Tugas Mandiri I

SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA

Oleh :

DASWIR PUTRA
BP. 0810842031

ILMU ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG 2012

di mana integrasi nasional justru ditentukan oleh interaksi dan kohesi antar keragaman sosial budaya. maka anak bangsa ini amat perlu memahaminya dengan mempelajari dan memahami sistem sosial budaya Indonesia. Ia berguna untuk mendapatkan pemahaman dan membentuk abstraksi serta pola-pola tertentu atas peristiwa-peristiwa atau fakta-fakta yang terjadi dalam masyarakat. . Contohnya saja panggilan terhadap yang lebih dewasa tidak sama dengan panggilan kita terhadap teman sebaya. namun ada strategi interaksi dan komunikasi sosial budaya untuk memelihara. luntur. Meskipun tak sedikit pula perkembangan pluralisme menimbulkan masalah yang mengancam integrasi nasional. A.1. Kehidupan sehari ± hari sebagai Sistem Sosial Budaya Kehidupan sehari ± hari merupakan sebuah sistem sosial budaya Indonesia. C. Berbeda dengan kebudayaan asing di negara lain yang tidak ada aturan yang mengatur tentang hal ini. Salah satu konsep Sosial budaya adalah konsep saling ketergantungan . Kekayaan budaya dan suku bangsa merupakan salah satu kebanggaan Indonesia. oleh karena itu agar tak rusak. karena setiap perilaku dan tingkah laku yang saya alami di lingkungan masyarakat punya aturan main dan norma ± norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Defenisi Sistem Sosial Budaya Indonesia Sistem sosial budaya merupakan konsep untuk menelaah asumsi-asumsi dasar dalam kehidupan masyarakat. Paling tidak secara umum mengetahui dan memahami bahwa Indonesia mempunyai paling banyak ragam budaya dengan penduduk yang terdiri dari berbagai suku bangsa/etnis. Sistem sosial dan budaya demikian terwujud dalam struktur masyarakat yang unik. B. atau bahkan punah serta tidak mampu bertahan dari infiltrasi budaya asing. Pentingnya mempelajari Sistem Sosial Budaya Indonesia Setelah mengikuti matakuliah ini. merevitalisasi dan mengentaskan disintegrasi. diharapkan pengenalan dan identifikasi terhadap berbagai masalah yang timbul di dalam proses pembangunan di Indonesia dapat lebih mudah dilakukan.

Pluralitas masyarakat bangsa Indonesia sebagai suatu realitas sosio-kultural dan realitas sejarah harus dilihat sebagai sesuatu yang seimbang. Mengapa Masyarakat Indonesia rawan akan potensi konflik SARA? Konflik dapat terjadi karena tumbuhnya sikap primordialistik yang secara sosio-kultural di dalamnya telah ada benih-benih perbedaan dan persaingan antar kelompok/golongan. Di mana aspek-aspek positif dari tradisi tersebut harus dikelola secara tepat dengan mengesampingkan unsur-unsur yang bersifat destruktif sehingga tradisi daerah dapat ditransformasikan menjadi tradisi kebangsaan yang kuat demi mempertebal rasa nasionalisme bangsa.Secara umum tujuan mempelajari sistem sosial busaya Indonesia ini antara lain : a) Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat. dan semua realitas mengenai pluralitas suku. 2. c) Memiliki latarbelakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia. karena kenyataan ini adalah merupakan warisan sejarah bangsa Indonesia.suku bangsa itu ditempatkan pada tingkatan yang sederajat. b) Mengembangkan daya kritis tcrhadap pcrsoalan kemanusiaan dan kebudayaan. d) Menimbulkan minat untuk mendalaminya. Di sinilah peran pemerintah. Indonesia adalah sebuah negara dengan struktur dan sistem sosial budaya yang majemuk . 3. peran negara. hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat. dalam arti bahwa semua konsep. semua wacana. dalam mengakomodasi kepentingan rakyat di mana pemerintah harus menjadi mediator dalam berbagai penyelesaian konflik dengan mengemukakan atau upaya. Dihubungkan dengan sikap primordialistik dan realitas majemuk masyarakat Indonesia yang melekat pada masyarakat daerah dan kebudayaan berbagai suku bangsa maka sifat pluralitas dan sikap primordialistik itu haruslah ditempatkan sebagai bagian dari tradisi atau realitas yang harus diterima eksistensinya.upaya persuasif dan menanamkan nilai-nilai kerukunan dan kebersamaan tanpa dibarengi tindakan-tindakan koersif atau represif.

dan adat-istiadat yang seharusnya merupakan investasi yang sangat berharga terkait dengan konsep integrasi. dan itu merupakan akibat dari pengaruh faktor-faktor yang datang dari luar. serta unsur-unsur kedaerahan lainnya. Soekanto. semua ketegangan. Hal ini ditunjukkan dengan banyak terjadinya konflik dimana ± mana. adat istiadat atau tradisi. ras. Masyarakat negara yang sedang berkembang seperti Indonesia pada dasarnya belum merupakan suatu kesatuan sehingga Integrasi umumnya menjadi permasalahan yang lebih utama dibandingkan dengan masalah pembangunan ekonomi. 21:15 2.com. Sosiologi dan Perubahan Masyarakat. ‡ Secara vertikal umumnya digambarkan dengan adanya stratifikasi sosial. Keadaan seperti ini menggambarkan bahwa unsur ± unsur yang ada di Indonesia belum berfungsi secara satu kesatuan. dalam : http://ucha07. 3. 2006. Abdul Syani. dan berbagai penyimpangan sosial mengakibatkan terjadinya perubahan sosial berupa timbulnya diferensiasi sosial yang semakin kompleks.blogdetik. sering kali dianggap sebagai kendala dalam menyatukan keinginankeinginan untuk bersama. Raja Grafindo Persada . agama. Sosiologi Suatu Pengantar. dan politik. bahasa. di dalam masyarakat plural. Jakarta: PT. Referensi : 1. Pustaka Jaya. ekonomi. ‡ Secara horizontal dilihat dari kenyataan yang menunjukkan adanya satuan-satuan sosial yang keragamannya dicirikan oleh perbedaan suku bangsa. Jakarta. 1995. atau bagaimana membuat Bangsa Indonesia dapat terintegrasi secara nasional. Pluralisme atau kemajemukan suatu masyarakat itu dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu secara horizontal dan secara vertikal. Soerjono. Menurut pandangan fungsionalisme struktural.Struktur masyarakat Indonesia yang bersifat majemuk memang menemui persoalan integrasi. budaya. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah bagaimana membuat unsur-unsur yang ada di Indonesia menjadi suatu sistem yaitu adanya jalinan kesatuan antara satu unsur dengan unsur yang lain. Diakses tanggal 27 Januari 2012 jam. Pluralitas agama. menganggap bahwa semua disfungsi. ³Konsep Dasar dalam Sistem Sosial Budaya Indonesia´.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful