TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SARANA MENUJU KESEJAHTERAAN UMAT HINDU BALI

Oleh : Kadek Suar Wibawa

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dewasa ini bergerak sangat cepat dan dinamis mengikuti dinamika pergerakan kehidupan masyarakat. Perkembangan yang cepat dan dinamis ini tentunya dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi kehidupan masyarakat apabila tidak disikapi dengan cerdas dan diterima secara lebih selektif. Banyak kasus yang mencuat belakangan ini terkait dengan penyalahgunaan kemajuan teknologi informasi seperti misalnya: kasus pembobolan dana nasabah bank, kasus penipuan dengan media sms, penyalahgunaan media jejaring sosial hingga berujung pada tindak pidana, dan masih banyak lagi sederetan kasus yang lainnya. Perubahan akan pola dan prilaku gaya hidup serta pergaulan remaja yang dulunya masih terlihat ayu dan berbudaya, perlahan tapi pasti sudah tergerus oleh arus perkemabangan teknologi dan informasi saat ini. Tidak hanya sampai disitu, Tingkat “pendewasaan” diri akan sikap dan egoisme remaja sekarang cenderung mendahului tingkat kematangan fisik, tanggung jawab dan pola pikir dengan kisaran umur relatif muda (belasan tahun). Tidak jarang dijaman sekarang ini, kita sering mendengar peristiwa pemerkosaan, pergaulan sex bebas pra nikah, hamil dimasa remaja, penggunaan obat-obat terlarang dan peristiwa-peristiwa sejenisnya. Pertanyaan besar yang muncul adalah : Bagaimanakah kita sebagai umat Hindu menyikapi dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai media didalam mencerdaskan dan mensejahterakan umat? Agama hindu sebagai agama tertua didunia yang telah mengalami rentang sejarah yang panjang serta peradaban kehidupan umat, senantiasa bisa menerima ragam budaya dan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan, hingga kini memasuki era yang bisa kita sebut sebagai era informasi. Diera informasi ini, dengan ketersediaan teknologi, jaringan internet, percepatan aliran informasi dan murah. Bayangkan saja, seorang pandita memberikan ketersediaan sumber dharma wacana di informasi menjadikan ilmu pengetahuan dapat disebarkan dengan mudah, cepat dan

Teknologi web menawarkan . Penggunaan Jaringan internet. (Pengertian dan Tujuan Agama Hindu. maka kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dapat digunakan sebagai sebuah sarana didalam memajukan kehidupan dan mensejahterakan umat. Sebagai daerah tujuan wisata dan dengan dukungan kemajuan teknologi informasi yang ada sekarang ini. mendalami ilmu pengetahuan (science) dan mengekplorasi kemampuan yang ada pada diri kita untuk ikut berbagi dan menyumbangkan pemikiran yang positif.com). inovatif. Alam Bali yang memepesona mampu memikat setiap mata untuk mengunjungi pulau dewata ini. kita bisa memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk mengeksplorasi diri guna meningkatkan dan memajukan kesejahteran masyarakat bali. keramah tama-mahan masyarakat bali mampu menjadikan bali sebagai tujuan wisatan.pelataran/wantilan pura yang diliput menggunakan media televisi dan disiarkan secara langsung. Sejuknya udara gunung.hinduindonesia. Sehingga kecerdasan yang terbentuk pada pribadi masing-masing umat merupakan hasil intelektualitas diri yang bermoral. sebagai umat yang percaya akan ajaran dharma kita semua memiliki tujuan yang sama untuk mencapai moksa dan jagat hita. Kita coba melirik teknologi web sebagai layanan jaringan internet yang berkembang pesat saat ini. kreatif dan berwawasan yang didasarkan atas dharma dari ajara-ajaran agama hindu. dibentengi oleh norma-norma yang berlaku dan dilingkupi oleh satu kebenaran tertingi yaitu dharma. Maka. yang artinya bahwa agama (dharma) bertujuan untuk mencapai kebahagiaan rohani dan kesejahteraan hidup jasmani atau kebahagiaan secara lahir dan bathin. http://www. desirnya angin pesisir pantai dan yang tidak kalah penting. kita bisa menggali beragam informasi. dapat saksikan oleh ratusan hingga ribuan umat sampai dipelosok desa yang masih terjangkau siaran televisi tersebut. Dengan terbentuknya insan umat beragama yang memiliki intelektualitas dan kecerdasan didalam berfikir dan berprilaku di jaman informasi ini. Jika kita lihat kembali tujuan dari agama Hindu yang dirumuskan sejak Weda mulai diwahyukan yaitu "Moksartham Jagadhitaya ca iti Dharma". inspiratif. Bali sebagai mayoritas pemeluk hindu di Indonesia memiliki khasanah budaya dan ragam tradisi dengan dukungan pariwisata yang begitu kuat. indahnya panorama bawah laut.

Pemanfaatan teknologi yang tepat guna dengan menyesuaikan unsur-unsur budaya yang berlaku di kehidupan masyarakat Bali kiranya dapat memberikan dampak positif didalam peningkataan kesejahteraan kehidupan umat. diakses dari : http://www. diakses dari : http://id. pengenalan kawasan wisata yang disertakan dengan mapping untuk pencapaian lokasi wisata.com/ pada 11 Februari 2012 jam 10:00 . diakses dari http://idapedandagunung.berbagai fitur dan layanan yang bersifat simpel dan mudah dipergunakan sebagai ajang untuk melakukan : promosi berbagai produk kerajinan tangan masyarakat seperti patung.wikipedia.com/content/blogcategory/29/42/ pada 13 Februari 2012 jam 13:50 wib Agama Hindu. pengenalan tarian tradisonal dan semi modern hasil kreativitas teruna-teruni melalui mediasi youtube dan pengenalan kreasi gong kebyar. Pengertian dan Tujuan Agama Hindu. kreasi gong beleganjur dengan media yang sama.hindu-indonesia. Sumber referensi : Menipisnya Keyakinana Manusia Terhadap Tuhan. anyaman. batik.org/wiki/Agama_Hindu pada 12 Februari 2012 jam 12:00 wib Tuntutan dasar agama hindu. kerajinan perak dll. ukiran. Pertanda Runtuhnya Moral Manusia.