You are on page 1of 10

PEMERINTAH KOTA BOGOR DISDIK PORA KOTA BOGOR

Jalan Raya Pajajaran No. 125. Telp/Fax (0251) Bogor

RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL (RKM)

DISUSUN

…………………………… PENGAWAS SEKOLAH KOTA BOGOR

PEMERINTAH KOTA BOGOR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA TAHUN 2010/2011

4. Pembinaan. Terwujudnya sistem informasi manajemen (SIM) yang handal dengan menyediakan fasilitas informasi yang efisien. C. Supervisi (pembinaan dan penilaian) dengan menggunakan Monitoring dan evaluasi (pemantauan) untuk. 2.RKM 1 1. tranparan. bertahap. dan pemantauan secara berkala dan perencanaan program yang sistematis. Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) : 1. 3. RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( R KM ) A. dan akomodatif sehingga terjadi iklim kondusif penuh kekeluargaan dengan semangat kerja yang tinggi 5. tingkat pencapaian program yang telah direncanakan. 3. Indikator Keberhasilan : 1. mengetahui instrumen supervisi manajerial standar pengelolaan. kolaboratif. Terwujudnya kepemimpinan sekolah yang adil. demokratis. terpadu dan . efektif dan mudah diakses sehingga mendukung kegiatan manajerial dan akademik. dan berkelanjutan untuk mencapai visi dan misi satuan pendidikan. Tujuan : Membantu kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas manajemen (pengelolaan) dan administrasi pendidikan agar lebih efektif. Tersusunnya berkesinambungan. B. Terwujudnya pelaksanaan rencana kerja yang efektif dan efisien dengan memberdayakan semua sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan. D. penilaian. Terciptanya sistem pengawasan yang efektif dan bertanggung jawab dalam rangka meningkatkan mutu dan memperbaiki kinerja. efisien. 2. komprehensif. terus menerus. dalam pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan secara keseluruhan. Aspek / Masalah : Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

sejauh Pertemuan Akhir (Supervisi) Pengawas melaksanakan supervisi ke sekolah binaan yang mencakup aspek penilaian dan pembinaan bagi masing-masing bidang manajemen standar nasional pendidikan menyusun rencana kegiatan dan pelaksanaan kegiatan mana hasil kegiatan masing-masing bidang . a. kegiatan sosialisasi. Pertemuan Inti (Implementasi. d. c. monitoring dan evaluasi) Masing-masing tim penanggung jawab bidang sesuai Pengawas melaksanakan monitoring dan evaluasi. a. c. Skenario Kegiatan : a. pendidik. Materi sosialisasi Perencanaan program Pelaksanaan rencana kerja meliputi : Pedoman sekolah Struktur organisasi sekolah Pelaksanaan kegiatn sekolah Bidang kesiswaan Bidang kurikulum dan pembelajaran Bidang pendidik dan tenaga kependidkan Bidang sarana dan prasarana Bidang keuangan dan pembiayaan Bidang budaya dan lingkungan sekolah Bidang peran serta masyarakat dan kemitraan sekolah Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam Pertemuan Awal (Koordinasi dan sosialisasi) Melaksanakan koordinasi dengan seluruh warga sekolah untuk menyususn rencana kegiatan sosialisasi yang terkait dengan manajemen 3) Pengawasan dan evaluasi 4) Kepemimpinan sekolah 5) Sistem informasi manajemen b. satuan pendidikan. b. b. dan tenaga kependidikan yang terkait. 1) 2) • • • • • • • • • • Melaksanakan sosialisasi dengan melibatkan komite sekolah. a.E.

dan supervisi sebagai refleksi serta menjadi acuan untuk tahun berikutnya. .. Rencana Tindak Lanjut 1.... H... Penilaian dan Instrumen : 1. Pengawas SMA/SMP Kota Bogor Masing-masing tim segera melaksanakan kegiatan perencanaan dan pelaksanaan sesuai bidangnya.. 5. Merencanakan untuk mengadakan Pada akhir tahun pelajaran bersama Pengawas menyampaikan hasil koordinasi dan evaluasi setelah perencanaan program selesai disusun. monitoring serta evaluasi G. Penilaian : Instrumen : Instrmen monitoring dan evaluasi Instrumen supervisi manajerial standar pengelolaan Penilaian sudah termasuk dalam instrumen supervsi. Sumber Daya yang Diperlukan : 1.. Bogor .. Instrumen supervisi manajerial standar pengelolaan dan instrumen tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.. F. evaluasi.. d.... evaluasi...... berikutnya. dan supervisi sebagai refleksi serta menjadi acuan untuk tahun ... 2. b....b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2007. Pada akhir tahun pelajaran bersama wagra sekolah mengadakan koordinasi dan evaluasi akhir tahun pelajaran. 2. 3. wagra sekolah/madrasah mengadakan koordinasi dan evaluasi akhir tahun pelajaran. c. Pengawas menyampaikan hasil monitoring. monitoring.. Instrumen yang digunakan sesuai dengan masing-masing Refleksi dan tindak lanjut bidang yang mengacu pada standar nasional pendidikan. 4.. 2..

dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pencapaian standar nasional pendidikan serta membantu mempersiapkan akreditasi sekolah/madrasah C.. d.. dan terprogram........... Indikator Keberhasilan : 1........ B. Tujuan : Membantu kepala sekolah.. bertahap.. Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) : 1.... 2.......... Aspek / Masalah : Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah........ sehingga tidak perlu terjadi kegiatan lembur menjelang akreditasi 4...... sesuai masa berlakunya (5 tahun) D.. 3. 2....... pendidik.. berkesimambungan.... a.. Tercapainya target standar nasional pendidikan (8 standar) dari seluruh SMA binaan minimal : 25 % telah memenuhi 8 standar 25 % telah memenuhi 6 standar 25% telah memenuhi 4 standar 25% telah memenuhi 2 standar Sistem pengelolaan satuan pendidikan dalam Terbentuknya 8 tim teknis permanen di satuan pendidikan yang bertanggung jawab terhadap masing-masing standar nasional memenuhi 8 standar nasional pendidikan berjalan secara sistematis.. 2....... RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL ( R KM ) A.......... Presentasi dan workshop Monitoring dan evaluasi Meningkatnya nilai dan/atau peringkat akreditasi untuk masing-masing sekolah/madrasah setiap dilaksanakan akreditasi ulang . .. c... b.. R K M 2 NIP.. pendidikan.

satu tim beranggotakan antara 3 – 5 orang menyesuaikan dengan tugas tambahan masing-masing. . pendidik. Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan sosialisasi. Nomor 41 / 2007 c. 24. dan Teknik Skoring (TS) oleh masingmasing tim sebagai bentuk evaluasi diri. presentasi. Nomor 12. E. Pertemuan Inti a. Nomor 20 / 2007 Melaksanakan simulasi kegiatan visitasi F. Instrumen Akreditasi. e. Nomor .. 26/2008 3. Nomor 24 / 2007 f.. (belum ada) h. c. Pertemuan Awal (koordinasi dan sosialisasi) Supervisi dan pembinaan a. tentang Standar Nasional Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor /Tahun : e. Skenario Kegiatan : 1.3. Sumber Daya yang Diperlukan : Pendidikan. Pertemuan Akhir a. Mempelajari dan merumuskan indikator butir-butir dari Mengisi Instrumen Akreditasi (IA).16/2007.13. Melaksanakan koordinasi dengan seluruh warga sekolah untuk menyususn rencana kegiatan sosialisasi yang terkait dengan manajemen satuan pendidikan. 3. Instrumen Pengumpul Data dan Ruang untuk simulasi visitasi. Informasi Pendukung (IPDIP). 25. 4. Refleksi hasil sosialisasi. Nomor 19 / 2007 g. b. d. dan tenaga kependidikan yang terkait. 2.. b. c. b. Nomor 22 / 2006 b. Petunjuk Teknis. Data dan Informasi Pendukung (IPDIP). Nomor 23 / 2006 d. 2. 1. a. Melaksanakan sosialisasi dalam bentuk presentasi dilanjutkan workshop dengan melibatkan komite sekolah. Membentuk ”TIM DELAPAN” sesuai standar nasional pendidikan. Instrumen Pengumpul masing-masing standar/komponen sebagai panduan dalam menyiapkan bukti fisik. serta Teknik Skoring. dan waorkshop Merumuskan kesimpulan untuk ditindak lanjuti Mengumpulkan hasil workshop untuk bahan evaluasi Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005.

.... Penilaian dilaksanakan pada saat simulasi.... Instrumen Pengumpul Data dan Informasi Pendukung (IPDIP)...... NIP.............. Pengawas SMA/SMP Kota Bogor .......... Penilaian dan Instrumen : 1... ........... Merencanakan program pemantauan untuk tahun berikutnya menggunakan acuan hasil pemantauan yang telah dilaksanakan. Petunjuk Teknis...........5. Dimungkinkan sebagai asesor dapat melakukan kolaborasi dengan pengawas lain sehingga menjadi tim asesor........ ..... 2... Rencana Tindak Lanjut 1....... dengan menyampaiakan hasil pemantauan kepada seluruh warga sekolah dan komite Bogor .. sekolah......... Bukti fisik administrasi sekolah/madrasah yang meliputi 8 standar..... 2. H. serta Teknik Skoring.. ......... Melaksanakan koordinasi sebagai refleksi hasil pemantauan.... pengawas berperan sebagai asesor.. G.. Instrumen Akreditasi...

2. Tujuan : Membantu tenaga administrasi sekolah dalam memahami tugas pokok dan fungsi masingmasing untuk meningkatkan kinerjanya. tertib dan bertanggung jawab. C. Pertemuan Awal (sosialisas/presentasi) a. RENCANA KEPENGAWASAN MANAJERIAL (RKM) A. 4. 2.RKM 3 3. Skenario Kegiatan : 4. 3. Indikator Keberhasilan : 1. Aspek / Masalah : Membina tenaga administrasi sekolah dalam memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di satuan pendidikan. Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) : 1. pendidikan secara umum. sekolah dengan lancar. Melaksanakan koordinasi dengan kepala sekolah dan seluruh tenaga administrasi b. Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan sosialisasi. salah satu komponen tenaga kependidikan. D. Sosialisasi/presentasi Monitoring dan evaluasi Supervisi dan pembinaan Meningkatnya pemahaman tenaga administrasi terhadap Terlaksananya kegiatan operasional tenaga administrasi Maningkatnya kinerja tenaga administrasi sekolah sebagai Meningkatnya kualitas pengelolaan sekolah sebagai satuan tugas pokok dan fungsinya. 3. E. B. .

c. sound sistem. 2. Sumber Daya yang Diperlukan : 1. Refleksi hasil sosialisasi/presentasi. b. meliputi instrumen supervisi bagi : a. Pertemuan Inti a. G. mebelair. F.5. Pelaksana Urusan Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. b. Pelaksana Urusan Administrasi Sarana dan Prasarana. dan uraian tugas masing-masing tenaga administrasi sesuai peraturan yang berlaku. 3. b. Pelaksana Urusan Administrasi Keuangan. Silabus yang telah dikembangkan oleh satuan pendidikan masing-masing. Merumuskan kesimpulan untuk ditindak lanjuti Mengumpulkan hasil rekomendasi hasil kegiatan kepada Merancang perangkat administrasi dan/atau instrumen yang Menyusun rekomendasi kepada kepala sekolah sebagai hasil diperlulakn untuk mendukung sistem manajemen sesuai bidang tugasnya kegiatan sosialisasi dan pembinaan yang telah dilaksanakan. Instrumen Instrumen yang digunakan khusus untuk tenaga administrasi sekolah. 6. KepaLa Sekolah/Madrasah untuk ditindak lanjuti . Sarana dan prasarana kegiatan meliputi : ruang. SK pembagian tugas. Pelaksana Urusan Administrasi Kepegawaian. c. ATK. tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah. c. Penilaian dan Instrumen : 1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2008. d. Kepala Tenaga Administrasi. Penilaian Penilaian dilaksanakan secara bertahap dan terus-menerus setiap tahun pelajaran dengan menggunakan instrumen sesuai bidang tugas masing-masing. media presentasi. dan pembinaan. d. Menyusun struktur organisasi khusus untuk Tenaga Administrasi. 2. Melaksanakan sosialisasi dan pembinaan dalam bentuk presentasi dilanjutkan diskusi tentang tugas pokok dan fungsi serta uraian tugas masing-masing pelaksanan urusan administrasi dan petugas layanan khusus. Pertemuan Akhir a. dan instrumen lain yang diperlukan. e.

.. 2..... .......... NIP.....f.. dan pemantauan secara bertahap Menyampaikan hasilnya kepada kepala sekolah sebagai bahan H... g... h.... Pengawas SMA/SMP Kota Bogor ........ penilaian........ Rencana Tindak Lanjut dalam bentuk supervisi............. Penjaga Tukang Kebun Tenaga Kebersihan Pengemudi Pesuruh Melaksanakan pembinaan. .. Pelaksana Urusan Administrasi Kurikulum............. i................ Petugas Layanan Khusus : • • • • • 1.. Pelaksana Urusan Administrasi Kesiswaan. dan evaluasi secara bertahap dan terus-menerus.... monitoring....... Bogor .... Pelaksana Urusan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan.. .. pembinaan selanjutnya........