You are on page 1of 7

ANALISIS DAN PERANCANGAN BISNIS Sedep Sepesial Pepes Pengampu (Ir.Sukarno Budi Utomo.MT.

)

Disusun Oleh :

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG 2011

sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Baginda Rasullallah SWA. yang kita nantikan syafa¶at Nya dihari akhir kelak. Pembuatan makalah ini merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk memperoleh nilai untuk mata kuliah ANALISIS DAN PERANCANGAN BISNIS di Jurusan Teknik Industri.... Fakultas Teknik Industri..Sukarno Budi Utomo. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah ± NYA kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah ANALISIS DAN PERANCANGAN BISNIS dengan tema yang di ambil yaitu manisan jambu delima.. Universitas Islam Sultan Agung Semarang...Assalamu¶alaikum Wr Wb Puji syukur kehadirat Allah SWT.. Penyusun berharap semoga makalah ini dapat memberikan sedikit manfaat bagi masyarakat umum.pendapat.MT 2. Wassalamu¶alaikum Wr.industri Penyusun menyadari bahwa didalam penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna. Kepadadosenpangampu mata kuliah Analisis dan Perancangan Bisnis bapak Ir. Penulisan makalah ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak berupa saran. Amiiiiin.... Rekan-rekanmahasiswaT. . oleh karena itu kritik dan saran sangat diharapkan untuk mencapai hasil yang lebih baik.tenaga dll Dengan hati yang tulus pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada : 1. Wb..

tempe. untuk mengurangi tingkat pengangguran yang cukup tinggi kita dituntut untuk memiliki kreatifitas yang sangat tinggi dengan cara mengembangkan sebuah produk yang sudah ada sehingga dapat memberi tingkat jual tambah yang cukup tinggi. bahkan sekelas produksi yang bersifat masal.dari resep ini saya akan mengembangkan fariasi dari resep tersebut dengan inovasi tambahan-tambahan bumbu rahasia. sampai jamu dan masih banyak lainnya. .pengembangan kuliner saya yang akan saya kembangkan yaitu berbagai aneka macam masakan pepes. disi saya akan membahas betapa banyaknya resep tinggalan nenek moyang kita dari resep kuliner.PENDAHULUAN I.dengan demikian banyak sekali jenis usaha-usaha dari bidang kuliner. bahkan akan saya masukkan pepes jamur dengan toingkatan kepedasan. Dengan adanya resep-resep peninggalan nenek moyangkita yang berupa resep kuliner pembuatan pepes ikan. Latar Belakang Dewasa ini banyak sekali jenis usaha yang harus kita jeli dalam mengamati bagai mana usaha itu dapat berkembang dan banyak menghasilkan banyak sekali omset yang secara langsung dapat menambah penghasilan sekaligus menjadi usaha dan sebuah lapangan pekerjaan bagi orang lain. dari pepes ikan. tahu. jasa. ayam. bahkan kalu kita mampu dan mempunyai sebuah ide usaha yang belum pernah ada mengapa tidak dicoba dan dilakukan analisa dari aspek keuntungan dan dari aspek pasar .

III.lomba untuk mendapatkan pekerjaan. . INI bertujuan agar kita dapat memahami tujuan dan keinginan pasar. IV. Untuk itu saya akan membuka peluang usaha untuk dirisaya dan kemudian dapat berman faat bagi orang lain yaitu bisa di jadikan sebagai sebuah lapangan pekerjaan baru yang dapat mengurangi tingkat pengangguran yang semakin tahu semakin bertambah. Tujuan jangka panjang Memberikan gambaran tentang sebuah bisnis dan tidak hanya di jadikan sebuah rencana saja namun akan saya kerjakan sebagai usaha yang dapat menghantarkan saya menjadi wira usahawan muda yang mempunyai kesuksesan dan mampu menerapkan ilmu kuliah yang telah saya dapatkan dibangku kuliah. Untuk mengembangkan usaha ini akan dirintis dari kecil.II. Tujuan Jangka pendek Tujuan jangka pendek dalam pembentukan sebuah rencana bisnis yaitu untuk membantu pengembangan pala pikir tentang apa arti sebuah pembentukan bisnis bagi diri saya dan semoga bisa menjadi acuan dan semangat bagi saya untuk berwira usaha. Perumusan Masalah Diera globalisasi ini sangat banyak sekali pengangguran dikerenakan banyaknya pesaing yang salingberlomba.semisal dari sebuah grobak kemudian setelah itu baru membengu sebuah rumah makan SEDEP SEPESIAL PEPES.

Proses perancangan bisnis Proses perancangan bisnis dalam perancangan rumah makan SEDAP SEPESIAL PEPES yaitu: A. . Kegiatan Penelitian Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara melakukan percobaan dari berbagai resep yang sudah ada. komplek perumahan. dan para Exsekutip muda.V. B. Pendanaan Untuk pendanaan padawaktu proses penelitian saya akan mnggunakan uang prbadi. tetapi dengan melakukan sebuag ujicoba penambahan bumbu-bumbu khusus yang dapat menambah cita rasa dan memberikan rasa yang beda dengan pepes yang sudah ada dipasarn. Proses Rencana Pembuatan BIsnis A. Dengan demikian semua aspek sasaran pasar yang cukup banyak dapat menaikkan tingkat pendapatan. dan pusat-pusat depo makan. VI. dan pada waktu penerapan proses pembentukan bisnis yaya akan melakukan kerjasama pada pihak yang mau melakukan kerjaasama untuk pembangunan bisnis ini. Sasaran pasar Sasaran pasar yang akan dituju yaitu kalangan masyarakat umum. kampus. Lokasi Lokasi yang akan dipilih yaitu lokasi yang dekat dengan keramaian semisal. magasiswa. bahkan di idomaret atau alfamaret. perkantoran. B.

00.Rp.000. Pepes ayam 2.000.RP 4. Sewa tempat Sewa tempat dilakukan apabila anggaran pembangunan rumah makan SEDEP SEPESIAL PEPES belum bisa mencukupi dari dana yang akan di gunakan dalam pembangunan biaya sewa ruko pertahun +. Biaya keamanan Biaya keamanan sangat diperlukan yang bertujuan untuk mengamankan segala aset yang ada +. Menu Rmah Makan SEDEP SEPESIAL PEPES Menu menu yang di buat dan yang akan di hidangkan oleh rumah makan SEDEP SEPESIAL PEPES yaitu: 1.00 C.Rp 50. Sedangkan byaya pembangunan sebesar RP.000. Pepes ikan pindang 3. Pepes ikan bandeng 5. Pepes tahu 6.000.00. Pepes tempe 7. 150.000.000.VII.000. B. Rencana Anggaran Pembuatan Bisnis Rumah Makan SEDEP SPESIAL PEPES A.Rp 12.00 perbulan. Pepes jamur . Jadi biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis rumah makan SEDEP SEPESIAL PEPES yaitu +. Pepes ikan patin 4.8.000.00 D. Biaya perlengkapan Biaya perlengkapan yang berupa perlengkapan dapur dan meja +.

000. pepes telur dan pepes jamur dengan tingkat kepedasan sesuai pesanan konsumen. pepes bandeng. pepes ikan patin. pepesikan pindang. Rumah makan SEDEP SEPESIAL PEPES menghadirkan beberapa menu seperti. Kesimpulan Setiap pendirian usaha yang baru akan dimulai kita harus tau jelas anggaran apa saja yang akan di gunakan dan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mendapat perhatian pasar supaya nilai tambah sebuah produk atau njasa dapat bertambah. jadi Proses pembentukan usaha rumah makan SEDEP SEPESIAL PEPES membutuhkan dana +-Rp 12.VIII.000.pepes tempe. . pepes tahu. Pepes Ayam.00.