JENIS-JENIS MODAL

1. PENGERTIAN MODAL
Secara garis besar pengertian modal adalah kemampuan perusahaan dilihat dari banyak-nya barang modal yang dimiliki perusahaan, pengertian ini merupakan pengertian modal kalau ditinjau dari neraca perusahaan di mana dalam neraca tersebut terlihat jelas bagaimana posisi harta, hutang dan modal perusahaan baik modal sendiri maupun modal asing. Kalau pengertian modal dilihat dari neraca perusahaan, baik dilihat dari sisi aktiva maupun pasiva, semua hal yang tercantum pada neraca perusahaan merupakan modal perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasional perusahaan baik apakah modal terse but berasal dari kekayaan yang dimiliki perusahaan maupun modal yang berasal dari hutang atau modal saham.

2. JENIS MODAL
Jenis-jenis modal dapat diperinci seluruhnya berdasarkan kedudukan masing-masing di sisi aktiva maupun di sisi pasiva di mana dari kedua sisi tersebut, jenis-jenis modal dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:
66

MODAL AKTIF Dalam neraca modal aktif dibagai menjadi dua bagian yaitu aktiva tetap dan aktiva lancar. karena semakin cepat jangka waktu perputaran aktiva lancar berarti semakin baik perputaran modal kerja di mana modal kerja ini berfungsi untuk kelancaran proses produksi sehingga dengan lancamya proses produksi membuat kesernpatan perusahaan untuk meningkatkan (menghasilkan) laba semakin besar. Jenis modal menurut sumber asalnya terdiri dari Hutang (Modal Asing) dan modal sendiri. Hutang Modal pasif -E Hutang jangka pendek Hutang jangka menengah Hutang jangka panjang Laba MOdal-E ~kumulasi depresiasi Cadangan laba 3. Perputaran aktiva lancar ini sangat mempengaruhi modal kerja atau kemampuan perusahaan untuk melakukan investasi (menanamkan kembali). di mana keduanya mempunyai perbedaan dalam hal kesempatan berputamya (untuk menjadi kas) atau jangka waktu perputarannya. dan aktiva tetap (berbentuk mesin. Modal L--_ Aktiva Tetap : Mesin. bangunan. 67 . secara skematis jenis-jenis modal tergambar di bawah ini: Aktiva Lancar: Modal Aktif (sisi aktiva) Kas. suratbemarga maupun persediaan). bangunan dan tanah).1. Untuk lebih jelasnya. Modal dilihat dari bentuknya terdiri dari aktiva lancar (baik yang berbentuk kas. tanah dll. persediaan & efek 2. piutang. piutang. Perputaran aktiva lancar untuk berubah menjadi kas mempunyai jangka waktu yang relatif singkat/ pendek (biasanya kurang dari satu tahun).

1. 4.1.1. 4. 3. 2. MODAL ASING Modal asing adalah modal yang berasal dari pihak luar perusahaan yang bersifat sementara penggunaannya di dalam kegiatan operasional perusahaan dan sewaktu-waktu modal tersebut harus dikembalikan jika sudah tiba masa jatuh temponya.2. kendaraan dan bangunan. 68 . misalnya: mesin dan peralatan.1. Kalau umur penggunaan aktiva tetap habis maka akumulasi penyusutan tersebut akan digunakan kembali untuk membeli peralatan yang lebih modem atau untuk membeli peralatan yang lainnya. MODAL SENDIRI. Modal asing (Long term debt) yang mempunyai jangka waktu pengembalian. MODAL ASING. diutamkan yang menyangkut aktiva yang habis pakai secara berangsur-angsur selama berlangsungnya proses produksi. MODAL PASIF Dengan melihat sisi pasiva suatu neraca. jadi tidak diperoleh secara otomatis karena meningkatnya voleme penjualaan. Modal asing (lntenneadiate term debt) yang mempunyai jangka waktu pengembalian antara satu tahun sampai dengan 10 tahun. 4. 4. hal ini berarti bahwa modal tersebut kepemilikannya dengan cara pinjaman (hutang) baik meminjam dari kreditur bank dengan menjual surat berharga ataupun meminjam dengan cara lainnya.Kemudian modal yang tergolong ke dalam aktiva tetap. Jenis modal asing digolong-golongkan lagi menjadi 3 bagian yaitu: 1. yaitu: 4. Short term debt (Hutang jangka pendek) Hutang jangka pendek merupakan salah satu bentuk pembelanjaan tidak spontankarena untuk mendapatkannya perusahaan perlu mengadakan perjanjian formal. Perputaran aktiva tetap untuk menjadi kas yang kemudian ditanamkan kembali ke dalam perusahaanterjadi dalam jangka waktu yang relatif lama dan biasanya perputaran tersebut dinyatakan dalam akumulasi depresiasi selama umur ekonomis penggunaaan aktiva tetap tersebut. 10 tahun. akan terlihat dengan jelas bahwa modal pasif di sisni terbagi lagi menjadi dua bagian. Modal asing (Short tern1 debt) yang mempunyai jangka waktu pengembalian kurang dari satu tahun. Modal asing berasal dari luar perusahaan.

000. Kalau seandainya pada saat ditanda tangani perjanjian tersebut temyata perusahaan hanya memerlukan dana sebesar Rp 2.00 maka perusahaan tersebut boleh hanya mengambil scbesar Rp 2.000.000. 2. Klausul Likuiditas arurat.000. Kredit penjualan. Perusahaan-perusahaan yang akan memanfaatkan krcdit rekening koran ini. 2. dan kalau temyata sampai bulan perjanjian pembayaran kembali hutang yang dipinjam perusahaan maka perusahaan tersebut pada saat jatuh temponya hanya mcngcmbalikan pokok pinjaman sebesar Rp.00 beserta bunganya.000. biasanya harus memenuhi syarat-syarat yang ditawarkan pihak krcditur yang biasanya berupa: 1.000. Klausul ini berhubungan dcngan kcperluan bank untuk segera memperoleh alat tunai (likuid) dcngan jalan mcrubah krcdit rekcning koran menjadi kredit wesel. Kredit rekening koran Kredit rekening koran merupakan kredit yang diberikan oleh lembaga keuangan kepada perusahaan yang jumlahnya dalam batas tertentu di mana perusahaan boleh mengambilnya sebagian demi sebagian sesuai dengan kebutuhan dananya. dan sebagainya. Klausul Pembatalan (syarat pembatalan). Kredit pembelian. sedangkankredit penjualan dan kredit pembelian merupakan kredit yang berasal dari supplier dan langganan perusahaan.000. kredit rekening koran dan kredit wesel merupakan kredit yang berasal dari lembaga keuangan.diantaranya: Kredit rekening koran. 3.00 dengan jangka waktu pengembalian seluruhnya selama 6 bulan setelah tanggal persetujuan dibuat.1.000. 69 2. Kalau kita tinjau dari asal sumber dana. Bentuk-bentuk hutang jangka pendek. Kredit wesel. a. Bank mempunyai wewcnang membatalkan kredit tersebut jika temyata kredit terse but digunakan untuk tujuan yang menyimpang dari tujuan penggunaan kredit (misalnya untuk spckulasi) atau kalau pcrusahaan berada dalam bahaya yang dianggap bisa merugikan pihak krcditur. Contoh: Bank memberikan kredit rekening koran kepada perusahaan "ABC" sebesar Rp 5. . sedangkan bunga yang dibayarkanoleh perusahaan juga disesuaikan dengan jumlah dana yang diambilnya. 4.00. Kredit rekening koran ini sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang sifat pemasarannya tidak stabil atau perusahaan yang sifat produksinya berdasarkan pesanan.

Kredit Pembelian Kredit pembelian adalah kredit yang diberikan oleh perusahaan sebagai pembeli kepada penjual bahan mentah atau aktiva tetap biasanya disebut sebagai uang muka).3. b. Pemeriksaan yang dilakukan oleh bank berhubungan dengan masalah penggunaan kredit agar sesuai dengan tujuan. Intermeadiate Term Debt Intermeadiate term debt atau pembelanjaan jangka menengah dilakukan jika kredit jangka pendek yang telah diambil perusahaan tidak mencukupi dan kebutuhan danannya tidak terlalu besar sehingga perusahaan akan rugi kalau kebutuhan dana tersebut dipenuhi dengan pembelanjaan jangkan panjang (hutang jangka panjang).~. Klausul Penerimaan dan Pembayaran Melalui Bank. 4.pernbeli menerima barangnya terlebih dahulu baru kemudian pembayarannya dilakukan beberapa waktu kemudian. 5. d. c. Kredit penjualan ini terjadi ka-rena perusahaan memberikan keringanan terhadap pembeli yaitu dengan cara . Kredit Wesel Kredit wesel merupakan surat bukti tanda pengakuan hutang perusahaan sejumlah dana yang tercantum pada surat tanda bukti tersebut yang akan dibayar kepada pihak pembeli pada saat tiba jatuh temponya. Syarat ini untuk memberikan jaminan kredit yang diambil perusahaan bahwa perusahaan tersebut akan memenuhi kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan kreditur. 70 . 4.1. Klausul Jaminan. Klausul Pemeriksaan. Bagi yang membeli (biasanya bank) kredit wesel ini merupakan wesel tagih. Kredit Penjualan Kredit penjualan adalah kredti pemiagaan yang dikeluarkan oleh perusahaan industri maupun perusahaan dagang kepada langganannya. Bank mengikat perusahaan dalam pelaksanaan transaksi finansial perusahaan baik yang berhubungan dengan penerimaan perusahaan maupun pembayaran perusahaan harus melalui bank pemberi kredit. Hal ini berarti bank sebagai pemberi kreditikut campur tang an dalam mengontrol penggunaan kredit. .

Interest factor. c. Soal: Tentukan dan gambarkan berapa ngsuran yang hams dibayar perusahaan tersebut. Equipment Financing. Ada tiga macarn bentuk pembelanjaan jangka menengah: Term Loan. Term Loan Term Loan adalah salah satu bentuk hutang jangka menengah yang mempunyai umur jangka waktu pengembalian selarna lebih dari satu tahun dan kurang dari 10 tahun dan diberikan berdasarkan perjanjian formal oleh bank dagang. Contoh: Perusahaan "A" membeli mesin dengan harga 4 juta di mana jangka waktu pembayarannya selam sepuluh tahun dengan tingkat bunga 5 % per tahun. Cara pembayaran term loan dengan jalan membayarkan sejumlah uang yang sarna setiap mengangsur dimana jumlah tesebut sudah termasuk angsuran pokok dan bunganya. 71 . tengah tahuanan maupun setahunan sesuai dengan kemarnpuan aliran kas perusahaan yang bersangkutan. Jawab: Untuk menentukan jumlah angsuran ditambah bunganya dapat digunakan rumus sebagai berikut: An R=----IF Di mana: Dengan menggunakan tabel PV dapat dicari besamya jumlah angsuran. di hitung dari sisa pinjaman.a. a. serta cara pelunasannya dilakukan secara berkala baik secara triwulanan. b. perusahaan asuransi dan Iain-Iainnya. Angsuran plus bunga dibayar sepuluh kali dengan jumlah yang sama. Leasing Financing. R An IF = = = Pembayaran tahunan Nilai sekarang dari annuity.

941 3. ni.854 5. c. Hal ini berarti selama kredit tersebut belum lunas. Equipment Financing Equipment atau peralatan yang mudah dijual merupakan jaminan yang baik untuk mendapatkan kredit dari kreditur. sehingga jumlah angsurannya adalah : R= 4.566 9. Lease Financing Leasing adalah salah satu bentuk persewaan (servis jasa) dalam jangka waktu tertentu di dalamnya mengandung pengertian hak penggunaan tanpa mempunyai hak milik terbadap aktiva tetap yang disewa.000. Semakin mudah perlatan tersebut dijual maka semakin besar kredit yang dapat diambil. b. 72 .016 Pembayaran bunga merupakan pengeluaran perusahaan yang dilakukan setelah pajak sehingga pembayaran bunga ini akan mengurangi pajak pendapatan atau dengan kata lain pembayaran angsuran dilakukan setelah pembebanan pajak perusahaan.970 2. karena cara pelunasan kredit yang diambilnya disesuaikan dengan skedul penyusutan akuntansi.isalnya dalam membeli mobil-mobil untuk taksi dilakukan dengan kredit.22.722 Dari tabel di atas dapat dilihat untuk tingkat bunga 5 % selama 10 tahun interest faktomya sebesar 7.796 6. Pada perusahaan transportasi.902 4.962 5% 0.952 dst 7 8 9 10 7. hak pemilikan perusahaan masih berada pad a si pemberi kredit dan akan berpindah hak kalau sudah lunas.990 1.980 3% 0.471 2% 0.728 7.971 4% 0.000 7. hal ini dapat digolongkan bahwa perusahaan transportasi terse but menggunakan pembelanjaan jangka menengah dengan aktiva yang dibeli tersebut sebagai jaminannya.Dalam tabel PY annuity: Tahun\ Bunga 1 2 3 4 5 6 1% 0.652 8.22 = 554.

487 3.971 0.826 0.791 Tabel PV dari Rp. Contoh: Penentuan pembayaran sewa leasing (dengan tabel PV Annuity).Ada tiga bentuk leasing yaitu: a. Soal : Berapakah sewa yang harus dibayar untuk setiap tahunnya ? Jawab: Tabel PV annuity 1% Th 1 Th 2 Th3 Th 4 Th 5 Dst dst. Financial Leases Financial Leases adalah bentuk leasing yang tidak memberikan servis perawatan aktiva tetap yang disewa dan tidak dapat dibatalkan serta harns penuh dibayar/ diangsur.00 dan tingkat bunga yang harus dibayar oleh perusahaan "A" tersebut sebesar 10 %.751 0. Pembayaran sewa leasing harus dilakukan pada awal tahun. b.621 73 . . 500.170 3. Kemudian perusahaan "ABC" menyewakan mesin tersebutkepada perusahaan "A" dengan cara leasing. Direct Leasing Perusahaan yang menyewakan aktiva yang sebelumnya tidak menjadi miliknya.00.00 1% 0.683 0.980 0. 10.000. di mana setelah dihitung-hitung perusahaan "ABC" memutuskan untuk meqyewakannya dalam jangka waktu 5 tahun dengan nilai residu sebesar Rp. c. 10% 0. Sale and lease back Perusahaan yang membutuhkan dana dengan jalan menjual peralatan atau aktiva tetap lainnya kepada bank sejumlah tertentu yang diterima oleh perusahaan secara langsung tetapi perusahaan tersebut masih bisa menggunakan aktiva tetap yang dijualnya dengan cara menyewa dalam jangka waktu tertentu sehngga bank memperoleh keuntungan yang berupa nilai sisa aktiva tetap setelah masa sewanya habis.909 1.736 2. Perusahaan "ABC" sebagai lessor (penyewa) membeli suatu peralatan pabrik (mesin) seharga Rp.. Misalnya: IBM menyewakan komputer.951 dst . 1.909 0. 10% 0.990 0.000.000.961 0.

791 ) + 500. Hipotek pinjaman. Karena adanya dana yang cukup besar dan jangka waktu pengembaliannya lama menyebabkan kegiatan proses produksi akan terjamin kelangsungannya dengan stabil.000 ( 0. Keuntungan apa yang bisa diperoleh kalau perusahaan menggunakan hutang jangka panjang ini? Keuntungannya 1. 2. dan penggunaan pinjaman jangka panjang ini biasanya untuk membiayai perluasan usaha (ekspansi) maupun pembaharahuan perusahaan (innovasi perusahaan). ini diharapkan dapat mempererat hubungan baik yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan sebagai debitur dengan pihak bank sebagai pemberi dana. 3. Long term debt Long term debt atau hutang jangka panjang adalah hutang yang jangka waktu pelunasannya lebih dari 10 tahun. adalah sebagai berikut: Mengurangi resiko likuiditas. Menjalin hubungan baik dengan kreditur. ini akan memberikan kelonggaran waktu dalam mengumpulkan dana pengembalian tanpa dirisaukan oleh adanya kewajiban hutang yang dapat menyebabkan kesulitan likuiditas perusahaan. Dengan adanya kewajiban perusahaan terhadap kreditur dalam jangka waktu yang lama berarti penghasilan kreditur dari bunga pinjaman merupakan pendapatan kreditur yang relatif lama.Rumus: Harga beli = X+X +. Bentuk-bentuk pinjaman jangka panjang bisa dibedakan menjadi 3 macam: Pinjaman obligasi. 3.1. Kontinuitas proses produksi terjamin.000.000 = X ( 3. 2.621 ) = X 4. 74 . Dengan jangka waktu pengembalian yang lama. + x + Nilai residu ( 1 (1+i)n ) = X I F + PV dari Nilai Residu 10. 1. KIK / KMKP.3.

Tetapi untuk mengurangi resiko ini biasanya pembeli dilindungi oleh perusahaan yaitu perusahaan yang mengeluarkan surat tidak boleh menjaminkan kekayaan perusahaan kepada kreditur lain. Penentuan jangka waktu jatuh tempo obligasi sebaiknya sebaiknya disesuaikan dengan jangka waktu penggunaannya. b. 4. 1. 2. 2. Bentuk-bentuk pinjaman obligasi diantaranya sebagai berikut: 1. Obligasi biasa (bonds). di mana kalau pinjaman hipotek maupun obligasi biasanya dikeluarkan oleh perusahaan dagang maka KIKJKMKP dikeluarkan olch bank yang tujuan pengeluarannya untuk menambah modal guna melaksanakan rehabilitasi (perluasan) dan pendirian proyek baru. Adapun ciri-ciri obligasi adalah sebagai berikut: Adanya jangka waktu jatuh tempo di mana perusahaan harus membayar hutang berikut bunganya. Jumlah angsuran harus disesuaikan dengan jumlah penyusutan dari aktiva tetap yang akan dibelanjai dengan kredit obligasi tersebut. KIKJKMKP ini biasanya diberikan kepada para pengusaha kecil pribumi agar dapat memajukan pcrusahaan dan dapat bcrsaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Obligasi yang dapat dipertukarkan (Convertible bonds). 3. KIK/KMKP KIKJKMKP berbeda dengan kcdua bentuk long term debt. Pinjaman Obligasi Pinjaman obligasi adalah surat tanda hutang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan tertentu di mna si pembeli akan memperoleh keuntungan yang berupa pembayaran bunga oleh perusahaan yang mengeluarkan (dinyatakan dalam bentuk coupon rate). Debenture Obligasi: Yaitu obligasi yang tidak dijamin dengan suatu aktiva tertentu yang berarti tidak ada jaminan bagi pembeli jika perusahaan yang mengeluarkan mengalami kesulitan likuiditas.a. c. 75 . Pinjaman Hipotek Pinjaman hipotek adalah bentuk pinjaman jangka panjang di mana kreditur diberi jaminan harta tidak bergerak sebagai hipotek yang sewaktu-waktu jangka debitur tidak melaksanakan kewajiban membayar hutang maka harta tak bergerak (aktiva tetap) tersebut dapat dilelang untuk mcmbayar hutang perusahaan. Obligasi pendapatan (Income bonds).

4. Bila jaminan pokok yang berupa proyek belum meneukupi 100 % maka pihak pengusaha keeil harus menyediakan jaminan tambahan (kekayaan nasabah). 2. 3. bangunan. MODAL SENDIRI Modal sendiri adalah modal yang berasal dari pemilik perusahaan dan yang tertanam di dalam perusahaan dalam jangka waktu yang tidak menentu lamanya. Dangan yang berasal dari akumulasi penyusutan aktiva tetap digunakan untuk membiayai pembelian aktiva tetap yang baru maupun untuk mengganti aktiva lama yang sudah habis umur ekonomisnya sesuai dengan metode depresiasi yang dipakai perusahaan.1. modal sebagai berikut: Saham biasa Berasal dari luar perusahaan -[ Modal sendiri Laba ditahan Saham preferen Cadangan 4.2. Proyek yang akan dibiayai oleh kredit yang bersangkutan. dan aktiva tetap lainnya.Sedangkan jaminan yang diberikan sebagai syarat didapatnya kredit adalah: 1. Sedangkan modal sendiri ini bisa berasal dari dalam perusahaan yang merupakan keuntungan dari hasil kegiatan operasional perusahaan. Selama umur ekonomis perusahaan belum habis maka dana yang terhimpun pada eadangan penyusutan menganggur. Kalau digambarkan dalam skema. Atau eadangan bisa didefinisikan sebagai eadangan yang terbentuk dari keuntungan yang diperoleh sebagai hasil kegiatan operasional perusahaan selama beberapa waktu yang lampau atau selama tahun berjalan.2. Cadangan Cadangan bisa berasal dari eadangan penyusutan me sin dan peralatan. oleh karena itu perusahaan biasanya menggunakan cadangan penyusutan yang mengnggur tersebut jika: 76 . Jaminan tambahan tidak boleh berasal dari kekayaan pihak ketiga. tetapi modal sendiri ini juga bisa berasal dari luar perusahaan misalnya: saham biasa bukan saham obligasi.

c.2.2. Untuk menjaga stabilitas perusahaan Kebijaksanaan dalam bidang pemasaran dihubungkan dengan peningkatan mutu. Karena adanya lab a yang ditahan maka tersedianya dana yang sewaktu-waktu diperlukan sudah ada. 77 . di mana besamya laba yang ditahan dipengaruhi oleh kebijaksanaan perusahaan mengenai lab a perusahaan dan tingkat keuntungan perusahaan ( semakin besar tingkat keuntungan yang dicapai maka semakin besar tingkat laba yang ditahan ).a. Kebijaksanaan perusahaan untuk menyisihkan dana yang berupa laba ditahan dengan tujuan untuk: a. Perluasan usaha membutuhkan dana yang sangat besar. Ada keyakinan yang didasarkan pengalamandan kejadian masa lampau dim ana pada saat cadangan penyusutan diperlukan dapat dengan segera dikembalikan. 4. pelayanan. Misalnya peningkatan efisiensi pada pembelian bahan baku dengan mengurangi frekuensi pembeIian yang semula 1 bulan 3 kali menjadi 1 bulan sekali. Dengan efisiensi yang sederhana ini perusahaan dapat menghemat biaya transpor. Ada keyakinan dan kepastian bahwa menggunakan cadangan penyusutan yang mengnggur untuk dipakai pada kegiatan operasional perusahaan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan jika cadangan tersebut didepositokan atau dibelikan perhiasan emas. Jika perusahaan selalu memperhatikan perubahanperubahan lingkungan ekstern maupun intern yang menyebabkan perkembangan perusahaan maka perusahaan harus memikirkan pelaksanaan ekspansi. biaya pengangkutan dan yang lebih penting jika biaya-biaya produksi bisa kecil maka perusahaan dapat menentukan harga pokok penjualan juga rendah dus harga jual juga rendah dan dapat bersaing dengan harapan laba yang dicapai bisa lebih besar lagi. b. dim ana dana-dana tersebut diantaranya berasal dari dana yang berupa lab a ditahan. Melaksanakan ekspansi (perluasan usaha) Perluasan usaha diperlukan untuk menyesuaikan kondisi perkembangan masyarakat. promosi dan sebagainya yang kesemuanya membutuhkan dana yang tidak sedikit. ekonomi dan teknologi. Untuk meningkatkan efisiensi Peningkatan efisiensi berhubungan dengan peningkatan keuntungan perusahaan. Laba ditahan Laba ditahan adalah bagian keuntungan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham sebagai deviden. b.

Untuk memperbaiki struktur modal Struktur modal tersebut di samping mcnjaga perimbangan antara modal sendiri dengan hutang jangka panjang juga harus mcnjaga pcrimbangan antara modal sendiri dengan hutang jangka pendek. 2. 78 . Hak dan kewajiban-kewajiban terse but diantaranya: Hak untuk menikmati sebagian laba yang dipcroleh perusahaan. 1. Adapun jenis-jenis saham biasanya berbentuk: 1. Saham Saham adalah surat tanda ikut scrta untuk mcnanamkan modal kc dalam pcrusahaan yang mengeluarkan surat saham terse but sehingga dapat dikatakan sebagai pcmilik perusahaan. Kewajiban untuk ikut serta menanggung kerugian yang diderita perusahaan. 3. 4. 4.3. Dengan demikian sebagai pemilik perusahaan maka pemegang saham mcmpunyai kewajibankewajiban dan hak-hak tertentu sebagai tanda kepemilikannya. Saham preferen. Dan sebagainya. 2. 3. Saham preferen kumulatif. Saham biasa.d. Hak untuk ikut serta dalam mcnentukan kebijaksanaan dalam perusahaan.2.

dengan jangka waktu pelunasan yang harus dibayar per tahunnya besamya angsuran tiap tahunnya. Bagaimana kalau salah seorang anggota KUD mengajukan permohonan KIK/KMKP untuk usahanya ? Apa yang perlu dipertimbangkan bank si pemberi kredit tersebut? Penilaian bank yang dilaksanakan dalam pemberian kredit. Ada tiga penggolongan jenis modal. Perusahaan diharuskan melunasi hutang tersebut selama 5 tahun dengan jumlah angsuran yang sama untuk setiap tahunnya.PERTANYAAN 1. 5. Perusahaan "KOLEGA" menerima kredit modal kerja dari suatu bank dengan suku bunga 14 % per tahun. dalam jumlah yang sama selama 4. 6. Tentukan kalau pembayaran angsuran untuk setiap tahunnya 6 tahun tersebut . menggunakan kriteria 5 C dan 3 R. 7. a. dihitung dari sisa pinjaman. jelaskan dengan singkat ! Bagaimana perlakuan akuntansi dan pajak kalau perusahaan memakai dana jangka menengah yang berbentuk lease financing. Apabila kredit tersebut bemilai 6 juta berapa jumlah angsuran yang harus dibayarkan untuk setiap tahunnya ? Apabila suku bunga pinjaman umumnya 20 %. Mengapa dalan jenis modal jangka pendek terutama jenis modal seperti Rekening Koran biasanya diikuti dengan persyaratan-persyaratan yang selalau diajuakan kepada debitur? Perusahaan membeli mesin dengan harga 2 juta pembayaran selama 6 tahun dengan tingkat bunga sebesar 6 %. 9. b. 2. Apa maksudnya ? Jelaskan apa yang dimaksud dengan Leasing? yang termasuk didalamnya ? Ada berapa macam pembelanjaan Bagaimana kedudukan pemegang saham pada suatu perusahaan ? Apa perbedaan pnjaman obligasi dengan pinjaman hipotek ? 10. 8. berapakah keuntungan perusahaan karena menerima kredit murah tersebut ? 79 . 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful