CONTOH RPP YANG TELAH DIADAPTASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu Aspek /Unit

: : : : : :

................................ Bahasa Indonesia
VII / 2 ( Genap) 2 Jam pelajaran (1 x pertemuan)/2x40 menit Membaca

Karakter

Teliti, kerjasama, menghargai pendapat orang lain, percaya diri, teliti dan cermat

A. Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wana tulis dengan membeca intensif, membaca ekstensif, dan membaca nyaring B. Kompetensi Dasar

3.1 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca
intensif C. Indikator 1. Siswa mampu memahami isi bacaan 2. Siswa mampu menemukan pokok-pokok informasi yang akan

1

Membaca dengan intensif wacana yang disediakan guru (cermat/teliti) 2. Mengidentifikasi kosakata sulit yang terdapat dalam bacaan ( keaktivan) 6. Materi Pembelajaran 1. menghargai pendapat orang lain. Menggunakan kosakata sulit dalam berbagai konteks kalimat untuk menemukan makna kata 2 . Pengertian membaca.didiskusikan D. 4. Menemukan informasi dalam wacana yang dibaca ( cermat dan teliti) 3. membaca intensif Ide pokok. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini. 2. 5. kosakata khusus.) 7. E. 3. siswa diharapkan 1. Mendikusikan pokok-pokok informasi yang ditemukan dari bacaan yang dibaca (Bekerjasama. ide penjelas Kosakata. Menjelaskan ide-ide pokok/ pokok-pokok informasi yang ditemukan ( penuh percaya diri. kosakata umum Kecepatan membaca ( ukuran kecepatan membaca) Cara menghitung kecepatan membaca ( keaktivan) 5. Mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang ada dalam bacaan sebagai bahan diskusi ( kecepatan dan kesesuaian ) 4.

Berdoa b. Diskusi Inquiri Tanya jawab Simulasi Observasi /Pengamatan/Penugasan E.D. Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang d. 5. empati Metode/stratgei Ceramah Waktu “5 menit Guru atau siswa Guru Domain Kognitif Afeksi Afeksi Kedisiplinan Karakter Ketaqwaan 3 . Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran 1. Mengecek kehadiran siswa c. 4. Pendahuluan a. 3. . Apersepsi: Kemukakan/ Sebutkan salah Afeksi Kepedulian. Metode Pembelajaran 1. 2.

indikator dan tujuan pembelajaran. mengindentifikasi pokok-pokok informasi.satu buku/cerita yang pernah kalaian baca. Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan. Kegiatan inti a. setiap kelompok diberi wacana yang akan dibaca dan ditugasi untuk membaca. .kerjasama Inquiri “7 menit Siswa Psiko/kog Kerjasama Penugasan ’10 menit Siswa Psiko/afeksi Tanggungjawab /kekativan/beke rjasama Keaktivan/Tang gungjawab/sali ng Simulasi dan Tanya jawab 40 menit Siswa Psiko/afaksi 4 . b. ( Ricek aktivitas siswa) e. peserta didik dibagi dalam empat kelompok. Tanggungjawa b Kognitif Motivasi 2. Penugasan “2 menit Guru Psikomotor Tanggungjawab . kosakata sulit. c.Guru menginformasikan KD.

sambil menuliskan pertanyaan. tanggapan. Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya berupa informasi pokok/kosakata sulit yang ditemukan dalam teks yang dibaca.dan kelompok lain memberikan tanggapan. guru memberikan penguatan tentang materi yang telah didiskusikan. Penutup a. dan jawaban e. Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran b. Refleksi : Peserta didik Curah pendapat “5 mernit Guru dan siswa Psiko/afeksi Tangungjawab Pengamatan “ 5menit Guru Psiko/kog Tanggungjawab 5 .d. Ceramah 10 menit Guru Kog/evalausi menghargai/Per caya diri Tanggungjawab 3.

Ke luar kelas atau istrihat dengan tertib pada waktunya 2 menit siswa Psik-/afeksi Arahan. Wacana/teks Spidol Kertas karton/ HVS Lembar Penilaian Psikomotorik/Kektivan 6 . “3 menit Guru Afeksi/Psi sebelum melakukan /antisipasi Ketaqwaan Ketertiban F Sumber dan Media Pembelajaran 1.mengungkapkan kesan terhadap pentingnya memahami informasi sesuatu b. 2.b Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari menulis puisi c Berdoa d. 3. 4.

Silanglah 1 untuk BELUM BAIK. seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Berikan masing-masing 2 contoh peta umum dan peta khusus! 3. 2. atlas.000 jarak kota A dan B adalah 5 cm.000. kemudian perbesarlah 2 kali dengan menggunakan garis-garis koordinator(garis grid)! Setelah mengikuti pelajaran ini. Amatilah peta dantentukan letak astronomis (lintang dan bujur) Jakarta! 6. hitunglah jarak yang sebenarnya! Carilah letak Kota Bulukumba pada atlas dengan menggunakan indeks! Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu. Buku bahasa Indonesia/ Bahan ajar yang relevan F. Peragakan gerak rotasi bumi dengan menggunakan globe! 7. • Mengidentifikas i jenis.5. Jelaskan 2 bentuk peta! 4. Jika di peta yang berskala 1 : 1. Penilaian Indikator Pencapaian Teknik Bentuk Penilai Instrumen an Tes Tulis Tes uraian Contoh Instrumen 1. • Mengidentifikas i informasi geografis dari Tes unjuk Uji petik peta. 2 untuk • Membedakan peta. • 7 . atlas kerja kerja dan globe. dan globe. • Mengartikan berbagai skala. Sebutkan 3 informasi geografis dari peta! 5. Sebutkan unsur-unsur peta dan atlas.bentuk dan pemanfaatan peta.

....... Bekerjasama dengan teman sekelas 1 2 3 4 2................. 4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri kalian..............2010 Mengetahui..... 1. Kepala SMP/MTs ........ Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2 3 4 Bekerja dengan cermat/teliti Menghargai pendapat teman sekelas 1 1 2 2 3 3 4 4 ......... ............ _____________________ Lampiran ______________________ RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ATLAS No Nama Peserta didik Mencari nama Aspek yang dinilai/skor maksimal Mencari halaman Mencari kolom dan Menunjuk letak tempat Jumlah skor 8 .. 3 untuk BAIK..Memperbesar Self Skala Likert dan assessme memperkecil nt peta dengan bantuan garisgaris koordinat CUKUP BAIK.. Guru Mata Pelajaran.....

tempat pada daftar indeks baris 5 5 5 5 20 RUBRIK PENILAIAN MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL PETA Aspek yang dinilai No Nama Peserta didik Grid 5 Bentuk 5 Skala 5 Kerapian 5 Jumlah skor 20 9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful