Nama NRP

: Nadya Ayu Oktariza : E14100081

Departemen : Manajemen Hutan

TUGAS PRAKTIKUM I. DEFINIS, FUNGSI, DAN KOMPONEN DALAM PETA

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Secara umum fungsi peta dapat disimpulkan sebagai berikut: menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi, memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi. Menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai dan bentuk-bentuk lainnya. Membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti. Menyajikan data tentang potensi suatu wilayah. Adapun komponen-komponen dari peta adalah : 1. Isi peta : Isi peta menunjukan isi dari makna ide penyusun peta yang akan disampaikan kepada pengguna peta. : Judul peta harus mencerminkan isi peta. : Skala sangat penting dicantumkan untuk melihat tingkat ketelitian dan kedetailan objek yang dipetakan.Sebuah belokan sungai akan tergambar jelas pada peta. 4. Simbol arah : Dicantumkan dengan tujuan untuk orientasi peta. Arah utara lazimnya mengarah pada bagian atas peta. 5. Legenda : Agar pembaca peta dapat dengan mudah memahami isi peta, seluruh bagian dalam isi peta harus dijelaskan dalam legenda atau keterangan. 6. Index peta : Peta yang dibaca harus diketahui dari bagian bumi sebelah mana area yang dipetakan. 7. Inzet peta : merupakan peta yang diperbersar dari bagian belahan bumi.

2. Judul peta 3. Skala peta

penyimpangan deklinasi magnetis. 2. sehingga tidak memerlukan survei langsung ke lapangan. Grid : untuk memudahkan penunjukan lembar peta dari sekian banyak lembar peta dan untuk memudahkan penunjukan letak sebuah titik di atas lembar peta. . yaitu: A. dan lain sebagainya yang memperkuat identitas penyusunan peta yang dapat dipertanggungjawabkan. Peta Umum : peta yang manampilkan bentuk fisik permukaan bumi suatu wilayah. Berdasarkan Isi Data yang Disajikan 1.000. Peta sedang : peta yang berskala 1:250. Peta berdasarkan Sumber Datanya 1. Peta induk : peta yang dihasilkan dari survei langsung di lapangan.000. 9. sistem proyeksi peta. Peta besar : peta yang berskala 1:5000 sampai 1: 250. C.8. meliputi penyusun peta. MACAM-MACAM ATAU JENIS PETA Peta sendiri dikelompokan menjadi 5 bagian. Sumber peta : Sumber ditekankan pada pemberian identitas peta.000 sampai 1: 500. II. Peta Turunan : peta yang dibuat berdasarkan pada acuan peta yang sudah ada. Peta Khusus : peta yang menampakkan suatu keadaan atau kondisi khusus suatu daerah tertentu atau keseluruhan daerah bumi B. percetakan. Peta berdasarkan Skala 1. 3. 2. Peta kadaster : peta yang berskala 1:100 sampai 1:5000. tanggal/tahun pengambilan data dan tanggal pembuatan/pencetakan peta. 10. 2. Nomor peta : penomoran peta penting untuk lembar peta dengan jumlah besar dan seluruh lembar peta terangkai dalam satu bagian muka bumi.

Peta geografis : peta yang berskala 1: 1.000. Peta digital 4. 3. yaitu peta yang menyajikan data alam dan kenampakan buatan manusia dalam bentuk titik.000. peta yang skalanya 1:50.000 Peta semi detail. 2. Peta kecil : peta yang berskala 1: 500.000. garis. Peta berdasarkan Tingkat Kedetailan 1. nama. Peta detail. dan legenda E. Peta datar.000 sampai 1: 1. III.000 DEFINISI DAN TAHAPAN KEGIATAN PEMETAAN Pemetaan adalah salah satu sub-disiplin dari Ilmu Geodesi. yaitu peta yang dihasilkan dari mozaik foto udara yang dilengkapi dengan garis kontur. 5. atau peta dua dimensi. peta yang skalanya > 1:50. Peta foto. dan luasan. 5. peta yang skalanya 1:250. . Peta timbul atau peta steereometri 3. D.000 ke bawah.000 Peta tinjau. atau peta biasa. Pemetaan adalah proses kegiatan untuk menghasilkan suatu peta.4. Peta berdasarkan Bentuk 1. Peta garis. atau peta planimetri 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful