P. 1
Macam-macam masakan

Macam-macam masakan

4.75

|Views: 10,031|Likes:
Published by furgani

More info:

Published by: furgani on Nov 21, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri

Bahan siomay : 300 g daging ikan tenggiri, cincang halus 50 g tepung kanji (atau secukupnya sampai adonan dirasa udah pekat nempel) 100 ml air kaldu (saya pakainya kaldu dari tulang ikan tenggiri) 1 sdm minyak wijen 1 butir telur ayam, kocok lepas 1 batang daun bawang merica, garam, gula secukupnya Bahan saus kacang : 300 g kacang tanah sangrai 4 bh bawang putih

cabai merah secukupnya (kira-kira cabe merah besar 5 buah dibuang bijinya, cabe merah keriting 4 buah. Atau sesukanya deh selera pedasnya.) 2 sdm gula pasir 2 sdm garam air matang secukupnya Bahan pelengkap : Kol, dibuang ya tulangnya yang tebel dan keras Tahu putih Pare Kentang Telor ayam rebus Jeruk limau Kecap Saus sambal Cara membuat : 1. Pare dibuang bijinya. Potong-potong silinder kira-kira tinggi 6 cm yang bolong atas bawahnya. Kentang dipotong juga dikira-kira deh. Potong tahu jadi segitiga kira-kira masing-masing sisi 6 cm, lalu kerok salah satu sisinya. Kerukan tahunya ini diancurin, lalu campur jadi satu dengan bahan siomay. Nah, pokoknya bahan siomay dirasa-rasa udah cukup pekat nempel atau belum. 2. Nah, adonan siomay ini terus dimasukkin ke bagian tahu yang dikeruk, masukkin juga ke dalam pare, nah sisanya dibulet-buletin pake sendok terus direbus di air mendidih sampai matang. Tandanya udah matang, buletan ini akan mengapung di air. 3. Kukus kol, kentang, pare, tahu sampai matang. Jangan lupa jaring-jaring dandangnya dialasi plastik tahan panas supaya yang dikukus tidak nempel di jaring-jaring dandang. 4 Nah, sekarang bikin saus kacangnya yuk. Kacang diulek sampai halus, sisihkan. Goreng cabai dan bawang putih sampai layu lalu haluskan bersama gula dan garam. Campur dengan kacang halus. Tambahkan air secukupnya, pokoknya sampai kental atau

encer sesuai selera. 5. Hidangkan deh siomay, kol, tahu, kentang, pare, dan telor. Tambahin kecap sama perasan jeruk limau. Dan saus sambal kalo kurang pedas (maklumlah orang indonesia, keringat juga rasanya pedas, hehe). Huiiihhh...........dijamin rasanya bener-bener rasa ikan tenggiri. Gak kayak yang di abang-abang. Entah rasa tepung atau daging. Sukur-sukur daging ikan tenggiri, rasa-rasanya sih daging tikus atau cicak atau malah kucing. Huweekkkk....sumpah bo’, gua merinding. Hiiyyy. Pokoknya resep siomay ini dijamin enak! Selamat mencoba.

Nasi Goreng Ikan Asin & Petai

resep ini untuk 4 orang, jadi diukur sendiri yaa - Nasi (kalo bisa yang suhu ruang, jangan nasi hangat yang basah) - Bawang bombay, cincang - Bawang putih, geprek cincang - Ikan asin jambal, rendam air panas, potong kotak-kotak kecil - Petai, biarkan aja bulat-bulat biar nampol kalo digigit - Tauge - Garam - Merica - 1 sdm Kecap inggris - 3/4 sdm Minyak wijen Cara membuat : 1. Goreng ikan asin yang sudah dipotong-potong hingga berwarna keemasan. Tiriskan. 2. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan ikan asin dan petai.

Aduk-aduk. Masukkan nasi, garam, merica, kecap inggris. Aduk rata yaa sambil dicicip. Masukkan tauge, masak sebentar jangan sampai tauge terlalu layu karena nanti digigit nggak crunchy. Matikan api. Masukkan minyak wijen, aduk rata. Hidangkan deh. Selamat mencoba yaa.

EMPAL BALADO

EMPAL BALADO resep tanpa ukuran karena dah kebiasaan masak ini asal cemplang cemplung, plus icipicip Bahan : Daging sapi bagian gandik / silver side / top side, iris-iris tegak lurus serat daging dengan ketebalan kira-kira 1,5cm Bahan ungkep : Bawang putih, digeprek aja Sereh, dimemarkan Daun salam Cuka Bahan balado : Bawang merah Cabai merah besar Garam Gula Cuka Cara membuat : 1. Rebus daging sapi sampai ½ matang. Jangan lupa sambil membuang busa yang mengapung pada air rebusan.

2. Masukkan semua bahan ungkep. Kemudian rebus sampai daging empuk. Setelah empuk, memarkan daging tapi jangan sampai terlalu tipis gepeng. 3. Goreng sebentar saja, jangan sampai kering. Cukup sampai terlihat bercak-bercak cokelat di sisi daging. 4. Sekarang buat bahan balado-nya ya. Ulek kasar si cabai merah dan bawang merah. Tumis (minyaknya jng banyak2 ya, soalnya si cabai itu nantinya mengeluarkan minyak juga) sampai harum dan matang (jangan terlalu matang ya, soalnya nanti cabainya nggak crunchy lagi). Masukkan garam, gula, dan cuka. Icip-icip apakah rasanya udah pas. Masukkan daging. Aduk-aduk sampai tercampur rata. Jadi deh. Selamat mencoba.

Telur Tersembunyi

Telur mengandung protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Namun seringkali telur merupakan hidangan yang membosankan. Ini adalah variasi lain dari hidangan telur yang patut Anda coba... Bahan-Bahan : 5 butir telur rebus, kupas buat goresan 350 gr daging cincang 2 lembar roti tawar, rendam air, peras 1/2 sendok teh pala bubuk 1 sendok teh merica bubuk 1/2 sendok teh garam 2 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya tepung panir Kuah: 1 buah bawang bombay kecil, cincang 1 buah bawang putih, cincang 3 sendok makan saos tomat 1 sendok makan kecap manis 1 sendok makan margarin, untuk menumis 200 cc air/ kaldu garam dan merica menurut selera Cara Mengolah :

1. Campur daging cincang, roti tawar, pala, merica, garam, dan kuning telur, aduk rata bagi menjadi 5-6 bagian. 2. Bungkus setiap butir telur dengan 1/2 bagian adonan daging. Gulingkan pada putih telur, tepung panir. Gorengsampai matang kecokelatan. Kuah : Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu, beri kaldu dan bahan lainnya. Masak sampai cukup kental. Hidangkan dengan kentang goreng dan sayuran rebus.

Tumis Kakap Lada Hitam

Sering kita dengar, sapi lada hitam, steak ayam lada hitam ... dan lainnya.Kepikir ngak sih kalau ikan dimasak lada hitam juga ok banget ? Bahan-Bahan : 1/2 buah bawang bombay, dipotong kotak 1 cm 2 siung bawang putih, dimemarkan 3 sendok makan saus tiram 1 sendok teh lada hitam, ditumbuk kasar 1/2 sendok teh garam 300 gram daging ikan kakap, dipotong kotak 2 cm 100 gram nanas, dipotong kotak 1 cm 1/2 buah paprika merah, dipotong kotak 1 cm 1/2 buah paprika hijau, dipotong kotak 1 cm 200 ml kaldu Cara Mengolah : 1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. 2. Masukkan kakap, aduk sampai berubah warna. 3. Tambahkan nanas dan paprika, aduk sampai setengah layu. 4. Tambahkan saus tiram, lada, dan garam. Aduk rata. 5. Tuang kaldu. 6. Masak sampai matang.

Udang Pedas

Udang yang diolah dengan bumbu pedas ini, sangat lezat. Selain itu cara mengolahnya pun sangat mudah dan praktis. Bahan-Bahan : 350 gram udang yang sedang besarnya, buang kepalanya 100 gram lokio yang sudah dibersihkan 15 mata petai, belah 2 1 sendok makan air jeruk nipis 2 sendok makan minyak, untuk menumis 100 gram cabai merah (bumbu dihaluskan) 1 buah tomat, cincang (bumbu dihaluskan) 5 buah bawang merah (bumbu dihaluskan) 2 buah bawang putih (bumbu dihaluskan) 1 sendok teh garam (bumbu dihaluskan) Cara Mengolah : Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan udang, lokio dan petai. Aduk sampai seluruhnya matang, jaga jangan sampai kamatangan. Sebelum diangkat masukkan air jeruk nipis. Sajikan hangat.

Tumis Cakalang Asap

Ingredients : 300gr cakalang asap suwir 2 siung bawang putih ukuran besar,iris halus 5 butir bawang merah, iris halus 2-3 buah cabe merah besar buang biji, rajang agak lebar 2-3 cabe hijau besar buang biji, rajang agak lebar 1 buah tomat ukuran sedang, iris-iris 2 sdm kecap ikan garam, lada secukupnya Directions : 1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang merah, cabe merah dan hijau, tomat, masak sampai layu 2. Beri kecap ikan, aduk-aduk 3. Masukkan ikan, bubuhi garam dan lada ...aduk rata 4. Cicipi ..kalo udah Ok ..angkat ... 5. Sajikan ...

Ayam Kodok

Ingredients : Ayam Kodok: 1 ekor ayam, pilih yang segar dah kulitnya utuh *ngga ada yang sobek* 2 sdm tepung roti 100 gr daging sapi cincang 3-4 butir telur, kocok lepas 1 butir bawang bombay, iris halus garam,merica,pala sesuai selera margarin untuk menumis jarum dan benang untuk menjahit benang kasur secukupnya Setup Sayuran : wortel buncis jagung semi sayuran di rebus setengah matang, bubuhkan garam dan sedikit gula, lalu ditumis dengan margarin kentang, dikupas kemudian rebus sebentar lalu di goreng dengan minyak + sedikit margarin Saus : tulang ayam bawang bombay wortel daun bawang seledri 1 lbr bayleaf garam,merica,pala sesuai selera 1 sdm tepung terigu, cairkan dengan sedikit air Directions :

Ayam Kodok : 1. Kuliti ayam ...hati2 jangan sampai sobek kulitnya ...sisakan sayap dan paha bawah 2. Jahit bagian leher...gunakan benang warna gelap untuk memudahkan mencabutnya nanti ...*cara yang diajarin sm mbakyuku ngisi dagingnya dari bagian bokong* 3. Pisahkan daging ayam dari tulangnya, cincang halus daging ayam. 4. Tumis bawang bombay dengan margarin, sisihkan 5. Aduk tumisan bawang bombay, daging ayam cincang, daging sapi cincang, tepung roti dan telur 6. Masukan adonan daging dalam cangkang ayam ..pelan-pelan ya jangan sampai sobek .... kemudian jahit bagian yang terbuka. 7. Ikat bagian sayap dengan benang kasur, begitu juga bagian kaki, ini dimaksudkan supaya hasil ayam kodoknya benar2 menyerupai kodok beneran ..:D 8. Siapkan kukusan, biarkan mendidih ..kemudian kukus ayam. Sering2 dibuka ya ..ters ditusuk-tusuk supaya tidak pecah ...kukus sampai matang 9. Olesi loyang dengan margarin, kemudian panggang aya samapi kecoklatan, keluarkan dari loyang olesi margarin supaya lebih cantik ... Saus : 1. Goreng tulang ayam dengan margarin sampai gosong, masukkan bahan-bahan lainnya ...biarkan layu 2. Masukkan garam,merica,pala, tambahkan air ...masak sampai lembek sekali 3. Saring, kemudian masak lagi sambil ditambahkan tepung terigu yang sudah dicairkan, masak hingga megental Penyajian: 1. Taruh ayam pada pinggan lebar .... atur sayuran disekelilingnya 2. Sajikan saus pada mangkuk terpisah

Rolade Daging

Ingredients: Rolade : 500 gr daging cincang (bisa ayam atau sapi .atau dicampur juga boleh) 3 butir telur 5 lembar roti tawar 250 cc susu cair kurang lebih 4 atau 5 buah wortel ...pilih yang bentuknya lurus garam, merica, pala secukupnya Telur dadar : 5 butir telur sedikit air garam, merica secukupnya Directions: Telur Dadar : 1. Telur dibubuhi garam dan merica, beri sedikit air kemudian dibuat dadar tipis-tipis Rolade : 1. Rendam roti tawar dalam susu cair sampai hancur 2. Masukkan daging cincang, telur, garam, merica, pala, aduk rata 3. Ambil satu lembar telur dadar, beri adonan daging, ratakan ... tengahnya diberi satu buah wortel kemudian gulung dan padatkan 4. Bungkus dengan alumunium foil, kukus sampai matang kurang lebih 30 menit 5. Dinginkan, goreng dalam keadaan utuh ... kemudian potong-potong atau bisa juga setelah dipotong-potong dicelup kedalam kocokan telur baru digoreng 6. Sajikan

Otak-Otak Pelepah Jamur

Bahan : * 300 gr daging ikan tenggiri * 100 gr daging udang * 100 gr jamur merang dicincang kasar, tumis dengan cincangan bawang putih dan garam * 1 sdm tepung sagu * 1 sdm daun sledri dicincang halus * 2 sdm gula pasir * 1/2 sdt garam * 1 sdt lada bubuk * pelepah daun kelapa secukupnya Saus : * 5 sdm saos cabe * 1 sdt mustard * 1 sdm gula pasir * 1 sdm cuka * 1/2 sdt garam * 100 ml air hangat (matang) Cara membuat : * campur daging ikan, daging udang, tepung sagu, gula pasir, garam dan lada blender hingga kalis ( tidak lengket) * campur kembali dengan jamur dan daun sledri, uleni kembali hingga tercampur rata * potong pelepah kelapa sepanjang 20 cm kemudian letakkan 1 sdm adonan ditengahnya kemudian gapit kembali dengan pelepah kelapa berikutnya, satukan ujung-ujungnya dan semai * bakar otak-otak pelepah hingga cukup matang, hidangkan dengan saos

Cara membuat saus : * campur semua bahan aduk hingga rata benar dan sajikan

Ikan Asin Pedas

Ukuran porsi: 4 orang Bahan-bahan: * 250 gram ikan asin jambal/gabus, potong ukuran 2 cm x 2 cm * 3 buah cabai merah, iris tipis menyerong * 4 buah bawang merah, iris tipis * 1 buah jeruk nipis, ambil airnya * 3 sendok makan minyak Cara membuat : Siram ikan asin jambal/gabus dengan air mendidih, biarkan hingga dingin, lalu cuci, tiriskan. Panaskan minyak yang banyak di atas api sedang, lalu masukkan ikan asin tadi, goreng hingga matang, angkat, tiriskan. Panaskan minyak menurut resep, lalu masukkan bawang merah, tumis hingga harum. Tambahkan cabai merah, aduk rata, tumis hingga layu, kecilkan api, lalu masukkan ikan asin yang sudah digoreng dan air jeruk nipis, aduk rata, angkat, sajikan.

Gulai Kepala Ikan

Ukuran porsi: 4 orang Bahan-bahan : * 850 gram kepala ikan kakap, potong jadi 2 * 10 lembar daun salam * 1 batang sere, memarkan * 1 lembar daun pandan, sobek-sobek, ikat * 750 cc santan * 2 sendok makan kelapa parut, sangrai, tumbuk halus * 3 sendok makan minyak * 5 buah belimbing sayur, belah jadi 2 * 1 sendok makan air jeruk nipis * 2 sendok teh garam * 15 buah cabai merah * 1 cm kunyit, cincang * 1 cm jahe, cincang * 7 siung bawang merah * 3 siung bawang putih * 1 sendok makan ketumbar, sangrai * 1/2 sendok teh jinten, sangrai * 1/4 sendok teh adas manis, sangrai * 1/2 sendok teh merica bubuk * 1 sendok makan asam Cara membuat : Lumuri kepala ikan kakap dengan air jeruk nipis dan 1/2 resep garam hingga rata, biarkan 1/2 jam, tiriskan, lalu lumuri dengan kelapa tumbuk hingga rata, sisihkan. Haluskan cabai merah, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, adas manis, merica bubuk, asam, dan 1/2 resep garam. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan, sere, dan daun pandan hingga

harum, lalu tuangi santan, aduk rata, didihkan. Masukkan daun salam, belimbing sayur, dan kepala ikan kakap serta kelapa tumbuk, aduk rata, lalu masak dengan api sedang sampai seluruhnya matang dan kuah agak berminyak sambil sekali-sekali diaduk, angkat.

Ikan Kuah Asam

Bahan : 500 g ikan kakap/ikan kerapu dipotong menjadi 4 bagian 3 sdm air asam 1/2 sdm garam untuk melumuri 3 sdm minyak goreng 4 buah tomat dipotong 8 bagian 4 lembar daun jeruk purut 4 batang daun bawang dirajang 1 cm 5 bauh cabe merah dibelah dan dibuang bijiya 2 buah jeruk nipis diambil airnya 1 genggam daun kemangi yang sudah dipetik daunnya 2 sdt garam 3 batang sereh diambil putihnya 800 ml air cara membuat : * lumuri ikan dengan minyak goreng, air asan dan 1/2 sdm garam hingga rata kemudian diamkan 20 menit dan bakar hingga 1/2 matang * panaskan air hingga mendidih, kemudian kecilkan api, masukkan ikan, tomat, daun jeruk, daun bawang, cabe merah, sereh dan garam, rebus hingga matang * sebelum diangkat, masukkan daun kemangi dan air jeruk hidangkan hangat-hangat

Sasate Bandeng

Bahan : * 2 ekor Bandeng @ 300 gram * 1 sdm Poya kelapa * 50 ml Santan kental * 3 sdm Minyak goreng untuk mengoles * 3 sdm Minyak goreng untuk menumis * 5 buah Bawang merah dirajang * 3 siung Bawang putih digoreng * 1/2 sdm Ketumbar bubuk * 1/2 sdt Lada * 1/2 sdt Terasi * 2 lembar Daun jeruk * 1/2 sdt Garam * Bambu buat mengapit secukupnya Cara membuat : * Bersihkan bandeng, insang dan kotorannya lewat insang (jangan merobek perut ikan). * Kemudian pukul-pukul ikan dengan punggung pisau hingga ikan memar, patahkan duri ikan di bagian ekor kemudian tarik durinya melalui lubang insang dan ambil dagingnya, buang duri halusnya. * Campur daging ikan dengan poya kelapa, santan kental, ketumbar, lada dan garam aduk hingga rata. * Goreng bawang merah, bawang putih dengan menggunakan minyak goreng hingga kekuningan, kemudian masukkan terasi teruskan menggoreng hingga kecoklatan, angkat haluskan beserta minyak goreng. * Campurkan dalam adonan daging bandeng, aduk rata. * Masukkan adonan daging ikan ke dalma rongga kulit ikan melalui insang hingga menyerupai ikan semula, lakukan pada kedua ikan.

* Gapit ikan dari kepala hingga ekor kemudian lumuri kulit ikan dengan minyak goreng dan garam, bungkus dengan daun. * Bakar hingga ikan matang kecoklatan. * Hidangkan dengan sambal dan lalap.

Bandeng Bumbu Bali

Bahan : * 500 g bandeng dibersihkan * 250 ml minyak untuk menggoreng * 50 ml minyak untuk menumis * 2 buah tomat dibagi 8 bagian * 2 sdm kecap manis Bahan II : * 1 sdm ketumbar * 3 cm kunyit tua * 2 siung bawang putih * 1 sdt garam * 50 ml air Bumbu yang dihaluskan : * 10 buah cabe merah * 5 buah bawang merah * 3 siung bawng putih * 3 cm jahe * 4 butir kemiri Cara Membuat :

* Lumuri ikan dengan bahan II diamkan 15 menit, kemudian goreng dengan minyak yang sedang panasnya hingga kecoklatan * Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum kemudian masukkan tomat, kecap manis dan 100 ml air masak hingga tomat hancur dan air agak berkurang * Masukkan ikan bandeng masak hingga bumbu menyerap. Angkat. TIP : * Untuk mengurangi bau tanah pada bandeng, rendamlah bandeng yang sudah dipotongpotong dengan air kunyit dan garam agak lama (1 jam)

Woku Ikan Dibelanga

Bahan : * 600 gr (2 ekor) ikan mas potong dua bagian * 3 batang Serai dirajang halus * 5 lembar Daun jeruk dirajang halus * 1/2 lembar Daun kunyit dirajang halus * 3 batang Daun bawang dirajang * 1 genggam Daun kemangi * 2 buah Tomat dipotong 8 bagian * 3 sdm Daun jeruk * 4 sdm Minyak untuk menumis Bumbu yang dihaluskan : * 10 buah Cabe rawit merah * 5 buah Cabe merah * 7 buah Bawang merah * 5 cm Jahe * 2 sdt Garam

Cara membuat : * Panaskan minyak , tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang kemudian masukkan serai, daun jeruk, daun kunyit, daun bawang, aduk hingga beraroma harum. * Masukkan ikan mas, aduk hingga seluruh permukaan ikan terlumur dengan bumbunya. * Letakkan daun kemangi di atas ikan kemudian tutup , teruskan memasak hingga ikan benar-benar matang, angkat dan sajikan.

Ayam Bakar Padang

Bahan : * 1 ekor Ayam kampung dipotong empat bagian * 1 batang Kayu manis * 3 biji Cengkih * 5 lembar Daun jeruk * 1/2 lembar Daun kunyit * 2 batang Sereh * 3 sdm Minyak goreng * 500 ml Santan sedang kentalnya * 100 ml Santan kental Bumbu yang dihaluskan : * 4 buah Cabe merah * 3 siung Bawang putih * 4 buah Bawang merah * 1/2 sdm Ketumbar * 1/2 sdt Adas manis * 1/2 sdt Jintan * 1/2 sdt Lada

* 2 cm Jahe * 2 cm Lengkuas * 3 cm Kunyit * 3 biji Kemiri Cara membuat : * Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng beserta kayu manis, cengkeh, daun jeruk, daun kunyit dan daun sereh hingga harum dan matang. * Masukkan ayam, tumis dengan bumbu hingga ayam setengah matang. * Tambahkan santan encer, kecilkan api, masak hingga kuah tinggal sedikit. * Tambahkan santan kental masak kembali hingga kuah mulai mengering, angkat dinginkan. * Setelah dingin lumuri seluruh permukaan ayam dengan sisa kuah yang mengering kemudian bakar hingga agak kekuningan. * Hidangkan.

Ayam Kecap Jeruk Limau

Bahan : * 1 ekor Ayam potong 12 bagian, digoreng * 2 sdm Kecap asin * 2 sdm Saus Inggris * 2 sdm Ang ciu (arak cina) * 10 buah Hioko dibelah dua bagian * 7 sdm Kecap manis * 3 buah Jeruk limau dibelah dua bagian * 3 sdm Mentega * 1/2 sdt Lada bubuk * 1/2 buah Bawang bombai dirajang * 4 siung Bawang putih dicincang * Garam secukupnya

Cara membuat : * Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan mentega hingga harum * Campur jadi satu kecap asin, saos inggris dengan ang ciu * Tuangkan kedalam tumisan bawang, masukkan juga kecap asin, hioko, ayam, air jeruk limau, kulit jeruk limau dan lada, tumis hingga ayam tertutup dengan bumbu, angkat . * Sajikan.

Ayam Goreng Terasi

Bahan : * 8 buah paha bawah ayam * 1 lembar daun pandan * 1 sdm kecap ikan * 200 ml air * 250 ml minyak goreng untuk menggoreng Bumbu yang dihaluskan : * 3 siung bawang putih * 1/2 sdt terasi yang baru digoreng * 2 cm kunyit * 2 cm jahe * 1 sdm ketumbar bulat disangan * 2 mata asam jawa * 1 sdt garam * 2 sdt gula merah disisir Cara Membuat : * Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu yang dihaluskan, daun pandan dan kecap ikan.

* Kemudian masukkan ayam, kecilkan api, ungkep hingga kuah tinggal sedikit sambil sekali-sekali dibalik-balik. * Dinginkan ayam. * Panaskan minyak goreng lalu goreng ayam hingga agak kering. TIP masakan : Sewaktu mengungkep ayam, api harus benar-benar kecil agar bumbu menyerap dan daging tidak hancur. Tunggu ayam sampai dingin, baru digoreng agar ayam tidak hancur

Empek-empek Telur

Bahan-bahan : 1. 1 Resep dasar empek empek lenggang 2. 10 telur bebek rebus 3. 1 resep kuah Cara membuat : sama seperti resep dasar, tapi adonan tidak dibentuk lonjong. Telur rebus dikupas, lalu bungkus dengan adonan empek empek sampai telurnya tertutup dan bentuknya bulat agak lonjong menyerupai telur besar. Letakan bulat bulatan ini di langseng lalu kukus sampai matang. Menyajikan empek empek : Semua macam empek empek jika hendak disajikan di goreng terlebih dahulu dengan minyak panas, supaya lebih gurih dan empuk. Panas panas dipotong potong, taruh dipiring. Lalu siram dengan kuah. Supaya lebih menarik ditambah dengan mie rebus, ketimun yang telah diiris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh diatas empek empek yang telah dipotong potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goreng. Perhatian: Ikan untuk empek empek sebaiknya ikan belida, tenggiri atau kakap. Selamat Menikmati.

Empek-empek Lenggang

Bahan-bahan : 1. 1 mangkok ikan yang telah dilumatkan 2. 1 mangkok tepung kanji 3. Air garam secukupnya Untuk Kuahnya : 1. 5 lombok merah 2. 10 lombok rawit 3. 3-5 siung bawang putih 4. Garam 5. Cuka 6. Gula Aren 7. Air matang secukupnya Cara membuat empek-empek : Ikan setelah dicuci bersih, belah lalu ambil dagingnya dengan cara dikerok dengan sendok. Campurkan ke tepung kanji, aduk aduk, lalu tuangi air garam sambil diaduk aduk sampai rata dan merupakan adonan yang dapat dipulung. Coba sedikit, rasa asin harus terasa, jika kurang tambahkan garam secukupnya. Gulung dengan daun pisang lalu kukus sampai matang. Buka daunnya lalu dinginkan. Cara membuat kuah : Semua bahan disatukan lalu gerus sampai halus, tuangi 1 mangkok air matang atau lebih. Bubuhi cuka secukupnya. Rasa harus asin, asam, manis dan pedas. Boleh ditambahkan tongcay yang diiris tipis. Bila ingin kuahnya berwarna kecoklatan, bubuhi 1-2 sendok kecap, ratakan. Menyajikan empek empek : Semua macam empek empek jika hendak disajikan di goreng terlebih dahulu dengan minyak panas, supaya lebih gurih dan empuk. Panas panas dipotong potong, taruh

dipiring. Lalu siram dengan kuah. Supaya lebih menarik ditambah dengan mie rebus, ketimun yang telah diiris tipis atau kol segar yang diiris halus. Bahan tersebut ditaruh diatas empek empek yang telah dipotong potong. Siram kuahnya agak banyak, lalu taburkan sedikit bawang goreng. Perhatian: Ikan untuk empek empek sebaiknya ikan belida, tenggiri atau kakap.

Rujak Cingur

Bahan : * 50 gr kangkung yang sudah dibersihkan * 50 gr taoge * 75 gr kecipir (belah dua memanjang) * 75 gr ketimun * 100 gr bengkuang * 50 gr mangga muda * 75 gr tempe goreng * 100 gr tahu goreng * 250 gr cingur (tulang rawan hidung sapi) kulit kikil sapi, rebus. Bumbu Rujak Petis : * 6-9 buah cabai rawit atau sesuai selera * 2 sdm kacang tanah goreng * 200 gr petis udang * 1-3 sdt terasi bakar * 1 buah pisang batu parut kasar * 1 sdt asam * 50 cc air matang Cara Membuat : 1. Rebus kangkung, taoge dan kecipir hingga matang, angkat. 2. Potong-potong ketimun, bengkuang, mangga muda, tempe goreng, tau goreng dan cingur, sisihkan.

3. Buat bumbu rujak petis: haluskan cabai, terasi, kacang tanah goreng, dan petis sampai tercampur rata. Masukkan parutan pisang batu, asam dan air matang, haluskan lagi. 4. Cara menghidangkan: Campurkan bumbu rujak petis dengan sayuran rebus, buahbuahan, tempe goreng, tahu dan cingur. Aduk sampai rata. Hidangkan bersama nasi lontong ketupat. Catatan : Campur bumbu rujak petis dengan sayuran, tahu, tempe dan buah-buahan.

Tempe Bacem

Bahan-bahan : 1. Tempe 1 papan (tahu juga bo9leh) 2. Ketumbar 1/2 sendok teh 3. bawang putih 2 -3 siung 4. asem jawa 1/2sendok teh 5. gula merah & garam secukupnya. Cara memasak : 1. Iris tempe setebal kira-kira 1 cm 2. Haluskan ketumbar, bawang putih dan garam 3. Masukkan irisan tempe dalam wajan, tuangi bumbu halus, masukkan asamjawa dan gula merah kira-kira 1 buah (diameter 8 cm, tebal 2 cm) - kalo suka manis bisa ditambah. 4. Tuangi air 1 - 2 gelas 5. Masak sampai air hampir habis, lalu digoreng jangan terlalu kering.

CAH SAPI LADA HITAM

Bahan : * Daging sapi secukupnya * Bawang putih * Bawang bombay * Kecap manis * Kecap Inggris * Bumbu Kaldu (Aromat/Masako) * Lada hitam Cara membuat : 1. Daging sapi digoreng setengah matang, kemudian angkat dan tiriskan 2. Bawang putih "dipeprek"(ditumbuk) kemudian ditumis dengan margarin samapi harum kemudian masukkan bawang bombay yang telah diiris-iris hingga menyerupai cincin, masak hingga harum 3. Setelah bawang bombay dan bawang putih sudah harum masukkan daging sapi itu kedalam tumisan bersama kecap manis, kecap inggris dan bumbu kaldu. 4. Masak hingga daging sapi berubah warna (matang)

Baso

Bahan : * 1 kg daging giling * 40 gr garam * gula (sesuai selera) * 250 gram tepung tapioka * 180 cc air matang * 2 butir telur pengeras bakso * Bawang putih, merica (sesuai selera), bawang merah goreng. Dihaluskan. Cara membuat : 1. Bawang putih, merica dan bawang merah goreng yang sudah dihaluskan dicampurkan dengan tepung tapioka, ditambah air. 2. Haluskan daging cincang dengan telur di food processor. 3. Masukan tepung tapioka yang sudah dicampurkan dengan bahan2 yang dihaluskan. 4. Bulat2kan lalu di masak di air yang mendidih.

GEPUK KARAPITAN

Bahan :

* ½ kg daging sapi gandik * 2 siung bawang putih * 5 siung bawang merah * 1 lt santan agak kental * 2 sm gula merah Bumbu : * 1 st garam * ½ st vetsin * 1 st ketumbar halus Cara membuat : 1. Daging sapi dipotong. Kemudian daging direbus setengah matang tanpa bumbu. 2. Angkat dagingnya (airnya jangan dibuang). Pukul2 sampai daging melebar. 3. Daging direbus lagi. Masukan bumbu dan santan. Rebus sampai airnya menyusut. 4. Setelah daging empuk. Goreng dengan minyak.

Ayam Goreng Kalasan

BAHAN : * 1 ekor ayam * 500 cc air kelapa * 1/2 sendok teh soda kue * 4 siung bawang putih, dihaluskan * garam * minyak goreng CARA MEMBUATNYA : * Bersihkan ayam dan belah menjadi dua.

* Rebuslah ayam dengan air kelapa, soda kue, bawang putih dan garam sampai empuk dan airnya mengering. * Panaskan minyak dan goreng ayam sampai warnanya kuning kecoklatan, angkat.

Bistik Lidah Saus Santan

Bahan : * 1 buah lidah sapi, rebus bersama garam * merica * 2 butir cengkeh * ½ sendok teh bubuk biji pala sampai empuk, potong setebal 1 cm * mentega untuk menumis Saus : * 5 butir bawang merah * 2 siung bawang putih * 2 cabai merah tanpa biji * 1 ruas jahe * 1 ruas kunyit * 1 ruas lengkuas * 2 lembar daun jeruk * ½ blok maggi blok rasa daging * garam dan merica secukupnya * 300 cc santan (½ butir kelapa) Cara Membuat : 1. Tumis irisan lidah di mentega 2. Kini buat sausnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe kunyit, lengkuas. tumis hingga harum. Tambahkan daun jeruk. Aduk sebentar. 3. Tuangkan santan, garam, merica, dan maggi blok. Masak sambil diaduk hingga mendidih. 4. Sajikan lidah dengan saus tadi, kentang goreng dan aneka sayuran rebus.

Untuk 4 porsi

Lodho Ayam

Bahan : * 1 ekor ayam, dibelah dua jangan sampai putus * garam secukupnya * 8 butir bawang merah * 3 siung bawang putih * ½ sendok teh ketumbar butiran * 5 butir kemiri * 2 cm kunyit * 2 lembar salam * 1 tangkai serai, dimemarkan * 1 ruas jahe, dimemarkan * 3 lembar daun jeruk * 100 cc santan kental Cara Membuat : 1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan kunyit. Tumis bersama salam, serai, jahe, daun jeruk. Tuangkan santan. Aduk rata. 2. Masukkan ayam. Biarkan diatas api kecil selama 10 menit. Lalu keluarkan ayam dan bakar. 3. Selama dibakar, ayam harus selalu diolesi adonan santan tadi. 4. Sajikan ayam panas-panas bersama lalap. Untuk 6 porsi

Sayap Isi Daging Asap

Bahan : * 16 potong sayap ayam bagian tengah * 1 sendok teh air jahe * 250 gram udang kupas, cincang * ½ sendok teh minyak wijen * 1 sendok teh saus cabai botolan * ½ sendok teh merica bubuk * 8 lembar daging asap, siap beli, masing-masing potong menjadi 2 bagian * 16 pucuk asparagus segar, potong sepanjang sayap ayam, rebus setengah matang, tiriskan * 1 sendok makan kecap manis * 1 sendok makan mentega, potong-potong. Cara Membuat : 1. Sayat sayap ayam di kedua ujungnya dengan bantuan ujung pisau yang tajam. Tarik tulang sayap hati-hati, jaga kulit tidak sobek. 2. Lumuri sayap ayam dengan air jahe. Diamkan 10 menit, tiriskan. 3. Aduk rata, udang cincang, bawang putih, minyak wijen, saus cabai dan merica bubuk. 4. Olesi setiap lembar daging asap dengan adonan udang, beri sepucuk asparagus. Gulung padat dan masukkan ke dalam sayap ayam. Olesi ayam dengan kecap manis. 5. Atur sayap ayam dalam pinggan tahan panas beroles margarin. Beri potongan mentega. Panggang sayap ayam dalam oven panas bersuhu 140o C selama 20 menit atau hingga matang. Angkat, sajikan hangat.

Iga Sapi Bumbu Serai

Bahan : * 2 sendok teh saus ikan * 1 sendok teh minyak wijen * 1 sendok teh minyak kacang tanah/sayur * 2 sendok teh biji wijen sangrai * 1 sendok teh cuka * 25 ml air jeruk nipis * 1 sendok teh garam * 600 g iga sapi berdaging, potong melintang 3 cm. Haluskan * 3 batang serai, ambil bagian yang putih * 5 butir bawang merah * 5 siung bawang putih * 3 buah cabai merah, buang bijinya * 1 sendok makan gula pasir Pelengkap * 200 g daging buah nanas, potong bentuk segitiga * 2 buah paprika merah, buang bijinya, potong membujur ½ cm * 3 sendok teh biji wijen sangrai, untuk taburan. Cara Membuat : 1. Aduk rata bumbu halus, saus ikan, minyak wijen, minyak kacang, biji wijen, cuka, air jeruk nipis dan garam. 2. Rendam iga sapi dalam bumbu. Simpan dalam lemari pendingin selama 1 jam. 3. Bakar di atas bara api sambil sekali-sekali olesi dengan bumbu hingga daging iga sapi matang. Angkat. 4. Sajikan iga sapi dengan pelengkapnya. Taburi wijen sangrai.

Soto Pekalongan

Ukuran porsi: 5 orang Bahan-bahan. Soto : * 1 kilogram daging sapi sandung lamur * 1500 cc air * 1/2 sendok teh pala bubuk * 2 lembar daun salam * 50 gram taoco * 1 cm lengkuas, memarkan * 8 siung bawang merah * 3 siung bawang putih * 5 buah cabai merah, buang bijinya * 1/2 sendok teh merica bubuk * 1 sendok teh garam * 100 gram soun/bakmi kering * 10 batang daun kucai, potong 1 cm * 3 sendok makan bawang merah goreng * 5 buah ketupat Sambal rawit : * 20 buah cabai rawit * 1 sendok teh garam * 1 sendok teh cuka * 100 cc air matang Cara membuat :

Soto: didihkan air, lalu masukkan daging sapi, daun salam, lengkuas, dan pala bubuk, rebus hingga daging lunak. Angkat daging, potong berbentuk dadu, lalu masukkan kembali dalam kuah kaldu, tambahkan air secukupnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, merica bubuk, dan garam, lalu tumis sampai harum.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->