Fotosintesis (dari bahasa Yunani  [fóto-], "cahaya," dan [sýnthesis], "menggabungkan", "penggabungan") adalah suatu proses biokimia pembentukan

zat makanan berbentuk karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil. Selain yang mengandung zat hijau daun, ada juga makhluk hidup yang berfotosintesis yaitu alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari. Organisme fotosintesis disebut fotoautotrof karena mereka dapat membuat makanannya sendiri. Pada tanamaan, alga, dan cyanobacteria, fotosintesis memanfaatkan karbondioksida dan air, menghasilkan oksigen sebagai produk buangannya. Fotosintesis sangat penting bagi semua kehidupan aerobik di Bumi. Selain untuk menjaga tingkat normal oksigen di atmosfer, fotosintesis juga merupakan sumber energi bagi hampir semua kehidupan di Bumi, baik secara langsung (melalui produksi primer) maupun tidak langsung (sebagai sumber utama energi dalam makanan mereka). (Selengkapnya)
Artikel pilihan sebelumnya: Candi · Penyergapan kafilah · Pemuliaan tanaman · lainnya...

Tahukah Anda
y "... bahwa kantor pusat nasional untuk Suaka Dunia Kelelawar terdapat di Mineral

Wells, Texas? Di sini lebih dari 150 kelelawar dari seluruh dunia mendapatkan tempat berlindung." y "... bahwa di Antarktika terdapat 42 stasiun penelitian sepanjang tahun? Di musim panas ada 4.000 orang yang tinggal di benua ini, sementara di musim dingin hanya ada 1.000 orang." y "... bahwa Presiden AS Grover Cleveland tidak menempuh pendidikan formal? Ia adalah satu-satunya presiden AS yang menjabat dua kali tidak berturut-turut."

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful