MATA DAN TELINGA

ORGAN VISUAL : MATA Tujuan : Pada akhir sesi praktikum ini, diharapkan mahasiswa dapat : a. Mengidentifikasi gambaran tulang menonjol dari kelopak mata yang didalamnya termasuk foramina dan fissure b. Menjelaskan komponen-konponen dari kelopak mata yang disertai otot, glandula tarsal, jaringan ikat fascia, dan konjungtiva. c. Mengidentifikasi dan menjelaskan otot-otot extraocular, fungsi dan innervasinya d. Mengidentifikasi bagian-bagian dari bola mata dan nervus optikus e. Mengidentifikasi semua nervus sensory, motor, dan autonomic dari orbita, serta cabang-cabang dari arteri dan vena oftalmicus. 1. Gambaran tulang menonjol dari orbita a. Mengidentifikasi tengkorak dari lingkaran mata dan orbita. Mencatat setiap bagian dari tulang-tulang yang mengikuti : frontal, zygomatic, maxillaries, sphenoid, ethmoid, dan lacrimal. b. Mengidentifikasi lacrimalis anterior, fossa lacrimalis, dan fossa dari saccus lacrimalis, lacrimalis posterior, anterior dan posterior foramina ethmoidal, canalis opticus, fissura orbita superior dan inferior. Termasuk bentuk dan orientasi dari orbita. 2. Komponen dari Kelopak Mata a. Mengidentifikasi kelopak mata pada cadaver, mengekspos musculus oculi orbicularis dan bagian-bagiannya. b. Menjelaskan dan mengidentifikasi lapisan-lapisan kelopak mata : kulit, subcutis, musculus, tarsus dan septum orbital, conjunctiva palpebra. c. Menjelaskan otot-otot kelopak mata : orbicularis oculi, levator palpebra superior, tarsalis. d. Melakukan palpasi pada ligament palpebra medial dari mata anda

cornea. Menjelaskan perlekatannya. Mengidentifikasi 2 musculi oblique : superior dan inferior. nervus lacrimalis. saccus lacrimalis. dan iris. canaliculus lacrimalis. Otot-otot Extraoculer Mengidentifikasi otot-otot extraocular pada cadaver : a. retina. dan medial. badan siliaris. nervus trochlearis. Identifikasi nervus abducens. danau lacrimalis. 5. koroid. lateral. Mengidentifikasi 4 musculus recti bulbi : superior. discus opticus. f. dan innervasinya. Mengidentifikasi glandula lacrimalis dan apparatus ekskretorinya : punctum lacrimalis. Bagian-bagian dari bola mata dan nervus opticus Mengobservasi karakteristik pada mata : fissura palpebral. Pada specimen mata dan organ pendukungnya. dan innervasi b. commisura) medial (canthus. pupil. Identifikasi arteri oftalmicus dan cabangcabangnya. Persarafan dari Orbita Mengidentifikasi nervus opticus dengan lapisan otak dan arteri retina centralis. ORGAN VESTIBULOCOCHLEAR : TELINGA Tujuan : Pada akhir sesi praktikum ini. Menemukan glandula tarsal dan lokasi dari lubangnya. dan ductus nasolacrimalis.e. ruang posterior. inferior. 4. Menjelaskan perlekatan. lateral (canthus. identifikasi : cornea. identifikasi : nervus frontal dan cabang supraorbital dan supratrochlear. papilla lacrimalis upper dan lower dan punctum lacrimalis. fovea centralis. Pada potongan horizontal mata. lipatan semilunaris. 3. carancula lacrimalis. fungsi. mahasiswa diharapkan dapat : . lensa. iris. Identifikasi vena oftalmicus superior. cabang nervus oculomotorius superior dan inferior. sclera. ruang anterior. fungsi. badan vitreous. commisura).

y Dinding medial : promontory. dan dalam. . Identifikasi saluran auditorius dan menjelaskan fungsinya 5. Menjelaskan struktur dan aksi dari (a) membrane tympani (b) ossicula auditorius dan (c) otot-otot pada telinga tengah 4. 3. tengah. Identifikasi tulang labyrinth 1.1. Dinding dari cavitas telinga tengah Mengidentifikasi dinding dari telinga tengah : y Dinding anterior : membuka saluran auditorius dan semicanal dari musculus tensor tympani. Telinga tengah mengandung 3 ossikula auditorius yang mentransmisi getaran dari membrane tympani menuju ke telinga bagian dalam. pyramid. tabung tulang pendengaran. Telinga bagian luar terdiri dari tulang dan kartilago yang menghasilkan bunyi pada membran tympani. posterior oleh basis stapes dan ligament annular stapes y Atap : berlokasi pada tengkorak : tegmen timpani. hiatus untuk petrosus saraf lebih besar. meatus acustic internal. Menjelaskan setiap 4 dinding dari cavitas telinga tengah dan identifikasi struktur didalamnya serta gambaran khasnya. telinga tengah atau rongga timpani berkembang sebagai outpocketing dari nasofaring tersebut. membahas struktur yang melewati foramen ini y Lantai : fosa jugularis dan aperture inferior dari timpani canaliculus. Bagian-bagian dari telinga Telinga terdiri dari bagian luar. fissure petrotympani y y Dinding lateral Dinding posterior chorda. jendela vestibular (ditutup : membrane tympani : aditus ad antrum. 2. eminensia arkuata. Menemukan 3 bagian dari telinga dan fungsi dari setiap bagian 2.

itu dibagi menjadi tiga regio: vestibule nasal. Concha superior di atas resesus sphenoethmoidal untuk pembukaan sinus sphenoid. lateral).rongga timpani mempertahankan koneksi faring sebagai tabung eusthacian pendengaran 3. tulang labirinth Hidung. dan dalam comunication dengan mereka. posterior. biasanya dengan satu . oval dan bulat relung. cavitas hidung ini ditempatkan dalam kerangka tulang. Sinus ethmoid posterior terbuka. Bagian inferior dari setiap concha adalah bagian yang sesuai atau meatus. di dinding lateral rongga tersebut. tengah dan conchae nasal inferior. yang memperpanjang anterior sebagai hidung eksternal. stapes dan di telinga internal (labirinth tulang) mengidentifikasi: vestibulum. region pernapasan dan regio penciuman. Pendengaran tabung Pars ossea Pars cartilaginea 5. Rongga telinga tengah pendengaran tulang kecil: mengidentifikasi maleus. dan dinding lateral dan medial. modiolus 4. dinding lateral rongga hidung menunjukkan tiga elevasi: superior. koklea. Laring dan Faring Rongga hidung. inkus. Rongga Hidung rongga hidung dibagi menjadi dua bagian sagittaly kanan dan kiri oleh septum hidung. Mulut. rongga tersebut terbuka di muka melalui nares posterior dan dilanjutkan dengan nasofaring melalui lubang hidung posterior atau choanae. rongga hidung memiliki lantai. hidung dan sinus paranasal Bagian pertama dari saluran pernapasan bagian atas terdiri dari rongga hidung yang tydibagi satu sama lain oleh septum sagitally. kanal semisircular (unggul. atap.

cabang alveolar posterior dan superior anterior dari arteri maxillaris mensuplai mucus dari sinus maxillaries 5. Drainase vena kedalam vena sphenopalatina. di dinding lateral meatus tengah ada elevasi. dinding medial atau septum hidung sering dibelokkan dari (deviasi septum) garis tengah. ethmoidal dan frontonasal. vena facialis. ke bagian anterior meatus superior. . yaitu ethmoidalis bulla. dan vena oftalmiaca. Cabang sphenopalatina dari arteri maxillaries mensuplai mucus dari konka. Infraorbital. meatus dan septum 3. membuat ruang hidung yang tidak merata dalam ukurannya dari belakang ke depan hidung atap dapat dibagi ke dalam daerah sphenoidal. oleh bagian horisontal dari tulang palatina Pembuluh darah dan Sistem Saraf pada Cavitas Nasal Arteri-arteri : 1. Cabang faringeal dari arteri maxillaries mensuplai sinus sphenoid Vena Terbentuk dari plexus cavernosus submukosa. khususnya pada bagian bawah septum concha inferior dan bagian tengah concha. semilunaris hiatus. Bagian terminal arteri palatina mayor pada insisi canalis untuk anastomosis dengan cabang dari arteri sphenopalatina 4. celah melengkung.aperture. di belakang. sesuai dengan tulang berpartisipasi dalam pembentukannya prosesus palatina dari rahang atas dan sisanya bentuk anterior tiga perempat lantai hidung. infundibulum ethmoidal. dan di bawahnya yang membentang hingga di depannya. Cabang ethmoidal anterior dan posterior dari arteri oftalmicus mensuplai sinus frontal dan ethmoid dan nasal roof 2. sinus ethmoid anterior membuka. hiatus semilunaris yang mengarah ke depan dan naik ke saluran kurva.

Nervus alveolaris anterior superior mensuplai bagian dari septum 4.  Nervus olfactorius berasal dari sel sensory pada area olfactoria. bagian anterior dari ujungnya. Berikut ini cabang yang bervariasi untuk sensasi sentuhan. mereka membentuk meshwork di dalam lendir. Cabang ethmoidala anterior dari nervus nasociliaris mensuplai bagian anterior dan bagian bawah septum. dan septum. nyeri. bagian anterior dari concha inferior dan tengah dengan dinding anterior lateral 2. Nasal superior posterior lateral dan nasal superior posterior medial dan nasal inferior posterior bersama-sama mensuplai 3 bagian posterior dari dinding lateral.Innervasi Saraf-saraf dari sensasi pada umumnya. Nervus infraorbital mensuplai vestibule 3. yaitu : 1. dan masuk ke rongga tengkorak melalui foramen cribriform untuk bersatu dengan permukaan inferior dari bulbus olfactorius. dasar. menyediakan pasokan secretomotor ke kelenjar hidung Sinus Paranasalis Sinus Frontal Sepasang sinus frontal pada cavitas tulang frontal.  Nervus autonom menyertai persarafan sensoris. . kecuali untuk contribusi dari cabang nasociliaris dari nervus oftalmicus. dan sesuatu yang dapat merusak. Semua ini berasal dari nervus maxillaries. dan serat parasymphatetic postganglionik dari ganglion pterygopalatina. akar. mereka kemudian naik dalam alur atau kanal-kanal dalam tulang ethmoid. temperature. mereka termasuk serat vasometer symphatetic postganglionik dari ganglion servikal superior pembuluh darah hidung. Appertura dari setiap sinus frontal membuka bagian anterior dari meatus tengah oleh infundibulum ethmoidal atau ductus frontonasal.

Mereka berhubungan sampai pada optic chiasma dan cerebri hipofisis pada setiap sisi arteri carotis internal dan sinus cavernosus Sinus maxillaries Sepasang sinus maxillaries menempati sebagian besar maxilla pada tubuh. maxillary. Mereka berhubungan dengan faring melalui isthmus faringeal. Vestibuli terbatas refleksi mukosa dari bibir dan pipi pada gusi y Cavitas oral berbatas pada depan dan lateral dari archi alveolar. Sinus sphenoid Sepasang sinus sphenoid terletak pada tulang sphenoid. Mukosa oral diteruskan kulit pada margin labial dengan mukosa faringeal pada isthmus orofaringeal. lacrimal. dan gusi. mempunyai bentuk seperti pyramid.Sinus ethmoid Sinus ethmoid cukup kecil. terbentuk dari dinding lateral cavitas nasal. Sinus ethmoid terdiri dari grup anterior. . Struktur dan fungsi mukosa oral bervariasi pada region yang berbeda dari cavitas oral. y Mulut berbatasan dengan mukosa oral. dan palatine. tengah. sphenoid. dan posterior pada setiap sisinya. MULUT (CAVITAS ORAL) dan Struktur yang Berhubungan Cavitas oral terdiri dari Vestibuli oral dan cavitas oral : y Vestibule oral merupakan batas luar dari bibir dan pipi dan batas internal oleh gigi dan gusi. dan bagian apex lateral kedalam prosesus zygomaticus dari maxilla. dental archi. cavitas dinding tipis didalam ethmoid labyrinth. dilengkapi oleh tulang-tulang frontal.