You are on page 1of 14

PROPOSAL USAHA PUDING JAGUNG

DISUSUN OLEH : KOPAT PRODUCTION 2011

Jagung . tampilan menarik. padi/beras). Puding jagung sangat baik untuk pencernaan dan mengenyangkan. Jagung merupakan salah makan pokok bangsa indonesia disamping makanan pokok yang lain (sagu. mudah didapat. salah satunya adalah makanan.LATAR BELAKANG Gaya hidup manusia jaman sekarang menyukai segala sesuatu instan. Sehingga baik dikonsumsi. Dengan demikian.sweet corn (Zea mays L. Namun sebagian orang sempat untuk memenuhi dan menyiapkan kebutuhan serat sehingga dibutuhkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. kami tertarik membuat makanan berbahan dasar jagung dengan rasa yang disukai. Hal ini dapat berakibat tidak baik bagi pencernaan karena makanan tersebut tidak mengandung serat dan tidak memiliki zat essesial terhadap nutrisi. dan harga yang terjangkau. Kelebihan dari tanaman ini adalah bergizi. Kebutuhan serat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. murah.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting. dan mudah diolah menjadikan jagung sebagai alternatif bahan pembuat makanan. Salah satunya adalah puding. .

kandungan . Sebagian besar berada pada endospermium.38 mg Air : 12 gr Manfaat jagung  Manfaat jagung bagi kesehatan meliputi pengendalian diabetes. Pada jagung ketan.9 gr Karbohidrat : 73. tetapi merupakan sumber yang kaya vitamin A. Afrika dll. B. Tidak hanya menyediakan kalori yang diperlukan untuk metabolisme sehari-hari.SEKILAS INFO Tentang Jagung Kandungan gizi jagung Biji jagung kaya akan karbohidrat. sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. pencegahan penyakit jantung. Jagung atau tepung jagung merupakan salah satu dari sereal paling populer di dunia dan membentuk makanan pokok di banyak negara termasuk Amerika Serikat.7 gr Kalsium : 10 mg Fosfor : 256 mg Ferrum : 2.2 gr Lemak : 3. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.4 mg Vitamin A : 510 SI Vitamin B1 : 0. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. menurunkan hipertensi dan pencegahan cacat tabung syaraf-saat lahir. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. E dan banyak mineral. Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah :           Kalori : 355 Kalori Protein : 9. tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan.

penting untuk pemeliharaan visi yang baik dan kulit. Kernel jagung kaya akan vitamin E. Ini membantu dalam mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Jagung merupakan sumber yang kaya akan senyawa fenolik asam ferulic. proses memasak dapat meningkatkan zat antioksidan dalam jagung manis. Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 grams.  Sumber yang Kaya Vitamin: Jagung kaya akan vitamin B. salah satu yang tertinggi di sereal. Jagung menyediakan potongan besar dari kebutuhan folat sehari-hari.serat tinggi dengan memastikan bahwa berperan dalam pencegahan penyakit pencernaan seperti sembelit dan wasir serta kanker kolorektal. Magnesium diperlukan untuk mempertahankan denyut jantung normal dan untuk kekuatan tulang.4% dari jumlah harian yang disarankan. Bahkan. memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit kronis.  Mengandung Mineral yang Diperlukan: Jagung selain mengandung banyak fosfor dan magnesium. Kekurangan Niacin bisa menyebabkan pellagra. antioksidan alami penting untuk pertumbuhan. seng. Juga. jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Jagung juga merupakan sumber yang baik untuk asam pantotenat yang merupakan vitamin yang diperlukan untuk karbohidrat serta protein dan metabolisme lemak dalam tubuh. Fosfor sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan normal. khususnya Thiamin dan Niacin. penyakit yang ditandai dengan diare. besi dan tembaga.  Pencegahan Kanker Usus dan Wasir: Kandungan serat dari satu cangkir jagung adalah 18. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan jagung:  Sumber yang Kaya Kalori: Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan merupakan makanan pokok bagi banyak penduduk.  Manfaat kesehatan jagung yang ditawarkan oleh adanya kualitas nutrisi di dalamnya. jagung kuning merupakan sumber yang kaya beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh. menjadi kaya phytochemical. demensia dan dermatitis dan umumnya diamati pada orang kekurangan gizi. Serta mengandung mineral seperti selenium. serta menurunkan resiko kanker usus. agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi .  Sifat antioksidan Jagung: Menurut studi yang dilakukan di Cornell University. kesehatan tulang dan fungsi ginjal normal. Antioksidan hadir di jagung juga bertindak sebagai agen anti-kanker dan mencegah Alzheimer. mangan. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mengakibatkan kelahiran bayi kurus dan juga dapat mengakibatkan cacat neural tube pada saat lahir. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif.

ditemukan dalam jagung ungu juga bertindak sebagai pemulung penyebab kanker radikal bebas.tumor pada kanker payudara dan kanker hati.  Melindungi Jantung: Menurut para peneliti.  Mencegah Anemia: vitamin B12 dan asam folat yang terdapat dalam jagung mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Perlindungan terhadap Diabetes dan Hipertensi: Konsumsi jagung membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif terhadap penyakit tekanan darah tinggi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Anthocyanin. konsumsi minyak kulit jagung menurunkan kolesterol LDL plasma dengan mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh. Makanan yang banyak mengandung jagung dapat mengusir pergi penyakit dan melindungi terhadap banyak penyakit. Produk jagung dapat digunakan untuk menggantikan produk-produk minyak bumi karsinogenik yang merupakan komponen utama dari bahan kosmetik. Jagung merupakan sumber yang kaya akan nutrisi penting dan serat.  Menurunkan Kolesterol Jahat: Menurut Jurnal Biokimia Nutrisi. sehingga mencegah risiko penyakit jantung.  Manfaat Kosmetik: Tepung Jagung digunakan dalam pembuatan berbagai kosmetik dan mungkin juga dioleskan untuk menenangkan ruam kulit dan iritasi. Tentang Agar-agar . minyak jagung telah menunjukkan efek anti aterogenik pada tingkat kolesterol.

STRUKTUR ORGANISASI Ketua Sekretaris Bendahara Divisi Produksi : Dimas Agung Setyo N. Amini Purwantari Divisi Marketing . Desy Arisandi : Yunia Tri P. : Dyah Wardani : Arifka Uli Nur H. Listyanti Aninda Mutiara Sembiring Al Ana : Nandia Septiyorini Wahyu Subekti Mustika Pandu K.

PUDING JAGUNG .

. Menawarkan variasi olahan yang menyehatkan berbahan dasar agar-agar dan jagung kepada masyarakat. Membuka peluang dan menambah pengalaman dalam berwirausaha b. Tujuan khusus : a.TUJUAN USAHA Tujuan Umum : Mengembangkan dan memanfaatkan peluang usaha berbahan dasar agar-agar dan jagung sebagai olahan yang bergizi tinggi.

. Situasi pesaing Banyaknya produk makanan lain yang di kantin ataupun yang dijual oleh mahasiswa.ANALISA PASAR a. Situasi Pasar Jadwal kuliah yang padat kadang menyulutkan para mahasiswa untuk membeli makanan di kantin. sehingga pudding yang kami jual bisa menjadi alternative untuk mengganjal perut. sehingga kemungkinan besar produk kami dapat diterima di lingkungan FK UGM c. Target pasar Mahasiswa di lingkungan PSIK FK UGM b. Positioning Di sekitar kampus FK UGM belum terdapat pudding yang berbahan dasar jagung. d.

simpulkan 1 ½ bungkus (10 g) agar-agar bubuk warna putih 200 g jagung manis segar. pipili biji jagungnya.ALAT DAN BAHAN Alat : Panci Teflon Blander Pisau Parutankelapa Mangkuk Pengaduk Cup agar-agar Sendok cup agar-agar Bahan puding : 800 ml santan dari 1 butir kelapa parut 100 g gula pasir 50 g susu bubuk 1/2 sdt garam 1 lembar daun pandan. pipili biji jagungnya. Diamkan hingga mengeras. Tuang ke dalam cup.femina. Jaga jangan sampai santan pecah. haluskan 50 g gula pasir 150 ml air 1 sdt tepung maizena.  Simpan dalam lemari pendingin hingga sesaat akan disajikan. daun pandan. larutkan ke dalam 1 sdm air matang Cara membuat :  Rebus santan bersama gula pasir.id) .co. masak sambil aduk perlahan hingga mendidih.  Masukkan jagung manis. susu bubuk. memarkan Saus jagung. dan agar-agar bubuk. (sumber : www. ratakan. garam. siram dengan saus. sambil aduk terus hingga mendidih. masak hingga mengental: 100 g jagung manis segar.

00 Rp 100.00 Rp.00 Rp 500.500.500.00 .BIAYA PRODUKSI Puding : 1.00 Rp. 500.00 Rp 1.00 Rp 100.00 Rp 3.000.00 Rp 2.500.000.00 Rp 2.000.00 Rp.000.00 Rp 2. 2.5sdt maizena 1sdt garam Bahanlainnya: Gas Cup Agar-Agar Sendok cup agar-agar Rp 2.500.5bks Agar-agar 1 ltsantan 40 gr Susu 1 bhJagungManis 150 gr gulapasir 1 sdtgaram DaunPandan Saus: 1 bh Jagung 200 ml air 1.00 Rp100.00 Rp 2.500. 1.

Simanjutak. b. Sasaran usaha Pudding jagung ini adalah mahasiswa PSIK UGM. Jalan C. Rencana produksi tiap minggu 150 cup. Lokasi usaha Kampus PSIK FK UGM. Kos Sandita dan Kos Ayu c.RENCANA USAHA a. e. Lama usaha berkisar sekitar 5 minggu efektif. kemudian pembeli diminta kritik dan sarannya untuk perbaikan. Metode Pemasaran Metode jual keliling dan menitipkan di kos d. Tempat Produksi Kos Pak Bambang. Strategi Pemasaran Uji kelayakan produk dengan menyediakan tester. Gang Abiyoso .

000 : 12 = Rp.000 . 300. 25.PENDANAAN Sumber dana yang digunakan dalam usaha ini diperoleh dari iuran anggota kelompok (swadana). 25. 2000 = 15 x Rp. 2000.000 . sehingga masing-masing anggota mendapat laba Rp. Setiap anggota kelompok membayar iuran sebanyak Rp. 20. 300.000 = Rp. Taksiran Keuntungan Rencana jumlah produksi selama 3 minggu adalah 300 cup cup. Tafsiran hasil penjualan selama 3 minggu Tafsiran biaya produksi selama 3 minggu Keuntungan Metode pembagian laba yang digunakan dalam usaha ini adalah dengan perbandingan sama rata. Harga jual tiap cup puding jagung yang dibuat adalah Rp. 600. 300. sehingga modal awal yang didapatkan sebesar Rp.000.000 = Rp.000 = 300 x Rp.

ANALISIS SWOT DAN TIMELINE ANALISIS SWOT Sumber dana yang digunakan dalam usaha ini diperoleh dari iuran anggota kelompok (swadana). sehingga Harga jual tiap cup puding jagung yang dibuat adalah Rp. TIMELINE TIMELINE (BULAN SEPTEMBER . . modal awal yang didapatkan sebesar Rp.OKTOBER) = 00 x Rp. : 12 = Rp. 2000. = Rp.000. sehingga masing-masing anggota mendapat Rp. Senin Minggu I Minggu II Minggu III 19 26 3 Selasa 20 27 4 Rabu 21 28 5 Kamis 22 29 6 Jum'at 23 30 7 Sabtu 24 1 8 Minggu 25 2 9 Keterangan: pelaksanaan penjualan tidak melaksanakan penjualan . Tafsiran hasil penjualan selama 1 minggu Tafsiran biaya produksi selama 1 minggu Keuntungan Metode pembagian laba yang digunakan dalam usaha ini adalah dengan perbandingan sama rata. Setiap anggota kelompok membayar iuran sebanyak Rp. 1. . 2000 = Rp. Taksiran Keuntungan Rencana jumlah produksi selama 1 minggu adalah 00 cup.000 = 25 x Rp.