Soal Hukum Newton pada Bidang Datar dan Bidang Miring

1. Sebuah kotak bermassa 10 kg bergerak pada bidang datar licin (tidak ada gaya gesekan) karena dipengaruhi oleh gaya sebesar 100 N. Berapa percepatan kotak tersebut ? (g = 10 m/s2) (level 2) 2. Sebuah mobil mainan ditarik dengan tali oleh seorang anak kecil sepanjang lintasan lurus pada permukaan lantai (tanpa gesekan). Massa mobil mainan 10 kg dan sudut yang dibentuk tali dengan horisontal 30o. Jika mobil mainan bergerak dengan percepatan 1 m/s2, berapakah gaya total dan gaya normal yang bekerja pada mobil mainan ? (g = 10 m/s2) (level 2) 3. Seorang buruh pelabuhan menarik sekarung beras bermassa 50 kg pada lantai kapal laut. Karung yang berisi beras tersebut bergerak dengan kecepatan tetap sejauh 2 meter selama 2 detik. Jika lantai kapal licin (tidak ada gaya gesekan), berapa gaya yang diberikan oleh buruh pelabuhan ? (level 2) 4. Sebuah mobil mula-mula diam. Setelah 10 detik, mobil tersebut bergerak dengan kecepatan 20 m/s. jika massa mobil 500 kg, berapa gaya total yang dihasilkan mesin ? (abaikan gaya gesekan) (level 2) 5. Sebuah gerobak sampah didorong oleh seorang pemulung sehingga gerobak tersebut bergerak dengan percepatan tetap 2 m/s2. Jika massa gerobak 10 kg dan gaya gesekan yang bekerja pada permukaan roda dan tanah bernilai 20 N, tentukan gaya total yang bekerja pada gerobak ! apakah gaya total tersebut = gaya yang diberikan pemulung ? jelaskan ! (level 2) 6. Sebuah kotak yang beratnya 20 N didorong sepanjang lintasan lurus pada permukaan lantai kasar. Kotak yang pada mulanya diam, bergerak sejauh 10 meter selama 2 detik. Jika koofisien gesekan statis = 0,4 dan koofisien gesekan kinetis = 0,3, berapakah gaya total yang menggerakan kotak tersebut ? (g = 10 m/s2) (level 3) 7. Sebuah balok diletakan pada bidang miring licin (tanpa gesekan), di mana sudut yang dibentuk antara bidang miring dan horizontal = 30o. Kemudian balok tersebut dilepaskan sehingga balok meluncur ke bawah akibat pengaruh gravitasi. Berapakah percepatan balok ? Hitung juga gaya normal yang bekerja pada balok ! (g = 10 m/s2) (level 3) 8. Sebuah mobil sedang bergerak menuju puncak, di mana jalan yang dilalui mobil merupakan sebuah tanjakan dengan kemiringan 30o. Massa mobil = 500 kg, koofisien geesekan statis = 0,5 dan koofisien gesekan kinetis = 0,4. Berapakah gaya total minimum yang harus dihasilkan mesin agar mobil bisa bergerak dengan percepatan 10 m/s2 ? (g = 10 m/s2) (level 3) 9. Sebuah sepeda motor dan pengendaranya sedang bergerak turun sepanjang jalan miring. Diketahui massa sepeda motor = 200 kg, massa pengendara = 50 kg, dan kemiringan jalan = 30o. Berapakah percepatan sepeda motor tersebut jika mesinnya tidak dinyalakan ? Seandainya sepeda motor ditumpangi pengendara dan pacarnya (massa pacar pengendara sepeda motor = 100 kg), apakah

(g = 10 m/s2) (level 3) 10. berapakah komponen gaya berat benda yang tegak lurus bidang miring ? g = 10 m/s2 (level 2) 6. Jika berat sebuah benda 100 N. Sebuah balok diletakkan di atas bidang miring sebagaimana tampak pada gambar di bawah.sepeda motor bertambah kencang atau bergerak makin lambat ? Abaikan gaya gesekan. Jika koofisien gesekan statis = 0. Berapa berat benda tersebut ? (g = 10 m/s2) (level 1) 3. Sebuah balok bermassa 10 kg diletakkan di atas bidang miring sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah. hitung komponen gaya berat benda yang sejajar bidang miring dan komponen gaya berat benda yang tegak lurus bidang miring ! g = 10 m/s2(level 2) .1 . Apabila panjang AB = 4 satuan dan BC = 3 satuan. Sebuah balok diletakkan di atas bidang miring sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah. Jelaskan perbedaan antara massa dan berat ! (level 1) 2.2 dan koofisien gesekan kinetis = 0. Apabila massa balok 20 kg dan sudut yang dibentuk antara bidang miring dengan lantai adalah 60o. berapa massa benda tersebut ? (g = 10 m/s2) (level 1) 4. berapakah gaya hambat minimum yang diperlukan (Dalam hal ini gaya yang dihasilkan melalui pengereman) agar sepeda motor bisa berhenti ? (level 3) Soal Gaya Berat (w) 1. Sebuah benda bermassa 10 kg. Apabila massa balok 10 kg dan sudut yang dibentuk antara bidang miring dengan lantai adalah 30o. berapakah komponen gaya berat benda yang sejajar dengan bidang miring ? (level 2) 5. Lanjutan dari soal nomor 9.

hitung besar gaya Normal yang bekerja pada benda tersebut ! g = 10 m/s2 (level 2) Soal Gaya Gesekan 1. Berapa gaya normal (N) yang bekerja pada balok ?(level 1) 2. Jika sudut yang terbentuk antara bidang miring dan bidang datar = 45o.Soal Gaya Normal (N) 1. Jelaskan perbedaan kedua gaya gesekan ini ! (level 1) . Sebuah balok bermassa 10 kg diletakkan pada bidang miring seperti tampak pada gambar di bawah. Sebuah balok bermassa 20 kg diletakkan pada bidang miring seperti tampak pada gambar di bawah. yakni gaya gesekan statis dan gesekan kinetis. Gaya gesekan terdiri dari dua jenis. Jika sudut yang terbentuk antara bidang miring dan bidang datar = 60o. Sebuah balok bermassa 10 kg diletakkan pada bidang datar seperti tampak pada gambar di bawah. hitung besar gaya Normal yang bekerja pada benda tersebut ! g = 10 m/s2 (level 2) 3.

3 dan koofisien gesekan kinetik adalah 0. hitung besar gaya gesekan ! g = 10 m/s2 (level 2) 5. Jika koofisien gesekan statis = 0. Sebuah benda bermassa 10 kg berada dalam keadaam diam di atas meja yang permukaannya datar.2 dan koofisien gesekan kinetis = 0. tentukan besar gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis ! g = 10 m/s2 (level 2) 4. berapa gaya gesekan minimum yang dibutuhkan agar benda tersebut diam alias tidak bergerak ? g = 10 m/s2 (level 2) . Sebuah balok diletakkan di atas bidang miring sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Sebuah balok bermassa 10 kg berada di atas bidang miring sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah. Koofisien gesekan statik adalah 0.2.4.2. Berapa gaya minimum yang diberikan agar buku itu mulai bergerak ? g = 10 m/s2 (level 2) 3. Sudut yang dibentuk antara bidang miring dengan lantai adalah 30o. Diketahui panjang AB = 4 m dan BC = 3 m. Sebuah balok bermassa 10 kg diletakkan di atas bidang miring sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah. Apabila massa balok 20 kg dan sudut yang dibentuk antara bidang miring dengan lantai adalah 60o.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful