun sehingga dilaporkan sebagai aktiva lancar. Pencatatan nilai piutang dagang Standar Akuntansi (SAK) menyatakan bahwa piutang dagang harus disajikan didalam neraca sebesar jumlah uang yang diharapkan akan dapat diterima atau realisasi netto (net realizable value) dari piutang terkait. Kegiatan Pembelajaran 1. C. Metode Pembelajaran  Ceramah  Tanya Jawab  Penugasan VII. Bukti Mutasi Keterangan Debet Kredit Saldo VI. B.n/30. Bentuk kartu piutang KARTU PIUTANG No. Kemudian guru menguraikan . Kegiatan awal (3 menit) : : a.

Guru memberikan tugas/PR c. . Alat/ bahan/ Sumber Belajar  Buku referensi IX. Tanya jawab mengenai materi yang kurang dimengerti 3. Kegiatan inti (14 menit) a. Komponen apa saja yang harus terdapat dalam kartu piutang  Jawaban Soal 1. dalam hal ini tagihan tersebut tidak disertai dengan surat perjanjian yang formal. Piutang dagang adalah tagihan perusahaan kepada pelanggan sebagai akibat adanya penjualan barang atau jasa secara kredit. Berapa lama jangka waktu pembayaran piutang dagang? 3. Bagaimana penilaian piutang dagang dalam neraca? 5. 2. Siswa dan guru melakukan refleksi b. Apa yang dimaksud dengan piutang dagang? 2. menjelaskan definisi piutang dagang dan pencatatan nilai piutang dagang serta menjelaskan bentuk kartu piutang b. melainkan karena unsur kepercayaan dan kebijakan perusahaan di mana dalam penjualannya telah ditetapkan syarat penjualan. Tes Formatif : :  Teknik/jenis : Kuis dan tugas individu  Bentuk : Pertanyaan lisan dan tes tertulis  Soal/instrumen : 1. Apa yang dimaksud dengan nilai realisasi netto ? 4. 2. Kegiatan akhir (3 menit) a.dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai b. Piutang dagang umumnya berjangka waktu kurang dari satu tahun sehingga dilaporkan sebagai aktiva lancar. Guru memberitahukan materi apa yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya VIII. untuk dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya. Motivasi : Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik.

4. Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 100 sebagai berikut : Nilai akhir = Perolehanskor v 100 50 Mengetahui Kepala Sekolah Bandung 26 April 2010 Guru Mata Pelajaran Rezky Aditya NIP.0123456 Rosdianica Dewi L NIP.0806304 . syarat penjualan dan batas waktu kredit. nama. Piutang dagang harus disajikan didalam neraca sebesar jumlah uang yang diharapkan akan dapat diterima atau realisasi netto (net realizable value) dari piutang terkait 5. alamat pembeli. mutasi dan saldo penjualan  Kriteria Penilaian Pedoman penskoraan: masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Dalam kolomnya memuat : tanggal penjualan. Identitas yang terdiri : No rekening. bukti transaksi. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan. keterangan. Nilai realisasi netto ini tidak lain adalah jumlah bruto piutang dagang dikurangi dengan jumlah yang (diperkirakan) tidak tertagih.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful