OLAHRAGA Berolah raga supaya sehat. Banyak-banyak berolah raga supaya sehat.

Anjuran-anjuran manfaat olah raga bagi kesehatan seperti itu tentulah pasti sudah sering kita dengar. Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani (misalkan catur). http://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga Olah raga merupakan gaya hidup sehat yang harus di biasakan sejak kecil agar di masa mendatang tubuh kita menjadi sehat dan tidak gampang terkena penyakit. Karena semakin tua tubuh kita secara otomatis daya tahannya akan semakin menurun. Dengan olah raga akan menghambat penurunan daya tahan tersebut. Beberapa manfaat olah raga bagi kesehatan kita: 1. Meningkatkan kemampuan otak kita. Olah raga bisa meningkatkan kadar oksigen di dalam darah kita dan mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh kita terutama ke otak. Hal tersebut dipercaya bisa meningkatkan kemampuan otak kita. 2. Menunda proses penuaan. Proses penuaan merupakan hal yang alami dan pasti terjadi, akan tetapi dengan olah raga proses tersebut bisa di kurangi lajunya. 3. Mengurangi stress Dalam kehidupan manusia sekarang ini stress adalah penyakit yang sering mendatangi kita karena tekanan hidup, tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi dan masalah-masalah kehidupan yang lain. Dengan olah raga kita bisa mengurangi kadar stress dalam kehidupan kita. 4. Meningkatkan daya tahan tubuh kita Aktivitas olah raga bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dimana hormon-hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. 5. Menambah rasa percaya diri Dengan olah raga yang teratur kita bisa mengontrol berat badan kita, sehingga kita bisa mencapai berat badan ideal dan kita memperoleh postur tubuh yang proporsional yang secara langsung bisa menambah rasa percaya diri kita. Dengan sedemikian banyaknya manfaat olah raga bagi kesehatan tentunya kita harus melaksanakan gaya hidup sehat ini demi kesehatan kita sendiri.

liburan merupakan kesempatan yang baik untuk mencari inspirasi baru. tegang. Meningkatkan kesehatan mental Anda Sebuah studi oleh Wisconsin Medical Journal menemukan bahwa wanita yang suka berlibur. . Lung & Blood Institute di Bethesda. atau lelah . dengan bepergian ke lingkungan yang asing. memiliki tingkat kematian tertinggi dan insiden penyakit jantung. Oleh karena itu. Sehat Sebuah studi yang dilakukan di National Heart. mengatakan wanita yang sering berekreasi memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks masa tubuh yang rendah. kemungkinan kecil merasakan tertekan. Sedangkan wanita yang jarang melakukan liburan lebih mungkin untuk memiliki stres di rumah dan tidur kurang. Dengan tingkat kegembiraan yang tinggi serta pikiran yang segar maka seseorang akan lebih siap untuk kembali bekerja. menemukan bahwa pria yang mengambil liburan tahunan mengurangi risiko kematian sebesar 20% dan risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 30%. Tidak berhenti sampai di sana. Maryland. Mereka mengatakan bahwa wanita yang bepergian keluar kota (dua kali atau lebih dalam satu tahun) berkemungkinan mencegah sakit jantung delapan kali lebih kecil daripada mereka yang tidak.Studi lain yang diterbitkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine. lingkungan yang sama. Bekerja Lebih Baik Liburan bisa membuat performa kerja Anda menjadi lebih baik lagi di kantor. melihat orang yang sama. kita menempatkan diri dalam situasi yang baru dan memungkinkan otak kita untuk berpikir secara berbeda. studi mengatakan bahwa orang yang sering berlibur memiliki kualitas tidur yang lebih baik. dll. Menemukan inspirasi baru Selama hampir setahun Anda melakukan rutinitas yang itu-itu saja dan sudah terjadwal. Hal ini mengurangi kesempatan Anda untuk berpikir kreatif dan memiliki inspirasi baru.REKREASI Hidup lebih lama Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Negeri New York . makan malam di restoran yang sama. Sedangkan pria yang tidak mengambil liburan di lima tahun terakhir.

darah kita mengalir melalui 17 juta mil arteri.000 kali. bernafas sebanyak 20. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada saat ini sangat melelahkan. Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup. bermain tenis. Kita semua membutuhkan istirahat untuk melawan segala kepenatan. . menggerakkan otot-otot besar sebanyak 750 kali. umat manusia berjuang/berusaha keras untuk bekerja. Berjalan di udara segar. perubahan dalam aktifitas. otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. urat darah halus dan juga pembuluh-pembuluh darah. tetapi juga bersantai. dimana selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh terisi diperbaharui lagi. dan penambahan kekuatan setelah digunakan.000 kali. Istirahat tidak hanya mercakup tidur. dan mengoperasikan 14 milyar sel otak. menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya. semuanya dapat menenangkan otot-otot.000 kata. Manusia membutuhkan istirahat. menjernihkan pikiran. jantung kita berdetak sebanyak 100. Kita berbicara sebanyak 4.Istirahat yang Sehat Dalam satu hari. Istirahat yang besar membawa pemulihan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat.