P. 1
Proposal Amel Sposnsorship

Proposal Amel Sposnsorship

|Views: 131|Likes:

More info:

Published by: Syarifah Amelia Shahab on Feb 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

Pertukaran Pemuda

Indonesia Kanada
Delegasi Provinsi KepulauanBangka Belitung
SYARIFAH AMELIA (Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada 2011)

PROPOSAL

Irian I no III/8 RT 016 RW 004 Tanjungpandan. Dengan prinsip di atas maka dilakukanlah pengiriman duta-duta bangsa ke negara lain yang tentunya untuk semakin meningkatkan citra positif suatu negara. Bangka Belitung untuk megikuti program : : Syarifah Amelia Jl. Hubungan yang konfliktual tentu saja mengakibatkan kerugian besar dan memberi kontribusi buruk terhadap sejarah peradaban manusia oleh karena itu pola kooperatif seringkali menjadi pilihan suatu negara dalam berhubungan dengan negara lainnya. Belitung . Salah satu bentuk usaha untuk membina pola kooperatif ini adalah dengan apa yang kita kenal dengan diplomasi. Program Indonesia Canada Youth Exchange Program (ICYEP) adalah salah satu dari program pertukaran pemuda yang diikuti oleh duta dari masingmasing provinsi yang ada di Indonesia. Untuk memaksimalkan usaha diplomasi maka diperlukan kekuatan-kekuatan dalam bentuk soft power yang merupakan kekuatan pencitraan positif suatu negara terhadap negara lainnya melalui ajakan.PROGRAM PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA INDONESIA KANADA (INDONESIA-CANADA YOUTH EXCHANGE PROGRAM) I. (0719) 23225 Sebagai duta dari Provinsi Kep. Bangka Belitung melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 188.44/18/DISPORA/2011 Tanggal 27 April 2011 tentang Penetapan Calon Peserta yang Dinyatakan Lulus Seleksi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2011 (surat terlampir). seruan. telah memilih: Nama Alamat 33411 Telp. Latar Belakang Dalam kehidupan antar negara seringkali tercipta hubungan-hubungan yang berpola kooperatif ataupun konfliktual. Provinsi Kep. Untuk tahun 2011. pemberian bantuan ataupun juga kunjungan-kunjungan.

kreativitas dan rasa nasionalisme d.1 Tahap Penyeleksian Pada program ini terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para calon peserta. 2. Tujuan Program 2. Meningkatkan hubungan persahabatan dan pemahaman satu sama lain antara Indonesia dan Malaysia terutama generasi muda. Menguatkan mengenai komunitas pendidikan. pelestarian lingkungan a. Menanamkan rasa bangga sebagai putra/i Indonesia. II.1 Tujuan Umum a. III. kebiasaan. e. Memberi kesempatan pada generasi muda Indonesia dan Canada untuk memperkenalkan dan saling bertukar pengetahuan mengenai budaya. penguasaan . Meningkatkan dan menguatkan hubungan bilateral dalam pembangunan.2 Tujuan Khusus aktivitas generasi muda. c. Deskripsi Program 3. sosial – ekonomi. Meningkatkan aktivitas generasi muda dengan menambahkan nilai kemandirian. c.ICYEP ini. terutama generasi muda melalui aktivitas dan kesehatan. b. yaitu tahap-tahap seleksi yang berkisar tentang kemampuan berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. dan kecepatan pertumbuhan kedua negara tersebut. Memberikan pandangan dan ide yang baru untuk mengembangkan kewiraswastaan. d. b. Memperluas cakrawala pandangan. Mempertinggi rasa tanggung jawab dalam bertindak.

2. selanjutnya peserta diharuskan untuk mengikuti fase training sebelum akhirnya berangkat ke negara tujuan guna mempersiapkan segala sesuatunya selama lebih kurang tiga minggu. interaksi dengan penduduk sekitar memerlukan barang-barang kerajinan khas Kep. kegiatan-kegiatan yang dilakukan sangat mirip dengan Fase Kanada hanya saja untuk fase ini baik participants Indonesia (25 orang dari 25 . Biasanya pada kegiatan ini bentuk-bentuk gift/souvenir berupa lambang propinsi maupun kerajinan khas dari provinsi Kep. dan juga akan dilakukan medical check up (pemeriksaan kesehatan) di Jakarta selama kurang lebih 1 minggu.2 Fase Indonesia: Pada fase Indonesia. untuk mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat kebudayaan Indonesia. C. 3. serta hal-hal yang berhubungan dengan seni dan budaya. Biasanya di rumah orang tua asuh. Bangka Belitung sangat dibutuhkan karena barang-barang tersebut akan ditukarkan dengan tempat atau negera yang dikunjungi. potensi dan permasalahan Kep. Bangka Belitung. wawasan mengenai INDONESIA dan KANADA. Tahapan berikutnya adalah pembuatan makalah yang merupakan syarat kelulusan bagi peserta program yang dinilai di pusat (Jakarta). sikap dan kepribadian.terhadap local issues.1 Fase Kanada: A. Institutional Visit atau kunjungan ke instansi-instansi. Courtessy Calls atau kunjungan yang kehormatan plakat ke atau Presiden/Wakil vandel atau Presiden/Perdana Menteri di negara-negara tujuan. 3. Bangka Belitung dapat berlangsung dengan baik. Homestay Program in Foster Family dimana para peserta ditempatkan dan kebudayaan setempat serta untuk memperkenalkan dirumah orang tua angkat (host-parents). Bangka Belitung maupun alat-alat musik tradisional dan pakaian daerah sehingga kegiatan promosi mengenai kebudayaan yang ada di Provinsi Kep.2. B.2 Kegiatan Kegiatan selama program ini meliputi : 3.

3. Fase Indonesia : Januari 2012 – Maret 2012 Pembiayaan Kegiatan 4. Akomodasi selama pelatihan di Jakarta 3. 3 Bulan di Indonesia termasuk masa training nasional di Jakarta selama dua minggu sebelum keberangkatan.II/VIII/2010 tentang pembiayaan adalah sebagai berikut: Yang ditanggung Menpora: 1. Biaya pengurusan Paspor di Propinsi masing-masing 2.18 September 2011 • Fase Kanada :19 September 2011 – akhir Desember 2011 • IV. Biaya pengurusan sertifikat TOEFL/TOEFL-like 4.1 Biaya yang Dibutuhkan: Berdasarkan surat edaran dari Kementrian Pemuda dan Olahraga nomor 0480/MENPORA/D. Biaya perjalanan menuju Jakarta 6. Waktu Kegiatan Program berlangsung selama kurang lebih 7 Bulan.3. Sampai saat ini jadwal tentative adalah: • Training : 4 September 2011 . Akomodasi selama program. Fiskal dan Airport Tax 2. Pakaian adat daerah masing-masing . Biaya asuransi kesehatan 5. Perjalanan pulang ke daerah pasca program Yang ditanggung oleh masing-masing peserta: 1. 3 Bulan di Canada . Biaya Visa. Biaya pemeriksaan kesehatan (medical check-up) 3. 4.Provinsi) maupun participants Kanada (± 25 orang) melakukan kegiatan di salah satu daerah di Indonesia (biasanya di daerah pedesaan) untuk membantu membangun komunitas (community development) di daerah tsb.

1. Bahan informasi daerah masing-masing (pariwisata. obat-obatan. 5. 4. Sosialisasi produk sponsor kepada peserta program ICYEP 2011 dari provinsi lain. kaset. souvenir. Skema sponsorship lain dapat juga diterapkan. Kelengkapan pribadi: Baju. tas. Dokumentasi pemakaian lainnya produk dapat sponsor diatur pada acara-acara dengan dalam rangkaian program ICYEP 2011 *Kontraprestasi sesuai kesepakatan .dsb. leaflet/barang cetakan. Souvenir : 1 Buah untuk dikumpulkan kontingen (sebagai souvenir kenegaraan) 10 Buah untuk orang tua angkat sewaktu home-stay 10 Buah Souvenir untuk tempat kunjungan sewaktu Institutional Visit Souvenir untuk sesama peserta (untuk diketahui jumlah peserta 25 peserta Indonesia dan 25 peserta Kanada) 9. Inggris atau Jepang 8. sesuai dengan kesepakatan dengan pihak sponsor.dsb) dalam bentuk film. Kontrapretasi Kontraprestasi yang diberikan peserta untuk para sponsor adalah : 1. Penyebutan nama-nama sponsor dalam Laporan Kegiatan 3. dsb 4. sepatu. bahan-bahan presentasi). Sponsorship Dukungan sponsorship yang diharapkan dapat berupa uang tunai atau produk (misalnya untuk pakaian daerah.7. keunggulan daerah. VCD.2. berbahasa Indonesia. Rencana Anggaran Biaya Terlampir V. Laporan Kegiatan ICYEP 2011 2.

Home stay b. Bangka Belitung: Akan digunakan dalam acara: a. Akan diberikan sebagai cindera mata 5. Pakaian Batik Pria / Wanita Akan dikenakan dalam acara: a. Perlengkapan Kerajinan Provinsi Kep. Institutional Visit dan Courtesy Call di Canada dan Indonesia b. Culture show/exhibition 6. Jamu Tradisional dan Obat – obatan Indonesia Akan diberikan sebagai cindera mata 7. Pakaian Tari Melayu Akan dikenakan dalam acara: a. dengan ketentuan sebagai . Leaflet dan Poster Jika perusahaan/instansi menghendaki. peserta dapat menyebarkan leaflet dan poster pada setiap kesempatan. Handycraft/Souvenir Akan digunakan dalam acara: a. Courtesy Call dan Homestay Program in Foster Family c. Institutional Visit.bersama. Pakaian adat Provinsi Kep. Culture show di Canada b. Penawaran Media Sponsor 1. Akan diberikan sebagai cindera mata 4. Culture Show di Canada dan Indonesia 2. 5.2. Culture show di Canada dan Indonesia 3. Bangka Belitung Akan dikenakan dalam acara: a. Makanan.

yaitu paling lambat tanggal 30 Maret 2012. Atas perhatian.berikut: a. bantuan dan kerjasamanya. Tanjungpandan. 20 Juni 2011 Syarifah Amelia Perwakilan Provinsi Bangka Belitung Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada 2011 .Rp. 200. doa restu. 1.000. dan rekreasi oleh peserta program kontingen Indonesia @Rp..Rp. untuk suksesnya putera/i daerah Provinsi Kep. paling lambat 1 (satu) bulan setelah selesainya total seluruh rangkaian kegiatan. beserta peserta dari propinsi lain. Bangka Belitung dalam mewakili Republik Indonesia. dukungan.…………………………. 50.100 lembar leaflet b. dalam program Pertukaran Pemuda Indonesia Canada. T-Shirt Dikenakan pada saat-saat tertentu seperti acara santai.000. olah raga.000.- VI. Penutup Demikian proposal ini kami ajukan dengan harapan untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. VII. Pertanggungjawaban Peserta akan menyampaikan laporan tertulis mengenai kegiatan ICYEP 2011 kepada para sponsor. kami sampaikan ucapan terimakasih.Rp.000.500. 500.100 lembar poster 8.

RINCIAN BIAYA YANG DIPERLUKAN (DELEGASI PROV. BANGKA BELITUNG UNTUK PERTUKARAN PEMUDA INDONESIAKANADA) .

000.000. • Dokumentasi Rp.000.932.575. TOTAL 29.00 selama program 3. 15.00) Jakarta-Pangkalpinang pp (2 x @ Rp.00 • • 8.000. 2.00 Rp. 750.000. 250.00 Rp. 750.000. 5.000. 1.000.00 Rp.000. 2.000.000.00 Rp.00 x 105 hari 5.500. 1. 7.00 Rp.00 Rp. 250.000. 2.000.00 Jakarta (bulan Juli) Biaya cadangan kesehatan (Asuransi kesehatan) Rp. 100.00 timah Foster Family (10 x @ Rp.000. 1.250. 1.750.000.000.000.000.000.000.000.00 Rp.000.00 4. Souvenir (diperuntukkan): • Kenegaraan (untuk pemerintah Kanada) Plakat Rp.507. 750.15.750.00) Plakat Peserta program (25 peserta Indonesia & 25 peserta kanada) (50 x @ Rp.00) Kain cual Kunjungan institusi (10 x @ Rp. 800. Biaya Kesehatan: KETERANGAN Pembuatan Passport JUMLAH Rp 350.00 • • Pemeriksaan kesehatan ( medical check up ) di Rp. 2.000.00 Rp.00) 6.00 : Canadian $10 ($1=Rp.N O 1.00 Rp. 200. 250. Biaya Hidup: • Kanada • Indonesia : Rp. 1.000.000.00) Gantungan kunci Pewter timah Rp.00 Rp. Pakaian: • • • • • Pakaian formal kenegaraan Baju Cual Pakaian adat untuk penampilan budaya Batik Pakaian untuk fall dan winter Rp.000.000.00 .9.055) x 105 hari Rp. Transportasi lokal: • • Bandung-Jakarta pp (4 x @Rp.000. 9. 200.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->