BAB I PENDAHULUAN

1

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Akhir-akhir ini sebagian besar wilayah Indonesia sering mengalami gempa-gempa yang besar. Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa-gempa yang terjadi di Indonesia ini telah mengakibatkan kerugian yang sangat besar, oleh karena itu perencanaan yang lebih baik harus dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar di masa mendatang. Bangunan dirancang agar tahan terhadap gempa menggunakan kolom dan shear wall atau dinding geser. Selain perhitungan yang harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada, material yang dipergunakan juga harus menjadi bahan pertimbangan. Penggunaan baja sebagai bahan struktur bangunan bertingkat tinggi sudah sangat meluas. Hal ini dikarenakan sifat kekuatannya yang jauh lebih tinggi dengan volume yang lebih kecil dibandingkan dengan bahan konstruksi lain seperti beton bertulang atau kayu. Akibatnya berat sendiri baja menjadi lebih kecil sehingga konstruksi menjadi lebih ringan yang pada akhirnya beban yang disalurkan ke pondasi menjadi lebih kecil (pondasi menjadi lebih hemat). Penggunaan Steel Plate Shear Wall (SPSW) atau dinding geser baja itu sendiri sudah cukup umun digunakan di negara-negara seperti Amerika dan Jepang namun

penggunaannya di Indonesia masih jarang sekali.

JURUSAN TEKNIK SIPIL

JURUSAN TEKNIK SIPIL . 2. 3. 4. 3.BAB I PENDAHULUAN 2 1. Perhitungan desain SPSW. Jurusan Teknik Sipil. Mendapatkan suatu desain dinding geser pelat baja.2 Maksud dan Tujuan Penulisan Maksud dan tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah: 1. Jakarta. Pembahasan hanya dilakukan pada konstruksi baja. 4. 1. tengah. Klasifikasi bangunan struktur baja untuk perkantoran 10 lantai menggunakan shear wall baja. Perhitungan desain sesuai dengan ANSI/AISC 360-05 dan ANSI/AISC 341-05.3 Ruang Lingkup Pembahasan Dalam penulisan Tugas Akhir ini diberikan ruang lingkup pembahasan agar tidak menyimpang dari pokok pembahasan sebagai berikut: 1. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. 2. HBE. dan kolom. dan VBE dilakukan pada satu sisi bangunan dan pada lantai paling atas. balok. dan bawah. Universitas Trisakti. Melakukan pendesainan struktur bangunan baja dengan dinding geser baja sesuai dengan peraturan yang berlaku ANSI/AISC 360-05 dan ANSI/AISC 341-05. Untuk memenuhi persyaratan guna menyelesaikan pendidikan pada jenjang Strata I. Agar dapat dijadikan pegangan pada perkuliahan yang akan datang dalam mempelajari dan mempergunakan peraturan AISC dalam perencanaan dan/atau mendesain struktur bangunan baja dengan shear wall.

Melakukan pemodelan dengan menggunakan bantuan program ETABS 9. 3. Mencari referensi yang akan digunakan dalam penulisan. 4. Melakukan perhitungan dengan metode LRFD. Perhitungan tidak mencangkup sambungan.BAB I PENDAHULUAN 3 5. 6. Mengumpulkan informasi tambahan dari internet. 2. dan sistematika penulisan yang dilaksanakan penulis dalam pengerjaan Tugas Akhir ini. 1. Pembahasan tidak mencangkup biaya. ruang lingkup pembahasan. JURUSAN TEKNIK SIPIL .4 Metodologi Penulisan Metodologi yang akan dilakukan dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut: 1.5 Sistematika Penulisan Secara garis besar sistematika penulisan Tugas Akhir ini dibagi menjadi 5 bab. antara lain: BAB I : PENDAHULUAN Bab ini berisi tentang latar belakang penulisan. 1. 5. maksud dan tujuan penulisan. Menyimpulkan hasil yang didapat. metodologi penulisan.

dan balok sesuai dengan parameter desain yang telah dibahas di BAB III. kolom.BAB I PENDAHULUAN 4 BAB II : LANDASAN TEORI Bab ini akan menguraikan tentang dasar-dasar teori yang berkaitan dengan struktur bangunan baja dengan shear wall dan beban-beban yang bekerja. JURUSAN TEKNIK SIPIL . BAB III : PARAMETER DESAIN Pada bab ini diuraikan parameter-parameter desain yang akan digunakan sebagai dasar dalam merencanakan struktur bangunan baja dengan shear wall sesuai dengan ANSI/AISC 360-05 dan ANSI/AISC 341-05. BAB V : KESIMPULAN Bab ini berisikan tentang hal-hal yang dapat ditarik mejadi kesimpulan berdasarkan seluruh penulisan Tugas Akhir ini. BAB IV : STUDI KASUS Pada bab ini dilakukan perhitungan perencanaan dan desain SPSW.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful