You are on page 1of 4

Kesembuhan dating dari Alla SWT.

Kepuasan pasien kewajiban kami

KERANGKA ACUAN PELATIHAN PPGD UNTUK ORANG AWAM RSAB SITI FATIMAH KRAKSAAN TAHUN 2010

1. PENDAHULUAN Penanggulangan penderita gawat darurat adalah suatu pelayanan kesehatan yang optimal, terarah, dan terpadu bagi setiap anggota masyarakat yang berada dalam keadaan gawat darurat. Pada umumnya yang menemukan pertama kali penderita gawat darurat di tempat kejadian adalah masyarakat yang dikenal dengan istilah ³orang awam´. Oleh karena itu amatlah penting memberikan pelatihan penanggulangan kegawat daruratan pada orang awam. Berpangkal tolak dari hal tersebut RSAB Siti Fatimah Kraksaan bermaksud untuk memberikan pelatihan kegawat daruratan pada orang awam sebagai salah satu bentuk pelayanannya dalam SPGDT.

2. LATAR BELAKANG a. Keadaan gawat darurat dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan dapat menimpa siapa saja. b. Keadaan gawat darurat dapat disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan. c. Penyakit dapat berupa : serangan jantung, kejang demam, muntaber, demam berdarah, dan lain-lain. d. Kecelakaan dapat berupa : kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, bencana alam, dan lain-lain. e. Prinsip penanganan penderita gawat darurat adalah tepat, cepat dan cermat dalam upaya penyelamatan jiwa dan mencegah kecacatan. f. Orang yang berada di tempat kejadian merupakan penentu keselamatan korban, yang diharapkan dapat melakukan sesuatu untuk mencegah kematian atau kecacatan akibat keadaan gawat darurat.
Program Kerja Diklat RSAB Siti Fatimah Page 1 of 4

CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN Dalam melaksanakan kegiatan ini menjadi tanggung jawab langsung dari Unit Diklat yang mana Ketua Unit Diklat menunjuk Kepala UGD sebagai ketua pelaksana kegiatan ini. RINCIAN KEGIATAN Pendidikan dan Pelatihan PPGD AWAM ini dilaksanakan di Aula RSAB Siti Fatimah dengan peserta karyawan non medis RSAB Siti Fatimah dan masyarakat awam sekitar RSAB Siti Fatimah dan sebagian dari Pemuda Muhammadiyah. B. 5. Mampu memindahkan korban 4. 2. Dalam pelaksanaan kegiatan ini peserta mendapatkan makalah tentang materi kegawatdaruratan untuk dijadikan sebagai acuan selama mengikuti proses Program Kerja Diklat RSAB Siti Fatimah Page 2 of 4 . Mampu memberikan nafas buatan 3. Kepuasan pasien kewajiban kami 3. Teori penanganan penanggulangan kegawat daruratan untuk orang awam. KEGIATAN POKOK Pelatihan dan Pendidikan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) pada Orang Awam. TUJUAN A. Mampu membebaskan gangguan jalan nafas 2. Mampu melakukan komunikasi minta tolong 5. B. Kegiatan ini akan kami laksanakan dalam dua season yaitu : 1.Kesembuhan dating dari Alla SWT. Mampu membalut dan memasang bidai sederhana 6. TUJUAN KHUSUS 1. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN A. TUJUAN UMUM Memberikan pengetahuan dan ketrampilan pada orang awam agar dapat memberikan pertolongan pertama pada korban sebelum tenaga medis datang atau sebelum penderita dirujuk ke tempat pelayanan yang lebih lengkap. Mampu melakukan pijat jantung 4. Praktek atau simulasi tentang penanganan kegawat daruratan.

000.000. Penyampaian materi yaitu dokter terlatih dibantu oleh perawat yang terlatih memberikan materi/teori secara langsung tentang kegawatdaruratan. B.Rp. SKEDUL (JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN) A. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORANNYA Program Kerja Diklat RSAB Siti Fatimah Page 3 of 4 .Rp. Pembelian alat tulis 4.- 8.000.000. Pembelian konsumsi 2. SASARAN Mampu memberikan pertolongan pertama pada keadaan gawat darurat terutama tentang cara pembebasan jalan nafas. Pembuatan sertifikat 5. JADWAL PELAKSANAAN Pelatihan dilakukan di ruang Pertemuan RSAB Siti Fatimah dan diselenggarakan pada hari Jum¶at.Rp.Rp.500.000. BIAYA Pendanaan untuk pelatihan ini dari anggaran Unit Diklat Rumah Sakit. 50.Rp. Pemberlian alat peraga TOTAL Rp. Kepuasan pasien kewajiban kami pendidikan dan pelatihan. 100.Rp. 1. Adapun perincian perkiraan dana sebagai berikut : 1. 100.Kesembuhan dating dari Alla SWT. 7.000. Setelah materi dan peragaan selesai disampaikan diadakan Tanya jawab dengan peserta. 200. memberikan nafas buatan. Pembelian Doorprize 6. 50. pijat jantung. kemudian dilanjutkan peragaan tentang cara bagaimana penanganan kegawatdaruratan untuk orang awam. balut bidai. Fotocopy materi pelatihan 3. 1. 21 Agustus 2011.000. 6.000. memindahkan pasien dan mampu melakukan komunikasi minta tolong.

Rekomendasi dan Tindak lanjut. Dengan format sebagai berikut : KRITERIA NO KEGIATAN PELAKSANAAN EVALUASI REKOMENDASI TINDAK LANJUT Catatan : «««««««««««««««««««««««««««««« «««««««««««««««««««««««««««««« Kraksaan. Semua pelaksanaan kegiatan ini terdokumentasi mulai persiapan. PENCATATAN PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN Dalam pelaksanaan pencatatan dan pelaporan kegiatan dibuat oleh Kepala UGD selaku ketua pelaksana kegiatan ini dan nantinya akan dilaporkan ke Direktur melalui Unit Diklat. Kepuasan pasien kewajiban kami Penilaian atau evaluasi ini dilakukan kepada personel yang telah mengikuti pelatihan dan dilakukan secara berkala yaitu 3 bulan sekali setelah mengikuti pelatihan. semoga terlaksana dengan baik. Selanjutnya laporan pelaksanaan kegiatan dibuat oleh Kepala UGD dan disampaikan kepada direktur melalui Unit Diklat. Unit Diklat RSAB Siti Fatimah Kraksaan ««««««««««««« Program Kerja Diklat RSAB Siti Fatimah Page 4 of 4 . 9.Kesembuhan dating dari Alla SWT. Evaluasi. proses hingga pelaksanaannya. Unit Diklat «««««««« Demikian Kerangka Acuan pendidikan dan pelatihan PPGD AWAM. Kraksaan. Evaluasi dilakukan secara berkala yaitu 3 bulan sekali terhadap personel yang telah mengikuti kegiatan ini Form evaluasi terdiri No. Ka. Kriteria Pelaksanaan. Jenis kegiatan. Tanggal Hijriyah Tanggal Masehi Mengetahui Direktur ««««««« Ka.