P. 1
badan_hukum_

badan_hukum_

|Views: 35|Likes:
Published by fajar

More info:

Published by: fajar on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

Badan Hukum sbg Subyek Hukum

Dapat digugat dan menggugat dimuka hakim .Badan hukum atau perkumpulan2 Subyek Hukum Badan Hukum tsb dpt memiliki kekayaan Tersendiri. ikut serta dlm lalu lintas hukum.

Hal ini diartikan bhwa badan hukum adlh Badan-badan aatu perkumpulan yg ditetapkan oleh Hukum merupakan subjek hukum.Beberapa pengertian badan hukum: Orang (persoon) yang diciptakan oleh hukum (cst. Badan hukum : kumpulan orang2 yg bersama2 Bertujuan untuk mendirikn suatu badan yg b·wujud Himpunan dan harta kekayaan yg disendirikan u/ Tujuan tertentu dan dikenal dgn yayasan (sri Soedewi Maschoen) . Ia dapat melakukan perbuatan hukum karena dia Diperlakukan sbgmn layaknya manusia. Kansil).

serta hak dan kewajiban.Mempunyai perkumpulan . (Salim HS) Unsur-unsur badan hukum : .mempunyai hak menggugat dan digugat . Kumpulan orang2 yg mempunyai tujuan tertentu.terdapat harta kekayaan .Mempuyai tujuan tertentu . Harta kekayaan.hak dan kewajiban .Badan hukum .

1927 no. firma ‡ UU 12/1967 ttg koperasi ‡ UU 28/2004 ttg yayasan ‡ Pasal 1653-1665 BW .539 jo.Pengaturan badan hukum ‡ Stb.717 ttg badan hukum indonesia ‡ Stb.1939 no. 1939 no.717 ttg makapi andil indonesia ‡ WvK ttg PT.1870 no.156 ttg organisasi agama ‡ Stb.64 ttg pengaturan badan hukum ‡ Stb.570 jo.

Teori-Teori Badan Hukum ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Teori Teori Teori Teori Teori Fictie Harta Kekayaan Bertujuan Organ Pemilikan Harta Bersama Kenyataan Yuridis .

Teori Fictie ‡ Badan hukum hanyalah fictie. yakni sesuatu yg sesungguhnya tdk ada tetapi org menghidupkannya dlm bayangn sbg subyek hukum yg dpt melakukan Perb.hkm spt manusia ‡ Dikemukakan oleh Eriedrich Carl Von Savigny (jerman) dan Opzomer (belanda) .

Teori Harta Kekayaan Bertujuan ‡ Ada kekayaan yg bkn merupakn kekayaan seseorg.tetapi kekayaan itu terikat pada tujuan tertentu ‡ Teori ini dikemukakan oleh Brinz dan Van der Heijden dari belanda .

‡ Pengikut teori ini adalah Otto Van Gierke. .Teori Organ ‡ Adalah suatu organisme yg riil. Z. Misalnya:Koperasi memiliki RUPS. pengurus. yg dpt membntk kemauan sndiri dgn perantara alat-alat yg ada padanya. yang menjelma sungguh2 dlm pergaulan hkm. dll.E Polano.

Star Busman dan Molengraaf ‡ Menurut teori ini hak dan kewajiban suatu perkumpulan adalah hak dan kewajiban para anggotanya ‡ Kekayaan para anggota adalah kekayaan bersama ‡ Org2 yg berhimpun tsb mrpkn suatu kesatuan dan membentuk suatu pribadi yg dinamakan badan hukum .Teori Pemilikan Bersama ‡ Teori ini diajarkan o/ Planiol.

.Teori Kenyataan Yuridis ‡ Teori ini dikemukakan oleh Mejers ‡ Adalah suatu fakta yg diciptakan oleh hukum ‡ Mempunyai kekayaan sendiri yg terpisah dari kekayaan anggotanya ‡ Disahkan oleh yg berwenang ‡ Mempunyai tujuan.

Misal : organisasi agama Badan hukum yg didirikan untuk suatu maksud Tertentu yg tidk bertentangan dengan UU. . Misal .Pembagian badan hukum Pasal 1653 BW Badan hukum yg diadakan oleh pemerintah. pemerintah daerah Badan hukum yg diakui pemerintah.

Syarat-Syarat Badan Hukum ‡ Adanya harta kekayaan yang terpisah ‡ Mempunyai tujuan tertentu ‡ Mempunyai kepentingan sendiri ‡ Ada organisasi yang teratur .

Pengesahan Badan Hukum dapat melalui : ‡ Didirikan dgn akta notaris ‡ Didaftarkan di kantor PN set4 ‡ Dimintakan pengesahan Anggaran Dasar kpd Menteri Kehakiman ‡ Diumumkan dlm Berita Negara .

Perbuatan Badan Hukum ‡ Badan Hukum tidak bisa melakukan Perbuatanperbuatan hukum sendiri. melainkan harus diwakili oleh orang-orang manusia biasa ‡ Orang ² orang ini bertindak untuk dan atas nama Badan Hukum (organ) .

‡ Tindakan organ badan hukum yg melampaui batas-batas yang telah ditentukan tidak menjadi tanggung jawab badan hukum melainkan tanggung jawab organ yg berbuat tersebut ( 1656 BW) ‡ Bandingkan juga Pasal 45 WvK .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->