Perawatan dan perbaikan injector

Keamanan da keselamatan kerja 1. Perhatikan semua asas-asas keselamatan kerja dalam penanganan sistem bahan bakar Diesel. 2. Gunakan Tool dan peralatan khusus untuk pekerjaan injector. 3. Untuk memegang injector selama bongkar pasang, gunakanlah ragum khusus atau “Injector Jig” untuk menghindari kerusakan pada injector tersebut. 4. Bersihkan tempat bekerja sebelum proses pekerjaan dilakukan.

Langkah-langkah pekerjaan 1. Bersihkan Injector sebelum dilakukan pemeriksaan dan pembongkaran 2. Periksa injector pada Nozle tester untuk mengetahui tekanan dan kebocorannya untuk mengidentifikasi kerusakannya. Berikan tekanan antara 150 – 400 kg/Cm² dan tunggu selama 5 detik. Bila terjadi kebocoran maka kebocoran itu akan terdeteksi dalam waktu kurang dari 5 detik. 3. Lakukan pembongkaran secara sistematis dengan menggunakan Nozzle Jig. 4. Bersihkan semua komponen Injector dengan tangan dan menggunakan alat Nozzle clearing diatas meja kerja, dimana pada box ini terdapat sikat baja yang halus dan kawat-kawat baja (Jarum) dengan ukuran yang sesuai dengan lubang injector. 5. Periksa Nozzle dan needle dengan menggunakan Nozzle Viewer untuk mengetahui keausan dan kerataannya. Gunakan V block dengan sudut letak 90 dan tempatkan 90 menghadap sumbu lensa dan tempatkan needle pada V block tersebut. 6. Gerakanlah tabung kaca keatas dan ke bawah serta periksa kekasaran needle tersebut dengan melakukan pembesaran. 7. Lakukan penggerindaan sudut ujung Needle dan Nozzle body jika diperlukan untuk memperoleh bentuk dan kehalusan yang diinginkan. 8. Bersihkan sisa-sisa karbon dan solar pada nozzle body dengan udara yang bertekanan 80 psi.

4.9. 2. Proses perbaikan sistem bahan bakar Diesel harus dilakukan berdasarkan buku petunjuk dan katalog yang diberikan oleh pabrik pembuatnya. 5. Kebersihan tempat kerja sangat penting diperhatikan dalam pengerjaan pekerjaan yang presisi. 3. Periksa kembali Kondisi Nozzle dengan menggunakan Nozzle Viewer. 10. 6. Dalam melaksanakan proses pekerjaan harus selalu memperhatikan dan melaksanakan asas-asas dan kaidah keselamat kerja baik bagi operator.Lakukan pengetesan dengan menggunakan Nozzle Tester. mesin dan peralatan yang digunakan serta lingkungan sekitar pekerjaan. dimana tingkat profesionalisme seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan akan ditandai dengan penerapan sistem keamanan dan keselamatan kerja. Penggunaan Mesin Test Injection pump dalam pemeriksaan ketepatan sudut pashing.Susun kembali kompoonen-komponen injector pada Nozzle jig dan pasang sesuai dengan saat pembongkaran 11. Jig dan peralatan khusus harus digunakan dalam perbaikan sistem bahan-bakar Diesel. Proses repair pada part harus dilakukan dengan memahami fungsi dan karakteristik komponen bahan-bakar Diesel tersebut dan menggunakan peralatan yang memadai. Kalibrasi kapasitas injection pump dan pengujian .

Governor .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful