You are on page 1of 20

Kelompok 1 Ahmad Barrun Nidhom Endivia Rizki M.

Indah Kusuma Wardani Puspitasari

102010101045 102010101046 102010101048 102010101050

Pembahasan : 1. Makna islam (secara etimologi, terminologi, syar’I atau menurut sabda nabi) 2. Karakter islam sebagai agama fitrah dan tauhid (apa fitrah, bagaimana mempertahankan fitrah, pengertian tauhid dan macamnya) 3. Karakter islam sebagai agama rasional an paling sempurna (peran akal dan wahyu dalam islam dan berbagai bukti kesempurnaan islam)

MAKNA ISLAM
• Secara etimologis (asal-usul kata, ughawi) kata “Islam” berasal dari bahasa Arab: salima yang artinya selamat. Dari kata itu terbentuk aslama yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh.

maknawi) dapat dikatakan.• Secara terminologis (istilah. di mana pun dan kapan pun. yang ajarannya meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Islam adalah agama wahyu berintikan tauhid atau keesaan Tuhan yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw sebagai utusan-Nya yang terakhir dan berlaku bagi seluruh manusia. .

bakat. di antaranya Asy-Syarif Ali bin Ahmad al-Jurjani. ada beberapa pendapat yang mendefinisikan fitrah. kemuliaan. • menurut istilah. kata fitrah berasal dari bahasa Arab (bentuk qi-yasan mashdar dari kata fathara-yafthuru-fathran). atau agama yang benar. kesucian. asal kejadian. Yang semuanya disandarkan kepada manusia.KARAKTER ISLAM SEBAGAI AGAMA YANG FITRAH • Secara bahasa. artinya sifat. sebuah karakter yang senang dalam menerima agama .

Allah berfirman dalam Surah An-Najm 3-4 yang artinya “Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya ucapan itu tiada lain hanyalah wahyu yg diwahyukan .” .KARAKTERISTIK ISLAM SEBAGAI AGAMA FITRAH • Robbaniyyah Artinya bahwa Islam merupakan agama yang bersumber dari Allah Swt bukan dari manusia sedangkan Nabi Muhammad Saw tidak membuat agama ini tapi beliau hanya menyampaikannya.

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yg berbuat kerusakan . Allah berfirman dalam Surah Al-Qashash 77 yang artinya “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan bahagianmu di dunia dan berbuat baikklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi ini.• Insaniyyah Islam merupakan agama yang diturunkan untuk manusia karena itu Islam merupakan satusatunya agama yang cocok dengan fitrah manusia.” .

” . Allah berfirman dalam Surah An-Nahl 89 yang artinya “Dan Kami turunkan kepadamu al kitab untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.• Syumuliyah Islam merupakan agama yang lengkap tidak hanya mengutamakan satu aspek lalu mengabaikan aspek lainnya.

Islam dapat diamalkan oleh manusia meskipun mereka berbeda latar belakang.• Al Waqi’iyyah Islam merupakan agama yang dapat diamalkan oleh manusia atau dengan kata lain dapat direalisir dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu Islam sendiri tidak bertentangan dengan realitas perkembangan zaman .

.• Al Wasathiyah Allah Swt menyebutkan bahwa umat Islam adalah ummatan wasathan umat yang seimbang dalam beramal baik yang menyangkut pemenuhan terhadap kebutuhan jasmani dan akal pikiran maupun kebutuhan rohani.

• Al Wudhuh (Jelas) Dalam masalah aqidah konsep Islam begitu jelas sehingga dengan aqidah yang mantap seorang muslim menjadi terikat pada ketentuan-ketentuan Allah dan Rasul-Nya. Konsep syari’ah atau hukumnya juga jelas sehingga umat Islam dapat melaksanakan peribadatan dengan baik dan mampu membedakan antara yang haq dengan yang bathil begitulah seterusnya dalam ajaran Islam yang serba jelas apalagi pelaksanaannya dicontohkan oleh Rasulullah Saw. .

• Al Jam’u Baina Ats Tsabat wa Al Murunnah Di dalam Islam tergabung juga ajaran yang permanen dan yang fleksibel . Prinsip Islam tidak akan pernah mengalami perubahan namun dalam pelaksanaannya bisa saja disesuaikan dengan situasi dan konsidinya . Yang dimaksud dengan permanen adalah hal-hal yang tidak bisa diganggu gugat misalnya shalat lima waktu yang mesti dikerjakan tapi dalam melaksanakannya ada ketentuan yang bisa fleksibel misalnya bila seorang muslim sakit dia bisa shalat dengan duduk.

Di sana sebelum kita menjadi janin yang diletakkan di dalam rahim ibu kita dan ditiupkan ruh.CARA MEMPERTAHANKAN FITRAH • Muraqabah : Jiwa yang selalu merasa diawasi oleh Allah SWT sehingga ia selalu takut berbuat segala sesuatu yang menimbulkan kemarahannya • Mu’ahadah : Mengingat dan mengokohkan kembali perjanjian kita dengan Allah SWT di alam ruh. kita sudah dimintai kesaksian oleh Allah .

menjauhi segala yang dilarang Allah dan mengerjakan apa saja yang diperintahkan-Nya .• Muhasabah (evaluasi) : Jiwa yang selalu memperhitungkan dan mempertimbangkan segala amalannya dalam perspektif kehidupan akhirat • Mua’qabah : jiwa yang selalu menghukum dirinya apabila terlanjur khilaf berbuat Maksiyat (salah) • Mujahadah : Jiwa yang selalu sungguh-sungguh dalam beramal ibadah. Mujahadah adalah upaya keras untuk bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah kepada Allah.

• Allah Subhanahu wata’ala berfirman. agar manusia dan jin mengesakan Allah Subhanahu wata’ala dalam beribadah dan mengkhususkan kepadaNya dalam berdo’a. . "Dan Aku (Allah) tidah menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu." (AdzDzaariyaat: 56).KARAKTER ISLAM SEBAGAI AGAMA TAUHID • Tauhid adalah mengesakan Allah Subhanahu wata’ala dengan beribadah kepadaNya semata. Maksudnya.

Tauhid Rububiyah Tauhid Rububiyah adalah pengakuan bahwa sesungguhnya Allah Subhanahu wata’ala adalah Tuhan dan Maha Pencipta 2.MACAM – MACAM TAUHID • Tauhid berdasarkan Al-Qur’anul Karim ada tiga macam. Tauhid Asma’Wa Shifat Tauhid Asma’Wa Shifat adalah beriman terhadap segala apa yang terkandung dalam Al-Qur’anul Karim dan hadits shahih tentang sifat-sifat Allah yang berasal dari penyifatan Allah atas DzatNya atau penyifatan Rasulullah Subhanahu Wata’ala . Tauhid Uluhiyah Tauhid Uluhiyah ialah mengesakan Allah Subhanahu wata’ala dengan melakukan berbagai macam ibadah yang disyari’atkan 3. yaitu : 1.

yang bathil dan yang haq. dan kata Ibn Taimiyah. Ia dapat mengetahui perbedaan perbuatan buruk dan baik. .PERAN AKAL & WAHYU DALAM ISLAM • Akal secara fitrahnya juga sudah tersetting untuk mendeskripsikan tentang kebenaran. • Maka disinilah urgensi Wahyu. cinta dan benci. kebohongan dan kebenaran. sebab manusia tidak hanya perlu mengetahui hakikat kebenaran namun juga perlu ditunjukan jalan atas kebenaran itu sendiri.

kedudukan. Tak ada yang lain.BUKTI KESEMPURNAAN ISLAM • Di antara bukti kesempurnaan Islam adalah. apalagi jenis kelamin! . bahwa hanya kualitas ketakwaanlah yang patut menjadi barometer kemuliaan seseorang di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Islam memandang. ketampanan. bagaimana ia mengagungkan kaum wanita dan menempatkannya dalam posisi dan derajat yang sangat mulia. Bukan kekayaan.

mensubordinasi. . Wanita adalah saudara. sebagai makhluk yang mulia dan sebagai khalifahNya di muka bumi. lelaki dan wanita. Seperti. dan sahabat sejati yang menemani dalam menciptakan hari-hari bahagia dan penuh kesuksesan. Padahal dalam pandangan Islam. dan memandang sebelah mata posisi wanita dalam kehidupannya dengan justifikasi dalil agama. Ia diciptakan dalam sebaik-baik ciptaan. mitra. sikap sebagian mereka yang menzhalimi. sesungguhnya wanita adalah sama mulianya dengan pria. Namun sayang. kadang manusia sendiri yang merendahkan martabatnya dan melecehkan kedudukannya.• Allah menciptakan manusia.

. Islam pada hakkatnya membawa ajaran ajaran yang bukan hanya mengenai satu segi. Inti dari semuanya adalah fitrah dan tauhid itu sendiri. Ajaran islam itu sendiri bersumber pada Al Quran dan hadits yang disampaikan oleh Nabi besar Muhammad Saw.KESIMPULAN • Islam adalah agama yang paling murni diantara agama agama yang lain. Dari islamlah semua bersumber. tetapi mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia. Sehingga pengembangan ilmu islam oleh para ulama dapat sampai hari ini menjadi pegangan muslim di dunia.

.Wassalamu’alaikum wr.wb.