Bentangalam Pantai

gelombang GERAKAN AIR LAUT menyebabkan proses gradasi pada permukaan bumi arus pasang-surut .

Angin penyebab utama terjadinya gelombang Kecepatan Besarnya daerah yang tertiup angin (fetch) Lamanya angin bertiup .

Di laut dalam gelombang osilasi (wave of oscillation) GELOMBANG pengikisan pantai dan pengendapan kembali fungsi gelombang translasi (wave of translation) Di laut dangkal .

Ilustrasi wash dan backwash akibat pergerakan air di pantai (Strahler & Strahler. . 1984).

9 ² 9. ‡ Beberapa pusat pengukuran gempabumi menaksir kekuatan gempa mencapai 6. ‡ Kedalaman pusat gempa 20 km di bawah Samudera Hindia. ‡ Ketinggian gelombang tsunami mencapai 2-10 m.Gelombang dapat ditimbulkan pula oleh gempabumi yang terjadi di dasar laut Tsunami Pada 26 Desember 2004 telah terjadi tsunami di lepas pantai NAD dan Sumatera Utara: ‡ Sumber gempabumi sekitar 149 selatan Meulaboh.1 R. India. dan Indonesia . ‡ Wilayah yang terkena bencana meliputi Srilanka.

2005) .Penyebaran pengaruh tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 di kawasan Asia Selatan (Sudradjat.

NAD (PR. 2005).Kerusakan akibat tsunami di kawasan Penayung. Banda Aceh. .

1984) .Fenomena longshore current dan longshore drifting (Strahler & Strahler.

akibatnya pantai sedikit demi sedikit menjadi mundur posisinya ke arah darat. Di Indonesia pantai yang mengalami abrasi umpamanya pantai Sumatera Barat (sekitar Padang) dan pantai Teluk Jakarta .Gelombang yang menghempas ke arah pantai dapat merusak. Pantai yang mengalami pemunduran atau abrasi (abration).

Muara sungai pada umumnya menumpahkan bahan-bahan yang dibawa sungai ke laut. Di Indonesia pantai yang tumbuh terutama dikenal di pantai-pantai Selat Malaka dan Laut Jawa . membentuk pantai tumbuh atau mengalami akresi (accretion). Akibat perubahan kecepatan air sungai yang terjadi di muara maka bahan-bahan yang terangkut segera mengendap.

Pematang pantai endapan yang terbentuk pada pantai sepanjang garis pantai dari bahan-bahan hasil pengikisan pantai atau bahan-bahan yang dibawa sungai dan dimuntahkan ke laut . Tombolo menghubungkan pantai dengan pulau kecil di depan pantai yang pulau ini juga terbentuk dengan cara pengendapan. Cuspate bar salah satu jenis bar yang menyudut terhadap pantai.Pengendapan yang terjadi di depan pantai terdiri dari : Bar endapan di muka pantai yang hampir sejajar pantai.

pantai naik (emergence coast) pantai turun atau tenggelam (submergence coast) PANTAI pantai statis (neutral coastline) pantai gabungan (compound coastline) Johnson (1919. dalam Thornbury. . 1969).

New Zealand (Thornburry.Pantai turun di Pelabuhan Whangaroa. 1969) . bagian timur laut Auckland.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful